5 Cara Agar Pinjol Tidak Menghubungi Kontak 2022

Beben.id – Pinjol akhir-akhir ini populer karena kemudahan dalam mendapatkan pinjaman keuangan. Pinjaman online atau biasa disebut pinjol menggiurkan sebagian kalangan untuk cepat dapat uang. Namun, cara agar pinjol tidak menghubungi kontak kadang sulit dilakukan.

Tingginya keinginan mendapatkan pinjaman dengan syarat sangat mudah memikat banyak orang. Kondisi pandemi dengan banyaknya yang membutuhkan, mengakibatkan pinjol makin marak dan berkembang pesat.

Mengenal Pinjol (Pinjaman Online)

Beda dulu beda sekarang, pinjaman berbasis online memang baru berkembang dimulai sekitar tahun 2016. Dari sini kemudahan didapatkan dibanding pinjaman secara langsung atau offline. Dahulu, meminjam uang harus datang ke kantor atau bank, langsung bagi orang yang bersangkutan.

Pinjol merupakan pinjaman berbasis online yang tanpa menyertakan syarat suatu aset atas pinjaman sebagai jaminan. Biasanya, pinjol difasilitasi oleh lembaga keuangan berbasis online. Mudah dan praktis, bagaimanapun pinjol harus terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Memang pinjaman online makin marak karena banyak yang membutuhkan. Diiming-imingi cara mudah, tapi pada sisi lain mencekik dengan bunga bagai racun di kemudian hari. Penagihan dilakukan dengan cara kejam dan terlambat sedikit maka hutang makin mencekik.

Biasanya, hal yang demikian terjadi pada pinjol ilegal karena ketidaktahuan masyarakat. Jika legal, semua akan berjalan baik sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Namun, banyaknya kasus pinjol ilegal membuat Anda harus berhati-hati.

Ada baiknya jika Anda melakukan survey secara detail sebelum bertransaksi dengan pinjol. Apabila telah terhubung dengan pinjol, data yang masuk akan digunakan untuk terus menghubungi Anda. Sepele tapi sangat mengganggu kenyamanan.

Banyaknya ketertarikan akan pinjol dikarenakan banyak manfaat yang dapat diraih. Tentu selain karena syarat yang mudah dan cepat cair.

Keuntungan Menggunakan Pinjol

Banyaknya orang tertarik pinjol karena manfaatnya banyak dan berguna untuk kelangsungan hidup. Dengan cara yang tidak rumit, dana bisa cair dalam hitungan detik dan praktis. Maka, tidak heran jika sebagian orang yang membutuhkan sangat suka akan pinjol ini.

Baca juga:  DC Home Credit datang ke Rumah! Telat 14 Hari

Anda dapat melihat keuntungan pengguna pinjol lengkap di bawah ini:

  • Syarat mudah, tanpa jaminan dengan pinjaman mencapai Rp20 juta. Menggiurkan sekali karena hanya butuh KTP, NPWP, dan rekening tabungan.
  • Proses cepat dan praktis karena semua berbasis online tanpa harus datang ke kantor secara langsung. Hanya berbekal ponsel Android semua dapat dilakukan lebih mudah.
  • Dana cepat cair jika persyaratan data sudah masuk semua. Jika baru memulai pinjaman, butuh waktu sekitar 1 hingga 3 hari. Namun, apabila Anda pernah meminjam di situ maka tak lebih dari 5 menit, dana dapat cair.
  • Anti ribet, bedakan dengan pinjaman di bank yang harus cek tempat usaha dan lain sebagainya. Di pinjaman online, semua anti ribet dan semua sangat mudah. Maka tidak heran banyak orang tertarik akan pinjol ini.
  • Dana dapat digunakan untuk apa saja sesuai keperluan, hal ini yang sangat memanjakan bagi peminjam.

Banyak manfaat yang didapat dari pinjaman secara online jika digunakan dengan sebaiknya. Namun, ada pula beberapa hal yang harus disikapi agar tidak kecewa di kemudian hari. Ada resiko yang perlu diketahui akan pinjol ini.

Resiko Pinjol

Kemudahan dalam segala aspek ternyata menyimpan resiko yang mau tak mau harus dihadapi. Apabila Anda sudah terjun ke pinjol dan misalnya suatu saat telat membayar, jangan heran jika dihubungi terus menerus.

Ada cara agar pinjol tidak menghubungi kontak secara terus menerus, tapi lebih baik tahu lebih dulu resiko pinjol. Lengkapnya, seperti di bawah ini.

1. Adanya Pinjol Ilegal

Pinjol ilegal marak belakangan ini dan merugikan masyarakat. Salah satu ciri pinjol ilegal biasanya penagihan dilakukan dengan cara kasar dan bunga tinggi. Jika terlambat membayar, ada tekanan dari pihak pinjol ilegal.

Baca juga:  Aplikasi Pinjaman Online Lentera Dana Nusantara

2. Bunga Tinggi

Bunga pinjol lebih tinggi dari bank. Lebih lanjut, ada baiknya menilik berapa bunga yang ditetapkan ketika Anda serius ingin melakukan pinjaman online.

3. Denda Tinggi

Denda harian tinggi membuat peminjam tidak tenang karena semakin telat bayar artinya denda membengkak. Denda akan terus naik jika saat penagihan tetap saja tidak mampu membayar. Makin lama menakutkan peminjam, terlebih apabila pinjol tersebut ilegal.

4. Kebocoran Kontak

Meresahkan, nyatanya memang ada yang melanggar ketentuan seperti ini. Sangat tidak nyaman jika terjadi informasi bocor, mulai dari perbincangan bahkan riwayat pemakaian telepon peminjam.

5. Disadap

Sangat tidak nyaman jika ada penyadapan ponsel yang terjadi karena pinjol. Ada juga yang melakukan hal seperti ini sehingga pinjol dapat menghubungi orang terdekat Anda.

6. Penipuan

Jika kurang hati-hati dalam memilih pinjol terpercaya, resikonya dapat terjadi penipuan yang merugikan. Pinjol ilegal tidak transparan akan mudah melakukan banyak hal untuk menarik kembali dana yang dipinjamkan beserta bunganya.

7. Teror

Teror menjadi gangguan menakutkan jika angsuran tidak dibayar tepat waktu. Teror dapat dilakukan melalui SMS, telepon terus menerus, dengan banyak ancaman hingga pada orang terdekat.

Hal inilah yang membuat banyak orang merasa tertekan apalagi ada yang tidak melakukan pinjol tapi dihubungi terus. Tak perlu khawatir, cara supaya pinjol tidak menghubungi kontak dapat dilakukan melalui beberapa cara.

Cara Agar Pinjol Tidak Menghubungi Kontak

Data yang ketika melakukan pinjol lengkap untuk akses nomor kontak, lokasi, jaringan internet, SMS, hingga telepon. Data seperti ini membahayakan karena dapat digunakan untuk teror berkelanjutan. Cara mudah menangkisnya sebagai berikut:

Baca juga:  6 Solusi Tidak Bisa Bayar Pinjaman Online 100% Ampuh

1. Hapus Data

Menghapus data dari pinjaman online dapat Anda lakukan dengan cara berikut ini:

  • Masuk ke menu pengaturan dan pilih aplikasi.
  • Carilah aplikasi pinjaman online yang Anda gunakan selama ini.
  • Hapus data dan cache.

Dengan cara mudah di atas, data yang ada akan terhapus dan Anda dapat menggunakannya seperti awal belum masuk pinjol.

2. Hapus Aplikasi

Tak perlu bingung menghapus aplikasi pinjol, caranya adalah:

  • Buka di menu pengaturan dan masuk aplikasi.
  • Cari aplikasi pinjaman online dan klik uninstall.

Dengan begitu Anda akan terhindar dari resiko pinjol yang tak bertanggung jawab.

3. Hubungi Call Center

Lunasi pinjol Anda dan segera hubungi call center pinjol untuk mengajukan penghapusan data pribadi. Jangan lupa bukti valid bahwa hutang benar-benar telah lunas.

4. Hubungi OJK

Merasa tidak nyaman karena selalu dihubungi pihak pinjol, maka dapat menghubungi OJK jika merasa data pribadi disalahgunakan. Ini adalah salah satu cara agar pinjol tidak menghubungi kontak yang bisa dilakukan.

Dengan demikian, akan jelas terlihat apakah pinjol tersebut legal atau ilegal. Jika ilegal, akan ditindaklanjuti lebih lanjut.

5. Ganti Nomor HP

Cara berikutnya yang mudah dilakukan adalah mengganti nomor ponsel Anda. Nomor ganti untuk menghindari notifikasi yang masuk dari pihak pinjol. Rasanya memang tak nyaman jika seolah diteror dengan hal-hal yang mengganggu kehidupan.

Cara agar pinjol tidak menghubungi kontak mudah dilakukan, tapi jangan lupakan akan tanggung jawab. Hapus data dan aplikasi jika sudah lunas dari hutang sehingga lebih nyaman dan tidak dikejar-kejar pihak pinjol kembali.

Baca Juga:

Artikel Terkait

error: