Jam Operasional Bank BTPN Umum dan Syariah 2024

Beben.id – Para nasabah baru Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) mungkin masih sering bingung mengenai jam operasional Bank BTPN. Alhasil, kerap datang pada waktu yang tidak tepat. Mulai dari datang terlalu pagi, terlalu sore, atau bahkan datang di akhir pekan dan hari libur nasional.

BTPN merupakan salah satu bank terbesar dan paling diminati di tanah air. Pasalnya, saat ini perseroan bank tersebut telah beroperasi di 23 provinsi serta melayani sekitar 4 juta nasabah aktif. Berdasarkan data pertumbuhan BTPN, bank umum ini terus mengalami pertambahan nasabah secara signifikan.

Profil Bank BTPN

PT Bank BTPN Tbk merupakan anak usaha perusahaan perbankan bernama Sumitomo Mitsui yang berpusat di Jakarta. Dalam mendukung aktivitas bisnisnya, perusahaan ini tercatat mempunyai 61 kantor cabang, 141 titik layanan, dan ratusan unit ATM yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia.

BTPN didirikan di Kota Bandung pada 1958 dengan nama awal PT Bank Pegawai Pensiunan Militer dan hanya menyediakan layanan simpan pinjam. Namun, di tahun 1986 bank tersebut berganti nama menjadi PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN).

Di tahun 1993, BTPN ditetapkan sebagai bank umum oleh Kementerian Keuangan dan sahamnya resmi dipasarkan di Bursa Efek Jakarta sejak tahun 2008. Saat ini, 40% kepemilikan saham BTPN dipegang oleh SMBC dengan 2 jenis layanan, yaitu BTPN dan BTPN Syariah.

Seiring perkembangan teknologi dan informasi, BTPN mulai menghadirkan layanan perbankan berbasis digital dengan produk serta layanan lebih beragam, termasuk internet banking Bank BTPN.

Produk Perbankan BTPN

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai jam operasional Bank BTPN, nasabah juga wajib mengetahui produk perbankan apa yang digunakan atau ingin dipilih. Dengan begitu, maka dapat mempersingkat waktu saat berada di kantor bank. Lantas, apa saja jenis produk populer BTPN? Berikut jawabannya!

Baca Juga:  3 Cara Mengatasi Lupa PIN ATM BCA Terbaru 2024

1. Taseto Premium

Tabungan khusus dengan suku bunga kompetitif. Tidak ada aturan penahanan saldo untuk pengguna Taseto Premium. Nasabah juga dapat mengakses layanan perbankan melalui ATM jaringan Prima dan Bersama serta bebas biaya transaksi (syarat dan ketentuan berlaku).

2. Tabungan Citra Pensiun

Dirancang khusus untuk nasabah calon pensiunan maupun pensiunan agar dapat melakukan transaksi perbankan. Tabungan Citra Pensiun tidak menetapkan aturan minimum setoran awal. Akan tetapi, syarat membuka produk ini cukup ketat, karena meliputi surat pembayaran pensiun dan kartu identitas pensiun.

3. Tabungan Jenius

Produk simpanan BTPN ini menyediakan 3 opsi tabungan pada satu nomor rekening, yaitu Dream Saver, Flexi Saver, dan Maxi Saver. Nasabah akan diberi kartu debit fisik dan virtual yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi, baik secara offline maupun online.

Jam Operasional Bank BTPN Terlengkap

Secara umum, jam operasional BTPN di seluruh Indonesia adalah sama, yakni 5 hari seminggu, tepatnya Senin sampai dengan Jumat. Sedangkan pada akhir pekan, Sabtu dan Minggu, layanan weekend banking tetap buka.

Jika kamu adalah nasabah BTPN yang sering lupa mengenai jam buka dan tutup dari bank tersebut, ada baiknya mencatat informasi jadwal operasional BTPN terlengkap di bawah ini:

  • Senin           : 08.00 WIB – 16.00 WIB
  • Selasa          : 08.00 WIB – 16.00 WIB
  • Rabu            : 08.00 WIB – 16.00 WIB
  • Kamis          : 08.00 WIB – 16.00 WIB
  • Jumat          : 08.00 WIB – 15.00 WIB
  • Sabtu           : Libur
  • Minggu        : Libur

Berdasarkan informasi di atas, diketahui bahwa BTPN pusat maupun cabang buka mulai pukul 8 pagi hingga 6 sore. Akan tetapi, jangan lupa bahwa para pegawai BTPN juga istirahat selama sekitar 1 jam pada siang hari. Umumnya, jam istirahat adalah pukul 12.00 WIB – 01.00 WIB.

Jika kamu berencana untuk menyambangi kantor BTPN pada hari Jumat, maka perlu diingat bahwa jam operasionalnya berbeda dengan hari biasa. Meskipun jam buka nya tetap sama, yakni pukul 8 pagi. Namun, jam tutupnya lebih cepat, yaitu pada pukul 3 sore.

Baca Juga:  10 Kelebihan dan Kekurangan Bank Muamalat 2024

Jam Operasional Bank BTPN Syariah

BTPN Syariah merupakan anak perusahaan dari BTPN dan termasuk dalam kategori bank syariah terbesar ke 12 di tanah air. Namun, apakah operasional BTPN Syariah sama dengan induk perusahaan, BTPN? Ternyata tidak. Oleh sebab itulah, nasabah BTPN Syariah perlu mengetahui jadwal buka tutupnya.

Di bawah ini adalah jam buka kantor BTPN Syariah terlengkap:

  • Senin           : 08.30 WIB – 17.00 WIB
  • Selasa          : 08.30 WIB – 17.00 WIB
  • Rabu            : 08.30 – 17.00 WIB
  • Kamis          : 08.30 WIB – 15.00 WIB
  • Jumat          : 08.30 WIB – 17.00 WIB

Bagi pengguna layanan BTPN Syariah, maka sebaiknya perhatikan jam operasional bank tersebut terlebih dahulu. Pada hari Senin sampai dengan Rabu, maka bisa datang pada jam setengah sembilan pagi. Sedangkan jam tutupnya relatif lebih lama dari BTPN umum, yaitu jam lima sore.

Untuk jam istirahat pegawai bank sebenarnya hampir sama, yaitu sekitar pukul 12.00 WIB – 13.00 WIB. Demi kenyamanan kamu, sebaiknya hindari datang pada jam istirahat. Karena jika datang pada jam tersebut, maka perlu menunggu hingga waktu istirahat selesai untuk bisa menggunakan layanan bank.

Dilansir dari situs website resmi BTPN Syariah, tidak disebutkan bahwa anak perusahaan BTPN ini menyediakan layanan Weekend Banking. Namun, nasabah tetap bisa menggunakan layanan lain melalui ATM maupun internet banking. Jadi, tetap dapat mengakses layanan lengkap secara online.

Jadwal Operasional Bank BTPN di Akhir Pekan

Sebagai upaya memberikan pelayanan terbaik kepada semua nasabah loyalnya, BTPN juga menyediakan layanan perbankan pada akhir pekan, yaitu Sabtu dan Minggu. Jadi, jika kamu tidak memiliki waktu untuk berkunjung di jam operasional Bank BTPN, maka dapat menggunakan layanan perbankan akhir pekan.

Baca Juga:  4 Tabel Pinjaman Bank Mandiri Taspen Terbaru 2024

Namun sayangnya, tidak semua kantor cabang bank tersebut memiliki layanan weekend banking. Jadi, kamu perlu terlebih dahulu memastikan dengan cara mengubungi cabang BTPN terdekat. Kamu juga bisa lakukan BTPN Call melalui 1500 300 (dalam negeri) dan 0821 2450 5500 (luar negeri).

Untuk memudahkan kamu dalam mengecek kantor cabang yang buka di akhir pekan, berikut adalah daftar lengkapnya:

  • BTPN Sinaya Pondok Indah   : Jakarta
  • BTPN Sinaya Kelapa Gading : Jakarta
  • BTPN Sinaya Panglima Polim : Jakarta
  • BTPN Sinaya Roxy                : Jakarta
  • BTPN Sinaya Puri Kencana   : Jakarta
  • BTPN Sinaya BSD                 : Tangerang
  • BTPN Sinaya Dago               : Bandung
  • BTPN Sinaya Pandanaran     : Semarang
  • BTPN Sinaya Pasar Atom      : Surabaya
  • BTPN Sinaya Bukit Darmo Golf  : Surabaya
  • BTPN Sinaya Medan Asia      : Medan

Sementara itu, jam operasional layanan Weekend Banking adalah hari Sabtu pukul 09.00 WIB – 14.00 WIB. Namun, tidak berlaku di hari libur nasional atau keagamaan. Hanya saja, perlu diingat bahwa daftar dan jam operasional tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan resmi.

Setelah mengetahui jam operasional Bank BTPN umum dan syariah terlengkap, sekarang kamu dapat membuat jadwal kunjungan yang lebih akurat. Sementara itu, di beberapa cabang BTPN, nasabah tetap bisa mengakses layanan perbankan offline di beberapa cabang bank yang telah disebutkan sebelumnya.

Baca Juga:

error: