Biaya Ganti Plat Motor 2023: Persyaratan dan Caranya

Beben.id – Plat motor umumnya berlaku untuk 5 tahun penggunaan. Setelah tanggal dan tahunnya expired, pengguna motor harus mengganti plat motornya. Masih banyak yang bertanya-tanya berapa biaya ganti plat motor sebenarnya? Pasalnya ganti plat motor biasanya sepakat dengan pengurusan STNK dan lain-lain.

Mengganti plat motor pun ada cara dan syarat yang harus dipenuhi. Maka bagi pengguna motor yang tanggal plat motornya sudah habis masa harus segera mengurusnya. Namun sebelum itu pahami dulu cara, syarat beserta biaya yang harus disiapkan. Dengan begitu budget bisa disiapkan jauh-jauh hari.

Kisaran Biaya Ganti Plat Motor Terbaru

Ganti plat motor memang diharuskan membayar dengan nominal yang sesuai dengan standar ketentuan. Adapun pembayaran ganti plat ini umumnya dilakukan bersamaan dengan pembayaran pajak 5 tahunan. Pembayaran ganti plat tidak berarti hanya membayar penggantian plat itu saja.

Ada beberapa rincian juga yang harus dibayarkan karena masih terkait dengan penggantian plat nomor motor. Setiap rincian ini butuh biaya yang berbeda sesuai standarnya. Agar semakin paham, berikut ini beberapa rincian dan nominal biayanya:

  • Pertama, pemilik motor perlu melakukan cek fisik kendaraan motor tersebut dan harus mengeluarkan biaya sekitar Rp10.000,- hingga Rp20.000,-.
  • Selanjutnya ada biaya penerbitan STNK motor dengan harga standarnya sekitar Rp100.000,-.
  • Plat motor yang lama akan diganti dengan nomor plat yang baru atau biasa dikenal dengan istilah penerbitan TNKB roda dua. Biaya yang harus dibayarkan adalah Rp60.000,-.
  • Selain 3 poin di atas, pemilik motor juga diharuskan membayar SWDKLLJ untuk asuransi kecelakaan Jasa Raharja sebesar Rp35.000,-.
  • Ada proses penerbitan BPKB baru dengan tarif Rp225.000,-.
  • Jika BPKB ganti kepemilikan, biaya penerbitannya juga Rp225.000,-.

Rincian Syarat Ganti Plat Kendaraan Bermotor

Sebagaimana yang sudah disebut di atas, penggantian plat motor memang umumnya dilakukan bersamaan dengan pembayaran pajak dalam 5 tahun. Dalam prosesnya, selain biaya ganti plat pemilik motor juga perlu tahu apa saja syarat yang harus dipenuhi sebelum bayar pajak sekaligus ganti plat.

Baca juga:  4 Kredit Motor Tanpa BI Checking Tanpa Survey

Banyak dari pemilik motor yang masih awam lantas belum mengetahui syarat apa saja yang harus dipenuhi agar bisa melakukan penggantian plat sekaligus bayar pajak 5 tahunan. Langsung saja berikut ini rincian syaratnya:

  • Pemilik motor harus membawa STNK Asli beserta versi fotocopynya.
  • Membawa fotocopy KTP dan versi aslinya. KTP yang dibawa harus keputusan pemilik motor dan harus sesuai dengan yang ada pada identitas kendaraan. Ini berlaku untuk kendaraan yang diatasnamakan perorangan.
  • Membawa dan memperlihatkan pada petugas, BPKB asli beserta fotocopy nya.
  • Surat kuasa harus dibawa jika kepengurusan tersebut diserahkan kepada pihak lain atau perwakilan. Syarat ini tak hanya berlaku untuk kendaraan perorangan namun juga untuk kendaraan yang atas nama kelompok atau perusahaan.

Untuk kendaraan yang diatasnamakan perusahaan, surat kuasa diatur di atas kop surat perusahaan. Kemudian surat tersebut harus diberi tanda tangan pemberi kuasa di atas materai dan diberi stempel perusahaan. Selain itu harus dilampirkan juga fotocopy KTP pemberi kuasa.

  • Pengurusan atas nama perusahaan harus membawa fotocopy keterangan domisili perusahaan, NPWP milik perusahaan, SIUP dan TDP. Untuk pengurusan perorangan tidak perlu membawa syarat pada poin ini.
  • Melakukan cek fisik kendaraan lebih dulu. Nantinya akan diberi surat keterangan sudah cek fisik dan harus diserahkan saat mengurus pajak dan ganti plat nomor ini.

Untuk semua berkas yang penentuannya dibawa versi fotocopy, maka sebaiknya siapkan dalam jumlah lebih sebagai persiapan jika memang dibutuhkan berkas lebih.

Tahapan Urus Ganti Plat dan Bayar Pajak 5 Tahunan

Berbagai syarat dan kisaran biaya ganti plat motor sudah disebutkan di atas. Dengan begitu Anda bisa menyiapkan budget dari sekarang. Namun jangan salah, Anda perlu tahu lebih dulu bagaimana proses atau tahapan agar bisa mengurus secara cepat dan tepat. Bagaimana prosedurnya?

Baca juga:  Koperasi Karyawan Alfamart: Cara Daftar dan Manfaat

Berikut di bawah ini akan dijelaskan secara rinci tahapan dalam mengurus ganti plat motor yang dilakukan bersamaan dengan bayar pajak 5 tahunan:

1. Cek Pajak Kendaraan Bermotor

Hal paling utama sebelum mengurus pembayaran pajak dan ganti plat motor adalah mengecek pajak dari kendaraan motor itu sendiri. Tentu saja Anda harus tahu lebih dulu berapa pajak yang harus dibayarkan agar bisa menyiapkan budget.

Pengecekan ini bisa dilakukan melalui situs e-Samsat.id atau aplikasi e-Samsat dan bisa juga melalui SMS ke nomor samsat. Sebelum mengecek pastikan Anda punya dua informasi penting, yaitu nomor polisi kendaraan dan NIK yang tercantum di STNK.

2. Pendaftaran

Setelah mengetahui pajak kendaraan motor yang harus dibayarkan, selanjutnya Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dulu dengan cara datang ke kantor samsat yang sesuai dengan tempat terdaftarnya STNK dan BPKB kendaraan.

Pendaftaran ini dilakukan di area loket pengecekan fisik kendaraan. Anda harus menyerahkan STNK dan BPKB saat mendaftar, barulah petugas akan memberikan nomor antrean.

3. Pengecekan Fisik Kendaraan Motor

Lanjut ke tahapan berikutnya yaitu pengecekan fisik motor. Setelah nomor antrean Anda dipanggil, bawa masuk kendaraan motor untuk dicek fisiknya. Petugas akan mengecek motor dan menggesek nomor mesin motor.

Pastikan dulu sepeda motor Anda punya komponen yang lengkap seperti spion, knalpot, dan komponen lainnya sehingga pengecekan bisa berjalan lebih cepat dan lancar. Proses pengecekan ini butuh waktu sekitar 10 hingga 30 menit.

4. Isi Formulir Serta Legalisir

Saat pengecekan fisik kendaraan sudah selesai, petugas akan memberikan berkas hasil pengecekan tersebut. Kemudian bawa berkas pengecekan tersebut pada petugas terkait untuk dilegalisir. Sambil dilegalisir Anda bisa menyerahkan semua persyaratan berkas lain yang dibutuhkan. Selanjutnya mintalah formulir untuk ganti plat motor. Pastikan semua informasi pada formulir terisi dengan lengkap. Jika sudah selesai, serahkan lagi pada petugas untuk diversifikasi.

Baca juga:  Rumah Sakit Ciputra Banjarmasin: Jadwal, Harga, Fasilitas

5. Bayar Pajak

Saat melakukan proses ini mula-mula Anda harus menyerahkan semua dokumen yang sudah disyaratkan sebelumnya. Serahkan semua berkas pada loket khusus untuk bayar pajak.

Saat menyerahkan berkas, serahkan juga biaya pajak dan biaya ganti plat motor sesuai dengan ketentuan tarif yang berlaku. Anda harus mengambil nomor antrean lagi selagi menunggu dokumen dan biaya diproses.

Saat nomor antrean dipanggil petugas, Anda akan diberi 2 lembar bukti pembayaran berwarna biru dan putih. Bukti pembayaran yang berwarna biru digunakan untuk mengambil STNK baru. Sedangkan bukti pembayaran yang putih digunakan untuk mengambil plat motor baru.

6.    Pengambilan STNK dan Plat Motor Baru

Tahapan terakhir adalah mengambil STNK dan plat motor terbaru menggunakan slip pembayaran yang sesuai. Pengambilan STNK dan plat biasanya dilakukan di loket yang berbeda. Saat mengambil, pastikan semua informasi sudah sesuai dengan kondisi motor.

Mengganti plat motor hingga kini memang hanya bisa dilakukan secara offline atau datang langsung ke kantor. Umumnya memang penggantian plat ini dilakukan bersamaan dengan bayar pajak. Segeralah mengganti plat motor jika masa berlaku plat sudah habis.

Biaya ganti plat motor yang sudah disebutkan di atas, merupakan kisaran biaya yang umumnya diberlakukan. Perubahan biaya kemungkinan bisa terjadi kedepannya jika ada kebijakan tambahan dari pihak yang terkait.

Baca Juga:

Artikel Terkait

error: