Biaya Operasi Ambeien 2024, Pakai BPJS dan Tanpa BPJS

Beben.id – Bagi penderita penyakit ambeien yang sudah parah maka harus dilakukan tindakan operasi di rumah sakit. Jika sudah berbicara mengenai operasi maka biaya yang dikeluarkan juga tidak main-main. Biaya operasi ambeien sendiri bisa dibilang cukup tinggi dan harus disiapkan dengan matang.

Apakah ingin melakukan penanganan menggunakan asuransi kesehatan seperti BPJS atau lainnya? Atau bisa juga biaya operasi ini ditanggung secara mandiri dengan pembayaran pribadi.

Di luar dari biaya yang harus dikeluarkan, maka bisa dilihat bahwa pentingnya operasi ambeien ini dilakukan. Hal tersebut dimaksudkan agar kondisinya tidak lebih parah dan masalah pencernaan teratasi karena ambeien ini bisa dikatakan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Apa yang Dimaksud Penyakit Ambeien?

Penyakit ambeien juga bisa dibilang sebagai wasir yaitu keadaan pada pembuluh darah vena mengalami peradangan atau pembengkakan yang berada di sekitar anus. Terjadinya penyakit ini pada saluran yang menghubungkan antara usus besar dan anus.

Bahkan kemunculan dari ambeien ini juga bisa berada di sekitar dubur atau anus. Memang untuk penyakit ini tidak berbahaya dan tidak mengancam jiwa. Akan tetapi, akan mengakibatkan rasa sakit dan nyeri yang sangat parah.

Jika dibiarkan maka pembuluh darah tersebut bisa membesar dan kemudian pecah sehingga di sekitar anus mengalami pendarahan. Saat dirasa sudah sangat parah maka jalan terbaik adalah melakukan pembedahan atau operasi wasir.

Pembedahan yang bisa dilakukan bisa dikatakan cukup modern jika melihat peralatan medis dewasa ini. Dan pada dunia media untuk operasi ambeien ini dikenal sebagai hemoroid. Dan proses operasi harus dilakukan pada rumah sakit terpercaya.

Biaya Operasi Ambeien di Rumah Sakit

Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya bahwa biaya operasi ini bisa dibilang cukup tinggi dan bisa dikatakan banyak rumah sakit yang menyediakan layanannya. Fasilitas operasi wasir sudah bisa dilakukan di rumah sakit umum milik pemerintah maupun rumah sakit swasta.

Baca Juga:  Jam Besuk RS Islam Cempaka Putih Terbaru 2024 Senin-Minggu

Dan untuk biayanya sendiri berbeda tergantung pada rumah sakit yang dituju oleh pasien ambeien. Dan juga biayanya akan tergantung pada seberapa parah penyakitnya, bagaimana prosedur penanganannya, apa saja peralatan medis yang dibutuhkan, dan lainnya.

Jika ingin mengetahui kisaran berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk operasi wasir ini maka bisa melihat pada informasi di bawah:

1. Biaya Operasi Pasien Umum

Pasien umum yang ingin melakukan operasi ambeien ini akan dikenakan biaya operasi ambeien. Biasanya untuk biayanya cukup mahal yaitu berkisar Rp4.000.000 sampai dengan Rp8.000.000 tanpa adanya alat tambahan khusus.

Berbeda jika pasien ingin menggunakan alat tambahan khusus maka akan dikenakan biaya yang lebih tinggi yaitu sekitar Rp10.000.000 sampai dengan Rp30.000.000.

Biaya di atas hanya untuk biaya pembedahan saja karena masih ada banyak biaya di luar itu. Contohnya saja untuk biaya rawat inap, obat-obatan, kunjungan dokter, dan masih banyak lagi. Dan setiap rumah sakit akan memiliki kebijakan masing-masing.

Untuk rumah sakit yang lebih mewah dan terkenal biasanya akan lebih mahal karena sudah memiliki predikat kelas A. Berbeda dengan rumah sakit yang masih memiliki peringkat B, C, atau D. Oleh sebab itu, pemilihan rumah sakit juga harus diperhatikan.

2. Biaya Operasi Pasien BPJS

Menggunakan dana pribadi untuk operasi ambeien memang bisa dibilang cukup tinggi. Oleh sebab itu, bisa menggunakan layanan BPJS bagi yang memilikinya. Kartu BPJS ini bisa digunakan untuk pemeriksaan pra operasi, saat operasi, dan pasca operasi.

Dengan keuntungan yang didapatkan dari layanan BPJS ini maka pada saat berobat hati akan lebih tenang menjalani pengobatan. Karena layanan BPJS yang digunakan maka harga operasi ambeien bisa lebih murah dan bahkan gratis 100% loh.

Baca Juga:  5 Cara Gadai BPJS Ketenagakerjaan di Pegadaian

Akan tetapi, tetap saja pasien harus bisa melalui berbagai macam prosedur yang ditetapkan. Ketentuannya sendiri adalah pasien harus memeriksakan diri terlebih dahulu ke Faskes 1 untuk bisa mendapatkan rujukan ke dokter spesialis.

Dengan begitu, maka pemeriksaan akan dilakukan oleh dokter dan memutuskan untuk melakukan operasi ambeien atau tidak. Dan jika dokter telah memberikan indikasi untuk wajib operasi maka operasi ambeien akan dilakukan dengan biaya 100% ditanggung BPJS.

Jadi, pasien bisa menghemat pengeluaran untuk operasi ini. Dan biasanya untuk operasi akan menghabiskan biaya sebesar Rp4.000.000 sampai dengan Rp30.000.000. Hal tersebut tergantung dari alat apa yang digunakan.

Adanya program BPJS akan membantu biaya operasi ambeien yang bisa dikatakan 100% gratis. Asalkan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku pada BPJS ini.

Prosedur Operasi untuk Pasien dengan Ambeien

Pada pasien yang mengalami ambeien maka akan terasa sakit pada daerah sekitar anus karena terdapat benjolan berupa pembengkakan di pembuluh darah vena. Operasi dilakukan agar bisa mengangkat dan mengempeskan benjolan-benjolan yang disebut ambeien tersebut.

Jika ingin melakukan operasi ini maka harus mengetahui terlebih dahulu proses apa yang bisa dilakukan karena bisa melalui dua cara, yaitu:

1. Hemoroidektomi

Jenis yang pertama adalah hemoroidektomi yang digunakan sebagai prosedur pengangkatan ambeien yang banyak dilakukan di Indonesia. Prosedur ini dilakukan dengan melakukan pengangkatan pada jaringan yang sudah berlebih.

Operasi akan dilakukan jika pasien sudah mendapatkan anestesi lokal bersama dengan sedasi, anestesi umum, maupun anestesi spinal. Untuk waktu pemulihannya sendiri bisa dikatakan cukup singkat yaitu 2 minggu sampai dengan 6 minggu saja.

Jika sudah mengalami masa pemulihan bisa membuat pasien beraktivitas kembali secara normal. Pastinya membuat pasien akan merasa lebih nyaman dengan melakukan aktivitas sehari-hari.

Baca Juga:  Jam Besuk RS Siloam Balikpapan 2024 dan Peraturan

2. Hemorrohoidopexy

Jenis prosedur yang bisa dilakukan selanjutnya adalah hemorrohoidopexy yang biasa juga disebut dengan stapel wasir. Untuk prosedur operasi ini akan melibatkan sebuah penjepitan pada benjolan yang keluar di anus.

Benjolan tersebut terjadi dan keluar dari dinding rektum ke anus sehingga bisa dikembalikan ke tempat yang sebelumnya melalui prosedur hemorrohoidopexy. Pada operasi ini maka dokter ahli bedah akan melakukan pemotongan pada aliran darah dan benjolan tersebut menyusut.

Jika dibandingkan dengan prosedur sebelumnya maka hemorrohoidopexy ini memiliki rasa sakit yang lebih ringan dan pemulihannya lebih cepat. Akan tetapi, meskipun sudah melakukan prosedur operasi ini tetap saja kemungkinan wasir akan kembali kambuh.

Resiko Operasi Ambeien

Operasi ambeien adalah tindakan operasi yang aman dan bisa dilakukan di rumah sakit mana saja. Akan tetapi, masih ada resiko yang bisa timbul sebagai efek samping yang dirasakan oleh pasien, seperti:

  • Di daerah dubur akan terasa nyeri dan tidak nyaman.
  • Bisa menyebabkan infeksi, iritasi, maupun pendarahan di area dubur.
  • Saluran pembuangan bisa mengalami penyempitan.

JIka sudah berhasil melakukan prosedur operasi ambeien yang diinginkan maka bisa melakukan pemulihan dengan tepat. Seperti konsumsi makanan serat tinggi, minum banyak air putih, menggunakan pencahar saat sulit BAB, dan merendam dubur dengan air hangat.

Para pasien ambeien bisa melakukan operasi memang jika sudah sangat mengganggu dan membuat rasa sakit yang tidak tertahankan. Bahkan biaya operasi ambeien juga bisa dicover oleh BPJS maupun menggunakan biaya mandiri.

Baca Juga:

error: