Biaya Operasi Hidung 2023, Pakai BPJS dan Tanpa BPJS

Beben.id – Operasi hidung tidak hanya dilakukan untuk alasan medis, namun juga estetika. Prosedur operasi ini mengharuskan pasien bertemu dengan dokter bedah plastik di rumah sakit yang dipilih. Tidak sedikit yang merasa penasaran tentang biaya operasi hidung di tanah air.

Tidak jauh berbeda dengan jenis operasi lainnya, operasi hidung juga memiliki risiko dan komplikasi yang mungkin terjadi. Tak heran saat di tahap konsultasi, dokter bedah akan memberikan formulir persetujuan yang harus ditanda tangani.

Mengenal Operasi Hidung

Tindakan medis ini dikenal dengan istilah rhinoplasty dan menjadi salah satu prosedur bedah plastik yang banyak diminati. Terutama untuk alasan estetika, meski tidak sedikit pula karena alasan kesehatan. Misalnya setelah mengalami kecelakaan sehingga mengenai struktur hidung.

Pada dasarnya, pembedahan ini dilakukan untuk memperbaiki dan mengubah struktur hidung pasien. Biasanya jenis operasi ini dilakukan untuk mengecilkan ukuran (nose reduction) atau memperbesar ukuran (nose augmentation).

Operasi hidung juga bisa dilakukan untuk mengubah bentuk di puncak atau pangkal hidung. Beberapa pasien untuk alasan estetika juga meminta mengubah sudut antara hidung dan bibir atas.

Sedangkan untuk alasan kesehatan biasanya untuk memperbaiki bentuk hidung karena cedera atau cacat lahir. Jenis operasi ini juga bisa menjadi solusi bagi yang mengalami kesulitan pernapasan karena struktur tulang hidung tidak sempurna.

Biaya Operasi Hidung Rumah Sakit di Indonesia

Berminat melakukan operasi hidung untuk alasan tertentu? Perlu diketahui bahwa biaya untuk jenis operasi ini sebenarnya bervariasi. Beberapa hal yang mempengaruhinya adalah kebijakan rumah sakit, tindakan medis, dan obat bius yang dipilih.

Tarif operasi hidung di RS swasta di tanah air minimal Rp11.000.000 untuk kelas dan tindakan standar. Namun, sangat dianjurkan menyiapkan dana lebih karena bisa melebar untuk menebus obat dan administrasi. Perkiraan tersebut bisa lebih sampai 30% dari harga awal.

Baca juga:  Biaya Operasi Amandel 2023: Pakai BPJS dan Tanpa BPJS

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar harga operasi hidung di Indonesia dari berbagai rumah sakit di Indonesia yang bisa dijadikan referensi.

1. Siloam Hospitals TB Simatupang

Rumah sakit yang berada di Cilandak, Jakarta ini menyediakan prosedur bedah hidung untuk alasan cedera maupun estetika. Biaya operasi hidung di rumah sakit ibukota ini mulai dari Rp21.000.000. Biaya tersebut belum termasuk administrasi dan berbagai pengecekan kesehatan di laboratorium.

2. Rumah Sakit EMC Sentul

Bagi yang tinggal di Bogor dan ingin menjalani operasi rhinoplasty, maka bisa memilih RS EMC Sentul. Biaya minimal untuk tindakan medis ini Rp25.000.000 yang belum termasuk biaya administrasi.

3. MRCCC Siloam Hospitals Semanggi

Rumah sakit yang berada di Jalan Setiabudi, Jakarta ini menyediakan prosedur bedah operasi hidung. Rumah sakit ini cukup terkenal memberikan hasil akhir yang memuaskan secara estetika. Tak heran jika biayanya pun terbilang fantastis, yaitu mulai dari Rp65.000.000.

4. Rumah Sakit Immanuel

Bagi yang tinggal di Bandung dan ingin melakukan operasi hidung maka bisa melakukannya di RS Immanuel. Pasalnya, biaya yang ditawarkan cukup terjangkau untuk rhinoplasty.

Biaya operasi hidung di Bandung yang harus disiapkan di RS ini minimal Rp7.000.000 dan belum termasuk administrasi.

5. Mayapada Hospital Jakarta Selatan

Tindakan rhinoplasty banyak diminati untuk alasan estetika atau keindahan. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk tindakan medis di RS yang berada di Jakarta Selatan ini mulai dari Rp18.500.000. Ada baiknya menyiapkan dana lebih besar karena bisa melebihi estimasi awal sampai 30%.

6. Rumah Sakit Brawijaya Saharjo

Bedah operasi hidung bisa dilakukan bagi yang mengalami kesulitan pernapasan karena struktur hidung kurang baik. Tindakan medis ini bisa dilakukan di salah satu rumah sakit di Tebet, yaitu RS Brawijaya Saharjo.

Harga operasi hidung di Jakarta yang harus disiapkan adalah Rp20.000.000 untuk rumah sakit ini. Biaya tersebut belum termasuk konsultasi dan cek kesehatan yang harus dibayarkan.

Baca juga:  5 Cara Cek Angsuran Adira Mudah dan Praktis

7. RSU Bunda Jakarta

Bagi yang sedang mencari biaya operasi hidung terjangkau, maka RSU Bunda Jakarta bisa menjadi referensi. Di rumah sakit ini, biaya tindakan medis ini mulai dari Rp10.000.000. Sebelum operasi dilakukan, pasien harus melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter bedah.

8. Mayapada Hospital Kuningan

Rumah Mayapada yang berada di Kuningan, Jakarta ini juga menyediakan prosedur rhinoplasty. Biaya yang harus dikeluarkan mulai dari Rp16.500.000. Biaya bisa membengkak jika membutuhkan tindakan khusus dan tergantung dari jenis obat bius yang dipilih.

Kondisi yang Dilarang Melakukan Operasi Hidung

Meski rumah sakit yang menyediakan prosedur bedah hidung semakin banyak, namun tidak semua kondisi pasien memungkinkan. Hal ini penting diperhatikan mengingat rhinoplasty sendiri tidak hanya dilakukan untuk alasan kesehatan.

1. Riwayat Operasi Besar di Hidung

Tidak sedikit kasus operasi hidung yang dilakukan besar-besaran namun tidak menunjukkan hasil signifikan. Perlu diketahui bagi yang memiliki riwayat operasi besar di area hidung sebaiknya tidak melakukannya lagi. Terutama jika operasi tersebut dilakukan 9-12 terakhir.

Prosedur operasi hidung yang sebelumnya dilakukan dan memiliki bekas luka tidak signifikan juga sebaiknya tidak melakukannya lagi.

2. Mempunyai Tujuan Operasi Tidak Realistis

Sudah menjadi rahasia umum bahwa rhinoplasty menjadi tindakan medis yang banyak dilakukan kalangan selebriti. Operasi yang bisa mengubah ukuran hidung ini begitu banyak diminati. Namun, sebaiknya tidak dilakukan apabila memiliki tujuan operasi cenderung tidak realistis.

Mengingat tindakan medis ini akan mengubah struktur hidung di dalamnya sehingga membutuhkan pertimbangan matang.

3. Kondisi Mental Tidak sedang Stabil

Jika ingin melakukan operasi hidung, pastikan kondisi mental stabil terlebih dahulu. Terlebih jika jenis operasi ini dipilih untuk alasan estetika. Maka akan lebih bijak jika menyiapkan kondisi psikis terlebih dahulu.

Baca juga:  4 Kredit Motor Tanpa BI Checking Tanpa Survey

4. Pasien Menderita Gangguan Pembekuan Darah

Jika mengalami gangguan pembekuan darah, maka prosedur bedah plastik ini tidak bisa dilakukan. Terlebih jika masalah pembekuan darah yang dialami sudah cukup parah. Alangkah lebih bijak jika fokus menjalani proses penyembuhan penyakit terlebih dahulu.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Operasi Hidung

Operasi hidung merupakan tindakan medis cukup serius, baik dilakukan untuk kesehatan maupun estetik. Oleh sebab itu, sebaiknya tidak mencari tahu tentang biaya operasi hidung di berbagai rumah sakit saja.

Melainkan juga beberapa hal berikut ini yang harus dihindari sebelum melakukan pembedahan hidung.

1. Tidak Mengonsumsi Ibuprofen dan Aspirin

Bagi pasien yang hendak menjalani operasi bedah hidung, maka perhatikanlah konsumsi obat pereda nyeri. Sebaiknya dihentikan terlebih dahulu, terutama untuk obat yang mengandung ibuprofen dan aspirin. Hal ini dilakukan setidaknya dua minggu sebelum dan sesudah operasi hidung.

2. Berhenti Merokok

Untuk memastikan operasi rhinoplasty berjalan lancar, maka sebaiknya pasien berhenti merokok 2-3 minggu sebelum dan sesudah operasi. Hal ini penting diperhatikan agar tindakan medis ini berlangsung lancar dan untuk menghindari komplikasi.

3. Menjalani Pemeriksaan sebelum Operasi

Sebelum operasi hidung dilakukan, dokter akan mengecek riwayat kesehatan dan kondisi fisik. Tidak hanya itu, pengambilan foto hidung awal juga dilakukan sebelum rhinoplasty.

Operasi rhinoplasty sebenarnya tidak hanya populer di kalangan artis. Terkadang masyarakat biasa pun bisa melakukannya, terlebih pembedahan dilakukan untuk alasan kesehatan. Biaya operasi hidung juga bervariasi tergantung dari RS dan obat bius yang dipilih.

Namun, ada baiknya melebihkan dana awal sebesar 30% sebagai dana cadangan. Pasien yang sudah melakukan pembedahan hidung akan memasuki ruang pemulihan dan dipantau oleh dokter bedah. Efek pembedahan ini biasanya masih terasa dari obat bius yang digunakan.

Baca Juga:

Artikel Terkait

error: