Biaya Transfer BCA ke BRI 2024 Semua Jenis Transfer


Beben.id – Seringkali transfer dana ke berbeda bank dibutuhkan untuk kepentingan tertentu. BCA sendiri merupakan salah satu bank yang menyediakan layanan transfer antar bank yang sama maupun berbeda seperti BRI, BNI, dan lain-lain. Banyak orang menanyakan berapa biaya transfer BCA ke BRI?

Pasalnya nasabah BCA juga bisa dibilang sering melakukan transaksi transfer dana ke BRI. Maka sebelum transfer ini sangat penting bagi nasabah untuk mengetahui biaya administrasi transfer. Biaya administrasi transfer ini biasanya diambil langsung secara otomatis dari saldo rekening BCA.

Jenis dan Biaya Transfer BCA ke BRI

Sebagaimana yang dijelaskan sekilas di atas, ada macam-macam jenis transfer antar BCA ke BRI. Namun kebanyakan nasabah awam belum mengenalnya. Dan biaya transfer dari tiap jenis mode transfer ini biasanya berbeda-beda.

Untuk itu sangat penting mengetahui jenis dan biayanya terlebih dulu. Dengan begitu Anda bisa bersiap untuk kehilangan saldo sebagai potongan biaya transfer tersebut. Berikut ini beberapa jenis mode transfernya:

1. Kliring

Pertama ada sistem atau mode transfer kliring. Mode kliring ini digunakan untuk transaksi transfer berbeda bank, dalam hal ini BCA ke BRI. Rekening BRI sebagai penerima dana transfer dari BCA akan melakukan proses peningkatan nominal transfer.

Peninjauan yang dilakukan oleh BRI ini yang disebut sebagai kliring. Perlu diketahui bahwa sistem kliring ini hanya bisa dilakukan melalui teller dan bukan dengan ATM. Pasalnya mode kliring ini hanya untuk jumlah nominal transfer yang besar seperti 100 juta atau lebih.

Karena nominal yang besar dan perlu peninjauan dana oleh teller, maka mode kliring ini membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk bisa sampai ke bank tujuan transfer. Waktu yang dibutuhkan bahkan bisa sampai 3 hari kerja.

Baca Juga:  6 Cara Mengambil Uang dengan Buku Tabungan BRI

2. RTGS

Selanjutnya ada mode atau sistem RTGS atau biasa disebut Real Time Gross Settlement. Sesuai dengan nama jenisnya, mode transfer ini akan membantu dana bisa sampai ke rekening tujuan secara real time dan on site.

Meski begitu bukan berarti rekening penerima langsung menerima dana dalam menit dan detik yang sama. Setidaknya butuh waktu sekitar 4 jam untuk dana bisa sampai ke rekening tujuan. Dana yang dikirim dengan mode RTGS punya nominal minimum.

Minimal pengirim harus mengirimkan dalam jumlah 100 juta rupiah. Sebenarnya mode ini hampir sama dengan kliring. Namun mode RTGS prosesnya jauh lebih cepat. Untuk biaya transfer BCA ke BRI via teller menggunakan mode RTGS adalah sekitar Rp25.000,- hingga Rp50.000,-.

3. RTO

Berbeda dengan kliring dan RTGS, kali ini ada mode transfer RTO yang kinerjanya jauh lebih cepat dan bisa dilakukan hanya menggunakan ATM, SMS, atau bahkan Internet banking. RTO inilah yang menjadi sistem transfer paling umum dan paling banyak digunakan masyarakat.

Tidak perlu butuh waktu berjam-jam bahkan berhari-hari, mode RTO hanya butuh waktu beberapa detik saja untuk dana bisa sampai ke rekening tujuan. Untuk biaya transfer yang dikenakan bagi mode RTO ke beda bank adalah sekitar Rp5.000,- hingga Rp7.500,- saja.

4. BI Fast

Sebagian dari Anda mungkin belum pernah mendengar istilah BI Fast. BI Fast sendiri merupakan singkatan dari Bank Indonesia Fast Pay. BI Fast sendiri adalah sistem layanan yang disediakan oleh Bank Indonesia.

Dalam BI Fast para pengguna akan merasakan sistem pembayaran yang lebih efisien, real time, dan aman. Sistem BI Fast beroperasi sepanjang waktu. Hal ini karena sistem BI Fast hanya bisa dilakukan melalui mobile banking BCA.

Jadi pengguna rekening BCA tidak bisa transfer dana ke BRI melalui ATM jika ingin menggunakan mode BI Fast. Untuk biaya transfer bank BCA ke BRI menggunakan BI Fast, umumnya hanya Rp2.500,- lebih murah dibandingkan transfer biasa melalui ATM.

Baca Juga:  Kode Keamanan CVV BRI, Pengertian, Fungsi, Aktivasi

Info Biaya Transfer dari BCA ke BRI Berdasarkan Fasilitas

Setelah memahami ulasan di atas, kini Anda semakin paham bahwa ada beberapa jenis layanan sistem untuk melakukan transaksi transfer antara BCA ke BRI. Selain jenis sistemnya, ada juga beberapa fasilitas yang digunakan dan umumnya berpengaruh pada biaya transfer.

Beberapa layanan fasilitas ini adalah seperti ATM, mobile banking, dan fasilitas lainnya. Berikut ini beberapa fasilitas transfer lengkap dengan kisaran biaya administrasinya:

  • Transfer dana di rekening BCA ke rekening BRI melalui ATM biasa, biaya transfernya Rp6.500,-.
  • Transfer dana dari BCA ke BRI melalui Internet banking dengan mode RTGS, biaya transfernya Rp25.000,-.
  • Biaya transfer dana dari BCA ke BRI menggunakan ATM Prima adalah Rp6.500,-.
  • Biaya transfer BCA ke BRI yang dilakukan di kantor cabang BCA namun menggunakan sistem LLG, biaya administrasinya adalah Rp2.900,-.
  • Transfer dari BCA ke BRI melalui jaringan ATM antarjasa dan link adalah Rp6.500,-.
  • Biaya administrasi transfer dana dari BCA ke rekening BRI di kantor cabang BCA dan menggunakan sistem RTGS adalah Rp30.000,-.
  • Transfer menggunakan BCA mobile ke rekening tujuan BRI, biaya transfernya Rp6.500,-.
  • Transfer dari BCA ke BRI menggunakan sistem transfer BI Fast biaya administrasinya Rp2.500,-.
  • Biaya transfer dari BCA ke BRI menggunakan fitur Internet Banking adalah Rp6.500,-.

Limit Transfer BCA ke BRI

Dalam beberapa kondisi, bank pasti akan menerapkan limit jumlah dana yang bisa ditransfer dan begitu juga untuk penarikan dananya. Hal ini juga berlaku dalam kinerja bank BCA. BCA memberlakukan limit transfer ke beda bank sesuai dengan jenis kartunya.

Selain memahami biaya transfer BCA ke BRI, nasabah juga harus tahu jumlah limit ini sehingga nantinya tidak melakukan konfirmasi transfer melebihi batas yang sudah ditentukan. Berikut ini rincian limit transfer bank BCA ke bank lain atau dalam hal ini adalah BRI:

1. Kartu Debit Gold Paspor

Pengguna kartu debit BCA paspor gold, jika ingin transfer ke BRI akan berlaku limit dana Rp20.000.000,-. Sedangkan limit debit transfer yang dilakukan di mesin EDC adalah Rp75.000.000,-.

Baca Juga:  Tabel KTA OCBC NISP Pinjaman Tunai 10 Menit Cair

2. Paspor Debit Platinum

Limit dana transfer dari BCA ke BRI menggunakan kartu paspor debit platinum adalah Rp25.000.000,-. Untuk transfer via mesin EDC limitnya menjadi Rp100.000.000,-.

3. Debit Paspor Blue

Jumlah limit transfer BCA ke BRI dengan kartu debit paspor blue adalah Rp15.000.000,-. Limit di mesin EDC nya adalah Rp50.000.000,-.

4. Tapres Tahapan BCA

Bagi Anda yang menggunakan kartu Tapres Tahapan BCA, maka limit transfer yang bisa dilakukan adalah Rp20.000.000,-. Sedangkan transfer via mesin EDC limitnya adalah Rp75.000.000,-.

5. Kartu Simpel atau Simpanan Pelajar

Untuk pengguna kartu simpel BCA, tidak bisa melakukan transfer di mesin EDC. Jadi hanya akan ada limit transfer beda bank secara umum, yakni Rp25.000.000,-.

6. Xpresi BCA

Limit transfer BCA ke BRI dengan kartu Xpresi BCA adalah Rp10.000.000,-. Sedangkan transfer di mesin EDC limitnya Rp25.000.000,-.

Dari rincian biaya transfer BCA ke BRI menggunakan berbagi layanan dan fasilitas di atas, kini Anda bisa lebih mudah menyesuaikan ingin transfer menggunakan jenis sistem dan fasilitas apa. Dan tentu saja harus siap kehilangan jumlah saldo untuk membayar administrasi transfer beda bank ini.

Selain itu informasi limit transfer juga bisa menjadi informasi tambahan untuk Anda yang ingin transfer ke BRI dalam jumlah besar. Sehingga bisa menyiapkan dana limit yang sesuai dengan kebijakan tersebut.

Baca Juga:

error: