3 Cara Setor Tunai BSI di Teller, ATM, Online 2024

Beben.id – Bank memberikan fasilitas setor tunai untuk memudahkan nasabahnya, termasuk BSI. Cara setor tunai BSI dapat dilakukan dengan beberapa metode sesuai kebutuhan nasabah. BSI atau Bank Syariah Indonesia adalah bank plat merah yang berbasis syariah.

Cara setor uang tunai bagi nasabah BSI tersebut bertujuan untuk memudahkan akses pemilik rekening yang ingin menabung, mentransfer, ataupun melakukan pembayaran dan sebagainya. Kemudahan dalam menyetor uang tentunya ikut membantu kelancaran urusan nasabah.

BSI adalah peleburan dari Bank Mandiri Syariah, Bank BRI Syariah dan Bank BNI Syariah. Ketiga-tiganya merupakan bank BUMN yang menggunakan prinsip syariat agama Islam. Sejak tanggal 3 Februari 2021, ketiga bank syariah tersebut digabung menjadi BSI.

Cara Setor Tunai BSI Tanpa Ribet

Setiap nasabah tentunya ingin menikmati berbagai fasilitas yang disediakan oleh bank tempatnya menyimpan uang. Begitu juga dalam urusan setor tunai, nasabah pastinya ingin cara yang lebih cepat, efisien dan aman.

Bagaimana cara setor tunai di Bank Syariah Indonesia? Nasabah BSI bisa melakukan penyetoran tunai melalui beberapa metode berikut ini.

1. Setor Tunai Melalui Teller BSI

Cara setor tunai yang pertama adalah melalui petugas teller di BSI terdekat. Tentu saja untuk cara ini kamu harus langsung datang sendiri ke bank. Penyetoran uang tunai tidak harus dilakukan di BSI tempat kamu membuka rekening, bisa di BSI cabang mana saja.

Cara setor tunai lewat teller adalah metode paling konvensional dan sudah dilakukan nasabah sejak dulu, sebelum tersedia metode yang lainnya. Jika ingin melakukan setor tunai lewat teller BSI, maka caranya yaitu:

  • Datang ke cabang BSI terdekat dan ambil nomor antrian setor tunai
  • Minta formulir setoran tunai kepada petugas/ satpam
  • Isi formulir dengan lengkap dan data yang benar, termasuk nominal uang yang akan disetorkan.
  • Tunggu hingga nomor antrian dipanggil, lalu siapkan uang dan formulirnya.
  • Datangi meja teller sesuai petunjuk dan berikan formulir setor tunai berikut uangnya kepada petugas.
  • Tunggu hingga teller selesai memproses setoran tunai kamu.
  • Setor tunai melalui teller BSI dapat dilakukan dengan atau tanpa membawa buku tabungan.
Baca Juga:  3 Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit BCA 2024

2. Setor Tunai Melalui Mesin ATM

Kalau dulu setor tunai ataupun menabung hanya dapat dilakukan lewat teller dan harus datang ke bank, sekarang lebih mudah lagi. Nasabah bisa melakukan penyetoran uang tunai lewat mesin ATM BSI ataupun ATM Bersama.

Ya, sejak beberapa tahun yang lalu, mesin ATM tidak saja berfungsi untuk mengambil uang saja, tetapi juga dapat dipakai menyetorkan uang tunai. Bahkan, setor tunai lewat ATM juga dapat ditujukan kepada rekening sendiri ataupun rekening lain, baik satu bank maupun antar bank.

Cara setor tunai lewat mesin ATM BSI, yaitu:

  • Masukkan kartu ATM seperti kalau akan mengambil uang.
  • Pilihlah menu Bahasa Indonesia dan lanjutkan dengan memasukkan nomor PIN.
  • Layar akan menampilkan opsi, pilih pada “Setor Tunai” dan masukkan nomor rekening tujuan.
  • Layar ATM akan menampilkan pilihan “Rekening Sendiri” dan “Rekening Orang Lain”, silahkan pilih sesuai rekening tujuan.
  • Tunggu hingga mesin membuka laci tempat uang, dan masukkan uang ke dalamnya.
  • Setelah laci menutup, pada layar ditampilkan jenis uang pecahan dan jumlahnya, silahkan periksa dulu apakah sudah benar atau belum.
  • Jika jumlahnya sudah sesuai, langsung klik “Setor” dan sistem akan memprosesnya. Tunggu sampai selesai.
  • Silahkan ambil struk setoran tunai dari mesin ATM dan jangan lupa untuk mengambil kartu kamu dari mesin.

Cara setor tunai BSI lewat ATM dapat menjadi alternatif ketika tidak ada cabang BSI di sekitar kamu. Setor lewat mesin ATM, selain lebih praktis dan cepat, juga tidak perlu antri dan mengisi formulir. Sebelumnya, pastikan dulu bahwa mesin ATM yang digunakan memiliki fitur setor tunai.

Baca Juga:  Jam Operasional Bank Mandiri 2024: Istirahat & Libur

Nominal uang pecahan yang dapat disetorkan melalui mesin ATM yaitu Rp50.000 dan Rp100.000. Uang tersebut harus dalam kondisi yang baik, tidak ada yang sobek, tidak ada bekas staples, tidak terlipat, tidak koyak, dan sebagainya.

3. Setor Tunai Secara Online

Perkembangan teknologi memungkinkan nasabah melakukan setoran tunai secara online melalui situs webform.bsm.co.id yang merupakan website resmi dari Bank Syariah Indonesia (BSI). Cara ini juga mengharuskan kamu mengisi formulir tapi secara online.

Caranya juga cukup mudah dan dapat dilakukan dimana saja. Ikuti langkah-langkah sebagai berikut untuk setor tunai bank BSI online:

  • Akses website resmi BSI dan klik pada menu transaksi lalu pilih bagian “Setoran Tunai
  • Berikutnya akan ditampilkan formulir setoran, silahkan isi semua data yang diperlukan.
  • Catat nomor referensi yang diberikan dan bawalah ke teller di bank.
  • Setelah sampai di bank, tunjukkan nomor referensi dan teller akan langsung memproses setoran kamu.
  • Caranya sama dengan ketika hendak menyetorkan tunai melalui teller, kamu harus pergi ke bank, hanya saja tidak perlu mengisi formulir lagi.

Tips Setor Tunai yang Aman

Selain cara setor tunai BSI seperti penjelasan di atas, hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah keamanan transaksi supaya kamu tidak menjadi korban kejahatan. Sudah terlalu sering terjadi kejahatan yang mengincar para pemilik rekening bank yang tentunya sangat merugikan.

Supaya bisa terhindar dari tindakan kejahatan saat melakukan setoran tunai, sebaiknya perhatikan beberapa masalah penting ini.

  • Periksa lagi mesin ATM untuk memastikan bahwa tidak ada peralatan yang mencurigakan dan tidak seharusnya terhubung dengan mesin.
  • Pastikan ada kamera CCTV di area sekitar mesin ATM.
  • Pilih mesin ATM yang lokasinya cukup ramai dan sebaiknya hindari transaksi di malam hari.
  • Lakukan penggantian PIN kartu secara berkala.

Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, dapat bermanfaat untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya tindakan kejahatan pada uang kamu di rekening BSI.

Pertanyaan Seputar Setor Tunai BSI

Berkaitan dengan setoran tunai BSI, ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh nasabah. Pertanyaan-pertanyaan tersebut di antaranya:

Baca Juga:  Apa itu Kode Bank 987 dan Cara Menggunakannya

1. Apakah Ada Biaya yang Dikenakan untuk Setor Tunai BSI?

Setoran tunai yang dilakukan oleh nasabah BSI tidak akan dipungut biaya apapun oleh pihak bank, baik setoran lewat teller, ATM maupun online. Jadi, kamu tidak perlu kuatir nominal atau saldo setoran kamu akan terpotong biaya.

2. Berapa Limit Maksimal Setor Tunai Lewat ATM?

Uang yang disetorkan lewat ATM akan tersimpan di dalam mesin, sehingga kapasitasnya terbatas. Setor tunai lewat ATM memang dibatasi jumlahnya, berbeda dengan setor tunai lewat teller yang bisa digunakan untuk menyetorkan uang berapapun jumlahnya.

Kalau kamu melakukan setor tunai lewat mesin ATM, maka ada limit atau jumlah maksimal yang dapat disetorkan. Berapa limitnya, tergantung dari mesin ATM yang digunakan. Biasanya limit maksimal akan ditampilkan pada layar saat kamu melakukan transaksi.

3. Apakah Setor Tunai di ATM Aman Dilakukan?

Kamu tidak perlu khawatir dengan keamanan dana kamu yang disetorkan melalui mesin ATM. Meskipun uangnya disimpan dalam mesin ATM, tapi transaksi yang dilakukan akan langsung dicatat oleh sistem secara otomatis dan masuk ke rekening tujuan.

Keamanan uang kamu juga dijamin oleh pemerintah, karena BSI adalah bank yang masuk ke Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Selain itu, setiap transaksi yang dilakukan juga diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Nasabah bisa memilih mana cara setor tunai BSI yang dianggapnya paling mudah dan sesuai kebutuhannya. Semua cara setor tunai di bank BSI tersebut, baik lewat teller, mesin ATM ataupun secara online, dijamin keamanannya.

Baca Juga:

error: