3 Cara Menghabiskan Saldo BRI Dibawah 50Ribu

Beben.id – Tak dapat dipungkiri, kita seringkali mengalami masalah sulit soal finansial yang dimana saldo dalam rekening hanya tersisa sedikit. Sisa saldo BRI dibawah 50ribu bahkan menjadi sangat berharga ketika dalam kondisi yang darurat.

BRI sendiri memiliki kebijakan untuk ketentuan nilai minimal saldo dari setiap tabungan, mulai dari Simpedes, Britama, Simpedes TKI, TabunganKu ataupun Junio. Jadi, untuk bisa menghabiskan sisa saldo juga harus disesuaikan dengan jenis rekening yang digunakan.

Ketentuan Minimal Saldo di BRI

Sebelum bahas cara menghabiskan saldo BRI di bawah 50ribu, sebaiknya ketahui ketentuan minimal saldo rekening yang ditentukan oleh BRI. Selain itu, nasabah nantinya bisa menyiapkan saldo bulanan agar rekening tidak terblokir.

  • Ketentuan batas minimal saldo Britama: Rp50.000
  • Ketentuan batas minimal saldo Britama X: Rp10.000
  • Ketentuan batas minimal saldo Britama Bisnis: Rp.50.000
  • Ketentuan batas minimal saldo Junio: Rp50.000
  • Ketentuan batas minimal saldo Simpedes: Rp50.000
  • Ketentuan batas minimal saldo Simpedes TKI:Rp10.000
  • Ketentuan batas minimal saldo TabunganKu: Rp20.000

3 Cara Mudah untuk Menghabiskan Saldo BRI Dibawah 50Ribu

Terdapat banyak cara untuk menghabiskan saldo BRI yang nominalnya tidak sampai 50rb, yaitu dengan mentransfer melalui BRImo, top up saldo E-wallet, dan menutup rekening. Berikut adalah penjelasan lengkapnya dari beberapa cara tersebut.

1. Transfer Saldo Melalui BRI Mobile

Cara yang pertama ini berlaku untuk pengguna Britama X, Simpedes, dan TabunganKu yang ketentuan minimal saldonya kurang dari Rp50.000.

Namun caranya tidak bisa dilakukan melalui ATM, tapi ditransfer melalui BRI Mobile dengan langkah-langkah seperti ini:

  • Bagi yang masih belum memiliki aplikasi BRI Mobile silahkan unduh terlebih dahulu.
  • Buka aplikasi tersebut pada perangkat smartphone yang digunakan.
  • Lanjutkan Login dengan cara memasukkan Username dan Password.
  • Jika sudah masuk ke halaman utama aplikasi, silahkan pilih opsi Transfer.
  • Kamu bisa pilih opsi transfer ke Sesama BRI.
  • Silahkan masukkan jumlah atau nominalnya, yaitu Rp20.000.
  • Lakukan konfirmasi ulang untuk transfer saldo.
  • Masukkan juga PIN BRI Mobile.
  • Transaksi atau proses transfer sudah berhasil dilakukan.
  • Proses selesai.
Baca juga:  8 Bank Keliling Mingguan Terdekat 10 Menit Cair

Bisa dibilang ini merupakan cara yang sangat mudah bagi yang ingin mencairkan saldo BRI di bawah 50rb. Jika tidak bisa menggunakan aplikasi, maka bisa meminta bantuan ke agen BRIlink yang ada di wilayah terdekat.

2. Melakukan Top Up di E-Wallet

Tutorial kedua ini masih menggunakan aplikasi yang sama dengan sebelumnya, yaitu BRI Mobile. Hanya saja sisa saldo yang ada bisa diambil dengan cara melakukan top up di beberapa E-Wallet seperti DANA, OVO, ShopeePay, GoPay, LinkAja, dan lain sebagainya.

Inilah cara yang dapat kamu coba dengan mudah untuk top up saldo di BRI Mobile.

  • Buka terlebih dahulu aplikasi yang sudah terinstall di smartphone.
  • Login menggunakan Username dan Password BRI Mobile.
  • Jika sudah muncul menu yang pertama, silahkan pilih opsi Dompet Digital.
  • Pilih salah satu Dompet Digital untuk top up, bisa OVO, DANA, GoPay, ShopeePay, dan LinkAja.
  • Lanjutkan dengan memasukkan nomor HP E-wallet.
  • Isikan jumlah nominal saldo yang ingin kamu top up, seperti misalnya Rp40.000.
  • Konfirmasi ulang pengisian jumlah saldo tersebut.
  • Masukkan PIN dari BRI Mobile yang dimiliki.
  • Transaksi sekarang sudah berhasil dilakukan dan proses selesai.

Perlu diketahui, proses transfer yang dilakukan tersebut memiliki minimal top up yaitu Rp10.000. Jika dibawah itu, tentu proses pemindahan dana tidak akan bisa berhasil. Selain itu, apabila dana dipindahkan ke DANA, OVO, LinkAja maka tidak akan dikenakan biaya sama sekali alias free.

Sedangkan jika dikirim ke ShopeePay maka memiliki biaya sebesar Rp5.000. Untuk GoPay jauh lebih mahal yaitu Rp1.000 yang akan dipotong secara otomatis.

3. Menutup Rekening Bank

Untuk mengambil saldo BRI di bawah 50ribu juga dapat dilakukan dengan menutup rekening bank. Biaya untuk menutup rekening ini tidak sama karena masih disesuaikan dengan jenis tabungan.

Baca juga:  18 Cara Mengatasi Lupa PIN ATM BCA 100% Ampuh

Lebih detailnya, simak pembahasan mengenai biaya penutupan untuk masing-masing rekening BRI yaitu:

A. Simpedes

Simpedes merupakan salah satu produk tabungan BRI yang paling banyak digunakan. Hanya dengan setoran awal sebesar Rp50.000, kamu sudah bisa membuka jenis rekening ini.

Pengguna tabungan BRI Simpedes dikenakan biaya admin sebesar Rp25.000 untuk menutup rekening. Jadi, jika saldo masih tersisa 50rb maka masih bisa mendapatkan sisa 25ribu.

B. Simpedes TKI

Sesuai namanya, Simpedes TKI adalah tabungan yang diberikan BRI khusus bagi TKI atau Tenaga Kerja Indonesia. Tabungan ini menawarkan banyak keuntungan dengan fasilitas transaksi yang lengkap.

Keunggulannya ada pada pembukaan yang ringan, fasilitas kartu ATM dan berkesempatan mendapat hadiah. Biaya penutup jenis rekening yang satu ini juga sebesar Rp25.000.

C. BRI Junio

Junio menjadi produk terbaik dari BRI yang dilengkapi dengan beragam fitur dan fasilitas menarik. Produk tabungan yang satu ini hanya dikhususkan untuk anak-anak dengan biaya administrasi yang murah.

Sama halnya dengan BRI Simpedes dan Simpedes TKI, biaya penutupan rekening adalah sekitar Rp25.000. Seperti misalnya, apabila saldo yang tersisa masih Rp45.000 maka masih bisa mendapatkan sisa Rp20.000 yang diberikan secara tunai.

D. Britama

Britama merupakan rekening yang memiliki jumlah limit transaksi yang cukup besar, entah itu melalui ATM, Mobile Banking, Internet Banking, ataupun SMS Banking. Setoran awal untuk membuka rekening ini lebih mahal karena sebesar Rp250.000 dan akan diberikan kartu Silver atau Black Britama.

Seperti ketentuan jumlah saldo mengendapnya, biaya untuk menutup rekening ini sekitar Rp50.000. Apabila saldomu hanya tersisa Rp50 ribu dan ingin menutup rekening, maka sudah pasti akan habis juga. Berarti secara tidak langsung juga tidak akan mendapatkan sisa atau untung sama sekali.

Baca juga:  13 Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit Bukopin

E. Britama X

Britama X adalah bagian dari rekening Britama yang dikhususkan untuk kalangan anak muda. Setoran awalnya juga tak kalah rendah karena hanya sebesar Rp100.000 dengan biaya kartu ATM yang sepenuhnya gratis.

Meskipun limit transaksi yang dimiliki lebih kecil ketimbang Simpedes, BritamaX sudah mampu memenuhi segala macam transaksi anak muda yang sedang merintis karir sebagai karyawan ataupun pengusaha. Biaya untuk menutup rekening tabungan ini adalah sebesar Rp50.000.

F. Britama Bisnis

Britama bisnis selalu dijadikan sebagai pilihan utama bagi nasabah yang sering melakukan transaksi dengan jumlah tinggi. Maka tak heran, jika setoran awalnya sangat mahal atau sebesar Rp1 juta.

Jenis produk tabungan ini menawarkan banyak kelebihan, seperti biaya administrasi bulanan dan biaya kartu yang gratis. Namun syaratnya harus memiliki jumlah saldo dalam rekening setidaknya Rp5juta.

Tak berbeda jauh dengan Britama atau Britama X, biaya administrasi untuk menutup rekening sebesar Rp50ribu.

G. TabunganKu

TabunganKu adalah jenis produk simpanan BRI yang diberikan untuk perseorangan dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui tabungan. Biaya untuk membuat rekening dan administrasi per bulan sepenuhnya gratis.

Selain itu, biaya untuk penutupan rekening tabungan ini juga tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat diketahui bahwa saldo BRI dibawah 50ribu masih dapat diambil sesuai dengan jenis kartu rekening yang digunakan. Kamu bisa pilih salah satu cara sesuai dengan rekening seperti transfer, top up E-wallet, atau mungkin menutup rekening.

Jika masih ada pertanyaan seputar hal tersebut, sebaiknya datang secara langsung ke kantor cabang BRI terdekat. Teller yang bertugas akan langsung membantu untuk menangani segala macam permasalahan nasabah, termasuk menghabiskan saldo rekening.

Baca Juga:

error: