6 Cara Cek Tabungan BRI Simpel Simpanan Pelajar

Beben.id – Membiasakan anak untuk menabung sejak dini menjadi hal yang penting bagi sebagian orang tua. Maka dari itu, BRI telah merilis produk tabungan yang bernama BRI Simpel. Banyak kemudahan yang ditawarkan, mulai dari pembukaan rekening hingga cek tabungan BRI simpel simpanan pelajar.

Pasalnya, siswa tak perlu lagi datang secara langsung ke kantor BRI Terdekat. Semuanya dapat diwakilkan kepada pihak sekolah atau bisa juga orang tua. Meskipun begitu, rekening bank nantinya tetap atas nama siswa itu sendiri.

Mengenal Tabungan BRI Simpel (Simpanan Pelajar)

Sebelum bahas cara cek tabungan BRI Simpel Simpanan pelajar, ketahui terlebih dahulu mengenai pengertian dari tabungan ini. Sesuai namanya, BRI Simpel adalah jenis rekening tabungan dari BRI yang dibuat khusus untuk pelajar di Indonesia.

Pembuatan rekening BRI ini bisa dilakukan secara pribadi melalui website resmi BRI, atau bisa juga secara kolektif yang dilakukan pihak sekolah. Tabungan ini dibuat untuk pelajar mulai dari tingkatan PAUD, TK, SD, SMP, SMA atau setidaknya belum berusia lebih dari 17 tahun.

Proses pembuatan rekening ataupun syaratnya juga mudah dipenuhi. Sedangkan untuk suku bunganya, BRI tidak memberikan bunga sama sekali pada produk tabungan ini alias 0%.

Inilah yang menjadi salah satu kelebihan yang paling menarik daripada tabungan Simpel dari Bank yang lain. Hal tersebut karena di berbagai bank Nasional, entah itu syariah atau konvensional kebanyakan memberikan suku bunga.

Calon nasabah tidak akan dikenakan biaya sama sekali, terkecuali setoran awal sekitar Rp5.000 saat pembukaan rekening dan Rp5.000 lagi untuk biaya penutupan rekening.

Selain itu, ada banyak sekali manfaat utama yang bisa didapatkan dari tabungan ini. Manfaat tersebut yaitu seperti berikut ini:

  • Rekening tabungan yang merupakan penyalur bantuan dana PIP (Program Indonesia Pintar).
  • Memberikan premi asuransi secara langsung untuk siswa.
  • Gratis biaya administrasi bulanan, tanpa potongan biaya sama sekali.
  • Sebagai motivasi bagi siswa-siswi pentingnya menabung sejak kecil.
  • Setoran awal ataupun setoran selanjutnya yang dikenakan tidak begitu besar.
Baca juga:  Praktis! 6 Cara Bayar Kartu Kredit Danamon

Persyaratan yang Harus Dipenuhi untuk Cek Tabungan BRI Simpel

Jika ingin cek tabungan BRI Simpel Simpanan Pelajar, maka harus memenuhi beberapa persyaratan yang penting. Bagi yang belum tahu apa saja persyaratannya, bisa simak ulasan di bawah ini.

1. Persyaratan Jika Cek Tabungan Melalui Smartphone

Cek tabungan secara online melalui smartphone harus memenuhi persyaratan seperti berikut:

  • Sudah mempunyai tabungan BRI Simpel yang aktif.
  • Menyiapkan nomor rekening yang dimiliki tabungan BRI Simpel.
  • Mendaftarkan nomor HP di Bank BRI.
  • Melakukan pendaftaran di fasilitas BRI untuk mengakses transaksi seperti SMS Banking, Internet Banking, dan BRImo atau BRI Mobile.

2. Persyaratan Jika Cek Tabungan Secara Offline

Sedangkan persyaratan untuk cek tabungan BRI Simpel melalui online, yaitu:

  • Memiliki tabungan BRI Simpel.
  • Menyiapkan kartu identitas seperti kartu pelajar, atau mungkin KTP bagi yang sudah memiliki.

Tutorial Cek Tabungan BRI Simpel Simpanan Pelajar Lewat HP

Untuk mengecek tabungan BRI Simpel yang pertama, bisa dilakukan melalui perangkat seperti smartphone. Terdapat 4 cara yaitu via SMS Banking, BRImo, Internet Banking, dan Call Center BRI.

1. Melalui Internet Banking

Jika semua persyaratan sudah siap, silahkan cek tabungan via Internet Banking dengan tahapan cara seperti berikut:

  • Silahkan buka situs resmi Bank BRI di alamat https://ib.bri.co.id/ib-bri/.
  • Lakukan login pada situs tersebut dengan Username dan Password IB BRI.
  • Klik tombol yang ada di bagian pojok kiri paling atas, kemudian pilih Rekening.
  • Kemudian akan muncul sub-menu, silahkan pilih opsi Saldo Tabungan.
  • Sekarang bisa lihat data dari saldo tabungan yang ada di bagian paling bawah.
Baca juga:  17 Jenis Kartu Kredit BCA (Limit, Bunga dan Syarat)

2. Via SMS Banking

Tutorial yang kedua adalah lewat SMS Banking dengan tahapan cara sebagai berikut:

  • Buka terlebih dahulu layanan pesan singkat atau SMS yang ada di smartphone.
  • Jika sudah maka ketikkan pesan singkat menggunakan format seperti ini SALDO-Spasi)-PIN ATM. Contohnya, SALDO 123123.
  • Kirimkan SMS tersebut di nomor layanan 3300.
  • Silahkan tunggu sampai mendapatkan balasan yang berisi info tabungan.

Biasanya pihak Bank BRI akan membalas pesan singkat tersebut sekitar 10 menit setelah dikirim, atau maksimal 24 jam. Sebagai catatan tambahan, pastikan bahwa kamu sudah mengirimkan SMS dengan nomor ponsel yang terdaftar di BRI.

3. Melalui BRImo

Berikutnya adalah cara untuk cek tabungan BRI Simpel Pinjaman Pelajar melalui BRI Mobile atau BRImo:

  • Buka lebih dulu BRI Mobile.
  • Login ke aplikasi tersebut lewat fingerprint, yaitu dengan memasukkan Username dan Password.
  • Jika sudah berhasil masuk pada beranda atau dashboard aplikasi, klik logo dengan gambar Mata yang ada pojok kiri paling atas.
  • Jika tabungan BRI Simpel yang kamu miliki bukan rekening yang utama, maka pilih opsi Rekening Lain.

4. Melalui Call Center BRI

Bagi yang masih belum mendaftar di fasilitas online BRI yang kami sebutkan di atas dan tetap tidak ingin pergi ke kantor BRI, masih ada alternatif lain yang bisa dicoba menggunakan smartphone. Caranya adalah dengan menghubungi kontak resmi dari call center BRI.

Kamu bisa melakukan panggilan secara langsung ke nomor telepon 15000017 atau bisa juga 14017. Jika sudah mendapat resmi, langsung saja tanyakan info mengenai saldo tabungan BRI Simpel. Biasanya Call Center hanya akan meminta untuk memberikan nomor rekening.

Tutorial Cek Tabungan BRI Simpel Simpanan Pelajar Melalui Offline

Selain melalui HP, nasabah juga bisa melakukan pengecekan tabungan BRI secara offline. Cara ini banyak diterapkan oleh mereka yang fasilitas BRI online-nya sudah tak lagi aktif, atau mungkin tidak ingin dikenakan biaya berupa pulsa.

Baca juga:  5 Cara Bayar Kartu Kredit Bank Mega Terbaru

Setidaknya ada dua macam cara yang dapat dipilih, diantaranya:

1. Di Kantor Bank BRI

Secara offline berarti dilakukan dengan mendatangi kantor BRI yang ada di wilayah terdekat. Orang tua atau wakil hanya perlu membawa tabungan dan identitas anak untuk bisa mengecek saldo tabungan.

Cara ini mungkin sedikit repot karena harus antri, tapi dengan datang secara langsung akan lebih jelas karena ditangani oleh teller yang bertugas. Selain itu, kamu juga bisa menanyakan hal lainnya selain saldo tabungan.

2. Di Sekolah

Tabungan BRI Simpel ini pada umumnya bisa digunakan untuk melakukan transaksi di sekolah. Hal ini berarti siswa atau wakilnya diperbolehkan untuk mengecek tabungan di loket menabung yang ada di sekolah.

Sama halnya dengan cara yang sebelumnya, siswa hanya perlu membawa tabungan BRI Simpel ke loket tersebut untuk melakukan pengecekan saldo secara lebih mudah.

BRI memang menyediakan Tabungan Simpel yang akan melatih siswa untuk menabung sejak dini. Semua prosesnya, mulai dari pembukaan rekening hingga cek tabungan BRI Simpel Simpanan Pelajar mudah untuk dilakukan.

Kamu bisa melakukan cek saldo menggunakan beberapa cara yang sudah disebutkan di atas. Namun jika ingin lebih mudah, cukup lakukan cek tabungan lewat HP saja tanpa harus berkunjung ke kantor BRI yang sudah pasti memakan banyak waktu.

Baca Juga:

error: