Biaya Operasi Kuret 2024 Pakai BPJS dan Non BPJS


Beben.id – Biaya operasi kuret menjadi hal yang paling banyak ditanyakan bagi yang sedang membutuhkan penanganan medis ini. Walaupun bukan menjadi layanan medis yang banyak dibutuhkan oleh orang, namun umumnya prosedur ini banyak dilakukan pada seorang wanita.

Terutama saat mengalami keguguran pada masa kehamilannya atau janin tidak mengalami perkembangan. Cara untuk menangani hal tersebut yaitu dengan melakukan tindakan operasi kuret. Tindakan ini dilakukan dengan melakukan pembedahan pada lapisan rahim.

Jadi sebelum melakukan tindakan operasi ini, dokter ginekolog akan melakukan pemeriksaan pada rahim terlebih dahulu. Sehingga nantinya bisa diketahui mengenai penanganan yang tepat untuk proses selanjutnya.

Apa itu Operasi Kuret?

Sebelum membahas mengenai biaya operasi kuret, ada hal penting yang harus diketahui terlebih dahulu yaitu tentang pengertian dari kuret itu sendiri. Jadi kuret adalah nama dari alat bedah yang fungsinya yaitu untuk mengeluarkan jaringan yang tersisa di dalam rahim.

Bentuk dari tindakan medis ini juga dinamakan dengan nama kuretase, yang umumnya dilakukan pada seorang wanita yang mengalami keguguran.

Adapun proses kuretase atau operasi kuret ini membutuhkan waktu yang cukup sebentar yaitu hanya sekitar 10-15 menit. Prosedur dari tindakan medis ini yaitu pasien akan dibius terlebih dahulu selama proses operasi berlangsung.

Setelah selesai menjalani operasi kuret, pasien membutuhkan waktu untuk proses pemulihan yaitu sekitar 5 jam atau bisa seharian penuh. Waktu ini tentunya bergantung pada kondisi dari masing-masing pasien serta jenis dari anestesi yang dipakai.

Operasi kuret ini pada dasarnya tidak hanya dilakukan pada pasien yang mengalami keguguran saja. Beberapa kondisi medis lainnya juga bisa menggunakan prosedur ini, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Operasi kuret yang dilakukan untuk menangani permasalahan yang terjadi pada bagian rahim, contohnya yaitu seperti mengangkat adanya polim yang tubuh pada rahim, melakukan pembersihan rahim karena kondisi medis tertentu dan lain sebagainya.
  • Operasi kuret yang dilakukan untuk kebutuhan pemeriksaan medis, seperti apabila terjadi pendarahan setelah menopause dan lain sebagainya.
Baca Juga:  Jam Besuk RS Bhayangkara Semarang Terbaru Pagi dan Sore

Prosedur operasi kuret ini penting sekali dilakukan pada sebuah fasilitas kesehatan yang sudah terpercaya, sehingga bisa ditangani secara langsung oleh dokter yang memang sudah kompeten dalam bidang tersebut. Jadi setelah proses operasi kuret selesai tidak akan menimbulkan masalah.

Biaya Operasi Kuret di Berbagai Fasilitas Kesehatan

Sebagaimana dengan jenis tindakan medis lainnya, prosedur operasi kuret ini juga membutuhkan biaya dengan jumlah tertentu. Masing-masing dari fasilitas kesehatan antara yang satu dengan lainnya, tentu memiliki tarif yang berbeda, sesuai dengan kebijakan dari masing-masing tempat.

Selain itu, semakin lengkap fasilitas yang tersedia juga bisa berpengaruh terhadap besar kecilnya harga operasi kuret. Jadi umumnya di rumah sakit yang besar dan ternama, besar biayanya tentu jauh lebih mahal apabila dibandingkan dengan rumah sakit yang kecil atau klinik bersalin.

Namun untuk tindakan operasi kuret ini bukanlah suatu hal yang sederhana, jadi harus dilakukan pada rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang memiliki beberapa alat yang memadai. Pasien bisa saja berkunjung ke Puskesmas untuk mendapatkan penanganan.

Tapi nantinya Puskesmas juga akan merujuknya ke rumah sakit lain yang lebih memadai. Kerana tindakan ini tidak bisa dilakukan di Puskesmas ataupun tempat praktek bidan.

Dengan mengetahui informasi tentang biaya atau harga operasi kuret, bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan, sebelum menjalankan tindakan medis yang satu ini.

Adapun beberapa gambaran dari estimasi biaya untuk operasi kuret pada masing-masing fasilitas kesehatan yaitu sebagai berikut:

1. Biaya operasi kuret di klinik bersalin

Biaya dari tindakan medis berupa kuret ini di klinik bersalin juga berbeda antara satu sama lainnya, karena tergantung dari jenis klinik tersebut. Namun karena kebanyakan dari fasilitas klinik bersalin ini kecil, serta alat-alat yang ada kurang memadai untuk melakukan prosedur kuret.

Baca Juga:  6 Tanda-tanda Kredit Motor di ACC Bank atau Leasing

Biasanya pasien yang membutuhkan penanganan berupa operasi kuret ini, akan dirujuk ke rumah sakit yang lebih besar, dengan fasilitas yang lebih lengkap.

Tapi ada juga klinik bersalin yang cukup besar dengan fasilitas lengkap dan memadai, sehingga bisa melakukan penanganan kuret secara langsung. Klinik-klinik bersalin semacam ini sayangnya lebih banyak ditemukan pada daerah perkotaan.

Sementara itu, di daerah yang jauh dari pusat kota masih jangan ditemui klinik bersalin yang memiliki berbagai fasilitas lengkap. Adapun untuk biaya operasi kuret pada klinik bersalin tidak jauh berbeda dengan rumah sakit pada umumnya.

Harga untuk jenis tindakan medis ini yaitu biasanya dikenakan tarif dengan kisaran yaitu mulai dari Rp2.000.000 sampai belasan juta rupiah.

2. Biaya operasi kuret di rumah sakit

Prosedur untuk melakukan tindakan operasi kuret ini paling banyak dilakukan di rumah sakit, yang terdapat berbagai fasilitas yang lengkap serta memadai. Rumah sakit juga menjadi tujuan utama sebagai fasilitas kesehatan yang menjadi tempat rujukan bagi pasien dari Puskesmas atau klinik.

Adapun untuk besaran dari biaya dari operasi kuret di rumah sakit ini sangatlah beragam, sehingga hal ini menjadi bahan pertimbangan yang perlu diperhatikan sebelum menjalankan prosedur tindakan medis ini.

Umumnya besaran biaya yang harus dikeluarkan untuk operasi kuret di rumah sakit yaitu sekitar Rp1.200.000 sampai belasan juta. Hal ini tentunya tergantung dari fasilitas serta tipe dari masing-masing rumah sakit.

Bahkan biaya tersebut hanya untuk prosedur penanganannya saja, belum termasuk ke dalam biaya perawatan serta obat-obatannya. Maka dari itu, persiapan dana lebih baik untuk dilebihkan pada estimasi harga yang sudah ditetapkan.

Bisa saja terdapat beberapa biaya tambahan yang harus dikeluarkan, jadi tidak akan kaget atau kebingungan lagi untuk mencari tambahan uang lainnya.

Baca Juga:  Jam Besuk RSUD Karawang: Alamat, Fasilitas, Peraturan 2024

Berikut merupakan beberapa referensi perkiraan mengenai estimasi dari biaya dari operasi kuret yang terdapat di sejumlah kawasan di Jakarta:

  • Rumah Sakit Premier Jatinegara: harga untuk operasi kuret yaitu mulai dari Rp000.000.
  • Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran: harga untuk operasi kuret yaitu mulai dari Rp000.000.
  • Rumah Sakit MRCCC Siloam Hospitals Semanggi: harga untuk operasi kuret yaitu mulai dari Rp000.000.
  • Rumah Sakit Mayapada Hospital Kuningan: harga untuk operasi kuret yaitu mulai dari Rp000.000.
  • Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres: harga untuk operasi kuret yaitu mulai dari Rp000.000.
  • Rumah Sakit Premier Bintaro: harga untuk operasi kuret yaitu mulai dari Rp000.000.

Harga di atas masih belum termasuk pada biaya untuk obat-obatan dan lainnya, karena hanyalah biaya untuk penanganan prosedur dari operasi kuret.

Salah satu bahan pertimbangan untuk melakukan berbagai prosedur tindakan medis yaitu mengenai biayanya. Maka dari itu, informasi mengenai biaya operasi kuret menjadi hal penting yang harus diketahui, sebelum melakukan prosedur untuk penanganan medis ini.

Karena dengan mengetahui informasi tersebut bisa menjadi acuan atau pedoman untuk menyiapkan sejumlah dana yang dibutuhkan. Selain itu juga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk memilih tempat yang sesuai dengan dana yang dimiliki.

Baca Juga:

error: