Biaya Operasi Patah Tulang 2024 Pakai BPJS/Non BPJS


Beben.id – Patah tulang merupakan kondisi yang bisa mengganggu aktivitas manusia sehari-hari. Sehingga perlu dilakukan penanganan segera agar kondisi yang terjadi tidak semakin parah. Dengan mengetahui informasi biaya operasi patah tulang, maka bisa membantu untuk mencari penanganan yang tepat.

Selain itu, bisa mempermudah dalam menyiapkan perkiraan budget yang dibutuhkan. Jadi apabila dirasa budget yang dimiliki masih belum memenuhi untuk melakukan operasi patah tulang, maka bisa mencari tambahan dana untuk melengkapi kekurangan tersebut.

Patah tulang sendiri terjadi karena adanya tekanan yang besar yang melebihi kekuatan tulang untuk menerima beban, sehingga bagian tulang bisa mengalami retak atau patah. Akan tetapi, kondisi tulang yang melemah seperti osteoporosis juga bisa menjadi penyebab.

Pengobatan Patah Tulang

Sebelum diberikan penanganan mengenai patah tulang yang dialami, maka sebelumnya dokter akan memastikan tingkat keparahan dari patah tulang tersebut. Sehingga bisa menentukan penanganan yang tepat untuk mencegah kondisi yang semakin parah.

Pasalnya penanganan tersebut selain bisa membantu proses penyembuhannya, juga bisa mengontrol rasa nyeri dan rasa sakit yang muncul, menyembuhkan fungsi dari gerak tubuh sera mencegah terjadinya komplikasi.

Adapun beberapa hal penting yang harus diketahui oleh seorang dokter sebelum melakukan penanganan diantaranya yaitu mengenai jenis patah tulangnya, lokasi dari patah tulang serta riwayat medis dari pasien, sehingga langkah yang diambil bisa sesuai.

Berikut ini merupakan beberapa jenis pengobatan yang bisa diberikan oleh dokter apabila mengalami patah tulang.

  • Belat atau bidai.
  • Gips
  • Teraksi.
  • Operasi ortopedi.
  • Mengonsumsi obat-obatan.

Berdasarkan beberapa jenis pengobatan untuk patah tulang di atas, pengobatan menggunakan belat atau bidai, gips dan traksi ini dilakukan apabila patah tulang yang terjadi kondisinya tidak terlalu parah. Jenis pengobatan tersebut juga tidak membutuhkan tindakan operasi.

Baca Juga:  Jam Besuk RS Ken Saras Semarang Terbaru 2024

Pengobatan dengan memberikan obat-obatan ini digunakan agar gejala dari rasa nyeri yang muncul bisa lebih terkontrol. Sedangkan apabila kondisi patah tulang yang dialami parah, maka perlu dilakukan tindakan pembedahan atau operasi.

Biaya operasi patah tulang ini juga bervariasi, tergantung pada kebijakan masing-masing rumah sakit serta tingkat keparahan yang dialaminya. Apabila kondisi patah tulang membutuhkan penanganan yang ekstra maka biayanya tentu akan semakin mahal.

Mengenal Operasi Patah Tulang

Operasi patah tulang biasanya diperlukan apabila kondisi yang dialaminya sudah parah, sehingga membutuhkan penanganan serius dan ekstra agar tulang bisa kembali normal sebagaimana fungsinya.

Operasi patah tulang ini juga dikenal dengan sebutan bedah ortopedi, yaitu sebuah tindakan yang dilakukan agar masalah yang terjadi pada sistem gerak tubuh atau tulang bisa diatasi, sehingga bisa kembali bebas beraktivitas tanpa kendala.

Jadi dokter nantinya akan memasang sebuah pen yang dibuat dari bahan logam pada daerah yang mengalami patah tulang.

Beberapa tindakan yang dilakukan oleh dokter pada saat operasi yaitu ada artroskopi, pemasangan pen pada lokasi patang tulang, penggantian sendi, tindakan fusi tulang, osteotomi dan operasi untuk memperbaiki ligamen atau tendon.

Pada saat proses operasi selesai, maka pasien akan diarahkan untuk melakukan fisioterapi, dimana manfaat dari tindakan ini yaitu bisa membantu dalam mengembalikan keaktifan dari otot tulang.

Pasalnya apabila otot tulang jika dibiarkan saja tidak aktif, maka lama-kelamaan bisa menyusut yang mana nantinya bisa menjadi menghambat pergerakan dari seseorang. Jadi harus sering dilakukan pelatihan agar otot tulang bisa selalu aktif.

Kapan Diperlukan Penanganan Operasi Patah Tulang?

Tindakan operasi patah tulang atau bedah ortopedi ini dilakukan sebagai bentuk penanganan pada pasien yang mengalami patah tulang. Namun tindakan ini juga bisa dilakukan untuk penanganan di luar kondisi patah tulang.

Jadi bagi yang mengalami kondisi demikian, maka bisa segera melakukan penanganan bedah ortopedi agar kondisi tulang bisa kembali normal. Sehingga bisa kembali melakukan berbagai aktivitas sehari-hari dengan normal seperti sedia kala.

Baca Juga:  3 Cara Cek Angsuran Home Credit Secara Online 2024

Adapun untuk kondisi-kondisi yang dimaksud antara lain yaitu sebagai berikut:

  • Luka yang terjadi pada bagian sendi.
  • Radang atau infeksi pada sendi.
  • Skoliosis
  • Kerusakan yang terjadi pada bagian ligamen atau tendon.
  • Patah tulang.

Tindakan bedah ortopedi ini juga pada umumnya dilakukan setelah berbagai tindakan pengobatan non bedah, sudah tidak mampu lagi untuk mengatasi kondisi yang diderita oleh pasien, sehingga tindakan operasi ini dibutuhkan untuk menangani kondisi tersebut.

Berapa Biaya Operasi Patah Tulang?

Bedah ortopedi atau operasi patah tulang merupakan salah satu tindakan medis yang dikenal dengan biayanya yang lumayan menguras tabungan. Namun, bukan berarti hal tersebut menjadi penghambat untuk melakukan proses operasi.

Apabila mengalami kondisi patah tulang, tapi tidak segera ditangani dengan tepat maka bisa memperparah kondisi tersebut. Sehingga nantinya bisa membahayakan kesehatan tubuh. Walaupun terdapat beberapa kasus yang tidak membutuhkan tindakan operasi agar bisa sembuh.

Tapi untuk kasus patah tulang yang menyebabkan terjadinya pergeseran tulang dari posisi atau tempat semula, membutuhkan tindakan operasi dalam proses penanganannya.

Operasi ortopedi ini merupakan jalan terbaik yang bisa dilakukan agar tulang bisa kembali ke posisi semula. Selain itu, agar tulang bisa tetap berada pada posisi yang sebenarnya maka bisa dilakukan pemasangan pen.

Adapun untuk biaya operasi patah tulang ini bisa berubah-ubah, bahkan antara satu rumah sakit dengan yang lainnya juga bisa berbeda. Hal tersebut dikarenakan biaya ini tergantung dari kebijakan masing-masing rumah sakit.

Selain itu, tingkat dari keparahan yang dialaminya juga bisa mempengaruhi biaya yang harus dikeluarkan. Namun untuk harga kisaran dari biaya operasi patah tulang yaitu Rp1.000.000 – Rp25.000.000.

Biaya tersebut sudah termasuk dengan rawat inap, tindakan bedah, obat-obatan, serta konsultasi dengan dokter.

Baca Juga:  Jam Besuk RSJ Magelang (Soerojo Hospital) Terbaru 2024

Apakah BPJS bisa Menanggung Biaya Operasi Patah Tulang?

Jadi apabila membutuhkan tindakan operasi atau pembedahan untuk mengatasi patah tulang, biaya tersebut bisa ditanggung oleh BPJS kesehatan. Jadi bagi yang tidak memiliki budget untuk membayar biaya tersebut tidak perlu khawatir.

Biaya untuk berbagai macam tindakan ataupun perawatan yang dilakukan bagi pasien yang tergolong ke dalam kriteria gawat darurat, maka bisa ditanggung oleh BPJS kesehatan.

Adapun untuk beberapa kondisi dari patah tulang yang masuk ke dalam golongan gawat darurat pada saat menggunakan BPJS kesehatan, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Patah tulang di bagian pipi (zygoma) terbuka dan tertutup.
  2. Patah tulang di bagian hidung terbuka dan tertutup.
  3. Patah tulang di bagian rahang (maxilla dan mandibula) terbuka dan tertutup.
  4. Fraktur tulang pada kepala.
  5. Dislokasi pada persendian.
  6. Patah tulang pada bagian iga multiple.
  7. Patah tulang pada bagian leher.
  8. Patah tulang tertutup.
  9. Patah tulang terbuka

Walaupun biaya operasi patah tulang tergolong sedikit mahal, namun bagi yang memiliki BPJS kesehatan atau asuransi kesehatan lainnya tentu tidak perlu khawatir. Karena sebagian atau keseluruhan biayanya bisa ditanggung pada asuransi kesehatan tersebut.

Jadi apabila mengalami kejadian demikian, maka segeralah datang ke rumah sakit untuk melakukan proses penanganan lebih lanjut. Sehingga kondisi patah tulang tersebut tidak menjadi semakin parah hingga mengganggu kesehatan tubuh.

Baca Juga:

error: