2 Biaya Operasi Gusi Turun 2024 Pakai BPJS dan Non BPJS

Beben.id – Gusi turun adalah kerusakan yang terjadi pada gusi yang membuat gigi lebih terlihat bahkan sampai ke akar gigi. Gusi yang turun menyebabkan masalah pada kesehatan gusi sehingga beberapa tindakan operasi terkadang dibutuhkan. Berapa biaya operasi gusi turun?

Gusi turun perlu mendapatkan penanganan yang tepat oleh dokter ahli sehingga mendapatkan solusi yang tepat. Gusi yang turun membuat adanya celah antara gusi dan gigi sehingga lebih mudah mengalami penumpukan kotoran kembali bahkan bakteri bisa bersarang disana.

Biaya OperasI Gusi Turun

Operasi gusi turun ini termasuk pembedahan mulut yang terdiri dari dua tindakan yang diperlukan yaitu gingivoplasty dan gingival graft. Kedua jenis tindakan tersebut punya beberapa jenis tindakan yang berbeda. Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

1. Biaya Operasi Gusi Turun dengan Cangkok Gusi

Tindakan pertama yang umum dilakukan ketika gusi turun yaitu menggunakan cangkok gusi atau disebut juga gingival graft. Cangkok gusi ini diterapkan untuk membuat jaringan tulang dan gusi bisa tumbuh kembali.

Cara yang dilakukan yaitu menempatkan jaringan gusi baru di area yang membutuhkan banyak jaringan di gusi. Hal ini membuat gusi menjadi lebih normal kembali. Fungsi dari cangkok gusi ini dilakukan untuk mencegah gusi semakin memburuk.

Jika gusi semakin turun, tentu akar gigi bisa terancam dan menjadi lebih mudah rusak. Untuk membuat hasil yang maksimal, cangkok gusi ini harus didukung juga dengan perawatan mulut yang baik dan rutin agar gusi tetap sehat.

Lalu, berapa biaya operasi gusi turun untuk tindakan gingival graft atau cangkok gusi? Anda harus menyiapkan uang sekitar Rp3.000.000. Namun, sebagai persiapan bisa juga menyiapkan dana antara 20-30% lebih tinggi supaya lebih siap jika ada tambahan biaya.

Baca Juga:  Biaya Operasi Caesar Eracs Pakai BPJS dan Tanpa BPJS

Persiapan dana yang lebih besar dari perkiraan ini sangat penting dilakukan karena mungkin saja ada biaya tambahan seperti untuk rawat inap, obat, sampai berbagai tindakan lain yang memungkinkan Anda tidak perlu mencari biaya itu kembali.

Biaya operasi cangkok gusi ini sebenarnya cukup tinggi karena ada prosedur bedah yang memerlukan keahlian khusus dan hanya dokter ahli yang bisa melakukannya.

2. Biaya Operasi Gusi Turun dengan Flap atau Gingivoplasty

Jenis operasi gusi turun yang kedua adalah operasi flap atau gingivoplasty yang merupakan tindakan bedah dimana dokter bisa memulihkan kembali gusi sehingga lebih terlihat natural.

Tindakan tersebut diawali dengan pengangkatan gusi lalu, dipasangkannya kembali ke mulut sampai prosedur bedah selesai. Saat pemasangan gusi selesai, maka gusi akan menutup akar gigi tersebut sehingga akan terlihat normal kembali.

Tindakan operasi ini diperlukan saat seseorang memiliki gusi yang terlalu turun jauh dibandingkan dengan gigi normal atau yang lebih dikenal dengan gummy smile. Masalah tersebut biasanya dilakukan operasi oleh seseorang karena ingin tampil lebih cantik.

Namun, ada juga orang yang ingin melakukan operasi tersebut untuk menjaga kesehatan mulutnya. Pasalnya, gusi turun ini bisa membuat celah yang lebar sehingga penumpukan bakteri di rongga gusi dan gigi menjadi lebih cepat terjadi.

Bagi Anda yang tertarik melakukan operasi jenis ini, maka uang yang dibutuhkan adalah sekitar Rp400.000 sampai Rp500.000 tiap giginya atau sekitar Rp3.000.000 tiap rahang.

Penyebab Gusi Turun

Ada banyak penyebab gusi turun yang harus Anda ketahui. Masalah utama penyebab gusi turun adalah karena buruknya kebersihan gigi dan mulut. Gigi dan mulut yang jarang dibersihkan bisa membuat penumpukan plak dan bakteri.

Hal inilah yang membuat kesehatan gusi dan gigi menjadi berkurang. Jika dibiarkan maka bisa menimbulkan infeksi bakteri yang membuat jaringan gusi dan gigi menjadi rusak. Penyebab lain dari gusi turun ini adalah sebagai berikut:

  • Pembentukan karang gigi yang menumpuk dan lama sehingga membuat gusi turun.
  • Kebiasaan merokok.
  • Terlalu keras menyikat gigi.
  • Punya gigi yang bertumpuk.
  • Terjadi perubahan hormon. Umumnya terjadi pada wanita ketika pubertas, menopause, dan hamil.
  • Faktor keturunan.
  • Kebiasaan menggertakkan gigi.
  • Punya penyakit diabetes.
  • Menderita HIV
  • Punya risiko penggunaan tindik di lidah dan bibir.
Baca Juga:  3 Brosur Mandala Finance 2024: Tabel Pinjaman, Syarat

Untuk menghindari masalah gusi turun, penting untuk menjaga kesehatan gigi dengan rutin dengan melakukan sikat gigi dua kali sehari.

Ciri Gusi Turun yang Perlu Diwaspadai

Setelah diketahui biaya operasi gusi turun, Anda juga perlu memahami gejala apa yang membuat gusi turun tersebut berbahaya sehingga perlu dilakukan tindakan operasi. Tidak banyak orang mengetahui hal tersebut bahkan menyepelekannya.

Gusi turun yang terjadi dalam jangka waktu yang panjang bisa menyebabkan berbagai masalah diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Gigi menjadi lebih sensitif seperti tidak bisa minum dingin atau makan yang terlalu panas.
  • Muncul bau mulut yang tidak sedap.
  • Gusi sering berdarah selesai menyikat gigi.
  • Gusi mengalami pembengkakan dan terlihat lebih merah.
  • Gigi bisa copot.
  • Gusi terlihat menyusut dan turun.
  • Sering mengalami rasa nyeri di area gusi.
  • Akar gigi menjadi mulai terlihat atau giginya terlihat lebih panjang.

Jika Anda sudah mengalami gejala di atas, maka penting berkonsultasi pada dokter gigi ahli untuk ditangani lebih baik. Jika memungkinkan, dokter akan menyarankan pengobatan atau pencegahan supaya gusi tidak turun semakin parah.

Selain itu, penting juga untuk melaksanakan pencegahan agar gusi turun yang terjadi tidak sampai bertambah parah.

Beberapa Pengobatan Untuk Gusi Turun

Selain dilakukan tindakan operasi, Anda juga bisa mengobati gusi turun ini dengan tindakan perawatan untuk pencegahan dan deteksi dini. Beberapa tindakan tersebut adalah sebagai berikut:

Baca Juga:  Jam Besuk RSCM: Alamat, Jadwal Buka, Peraturan 2024

1. Pembersihan Gusi dan Gigi

Pengobatan pertama yang bisa dilakukan adalah membersihkan gusi dan gigi dengan scaling. Scaling adalah metode pembersihan gusi yang umum terjadi.

Metode ini dilakukan dengan membersihkan karang gigi atau plak di seluruh gigi atau sebagian yang punya masalah karang gigi. Dengan membersihkan karang gigi, maka gusi diharapkan terangkat kembali karena karang gigi yang menekan gusi turun sudah tidak ada lagi.

2. Penggunaan Obat-obatan

Pengobatan kedua yang bisa dilakukan adalah menggunakan obat-obatan yang dibutuhkan terutama saat terjadi infeksi. Gusi turun seringkali membuat gigi mudah terinfeksi oleh bakteri. Dalam hal ini, dokter biasanya menyediakan resep antibiotik untuk menangani masalah tersebut.

Selanjutnya, mungkin akan tersedia juga chip antiseptik, antibiotik, obat kumur mikroba, dan berbagai manfaat lainnya untuk obat-obatan. Hal ini akan dipilih oleh dokter penanganan apa yang tepat.

Jika gejalanya lebih tinggi dan menjadi parah, maka operasi gusi turun menjadi hal yang disarankan.

Biaya operasi gusi turun lumayan mahal karena membutuhkan dokter yang ahli di bidangnya serta melalui prosedur yang cukup sulit. Namun, operasi ini dapat memperbaiki masalah kesehatan pada mulut.

Biaya pengobatan yang semakin tinggi ini bisa ditanggulangi dengan menggunakan asuransi kesehatan atau BPJS. Dengan demikian, ini lebih menghemat kebutuhan Anda.

Baca Juga:

error: