2 Biaya Operasi Kelenjar Getah Bening BPJS/Non BPJS


Beben.id – Biaya operasi kelenjar getah bening perlu diketahui karena bisa jadi harganya cukup mahal. Untuk itu, Anda perlu mempersiapkannya dengan baik agar bisa membayar biayanya. Biaya operasi ini dapat dibayar secara pribadi atau menggunakan uang dari BPJS.

Biasanya, penderita yang mengalami pembengkakan atau benjolan kelenjar getah bening perlu ditindaklanjuti dengan melakukan prosedur pembedahan. Jika tidak dilakukan operasi, hal ini dapat membahayakan tubuh bahkan bisa memunculkan kanker.

Untuk itu, perlu dilakukan prosedur operasi ini sesuai dengan anjuran dari dokter. Namun, penting untuk diketahui biayanya agar bisa menjalankan operasi dengan baik. Simak penjelasan tentang biayanya berikut ini.

Biaya Operasi Kelenjar Getah Bening

Berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang biaya operasi yang diperlukan untuk mengatasi masalah kelenjar getah bening. Biaya tersebut bisa berbeda-beda tergantung dari rumah sakit yang dipilih.

Selain itu, perbedaan harga ini bisa juga berasal dari metode pelaksanaannya. Untuk membantu meringankan biaya operasi, pasien juga bisa menggunakan BPJS dengan syarat-syarat tertentu.

1. Di Rumah Sakit

Biaya operasi kelenjar getah bening yang pertama adalah penanganan operasi yang dilakukan rumah sakit. Biayanya juga bervariasi tergantung daerah dari rumah sakit tersebut. Apabila dilakukan mandiri, maka biayanya sekitar Rp6.000.000-Rp20.000.000.

Biaya ini juga bisa lebih mahal dari itu karena tergantung dari biaya pasca operasi yang diterima dan pelayanan lainnya.

2. Dengan BPJS

Berikutnya adalah biaya dari BPJS yang digunakan untuk mendapatkan keringanan. Tujuan dari adanya BPJS ini memang diterapkan untuk jaminan kesehatan bagi seluruh warga negara Indonesia.

Baca Juga:  4 Kredit Motor Tanpa BI Checking Tanpa Survey

Pembayaran BPJS ternyata bisa menanggung biaya operasi dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. BPJS dapat membayar sebagian atau seluruh biaya operasi. Mulai dari pemeriksaan, tindakan, sampai dengan pasca operasi di suatu rumah sakit.

Namun, tentu saja ada beberapa persyaratan yang diperlukan untuk mendapatkan keringanan biaya yang sesuai dengan prosedur BPJS. Dengan menjalankan persyaratan tersebut ini memudahkan Anda untuk mengatasi berbagai permasalahan dari penyakit yang diderita.

Cara dan Syarat Operasi Kelenjar Getah Bening Menggunakan BPJS

Bagi yang tertarik untuk menyerahkan pembiayaan operasi seluruhnya pada BPJS, maka penting untuk mempersiapkan berbagai hal dokumen yang diperlukan untuk mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.

Setelah kartu BPJS aktif, Anda bisa menggunakan aplikasinya JKN-KIS untuk memudahkan pembayaran yang dilakukan setiap bulannya. Langkah selanjutnya yang tidak boleh dilupakan adalah menjalankan pemeriksaan faskes di tingkat pertama terlebih dahulu.

Pemeriksaan tingkat pertama ini dilakukan di klinik atau puskesmas yang terdekat. Apabila sudah dilakukan pemeriksaan maka nantinya akan punya surat rujukan dari dokter di tingkat pertama ini untuk dilakukan pemeriksaan di faskes tingkat lanjutan.

Faskes tingkat lanjutan dalam hal ini yaitu rumah sakit. Nantinya, pasien akan diperiksa oleh seorang dokter spesialis untuk memeriksa kembali hasilnya. Jika diperlukan tindakan operasi, maka dokter ini yang akan membuat jadwal untuk Anda.

Hal yang tidak boleh dilupakan adalah pastikan untuk memiliki kartu pasien ini yang berasal dari rumah sakit.

Prosedur Operasi Kelenjar Getah Bening

Jika ingin menjalankan operasi ini,maka ada beberapa teknik yang dilakukan untuk mengangkat kelenjar getah bening tersebut. Dari setiap prosedur yang dilakukan, biaya operasi kelenjar getah bening ini bisa berbeda-beda.

Ada 3 metode operasi kelenjar getah bening, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Biopsi

Operasi biopsy ini dilakukan untuk mengetahui stadium kanker dari kelenjar getah bening. Penting diketahui bahwa kanker kelenjar getah bening ini dibagi menjadi beberapa tahapan. Seringnya, dokter akan menyarankan untuk melakukan operasi biopsy eksisi dan insisi.

Baca Juga:  3 Cara Cek Angsuran OTO secara Online dan Offline

2. Laparotomi Eksplorasi

Selanjutnya adalah metode operasi yang bernama Laparotomi Eksplorasi. Prosedur tersebut dilakukan untuk pasien limfoma yang punya tumor atau kanker di bagian perut.

Jika pasien ini mengalami hal demikian, maka akan dilakukan operasi setelah perut dibersihkan dan diberikan obat bius. Dokter ahli akan melakukan sayatan dan mengeluarkan tumor atau organ yang sudah terkena kanker.

3. Splenektomi

Terakhir adalah operasi kelenjar getah bening splenektomi. Metode untuk prosedur operasi tersebut yaitu Keyhole. Keyhole dilakukan dengan membuat sayatan kecil untuk mengangkat limpa.

Dalam menjalankan operasi ini, dokter menggunakan beberapa perlengkapan khusus untuk mengangkat limpa tersebut. Selain itu, digunakan juga laparoskopi yang merupakan tabung kecil yang melekat kamera dan senter untuk mengetahui bagaimana kenampakan dalam organ tubuh tersebut.

Rincian Biaya Kemoterapi Kanker Kelenjar Getah Bening

Jika permasalahan kelenjar getah bening ini disebabkan oleh kanker, maka biasanya akan dilakukan kemoterapi untuk proses penyembuhannya. Kanker kelenjar getah bening adalah kanker yang menyerang sistem limfatik yang merupakan sistem kekebalan tubuh.

Penyakit tersebut dikenal juga dengan istilah Limfoma karena bisa berkembang di berbagai sistem limfatik. Contohnya adalah kelenjar getah bening, timus, sumsum tulang belakang, dan berbagai organ lainnya.

Selain operasi, ada juga cara kemoterapi untuk benar-benar sembuh dari kanker, adapun estimasi biayanya sesuai dengan rumah sakit adalah sebagai berikut:

  • MRCC Siloam Hospitals Semanggi: Rp2.000.000 tiap siklus.
  • RS Bayuwangi Saharjo: Rp3.350.000 tiap siklus
  • RS Premier Jatinegara: Rp1.375.000/siklus
  • RS Mitra Keluarga Kemayoran: Rp1.100.000/siklus
  • Eka Hospital Bekasi: Rp1.130.000/siklus
  • Siloam Sriwijaya Palembang: Rp636.000 – Rp1.018.000/siklus

Biaya Radioterapi Kelenjar Getah Bening

Selain menggunakan kemoterapi dan operasi, kanker kelenjar getah bening ini juga bisa dilakukan radioterapi. Namun, radioterapi hanya berfokus untuk mematikan sel kanker di area yang sudah menjadi target.

Baca Juga:  Biaya Tambal Gigi di Semua Rumah Sakit dan Klinik

Sedangkan untuk kemoterapi yaitu mematikan se kanker untuk seluruh tubuh. Lalu, berapa biayanya? Jika untuk menjalankan radioterapi, biaya yang perlu dipersiapkan adalah sekitar Rp1.000.000 sampai Rp2.000.000 setiap satu kali tindakan.

Jika ingin benar-benar sembuh, biasanya radioterapi tidak bisa dilakukan hanya satu kali biasanya sampai 30 kali tindakan dalam satu siklus. Jika dikalikan tiga, maka biaya dari radioterapi ini bisa mencapai Rp60.000.000.

Harga tersebut juga disesuaikan dengan tingkat keparahan yang dialami oleh pasien. Jika pasien sudah parah maka tindakannya juga perlu penanganan khusus sehingga biaya yang dibayarkan juga menjadi lebih mahal dari sebelumnya.

Biaya Transplantasi Sumsum Tulang

Untuk pengobatan kanker kelenjar getah bening, ada juga prosedur dengan melakukan transplantasi sumsum tulang. Jenis pengobatan yang satu ini memakan biaya yang sangat mahal.

Transplantasi ini dilakukan dengan cara ketika sumsum tulang tidak bisa bekerja atau melakukan fungsinya dengan baik serta tidak bisa menghasilkan sel darah yang sehat. Untuk menjalankan transplantasi ini dibutuhkan berbagai tes guna memastikan apakah perlu menjalankan prosedur ini atau tidak.

Biaya yang diperlukan yaitu sekitar Rp800.000.000 sampai 1 miliar rupiah.

Informasi biaya operasi kelenjar getah bening ini sudah jelas dan menjadi bahan pertimbangan dalam mempersiapkan modal. Jika tidak ingin membayar penuh atau tidak mampu, Anda bisa menggunakan BPJS Kesehatan untuk pembebasan biaya operasi dengan prosedur tertentu.

Baca Juga:

error: