Biaya Operasi Keloid 2024 Pakai BPJS dan Non BPJS

Beben.id – Keloid merupakan permasalahan kulit yang cukup mengganggu penampilan. Maka dari itu, banyak yang ingin menghilangkan keloid melalui tindakan operasi, terlebih lagi jika ukurannya besar. Namun sebelumnya pastikan untuk mengetahui informasi mengenai biaya operasi keloid.

Dengan demikian, pasien bisa lebih mudah untuk menyiapkan kisaran dana yang dibutuhkan untuk melakukan operasi tersebut. Operasi ini tujuannya yaitu untuk menghilangkan keloid, sehingga kulit menjadi lebih bersih, serta mampu untuk meningkatkan kepercayaan diri seseorang.

Apalagi sekarang ini penampilan menjadi hal penting yang harus diperhatikan, terutama untuk seorang wanita. Keloid sendiri merupakan masalah umum yang terdapat pada kulit, yaitu sebuah bekas luka yang bentuknya tebal serta bisa semakin melebar apabila tidak segera dihilangkan.

Tentang Keloid

Jadi keloid yaitu sebuah bekas luka yang tumbuh pada batas luar kulit yang mengalami cedera atau luka. Sehingga akan terbentuk tonjolan yang terdapat pada bekas luka tersebut. Tonjolan tersebut muncul karena adanya penumpukan jaringan parut yang terjadi setelah kulit mengalami luka.

Keloid ini biasanya rentan muncul pada saat kulit mengalami luka atau cedera. Hal ini dikarenakan apabila terdapat jaringan kulit yang rusak, akan muncul jaringan parut fibrosa untuk melindunginya.

Walaupun demikian, dengan adanya penumpukan dari jaringan parut ini tentunya akan cukup membuat penampilan menjadi terganggu. Selain itu, keloid ini nantinya juga bisa tumbuh semakin menebal dan ukurannya semakin besar, melebihi dari ukuran luka yang ada.

Beberapa hal yang menyebabkan keloid muncul yaitu sebagai berikut:

  • Luka akibat bekas operasi.
  • Luka bakar.
  • Luka bekas cacar.
  • Luka tergores.
  • Luka bekas jerawat.
  • Luka bekas suntik vaksinasi.
Baca Juga:  Biaya Operasi Patah Tulang 2024 Pakai BPJS/Non BPJS

Gejala Keloid

Meskipun keloid ini tidak menyebabkan resiko yang parah bagi penderitanya, namun tidak bisa dipungkiri bahwa dengan adanya keloid akan berpengaruh terhadap penampilan. Sehingga banyak yang ingin menghilangkan keloid melalui tindakan operasi.

Biaya operasi keloid sendiri beragam, tergantung dari tempat serta kondisi dari masing-masing pasien. Apabila keloid yang tumbuh sudah semakin besar, akan bisa juga berpengaruh terhadap biaya yang harus dibayar.

Adapun gejala dari munculnya keloid setiap orang bisa berbeda-beda tergantung dari kasusnya. Tapi secara umum, gejala keloid ini yaitu berkisar pada hal-hal sebagai berikut:

  • Terdapat banyak luka dengan banyak warna.
  • Timbul rasa sakit atau gatal pada area kulit yang terkena keloid.
  • Memiliki tekstur yang berbeda dengan kulit di bagian tubuh yang lain.

Biaya Operasi Keloid

Operasi keloid ini bisa dilakukan jika sudah mendapatkan rekomendasi dari dokter. Adapun biaya yang dikenakan untuk operasi ini antara satu rumah sakit dengan yang lainnya berbeda. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan kebijakan dari masing-masing rumah sakit tersebut.

Selain itu, tingkat keparahan atau kondisi keloid yang dialami juga bisa berpengaruh terhadap biaya yang akan dikenakannya. Namun harga yang dikenakan untuk operasi keloid ini umumnya yaitu berada pada kisaran Rp500.000 hingga Rp5.000.000.

Sebelum melakukan proses operasi, alangkah lebih baik jika sebelumnya berkonsultasi terlebih dahulu mengenai keloid yang diderita. Dari hal ini tentunya dokter akan memberikan rekomendasi mengenai penanganan keloid yang tepat, sesuai dengan kondisinya.

Biaya Operasi Keloid BPJS Kesehatan

Jenis operasi keloid ini merupakan termasuk ke dalam operasi bedah yang tujuannya yaitu untuk estetika. Jadi bukan untuk menangani penyakit yang bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, maka layanan BPJS Kesehatan pada operasi ini tidak bisa digunakan. Namun, sebenarnya BPJS Kesehatan ini bisa digunakan tapi dengan catatan yaitu tindakan operasi keloid ini cukup mengganggu kesehatan tubuh.

Tentunya kondisi ini sebelumnya membutuhkan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Jika hal tersebut bisa terjadi, biaya untuk operasi ini tidak akan dikenakan atau gratis. Karena biaya tersebut sudah ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Baca Juga:  Biaya Operasi Ambeien 2024, Pakai BPJS dan Tanpa BPJS

Jenis Perawatan Lainnya untuk Menghilangkan Keloid

Selain menggunakan tindakan operasi, terdapat beberapa cara lainnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan keloid. Jadi bagi yang tidak berani untuk melakukan tindakan operasi, cara-cara berikut ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Berikut ini merupakan beberapa jenis perawatan yang bisa diterapkan untuk menghilangkan keloid di kulit:

1. Suntik kortikosteroid

Tujuan dari dilakukannya penyuntikan ini yaitu agar ukuran dari keloid bisa menjadi mengecil serta bisa membantu mengurangi timbulnya rasa nyeri. Suntik kortikosteroid ini rutin dilakukan selama 3-4 kali minggu sekali, sesuai dengan arahan yang disampaikan oleh dokter.

Hasil dari suntikan pertama akan didapatkan perubahan yaitu tekstur dari keloid menjadi lebih lembut, serta ukuran keloid juga akan mengecil hingga 80%.

Namun untuk jenis perawatan ini tidak ada jaminan bahwa keloid bisa hilang sepenuhnya. Karena keloid bisa kembali muncul dalam jangka waktu lima tahun, dan bisa bertambah besar.

2. Perawatan laser

Perawatan laser ini biasanya dilakukan bersamaan dengan dengan perawatan suntik kortikosteroid. Adapun kelebihan dari perawatan ini yaitu keloid yang memerah atau menghitam perlahan akan semakin memudar, selain itu ukuran dari keloid juga bisa semakin berkurang.

3. Terapi radiasi

Terapi ini dilakukan sebagai lanjutan dari operasi keloid. Tujuannya yaitu agar keloid tidak kembali muncul. Terapi radiasi ini bisa dilakukan setelah satu minggu menjalani operasi.

4. Ligatur

Ligature merupakan perawatan yang menggunakan benang bedah untuk melakukan proses pembedahan keloid, yaitu dengan cara mengikatnya pada sekitar area keloid.

Fungsi dari benang ini yaitu untuk memotong keloid dengan cara bertahap. Proses ini dilakukan setiap 2-3 minggu sekali hingga keloid dipastikan benar-benar sudah hilang.

5. Cryotherapy

Teknik perawatan yang satu ini paling ampuh digunakan untuk menghilang keloid dengan ukuran yang kecil. Caranya yaitu dengan membekukan keloid untuk mengurangi kekerasannya dari dalam kulit hingga ke luar.

Baca Juga:  Biaya Operasi Kalazion 2024 Pakai BPJS dan Non BPJS

Pencegahan Keloid

Karena biaya operasi keloid tidaklah murah, serta tidak ditanggung pada BPJS Kesehatan, maka pencegahan keloid menjadi informasi yang harus diperhatikan. Dengan demikian, seseorang bisa terhindar dari keloid yang bisa mengganggu penampilan ini.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melakukan pencegahan keloid yaitu sebagai berikut:

1. Sering melakukan perawatan

Dengan melakukan perawatan seperti suntik kortikosteroid, mampu untuk mencegah munculnya keloid. Hal ini juga sangat efektif untuk mencegah agar jaringan parut tidak muncul setelah melakukan operasi keloid.

2. Hindari cedera kulit

Kulit yang mengalami cedera berpotensi memunculkan keloid. Karena jaringan parut akan terbentuk sehingga bisa semakin menumpuk hingga terbentuklah tonjolan keloid.

3. Hindari paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari bisa membuat jaringan parut terlihat lebih gelap dengan area kulit lainnya. Pastikan untuk menutup luka, terutama pada saat di bawah paparan dari sinar matahari.

Biaya operasi keloid sangat beragam, karena tergantung dari tempat dan kondisi dari masing-masing pasien. Namun untuk jenis operasi ini, tidak bisa menggunakan BPJS Kesehatan untuk urusan pembayarannya.

Berdasarkan ketentuan yang ada, operasi yang dilakukan untuk tujuan estetika tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Maka dari itu, perlunya memperhatikan mengenai cara pencegahan keloid agar terhindar dari masalah kulit yang mengganggu ini.

Baca Juga:

error: