Berapa Bunga Indodana? Cara Daftar dan Biaya Layanan

Indodana termasuk salah satu jenis layanan paylater atau beli sekarang bayar nanti yang cukup populer belakangan ini. Indodana paylater hadir dengan fasilitas pembayaran cicilan tanpa kartu kredit. Bunga Indodana yang ditawarkan juga tergolong tidak terlalu tinggi.

Dengan begitu, layanan paylater ini banyak dipilih masyarakat karena dinilai lebih efektif dan tidak terlalu memberatkan.

Apa Saja Syarat Mengajukan Pinjaman di Indodana?

Sebelum mengetahui lebih banyak tentang Indodana, maka penting untuk diketahui terkait syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh setiap pengguna atau calon peminjam. Beberapa diantaranya ialah:

  • Pengguna merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan KTP yang sah
  • Sehat jasmani rohani dan berusia paling sedikit yakni 20 tahun serta maksimal 65 tahun
  • Memiliki penghasilan tetap minimal Rp. 3.500.000 per bulan
  • Bertanggung jawab dan sanggup untuk menjalankan ketetapan dengan membayar cicilan tepat waktu setiap 30 hari sekali sesuai dengan tanggal peminjaman
  • Sepakat dengan suku bunga indodana yang ditentukan yakni maksimal mencapai 56% (APR) yang di dalamnya sudah termasuk dengan jumlah biaya provisi

Jika ke-5 syarat di atas telah berhasil terpenuhi, maka Anda bisa mengajukan limit pinjaman Indodana. Ketika calon peminjam telah sesuai dengan kriteria, maka proses verifikasi dana pengajuan bisa segera ditindaklanjuti dengan cepat.

Dengan begitu, Anda akan lebih cepat memperoleh pinjaman dana tanpa harus menunggu dalam waktu yang lama.

Bagaimana Cara Mendaftar Indodana Paylater?

Sesuai dengan namanya yakni paylater, layanan ini bisa digunakan terlebih dahulu di awal dan melakukan pembayaran atau pelunasan di akhir. Indodana paylater bekerjasama dengan banyak merchant jual beli sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika ingin menggunakannya.

Baca juga:  20 Kerugian Menggunakan Kredivo! Ini Bahaya

Awalnya, pengguna harus mendaftar dan mengajukan limit terlebih dahulu sampai nantinya disetujui dan bisa digunakan. Adapun besaran limit yang diberikan maksimal mencapai Rp. 8.000.000. Cukup besar bukan?

Mengenai langkah-langkah pendaftarannya ialah sebagai berikut:

  1. Unduh aplikasi Indodana melalui play store ataupun app store secara gratis pada perangkat Anda
  2. Selanjutnya, lakukan pendaftaran dan masukkan nomor telepon serta lakukan verifikasi
  3. Setelah akun berhasil terdaftar, maka pilih menu paylater pada halaman utama
  4. Isi formulir dan lengkapi dengan data-data yang diperlukan secara lengkap
  5. Tunggu beberapa saat sampai verifikasi oleh tim Indodana berhasil dilakukan. Setelah akun telah berhasil diverifikasi, maka Anda akan memperoleh limit dan bisa menggunakannya dalam berbagai jenis transaksi

Setelah semua persyaratan dan ke-5 langkah di atas telah dijalankan, maka proses pendaftaran akan diproses selambat-lambatnya 1 kali 24 jam dalam hari kerja.

Bagaimana Bunga Indodana dan Biaya Administrasi Paylater yang Ditetapkan?

Suku bunga Indodana yang berlaku dalam setiap pinjaman ditentukan berdasarkan sistem anuitas atau kerap disebut sebagai sistem suku bunga efektif. Dalam hal ini suku bunga maksimum tahunan atau kerap juga disebut sebagai max annual percentage rate ialah sebesar 56%.

Sebagai layanan paylater yang didesain dalam tenor yang cukup panjang, maka Indodana tidak menetapkan bunga dalam pinjaman 1 bulan. Dengan begitu, pada bulan pertama bunga Indodana masih menempati posisi 0%.

Selanjutnya untuk tenor 3-12 bulan akan dikenakan bunga Indodana flat sebesar 3%. Suku bunga tersebut terbilang masih cukup rendah dalam kurun tenor 1 tahun jika dibandingkan dengan platform paylater lainnya.

Dalam tenor tersebut, debitur juga akan dikenai biaya administrasi senilai 1% dari jumlah limit atau minimal Rp. 1000.

Apa Keuntungan Memakai Indodana?

Terdapat beberapa keuntungan yang menjadi salah satu poin menarik mengapa harus menggunakan Indodana paylater dalam urusan finansial Anda. Berikut ialah beberapa diantaranya:

  • Proses Pencairan Limit Cepat
Baca juga:  DC Shopee Pinjam & SPaylater Datang ke Rumah

Proses pencairan limit pinjaman dalam Indodana payleter memang tergolong cukup cepat yakni kurang dari 24 jam. Hal ini bisa menjadi suatu nilai plus yang dimiliki oleh Indodana paylater jika dibandingkan dengan jenis layanan paylater lainnya.

  • Syarat Dokumen yang Diminta Tidak Ribet

Kelengkapan dokumen yang disyaratkan dalam pengajuan limit pinjaman tergolong sangat simpel, bahkan bisa dibilang hanya bermodalkan KTP Anda sudah bisa memperoleh limit pinjaman paylater yang sangat membantu dan menguntungkan.

  • Proses Verifikasi Dilakukan Secara Cepat

Semua proses mulai dari pendaftaran, verifikasi dan pencairan dana dilakukan secara online dan tidak berulang. Dengan begitu, Anda tidak akan menerima telepon sebagai bagian dari proses verifikasi di luar aplikasi.

Dengan begitu, berbagai bentuk tindak kejahatan dan penipuan bisa dinimalisir semaksimal mungkin.

  • Tingkat Keamanan Sudah Terjamin

Tingkat keamanan dan kepercayaan Indodana Paylater sudah terjamin karena telah mendapatkan izin dan pengawasan secara langsung dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

  • Suku Bunga Indodana Tergolong Cukup Rendah

Suku bunga dalam layanan Indodana paylater juga tergolong cukup rendah jika dibandingkan dengan jasa paylater lainnya.

Selain itu, Indodana juga sengaja dirancang sebagai layanan paylater jangka panjang sehingga untuk pinjaman tenor satu bulan tidak akan dikenai bunga.

Berdasarkan beberapa keuntungan di atas, tidak heran jika banyak orang mempercayakan Indodana sebagai alternatif lain ketika membutuhkan dana darurat atau pembayaran transakasi tertentu secara cepat dan mudah.

Dengan keuntungan yang melimpah, maka tidak heran jika indodana paylater banyak dipilih dan digunakan masyarakat untuk membantu mencukupi kebutuhan finansialnya dalam berbagai jenis transaksi.

Apa Resiko Ketika Telat Membayar?

Perlu diingat, ketika Anda menggunakan layanan paylater maka pembayaran pinjaman harus dilakukan tepat waktu sesuai tanggal jatuh tempo yang telah ditentukan. Biasanya tanggal jatuh tempo dalam setiap bulannya sama dengan tanggal awal Anda mengajukan pinjaman.

Baca juga:  7 Aplikasi Pinjol Legal dan Cara Daftar 5 Menit Cair

Dalam hal ini, terdapat beberapa konsekuensi yang akan diterima ketika Anda tidak membayar tagihan sebelum tanggal jatuh tempo yang telah ditentukan. Adapun beberapa diantaranya ialah:

  • Anda akan dihubungi secara terus-menerus oleh pihak penagih untuk mengingatkan agar segera melakukan pembayaran atau pelunasan tagihan yang telah memasuki tanggal jatuh tempo.

Hal ini tentunya akan sangat menganggu, terlebih jika tim penagih sampai mendatangi alamat rumah ataupun tempat Anda bekerja untuk menanyakan secara langsung terkait pelunasan yang akan dilakukan.

Dengan begitu, mengusahakan pembayaran tepat waktu harus Anda lakukan untuk menghindari hal-hal yang menganggu privasi dan ketenangan terjadi.

  • Anda akan dikenai biaya keterlambatan pembayaran sesuai dengan ketentuan yang termuat dalam kontrak paylater di awal pinjaman Anda.
  • Keterlambatan pembayaran juga akan berpengaruh terhadap jumlah limit atau kualitas limit pinjaman yang ditawarkan dalam pinjaman-pinjaman selanjutnya.

Hal ini bisa memberikan pengaruh berupa pengurangan ataupun pembatasan dalam jumlah tertentu.

Meski tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perubahan suku bunga Indodana namun beberapa hal di atas tetap harus Anda hindari. Terlebih jika limit pinjaman yang Anda ajukan terbilang cukup tinggi.

Itulah beberapa informasi terkait cara pendaftaran, suku bunga Indodana, keuntungan pemakaian dan resiko keterlambatan pembayaran yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan ketika suatu saat nanti membutuhkan dana darurat atau layanan paylater.

Dengan Indodana paylater, maka beban suku bunga bulanan bisa ditekan semaksimal mungkin.

Baca Juga:

error: Content is protected !!
close