Indodana Pinjaman Online Cepat Cair Bayar Bulanan

Pinjaman online merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mendapatkan pinjaman secara mudah. Banyak aplikasi atau penyedia yang menyediakan pinjaman online salah satunya adalah Indodana pinjaman online cepat cair bayar bulanan.

Mengenal Indodana Pinjaman Online

Indodana merupakan pinjaman online P2P yang meminjamkan dana tunai dengan cicilan tanpa jaminan dan paylater. Salah satu keuntungan dengan menggunakan Indodana adalah dana yang cepat cair kurang dari 24 jam sejak melakukan pengajuan pinjaman.

Indodana merupakan layanan kredit terbaru. Menggunakan Indodana paylater membuat konsumen bisa belanja online dengan cara kredit. Pinjaman online tumbuh sangat cepat di Indonesia.

Pada tahun 2016 jumlahnya kurang dari 10 saat otoritas jasa keuangan pertama kali meluncurkan regulasi P2P. Dalam kurun waktu 3 tahun pada tahun 2020, Otoritas Jasa Keuangan mencatat lebih dari 160 P2P yang sudah terdaftar secara resmi.

Pertumbuhan fintech lending yang sangat cepat merupakan salah satu produk keuangan dengan kenaikan yang sangat fantastis. Indodana merupakan milik PT Artha Dana Teknologi yang merupakan layanan pinjaman uang berbasis teknologi atau yang disebut dengan Peer to Peer (P2P) lending.

Sejak bulan tahun 2018, PT Artha Dana Teknologi sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan berdasarkan surat OJK S-235/NB.213/2018.

Fitur Pinjaman Online Indodana

Indodana pinjaman online cepat cair banyar bulan ini memiliki beberapa fitur. Pengajuan pinjaman Indodana harus dilakukan melalui aplikasi yang diunduh di Play Store. Indodana menawarkan dua jenis pinjaman, yaitu:

  • Dana Tunai dengan plafon limit kredit Rp1 juta rupiah sampai dengan Rp8 juta rupiah dengan tenor 1 bulan sampai 3 bulan. Belum ada sampai dengan 12 bulan tenor.
  • Indodana PayLater merupakan layanan kredit untuk membeli barang di merchant yang bekerja sama dengan limit cicilan sampai dengan Rp25 juta yang bisa dicicil selama tenor beberapa bulan termasuk sampai 12 bulan.
Baca juga:  20 Kerugian Menggunakan Kredivo! Ini Bahaya

Untuk pengajuan dana tunai apabila disetujui maka pencairan ke rekening peminjam yang dimasukan pada aplikasi. Sementara untuk paylater konsumen akan mendapatkan persetujuan limit kredit pinjaman yang kemudian bisa digunakan untuk belanja barang dengan cara membayar cicilan kredit.

Jika dilakukan pembayaran, maka limit cicilan akan kembali sesuai dengan jumlah pembayaran. Mirip dengan cara kerja kartu kredit. Indodana memiliki kebijakan yang hanya memperbolehkan satu pinjaman aktif dalam satu waktu.

Sehingga apabila dana tunai sedang berjalan, maka anda tidak bisa mengajukan cicilan paylater. Hanya bisa memilih salah satu saja.

Pada saat pertama kali masuk ke aplikasi Indodana, Indodana akan menawarkan terlebih dahulu pinjaman uang tunai setelah itu Indodana baru akan menawarkan cicilan PayLater.

Syarat Pengajuan Kredit di Indodana

Untuk mengajukan kredit di Indodana pinjaman online cepat cair bayar bulanan berikut ini merupakan beberapa cara yang harus dipenuhi.

  • Usia peminjam dengan minimum 21 tahun sampai dengan maksimum 50 tahun.
  • Memiliki penghasilan tetap dan telah bekerja minimal 3 bulan.
  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Memiliki rekening atas nama pribadi yang telah berjalan selama 3 bulan atau lebih.
  • Berdomisili dan bekerja di daerah Jabodetabek serta harus dapat dihubungi (baik melalui alamat tempat tinggal atau kantor).

Pengajuan ini dilakukan melalui aplikasi dilakukan secara online sehingga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Cara Mengajukan Pinjaman

1. Data yang Dibutuhkan Untuk Pengajuan Pinjaman

Indodana menyediakan kalkulator pinjaman yang akan memberikan informasi lengkap mengenai jumlah pinjaman, tenor, serta jumlah kewajiban yang harus dikembalikan.

Anda bisa melakukan simulasi pada kalkulator pinjaman untuk dapat menghitung plafon pinjaman dengan berbagai masa kredit serta nilai pengembalian. Setelah yakin dengan pengajuan yang dihitung, pilih pinjaman yang akan Anda ajukan, lalu klik lanjut.

Dalam aplikasi Indodana tersedia juga pengajuan kredit cicilan, tetapi baru bisa diajukan setelah pinjaman dana tunai dilunasi tanpa adanya tunggakan. Langkah berikutnya melakukan pengisian data yang terdiri atas beberapa hal di antaranya adalah:

  • Informasi pribadi: Pengisian nama, tanggal lahir, status menikah, alamat, tanggungan, dan nomor rekening bank atas nama sendiri untuk pencairan
  • Data pekerjaan: Seperti tempat bekerja, lama bekerja, alamat kantor, dan penghasilan per bulan
  • Kontak darurat: Saudara atau teman kerja yang bisa dihubungi, dengan menyebutkan nomor ponsel mereka.
  • Upload dokumen: Ambil foto KTP seta selfie dengan memegang KTP pada kamera ponsel.
  • Hubungkan akun
  • Validasi pendapatan perbulan
Baca juga:  7 Resiko Tidak Bayar Akulaku! Awas di Penjara Polisi

Indodana menjamin bahwa data nasabah akan sangat terlindungi dan secured. Karena sudah ada sistem keamanan yang baik untuk melindungi data nasabah.

2. Cara Melakukan Peminjaman Pada Aplikasi Indodana (Play Store)

Indodana paylater merupakan layanan kredit untuk beli barang dengan cara cicilan. Hal ini menjadi Indodana pinjaman online cepat cair bayar bulanan yang saat ini populer. Berikut ini merupakan beberapa langkah pengajuan paylater di Indodana:

  • Langkah paling awal adalah mengunduh aplikasi Indodana di Google Playstore.
  • Setelah aplikasi selesai diunduh, Anda mulai pendaftaran dengan memasukkan no ponsel, lalu kode OTP dikirimkan lewat SMS
  • Anda harus memasukkan kode tersebut ke aplikasi Indodana.
  • Indodana meminta Anda memberikan izin untuk mengakses data pribadi di ponsel seperti kamera, mikrofon dan lokasi.
  • Setelah akses diberikan, maka akan diberikan form kalkulator pinjaman untuk mengetahui pinjaman yang ingin dipinjam.
  • Isi data yang perlu dilengkapi seperti nama lengkap, tanggal lahir, status pernikahan, dan lainnya.
  • Upload dokumen yang diperlukan seperti KTP dan foto selfie dengan KTP
  • Hubungkan akun Indodana untuk meminta akses ke akun lain.
  • Lalu validasi penghasilan seperti meminta rekening bank dan BPJS
  • Berikan userID password dan rekening.
  • Ajukan jumlah pinjaman yang dibutuhkan.
  • Setelah pengajuan pinjaman, maka akan disetujui dan ringkasan uang tunai yang sudah dicairkan dapat dilihat.

Denda Keterlambatan Bayar

Indodana sudah menetapkan denda jika Anda terlambat membayar dari tanggal jatuh tempo yang ditetapkan berbeda antara cicilan kurang dari Rp1 juta dan lebih dari Rp1 juta.

1. Denda Keterlambatan Cicilan Kurang dari Rp1 Juta

Denda Keterlambatan untuk cicilan bulanan sebesar Rp1.000.000 (satu juta rupiah) atau lebih kecil adalah sebagai berikut:

  • Denda Keterlambatan sebesar Rp5.000 (lima ribu rupiah) per hari sampai dengan maksimal Rp15.000 (lima belas ribu rupiah) untuk keterlambatan selama 1-3 (satu sampai tiga) hari kalender.
  • Denda Keterlambatan sebesar Rp10.000 (sepuluh ribu rupiah) per hari sampai dengan maksimal Rp55.000 (lima puluh lima ribu rupiah) untuk keterlambatan 4-7 (empat sampai tujuh) hari kalender.
  • Denda Keterlambatan sebesar Rp15.000 (lima belas ribu rupiah) per hari sampai dengan maksimal Rp175.000 (seratus tujuh puluh lima ribu rupiah) untuk keterlambatan 8-15 (delapan sampai lima belas) hari kalender.
  • Denda Keterlambatan sebesar Rp20.000 (dua puluh ribu rupiah) per hari sampai dengan maksimal Rp475.000 (empat ratus tujuh puluh lima ribu rupiah) untuk keterlambatan lebih dari 15 (lima belas) hari kalender.
Baca juga:  16 Cara Kredit di Akulaku Tanpa DP dan Kartu Kredit

2. Denda Keterlambatan Ciclan Lebih dari Rp1 Juta

Denda Keterlambatan untuk cicilan bulanan lebih dari Rp1.000.000 (satu juta rupiah) adalah sebagai berikut:

  • Denda Keterlambatan sebesar Rp10.000 (sepuluh ribu rupiah) per hari sampai dengan maksimal Rp30.000 (tiga puluh ribu Rupiah) untuk keterlambatan 1-3 (satu sampai tiga) hari kalender.
  • Denda Keterlambatan sebesar Rp20.000 (dua puluh ribu rupiah) per hari sampai dengan maksimal Rp110.000 (seratus sepuluh ribu rupiah) untuk keterlambatan 4-7 (empat sampai tujuh) hari kalender
  • Denda Keterlambatan sebesar Rp30.000 (tiga puluh ribu rupiah) per hari sampai dengan maksimal Rp350.000 (tiga ratus lima puluh ribu rupiah) untuk keterlambatan 8-15 (delapan sampai lima belas) hari kalender.
  • Denda Keterlambatan sebesar Rp40.000 (empat puluh ribu rupiah) per hari sampai dengan maksimal Rp950.000 (sembilan ratus lima puluh ribu Rupiah) untuk keterlambatan lebih dari 15 (lima belas) hari kalender.

Itu merupakan pengajuan Indodana pinjaman online cepat cair bayar bulanan. Dengan mengetahui beberapa hal penting tersebut, Anda bisa memutuskan untuk menggunakan layanan pinjaman online Indodana atau tidak.

Baca Juga:

error: Content is protected !!
close