Berapa Bunga UangMe? Simulasi Pinjaman UangMe

UangMe merupakan salah satu fintech penyedia pinjaman online yang keberadaannya telah diakui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Berbagai keuntungan dapat diperoleh melalui fintech ini, seperti misalnya yakni suku bunga UangMe yang tergolong cukup bersaing.

Penggunaan fintech yang telah mendapatkan izin dan legalitas kini menjadi suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini penting mengingat penyedia layanan pinjaman online ilegal kini semakin menjamur.

Apa Itu UangMe?

UangMe adalah salah satu layanan pinjaman online yang bisa diakses melalui aplikasi yang bisa diunduh secara gratis di Play Store. Untuk saat ini, pemakaian aplikasi UangMe masih cukup terbatas yakni hanya bisa digunakan dalam Android dan belum support untuk jenis iOS.

Melalui aplikasi UangMe, nantinya Anda bisa mengajukan limit pinjaman berupa uang tunai yang bisa digunakan untuk memenuhi akan kebutuhan dana darurat. Dua hal penting yang harus Anda siapkan dalam hal ini ialah KTP dan rekening bank pribadi.

Fitur Pinjaman yang Disediakan

UangMe menawarkan pinjaman mulai dari Rp400.000 sampai Rp2.000.000 dengan pilihan tenor 3 atau 4 bulan. Mengenai plafon pinjaman yang ditetapkan bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan UangMe sebagaimana tertuang dalam aplikasi.

Selain itu, profil calon peminjam yang berbeda-beda juga mengakibatkan adanya perbedaan jumlah plafon yang ditawarkan pada setiap pengguna. Dalam hal ini, pihak UangMe akan melakukan scoring dan analisa terhadap profil dari setiap calon peminjam.

Tidak hanya itu, plafon pinjaman kedua ataupun ketiga dan seterusnya juga besar kemungkinan akan terus mengalami peningkatan jika peminjam melakukan pembayaran secara tepat waktu dan disiplin.

Baca juga:  7 Resiko Tidak Bayar Akulaku! Awas di Penjara Polisi

Dengan begitu, track record atau riwayat kedisiplinan dalam pelunasan juga dapat berpengaruh terhadap ketersediaan plafon pinjaman yang ditawarkan.

Syarat dan Cara Pengajuan Pinjaman di UangMe

Sebelum membahas mengenai bunga UangMe, maka tidak ada salahnya jika mengetahui terlebih dahulu mengenai syarat yang ditetapkan oleh pihak UangMe ketika ingin mengajukan pinjaman. Adapun beberapa di antaranya ialah:

  • Calon peminjam merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dan tidak menerima pinjaman untuk Warga Negara Asing (WNA) yang sedang berada di Indonesia.
  • Berusia paling sedikit saat mengajukan pinjaman ialah 21 tahun.
  • Memiliki KTP asli saat mendaftar karena tidak melayani pendaftaran dengan resi KTP.

Setelah ke-3 hal di atas telah terpenuhi, maka Anda bisa lanjut ke tahapan berikutnya untuk mengajukan pinjaman yang bisa dilakukan kapanpun dan di manapun berada.

Setelah selesai mengunduh aplikasi UangMe, maka Anda akan diharuskan mengisi nomor telepon, email atupun kata sandi. Sama halnya dengan aplikasi pada umumnya, Anda juga akan menerima kode OTP untuk aktivasi akun.

Ketika akun UangMe telah berhasil dibentuk, maka Anda bisa melanjutkan proses pengajuan dana dengan melengkapi informasi dan data-data yang diperlukan. Adapun beberapa jenis informasi yang dibutuhkan ialah sebagai berikut:

1. Informasi Data Diri

Informasi yang pertama kali dibutuhkan ialah nama lengkap beserta gelar tertinggi, alamat lengkap dan domisili, durasi menetap di alamat tersebut dan nama ibu kandung.

Dalam mempermudah pengisian alamat pengguna, UangMe menyediakan pilihan isian langsung yang telah terhubung dengan GPS.

Selanjutnya, mengenai nama yang tertulis dalam aplikasi nantinya akan muncul secara otomatis dalam rekening bank dan tidak bisa diubah. Dengan begitu, memastikan dengan baik penulisan nama merupakan suatu hal yang sangat penting.

2. Informasi Data Pekerjaan

Informasi selanjutnya yang dibutuhkan yakni data pekerjaan yang terdiri dari bidang pekerjaan yang ditekuni, besaran gaji yang diterima setiap bulannya, nama perusahaan atau tempat kerja lengkap dengan alamat, lama kerja, tanggal penerimaan gaji serta nomor telepon tempat kerja.

Baca juga:  DC Adakami Datang ke Kantor Kerja! Telat 30 Hari

3. Informasi Kontak Darurat

Sama halnya dengan kebanyakan pinjaman online pada umumnya, UangMe juga mengharuskan kepemilikan kontak darurat dari setiap nasabahnya. Hal ini bertujuan agar segala sesuatunya bisa diinformasikan dalam nomor tersebut apabila nomor utama berhalangan.

Biasanya, kontak darurat bisa berupa nomor pasangan, saudara kandung, ataupun kerabat terdekat.

Ketika mengisikan informasi kontak darurat, pengguna bisa menambahkan secara otomatis melalui kontak atau phonebook yang telah tersimpan di handphone. Dengan begitu, Anda tidak perlu memasukkan nomor handphone secara manual.

4. KTP dan Pas Foto Selfie

Informasi selanjutnya yang dibutuhkan berupa dokumen yakni KTP dan pas foto selfie. Kedua dokumen tersebut bisa Anda ambil secara langsung menggunakan handphone yang dipakai untuk pengajuan pinjaman UangMe.

Nantinya akan muncul halaman tersendiri untuk mengambil gambar KTP dan pas foto sehingga tidak diperkenankan untuk menggunakan foto-foto yang telah berada di dalam galeri.

Sistem akan mengoreksi secara otomatis sehingga ketika foto masih blur atau kurang jelas, maka akan muncul perintah untuk mengulang. Selanjutnya untuk foto selfie, pengguna tidak perlu berfoto dengan KTP.

Cukup dengan menatap kamera sambil berkedip lalu tengok ke kanan dan kiri sesuai arahan sampai foto berhasil terambil dengan baik. Dalam tahapan ini, pastikan pencahayaan ruangan dan handphone yang Anda gunakan cukup terang dan memadai.

5. Pengisian Nomor Rekening

Tahapan terakhir ialah mengisi nomor rekening dan pastikan semua data-data yang telah diisi sebelumnya telah benar. Setelah semua langkah berhasil terpenuhi, maka Anda bisa menunggu maksimal 1×24 jam sampai proses verifikasi berhasil disetujui.

UangMe nantinya akan mengirimkan pemberitahuan melalui SMS terkait keberhasilan verifikasi dan pencairan pinjaman yang diajukan.

Bunga yang Dibebankan dalam Pinjaman

Sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh OJK yakni penetapan bunga maksimum sebesar 0,80% per hari, maka bunga UangMe harian yang ditetapkan sebesar 0.79%. Dalam tenor maksimum yakni 30 hari, maka besaran persentase bunga yang ditetapkan berkisar di antara 23,7%.

Baca juga:  8 Aplikasi Pinjaman Online Bayar Bulanan Bunga Rendah

Jumlah bunga UangMe tersebut tergolong cukup bersaing atau tidak terlalu rendah jika dibandingkan dengan kebanyakan fintech lainnya. Jumlahnya hampir mendekati ketetapan maksimal OJK.

Meski begitu, besaran bunga UangMe tersebut tidaklah terlalu memberatkan jika dihitung bersamaan dengan tenor waktu pelunasan maksimal yang ditetapkan yakni 30 hari. Mengetahui besaran suku bunga yang ditetapkan sebelum meminjam merupakan suatu hal yang sangat penting.

Alasannya adalah agar menjadi pertimbangan terkait dengan kemampuan finansial yang dimiliki. Pastikan besaran bunga yang ditetapkan sesuai dengan tenor pinjaman telah sesuai dengan kemampuan finansial yang dimiliki.

Denda Keterlambatan yang Ditetapkan

Selain mengetahui tentang besaran suku bunga UangMe, penting juga untuk diketahui mengenai jumlah denda yang dibebankan ketika mengalami keterlambatan dalam pembayaran.

Dalam hal ini, UangMe menetapkan denda keterlambatan sebesar 0,8% dari jumlah pinjaman yang diajukan. Jumlah tersebut mulai terhitung sehari setelah tanggal jatuh tempo. Selanjutnya, untuk hari kedua dan seterusnya peminjam akan dikenai biaya penagihan sebesar 1,6% dari jumlah pinjaman.

Kedua biaya tersebut akan terus meningkat seiring bertambahnya hari sampai mencapai batas maksimalnya yakni mencapai 100% atau sama dengan besaran jumlah pinjaman yang diajukan.

Informasi lengkap mengenai UangMe dan bunga UangMe ini bisa menjadi pertimbangan bagi yang ingin mengajukan pinjaman. Beberapa informasi tersebut sangat penting karena nantinya bisa membantu dalam mempertimbangkan jenis pinjaman yang sesuai dengan kemampuan finansial.

Baca Juga:

error:
close