DC UangMe 2022 Ancam Sebar KTP & Foto Wajah

Uangme merupakan salah satu platform pinjaman online yang banyak diakses untuk mendapatkan dana pinjaman secara cepat dan mudah. Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman di Uangme memiliki kewajiban untuk mengembalikannya. Jika tidak, maka bisa beresiko ditagih DC Uangme.

Untuk mendapatkan dana pinjaman di Uangme memang cukup mudah karena tidak memerlukan jaminan apapun dengan proses yang cepat. Bagi Anda yang tertarik mengakses layanan pinjaman online dari Uangme bisa langsung mengunduh aplikasinya di Google Play Store.

Namun seperti yang telah disinggung sebelumnya, mengajukan pinjaman juga harus disertai tanggung jawab untuk mengembalikannya sesuai perjanjian. Hal ini sangat penting agar Anda terhindar dari resiko yang tidak diinginkan, salah satunya tentu saja ditagih DC Uangme.

Informasi Lengkap tentang UangMe

Ancaman DC Uangme

Uangme merupakan aplikasi pinjaman online yang dikembangkan oleh developer Cheetah Mobile Incorporated yang juga mengembangkan aplikasi Clean Master, CM Launcher, Security Master, PhotoGrid hingga CM Browser. Tidak heran jika aplikasi ini menyediakan interface yang enak dilihat.

Uangme sendiri terdaftar resmi di OJK sejak tahun 2018 dengan nama PT. Uangme Fintek Indonesia dan berkantor di wilayah Jakarta Selatan. Perusahaan fintech ini juga menyediakan layanan customer service 24 jam yang siap membantu kebutuhan Anda.

Selain sudah terdaftar resmi di OJK, Uangme juga sudah mendapatkan sertifikasi ISO 27001 pada tahun 2019 oleh Intertek. Sertifikasi ini merupakan standar internasional yang menerapkan sistem manajemen untuk keamanan informasi. Sehingga lebih menjamin keamanan data dan privasi Anda.

1. Jenis Pinjaman di UangMe

Sebagai salah satu aplikasi pinjaman online legal, Uangme menyediakan dua jenis pinjaman bagi Anda yang membutuhkan, yaitu:

Pinjaman Jangka Pendek

Jenis pinjaman ini menyediakan dana pinjaman dengan plafon hingga Rp 2 juta dan tenor selama 30 hari. Jenis pinjaman ini cocok untuk kebutuhan mendesak dan sesaat seperti kebutuhan sehari-hari, pengobatan dan lain-lain.

Baca juga:  Aplikasi Pinjaman Online Lentera Dana Nusantara

Pinjaman Jangka Panjang

Jenis pinjaman ini menyediakan dana pinjaman dengan plafon hingga Rp 4 juta dengan tenor selama 3 dan 4 bulan. Dengan jumlah yang cukup besar, pinjaman ini cocok untuk keperluan modal usaha maupun kebutuhan lainnya.

Dalam proses pengajuan pinjaman, Anda tidak bisa memilih jenis pinjaman yang diinginkan karena semua keputusan ditetapkan oleh sistem Uangme. Dalam verifikasi data, aplikasi Uangme menggunakan Big Data dan Artificial Intelligence yang akan mengolah data Anda.

Hanya kurang dari 5 menit setelah pengajuan aplikasi akan langsung menunjukkan skor kredit Anda. Dengan dasar penilaian ini maka akan ditentukan jenis pinjaman yang bisa didapatkan.

2. Syarat Pengajuan UangMe

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, proses pengajuan di Uangme sangat mudah dengan persyaratan seperti WNI, usia 21-55 tahun, memiliki e-KTP, rekening bank, nomor telepon Indonesia serta memiliki penghasilan tetap.

3. Bunga Uangme

Bunga yang ditetapkan oleh Uangme disebutkan sebesar 0,79 per hari, sementara jika dilihat pada aplikasi tertulis keterangan jika bunga per tahun sebesar 21,9%. Berdasarkan perhitungan aplikasi maka bisa disimpulkan besaran bunga Uangme adalah 1,8% per bulan.

Bunga tersebut diterapkan untuk jenis pinjaman jangka pendek. Sementara untuk pinjaman jangka panjang bunganya 0,32% per hari. Meskipun sekilas bunga pinjaman jangka pendek lebih besar namun jika dikalkulasi pinjaman jangka panjang justru lebih besar.

Adapun untuk biaya administrasi, Uangme menerapkan sebesar 21,9% dari total pinjaman. Biaya administrasi ini akan dijumlahkan dalam pembayaran tagihan dan tidak akan dipotong dari pinjaman Anda. Sementara untuk pinjaman jangka panjang tidak ada biaya administrasi.

Jika dilihat dari ketentuan tersebut maka bisa bisa disimpulkan bahwa untuk jenis pinjaman jangka pendek Uangme mengambil keuntungan dari biaya administrasi yang cukup besar bahkan hampir ¼ dari jumlah pinjaman yang diajukan.

Baca juga:  DC Easycash 2022 Ancam Sebar KTP & Foto Wajah

Sementara untuk pinjaman jangka panjang akan dikenakan bunga sebesar 9,6% per bulan. Besaran bunga tersebut rupanya lebih besar dari rata-rata bunga yang ditetapkan oleh fintech lending lainnya.

Oleh karena itu sebelum mengajukan pinjaman, pertimbangkan bunga dan biaya administrasi yang telah ditetapkan oleh Uangme.

4. Denda Keterlambatan

Informasi mengenai denda keterlambatan di Uangme memang tidak dijelaskan secara gamblang di website maupun aplikasinya. Namun informasi tersebut ada di surat perjanjian pada saat Anda mengajukan pinjaman di Uangme.

Pada salah satu poin disebutkan bahwa denda keterlambatan sebesar 0,8% dari jumlah pinjaman akan diterapkan setiap hari sesuai keterlambatan Anda dalam membayar cicilan. Dengan demikian maka keterlambatan dua hari akan dikenakan denda sebesar 1,6%.

Berdasarkan ketentuan tersebut maka bisa disimpulkan bahwa besaran denda keterlambatan akan terus diakumulasi sesuai dengan jumlah keterlambatan. Dan maksimal denda untuk pinjaman adalah sama dengan jumlah pinjaman Anda.

Untuk menghindari denda keterlambatan yang terus terakumulasi tersebut, maka langkah terbaik adalah membayar cicilan pinjaman secara tepat waktu.

5. Tanggal Jatuh Tempo

Terkait dengan tanggal jatuh tempo, Uangme rupanya hanya menginformasikan bahwa tanggal jatuh tempo adalah 30 hari setelah tanggal mengajukan pinjaman. Sebagai gambaran, jika Anda mengajukan pinjaman pada 1 September maka tanggal jatuh temponya pada 1 Oktober.

6. Penagihan DC UangMe

Biasanya bagi nasabah yang telah mendapatkan dana pinjaman di Uangme, akan ada pemberitahuan yang mengingatkan untuk membayar sebelum tanggal jatuh tempo. Untuk pemberitahuan ini bisa melalui sambungan telepon, SMS maupun email.

Penagihan sebelum tanggal jatuh tempo juga dimaksudkan agar nasabah tidak terkena denda keterlambatan. Karena denda keterlambatan yang ditetapkan oleh Uangme dihitung per hari dan akan terakumulasi sesuai jumlah keterlambatannya.

Penagihan oleh DC Uangme akan terus dilakukan selama Anda belum melakukan pembayaran dan melunasi cicilan yang tertunggak. Sementara sesuai peraturan OJK, penagihan akan berlangsung hingga 90 hari keterlambatan dan setelahnya tidak boleh ditagih lagi.

Baca juga:  DC Kredivo 2022 Ancam Sebar KTP & Foto Wajah

Namun konsekuensinya sebagai nasabah yang gagal bayar Anda akan dimasukkan ke dalam daftar blacklist di SLIK OJK. Jika sudah demikian maka akan sulit bagi Anda untuk mengajukan pinjaman online maupun di lembaga perbankan lainnya.

7. Alur Pembayaran UangMe

Untuk memudahkan pembayaran cicilan bagi para nasabah, Uangme menyediakan beberapa jalur pembayaran yang bisa digunakan. Yaitu melalui OTC (over the counter) di beberapa minimarket yang telah terintegrasi dengan sistem pembayaran Uangme.

Serta pembayaran melalui Virtual Account di beberapa bank seperti BCA, BNI, CIMB Niaga, Mandiri, dan Permata. Dalam metode pembayaran ini Anda akan mendapatkan satu nomor virtual account yang bisa digunakan dalam setiap pembayaran cicilan.

Dengan proses pengajuan yang cepat serta persyaratan yang terbilang mudah, Uangme memang cukup menarik untuk diakses dan mendapatkan dana pinjaman. Meski begitu, Anda juga harus mempertimbangkan besaran bunga serta biaya administrasi yang telah ditetapkan oleh Uangme.

Jika kemampuan Anda untuk membayar cicilan tidak mencukupi maka sebaiknya hindari mengajukan pinjaman online. Hal ini sangat penting karena keterlambatan sehari saja akan dikenakan denda keterlambatan. Jika terlambat dalam waktu lama maka akan hal itu akan semakin memberatkan Anda.

Selain itu, keterlambatan membayar cicilan juga akan berurusan dengan DC Uangme. Jadi sebelum mengajukan pinjaman, pertimbangkan kembali kemampuan Anda dalam mengembalikannya. Jika pinjaman online membuat keuangan Anda semakin sulit, maka sebaiknya tidak mengajukan pinjaman.

Baca Juga:

error: