11 Cara Menghilangkan Jejak dari Pinjaman Online

Pinjaman online terdengar sangat menarik karena bisa menjadi solusi yang nyaman untuk mendapatkan uang tunai segera. Selain mengetahui cara mengajukan pinjaman, menjadi milenial yang cerdas juga berarti mengetahui cara menghilangkan jejak dari pinjaman online.

Cara ini sedang naik daun dan dicintai oleh banyak orang, karena beberapa pelanggan tidak puas dengan kebijakan yang diberikan oleh perusahaan pinjol.

Apalagi jika Anda memutuskan untuk meminjam uang dari fintech ilegal berpotensi penyalahgunaan informasi. Simak penjelasan berikut ini.

Cara Menghilangkan Jejak dari Pinjaman Online

Saat Anda mendaftar untuk aplikasi pinjaman online, aplikasi meminta izin untuk mengakses informasi pribadi Anda yang tersimpan di perangkat seluler Anda.

Tak sedikit pinjol yang  memanfaatkannya untuk mengumpulkan dengan kekerasan dan bahkan mengancam nasabah.

Itu tidak hanya mengirimi Anda pesan dan panggilan telepon yang mengancam, tetapi juga semua kontak di ponsel Anda. Tentu hal ini bisa sangat meresahkan dan mencemarkan nama baik, juga jika waktu penagihan tidak sesuai dengan kontrak.

Hal ini tentu merugikan konsumen. Penagihan wajib biasanya dilakukan dengan cara meneror dan mengintimidasi keluarga, teman, dan kolega dengan tujuan mendorong pelanggan untuk segera membayar tagihan.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan jejak pinjaman online terbaik:

  • Bayar tagihan di aplikasi pinjaman online dengan lunas.
  • Hubungi layanan pelanggan untuk mengajukan permintaan penghapusan data pribadi Anda.
  • Copot pemasangan aplikasi yang ada di ponsel untuk mencegah peminjam mengakses informasi pribadi ponsel Anda.
  • Jika semua cara di atas tidak berhasil, coba ganti nomor telepon Anda dengan kartu SIM baru.
  • Hapus akun media sosial dari ponsel seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan WhatsApp.
  • Setel ulang ponsel cerdas Anda ke pengaturan pabrik.
  • Jika metode di atas tidak berhasil dan pemberi pinjaman online masih membuat Anda takut atau terjebak dalam detail pelanggan. Anda dapat melaporkan penyalahgunaan informasi pribadi Anda kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan mengambil tindakan segera.
Baca juga:  DC Kredifazz Datang ke Tempat Kerja! Telat 20 Hari

Menghilangkan jejak pinjaman online tersebut di atas mungkin bisa menjadi solusi alternatif terbaik bagi siapa saja yang ingin terbebas dari repotnya proses pengajuan pinjaman.

Cara Hapus Izin Akses Aplikasi Pinjol di Ponsel

Apakah Anda ingin menghapus izin untuk mengakses kontak aplikasi yang dipinjam dari ponsel cerdas Anda?

Anda dapat menggunakan langkah-langkah sederhana berikut sebagai panduan sebagai salah satu cara menghilangkan jejak dari pinjaman online:

  • Buka menu Pengaturan atau Pengaturan perangkat seluler Anda.
  • Gulir ke bawah dan ketuk menu Aplikasi. Pilih bagian Kelola Aplikasi.
  • Temukan aplikasi Pinjol yang izinnya ingin Anda ubah.
  • Gulir ke bawah hingga Anda menemukan “Izin Aplikasi“. Pilih izin satu per satu, lalu matikan semua bagian.

Cara di atas hanya bisa digunakan untuk menghilangkan beberapa izin pada aplikasi pinjaman online yang Anda gunakan di ponsel pintar.

Namun, informasi dan data pribadi Anda tetap tersimpan di database dan Pinjol dapat terus menghubungi Anda sampai Anda melakukan permintaan penghapusan data secara resmi.

Panduan Hapus Data Personal di Aplikasi Pinjol

Jika karena alasan tertentu Anda berjanji untuk menghentikan pinjaman online Anda atau menghentikan layanan Anda, dan mengambil jenis pinjaman lain, seperti mengubah ke pinjaman konvensional. Anda dapat meminta penghapusan data di setiap database peminjam.

Berikut ini adalah cara menghilangkan jejak dari pinjaman online yang lain dan diharapkan dapat membantu Anda untuk keluar dari jeratan pinjol:

  • Silakan hubungi Call Center pinjaman online dan ajukan permintaan untuk menghapus data pribadi Anda.
  • Mengobrol dengan layanan pelanggan untuk mendapatkan saran tentang masalah ini. Anda juga dapat mengirim pesan email secara langsung dan menunggu balasan.
  • Uninstall aplikasi pinjaman online di perangkat Anda.
  • Jika peminjam menyalahgunakan data, harap laporkan ke OJK.

Jika Anda ingin menghapus informasi pribadi Anda, pastikan tidak ada cicilan atau hutang yang belum dibayar atau menunggak.

Hal ini dimaksudkan agar Anda tidak dikejar-kejar oleh pihak penagihan karena sebenarnya belum selesai membayar utang namun meminta dihapus datanya.

Fitur Ponsel yang Diakses Aplikasi Pinjol

Sekarang kita tahu cara menghilangkan jejak dari pinjaman online, kita perlu memperhatikan izin yang diperlukan oleh aplikasi.

Jangan sampai Anda kecolongan karena aplikasi mengakses informasi pribadi Anda hanya karena Anda tidak memperhatikan.

Baca juga:  DC Rupiah Cepat! Resiko Ancaman Teror Kontak

Umumnya, pengajuan pinjaman online membutuhkan akses internet, lokasi, nomor kontak, nomor telepon, dan SMS.

Namun, Anda harus hati-hati memeriksa ulang apakah aplikasi Anda memerlukan akses ke e-commerce, media sosial, dan bahkan akun internet banking Anda.

Jika pengguna menolak persetujuan, aplikasi pinjol yang diinstal tidak dapat digunakan secara optimal. Di bawah ini adalah beberapa hal yang biasanya diakses oleh aplikasi untuk meminjam:

  • Kontak yakni dengan membaca semua nomor kontak yang ada di ponsel milik Anda.
  • Lokasi yakni dengan menggunakan teknologi GPS dan estimasi lokasi Anda saat ini berbasis jaringan.
  • Ambil foto dan video dengan kamera ponsel cerdas Anda.
  • Tampilkan informasi koneksi WiFi.
  • Hubungi nomor pengguna secara langsung.
  • Dengan mudah menggunakan izin untuk menyimpan, mengubah, atau menghapus konten yang ada di ponsel Anda.
  • Tampilkan informasi panggilan dan ID perangkat.
  • Baca identitas telepon, informasi, dan status.

Akses data yang dibutuhkan oleh sebuah aplikasi pinjaman online tentunya sangat besar, bahkan bisa dikatakan peminjam mengetahui semua privasi ponselnya.

Namun, tidak banyak orang yang menyadari bahwa manfaat dari pinjaman adalah untuk menjamin semua data di ponsel Anda.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menghapus data kredit online Anda, terutama setelah semua tagihan telah dibayar.

Tujuannya adalah untuk mencegah aplikasi memata-matai atau menyalahgunakan informasi pribadi. Mengenai hal-hal yang tidak terlalu baik.

Mengapa Harus Menghapus Aplikasi Pinjol?

Saat Anda mendaftar untuk aplikasi pinjaman online, aplikasi meminta izin untuk mengakses informasi pribadi Anda yang tersimpan di perangkat seluler Anda.

Tak sedikit pinjol yang memanfaatkannya untuk mengumpulkan dengan kekerasan dan mengancam para nasabahnya.

Para penagih dari aplikasi pinjaman online ini, mengirim pesan dan panggilan yang mengancam tidak hanya kepada Anda, tetapi juga ke semua kontak di ponsel Anda. Tentu saja hal ini bisa sangat meresahkan dan mencemarkan nama baik.

Penagihan wajib biasanya dilakukan dengan cara meneror dan mengintimidasi keluarga, teman, dan kolega dengan tujuan mendorong pelanggan untuk segera membayar tagihan yang menunggak di aplikasi pinjaman online tersebut

Oleh karenanya, inilah beberapa alasan kuat yang dapat Anda pahami untuk menghapus aplikasi pinjol dari ponsel Anda dan menjadi salah satu cara menghilangkan jejak dari pinjaman online:

Baca juga:  8 Aplikasi Pinjaman Online Bayar Bulanan Terpercaya

1. Membuat Seseorang Merasa Insecure

Penagihan pembayaran dengan cara meneror orang-orang di sekitar hingga mencemarkan nama baik. Tentu, hal ini membuat mental nasabah tersebut terganggu karena tekanan yang terus menerus datang dari para penagih.

Pasalnya, nasabah yang ditagih merasa malu bertemu dengan orang yang ketakutan hanya karena tidak melunasi utang pinjamannya. Jika Anda memiliki sedikit utang, Anda harus menanggung rasa malu atas tindakan penagih utang.

Oleh karena itu, resiko pinjaman online di platform ilegal tentu sangat tinggi. Oleh karena itu, Anda perlu menghapus data pribadi Anda dari pinjol.

2. Pengiriman Pesan Promo yang Mengganggu

Bila Anda sudah menyelesaikan tagihan, pasti ada hal lain yang akan menimpa Anda seperti pesan-pesan promosi dari aplikasi pinjaman online tersebut. Pasalnya, pelanggan lama biasanya selalu mendapat notifikasi atau penawaran promosi terbaru setelah tagihan selesai.

Anda dapat terus menerima pesan promosi tersebut melalui SMS, email, dan akun media sosial. Ini tidak hanya mengganggu, tetapi tentu saja peminjam khawatir karena aplikasi pinjol masih memiliki akses ke informasi pribadi Anda seperti telepon, kontak, dan nomor rekening bank Anda.

3. Penyalahgunaan Data dan Informasi Pribadi

Akses para aplikasi pinjaman online terhadap informasi pribadi Anda ternyata masih akan terjadi bila Anda tidak menghapus aplikasinya. Hal ini pun akan berdampak buruk di masa depan apalagi menyangkut data pribadi Anda.

Data tersebut juga dapat disalahgunakan. Tentu saja hal ini dapat menimbulkan kerugian terutama dari segi material.

Selain untuk menghindari pinjaman online kepada orang yang tidak berwenang, Anda perlu menghapus riwayat pinjaman Anda langsung ke aplikasi agar datanya tidak disalahgunakan. Hal ini juga menjadi salah satu cara menghilangkan jejak pinjaman online.

Itulah beberapa cara menghilangkan jejak dari pinjaman online. Namun, Anda harus dipastikan sudah melunasi seluruh utang, termasuk beban bunga. Jangan meminjam uang dan menghindari kewajiban tanpa pembayaran kembali. Ini adalah tindakan yang melanggar aturan dan  hukum.

error: Content is protected !!
close