7 Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BNI di ATM Terdekat

Fasilitas layanan kartu kredit adalah salah satu fitur yang memungkinkan setiap orang bisa menarik uang tunai melalui mesin ATM. Salah satu bank yang menyediakan layanan tarik tunai kartu kredit yaitu Bank BNI. Namun, pada kenyataannya banyak orang yang belum tahu cara tarik tunai kartu kredit BNI.

Cara tarik tunai melalui kartu kredit BNI sebenarnya sangat mudah dan tidak butuh waktu lama. Dana yang diperoleh dari hasil transaksi tersebut merupakan dana pinjaman dari bank, sehingga nasabah yang menggunakan fasilitas layanan tersebut nantinya akan dikenakan biaya transaksi dan bunga pelunasan.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Tarik Tunai Kartu Kredit BNI

Cara tarik tunai kartu kredit BNI bisa dilakukan dengan mengunjungi ATM terdekat dari tempat tinggal. Jadi Anda tidak perlu ribet harus mendatangi kantor bank, seperti halnya mengajukan dana pinjaman. Sebelum melakukan tarik tunai kartu kredit, sebaiknya perhatikan poin-poin penting berikut ini.

Pilih Mesin ATM yang Sesuai dengan Kartu Kredit Bank BNI

Agar proses transaksi tarik tunai kartu kredit bisa berjalan lebih aman dan nyaman, sebaiknya lakukan pada ATM BNI logo PLUS/Cirrus. Mengapa demikian? Karena transaksi kartu kredit yang dilakukan pada mesin ATM berbeda, akan menimbulkan kendala seperti proses transaksi macet.

Baca juga:  2 Cara Hapus Mutasi Rekening BCA Secara Online

Pastikan Kartu Kredit Memiliki Sisa Limit dan Aktif

Hal kedua yang harus diperhatikan sebelum melakukan melakukan tarik tunai kartu kredit yaitu memastikan bahwa kartu masih aktif. Selain itu, nasabah juga perlu memastikan bahwa tarik tunai kartu kredit BNI masih memiliki sisa limit , sehingga bisa dilakukan penarikan sesuai keinginan.

Pengembalian Dana Tidak Bisa Dicicil

Walaupun konsep tarik tunai sama dengan berhutang, bukan berarti Anda bisa melakukan pelunasan dengan cara dicicil. Setiap nasabah yang mengambil dana dari kartu kredit BNI tidak bisa melakukan pembayaran lebih dari 1 bulan dan tidak boleh dicicil.

Oleh sebab itu, walaupun cara tarik tunai kartu kredit BNI memang mudah dilakukan, sebaiknya gunakan dana tersebut untuk kebutuhan darurat saja. Jangan terlalu sering melakukan tarik tunai dari kartu kredit, karena bisa membuat hutang menumpuk dan berpengaruh pada kondisi finansial.

Biaya Transaksi Kartu Kredit BNI Sekitar 6%

Konsekuensi bagi nasabah yang melakukan tarik tunai kartu kredit yaitu dikenakan biaya transaksi sebesar 6% atau setara dengan nominal Rp100 ribu. Setiap bank tentunya memiliki kebijakan biaya tarik tunai masing-masing, hanya saja besaran nominalnya berbeda-beda.

Biaya transaksi sebesar 6% akan dihitung berdasarkan jumlah penarikan yang sudah dilakukan. Misalnya Anda melakukan tarik tunai kredit BNI sekitar Rp7 juta, maka belum tentu akan mendapatkan dana tarik tunai sebesar Rp7 juta.

Bunga Pelunasan 2,25%

Selain dikenakan biaya transaksi sebesar 6%, nasabah yang melakukan tarik tunai kredit BNI juga perlu membayar bunga pelunasan sekitar 2,25% per bulan. Misalnya nasabah mengambil dana kredit BNI sebesar Rp4 juta, maka per bulannya akan dikenakan bunga pembayaran Rp90.000,-

Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BNI Melalui ATM

Bank BNI memang memberikan fasilitas tarik tunai kartu kredit sesuai dengan limit yang digunakan nasabah, namun perhatikan poin penting diatas sebelum melakukannya. Untuk mempermudah proses penarikan dana dari kartu kredit, maka ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Silahkan kunjungi mesin ATM BNI terdekat dari tempat tinggal. Hindari menggunakan ATM bersama, karena bisa saja menghambat proses transaksi berjalan lebih lama.
  • Masukkan kartu kredit BNI pada slot kartu yang tersedia dalam mesin ATM.
  • Klik opsi “Transaksi” dan input PIN aktif kartu kredit dengan benar. Jangan sampai salah input PIN kartu kredit berkali-kali, karena bisa membuat kartu terblokir.
  • Klik menu “Cash Advance” lalu opsi “Tunai” untuk menentukan nominal uang yang akan ditarik.
  • Pada bagian menu pencetakan struk, klik “Ya” jika Anda ingin mencetak bukti struk transaksi tersebut. Namun jika tidak ingin mencetaknya, maka klik “Tidak” dan struk transaksi tidak keluar.
  • Mesin ATM akan memproses permintaan pengguna dan secara otomatis ATM akan mengeluarkan uang tunai sesuai dengan jumlah input yang dimasukkan.
  • Jika pengguna tidak ingin melakukan transaksi kembali, klik “Keluar” agar kartu keluar dari mesin ATM. Pastikan untuk mengambil mesin ATM sebelum pulang dan jangan sampai ATM hilang dan bisa disalahgunakan oleh pihak lain.
Baca juga:  Praktis! 5 Cara Bayar Kartu Kredit Citibank Terbaru

Jenis Kartu Kredit BNI yang Bisa Digunakan untuk Tarik Tunai

Sudah tahu cara tarik tunai kartu kredit BNI? Nah, bagi Anda yang belum pernah menggunakan fasilitas layanan kartu kredit, maka perlu mengetahui jenis kartu kredit BNI yang bisa digunakan. Bank BNI secara resmi mengeluarkan beberapa jenis kartu kredit untuk menyesuaikan kebutuhan nasabahnya.

BNI LotteMart Gold

Nasabah BNI yang suka berbelanja ke supermarket LotteMart, bisa menggunakan jenis kartu kredit ini untuk transaksi belanja ataupun tarik tunai. Bunga belanja BNI LotteMart Gold sebesar 2,25% per bulan dengan iuran kartu Rp10 ribu-Rp50 ribu. Terjangkau bukan?

BNI Visa Signature

Nasabah Bank BNI bisa menggunakan BNI Visa Signature untuk melakukan transaksi dari dalam dan luar negeri. Limit yang diberikan juga cukup tinggi, berupa bunga belanja sebesar 2,25% per bulan dengan iuran bulanan kartu sebesar Rp800 ribu.

BNI Visa Platinum

Dengan menggunakan kartu kredit BNI Visa Platinum, nasabah juga bisa melakukan transaksi tarik tunai dengan mudah dan nyaman. Bunga belanja BNI Visa Platinum sebesar 2,25% per bulannya dengan biaya iuran tahunan Rp600 ribu.

Baca juga:  14 Cara Mengatasi Lupa PIN ATM BJB 100% Ampuh

BNI Visa Infinite

Bagi Anda yang suka berkunjung ke luar negeri, maka kartu kredit berlogo Visa ini bisa sangat bermanfaat. Bank BNI memberikan limit kartu Visa Infinite sebesar Rp30 juta dengan bunga belanja 2,25%. Untuk iuran kartu perbulannya, nasabah bisa membayar biaya Rp4 juta.

BNI MasterCard World

BNI MasterCard World menyediakan bunga belanja sekitar 2,25% per bulan. Biaya iuran nasabah yang menggunakan kartu kredit ini sekitar Rp800 ribu.

Cara tarik tunai kartu kredit BNI bisa dilakukan dengan mudah dan nyaman lewat ATM BNI yang berlogo Cirrus. Agar proses transaksi berjalan lancar, hindari melakukan transaksi tarik tunai kartu kredit pada ATM selain BNI. Berminat menggunakan dana tarik tunai kredit BNI untuk biaya darurat Anda?

Baca Juga:

error:
close