Cara Transfer SMS Banking BRI Ke BNI 3 Menit Beres

Jika biasanya saat hendak transfer uang harus datang langsung ke ATM, tetapi kini Anda bisa memanfaatkan teknologi untuk mengirim uang dengan menggunakan SMS Banking. Namun, dalam penggunaannya Anda harus tahu bagaimana cara transfer SMS Banking BRI ke BNI.

Bank BRI dan BNI merupakan dua bank konvensional yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Tidak heran, kedua bank ini selalu terdepan dalam memberikan layanan serta fasilitas yang memudahkan nasabahnya untuk bertransaksi dan mengirim uang.

Keuntungan Menggunakan SMS Banking

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara transfer SMS Banking BRI ke BNI, ternyata layanan SMS Banking ini masih awam di kalangan nasabah bank. Padahal, keberadaannya sudah cukup lama. Dengan demikian, Anda wajib mengetahui seluk beluk fasilitas ini terlebih dulu.

Jadi SMS Banking adalah sebuah fitur mobile perbankan yang dimana semua nasabah dapat mengaksesnya melalui jaringan yang dikenal dengan Short Message Services atau SMS. Biasanya, SMS Banking akan mengandalkan jaringan dari provider telepon.

Karena menggunakan jaringan dari provider, hal ini membuat SMS Banking dapat diakses kapan saja dan di mana saja dengan mudah. Bahkan tidak hanya untuk transfer uang, nasabah juga dapat melakukan kebutuhan lain seperti cek saldo, membayar tagihan listrik, hingga membeli pulsa.

Jika dibandingkan dengan fitur internet banking lainnya, layanan yang satu ini terbilang cukup jadul. Meskipun begitu caranya lebih praktis sehingga masih banyak nasabah yang masih menggunakan layanan ini.

Untuk mengetahui keunggulan lebih lengkap dari SMS Banking ini, mari simak ulasannya di bawah ini.

1. Mudah dan Fleksibel

Salah satu alasan kenapa masih banyak nasabah yang menggunakan layanan SMS Banking BRI ini adalah karena penggunaannya yang mudah dan fleksibel. Tidak usah khawatir akan ketinggalan zaman karena nyatanya layanan ini tetap bisa diakses kapanpun dan dimanapun.

Baca juga:  5 Cara Bayar Kartu Kredit Bank Mega Terbaru

2. Lebih Efisien

Selain mudah dan fleksibel, SMS Banking juga lebih aman digunakan jika dibandingkan dengan layanan e-banking lainnya. Hal menarik dari fitur ini adalah SMS Banking tetap bisa digunakan meskipun sedang ada gangguan eksternal seperti mati listrik dan juga koneksi internet terputus.

3. Fitur Lengkap

Tidak kalah dari e-banking lainnya, SMS Banking juga memiliki sejumlah fitur yang super lengkap. Anda bisa menemukan layanan seperti autocomplete, mutasi rekening, mengganti PIN, top up saldo e-wallet, membayar listrik, hingga membayar tagihan BPJS.

4. Menggunakan Semua Jenis SIM Card

SMS Banking ternyata tidak ada batasan kartu SIM. Pasalnya, Anda tetap bisa mengakses layanan ini menggunakan semua jenis SIM Card. Anda cukup mengetahui bagaimana cara transfer SMS Banking BRI ke BNI dan sudah bisa bertransaksi dengan mudah.

Meskipun kelebihan menggunakan SMS Banking tersebut dinilai lebih unggul dibandingkan e-banking lainnya, tetapi Anda tetap harus berhati-hati akan risiko penyadapan dan data yang terekam dari SMS Banking. Anda harus rutin menghapus riwayat secara secara untuk menghindari masalah ini.

Agar bisa merasakan bagaimana penggunaan SMS Banking ini, Anda bisa mengikuti beberapa langkah yang akan kami bahas di bawah. Langsung saja simak cara transfer SMS Banking BRI ke BNI ini.

Cara Transfer SMS Banking BRI Ke BNI Termudah

Jika Anda adalah nasabah dari bank BRI dan hendak mengirim uang ke bank BNI, maka Anda bisa menggunakan layanan SMS Banking secara mudah dan praktis. Adapun berikut ini adalah cara lengkapnya yang bisa Anda ikuti.

  • Siapkan pulsa untuk mengirim SMS Banking.
  • Siapkan kode bank BNI yaitu 009.
  • Ketik format SMS: TRANSFER + spasi + 009 + Nomor Rekening Tujuan + spasi + Nominal + spasi + PIN.
  • Lalu kirim ke 3300.

Cara transfer SMS Banking BRI ke BNI di atas sangat mudah dan simple untuk dilakukan sehingga tidak ada alasan lagi untuk mengeluh karena prosesnya yang rumit. Bahkan, proses transfer ini tidak akan memakan waktu hingga 5 menit. Jadi Anda bisa mencobanya jika menggunakan bank BRI.

Baca juga:  3 Cara Setor Tunai BCA di Indomaret Terdekat

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa penggunaan SMS Banking ini tetap harus diperhatikan. Anda harus lebih berhati-hati untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Untuk mengatasinya, lakukan tips berikut ini.

5 Tips Menggunakan SMS Banking untuk Keselamatan Pengguna

Saat bertransaksi secara online, pastinya tidak menutup kemungkinan akan adanya risiko yang terjadi. Meskipun begitu, hal ini tidak boleh menghilangkan niat Anda saat hendak menggunakan SMS Banking karena risiko kejahatan online ini dapat diatasi asalkan Anda mengetahui tipsnya.

1. Pastikan Telah Mengunduh SMS Banking

Meskipun cara menggunakan SMS Banking ini dapat dilakukan tanpa harus menggunakan aplikasi, tetapi akan lebih baik jika Anda tetap mengunduh aplikasi SMS Banking. Bukan tanpa alasan, hal ini bertujuan agar Anda memiliki catatan atau riwayat cadangan resmi dari bank yang bersangkutan.

Sehingga jika nantinya ada kebocoran data, Anda tetap memiliki riwayat untuk membuktikan mutasi transfer ke bank lain menggunakan layanan SMS Banking.

2. Rahasiakan Kode Akses dan PIN

Dalam menggunakan SMS Banking, Anda harus memasukan PIN dan juga kode akses. Pastikan untuk menjaga kerahasiaan kedua kode ini karena bisa meningkatkan risiko kebobolan ATM. Sangat disarankan untuk rutin mengganti kode akses dan pin ATM.

Jangan lupa juga untuk langsung logout atau hapus riwayat SMS Banking jika telah selesai melakukan transaksi. Hal ini bertujuan agar tidak ada jejak yang masih aktif saat Anda lengah.

3. Perketat Keamanan

Selain harus mengubah PIN dan juga kode akses secara berkala, Anda juga wajib menggunakan kedua jenis keamanan tersebut menggunakan kombinasi angka dan huruf yang sulit ditebak oleh orang lain. Semakin sulit keamanannya, maka akan semakin minim risiko kecolongan saldo ATM.

Baca juga:  3 Tabel Pinjaman Bank BNI Baru 2022 10 Menit Cair

4. Jangan Akses di Tempat yang Ramai

Jika Anda hendak mengirim uang ke rekening tujuan menggunakan SMS Banking, sebaiknya jangan mengaksesnya saat berada di tempat yang ramai. Hal ini malah akan meningkatkan risiko kejahatan yang marak terjadi.

Jika bisa, akses SMS Banking hanya di tempat yang sepi dan jauh dari keramaian agar Anda bisa lebih leluasa.

5. Sering Hapus History

Cara transfer SMS Banking BRI ke BNI yang terbilang mudah kadang membuat banyak nasabah lupa untuk menghapus history atau riwayat transaksi lainnya. Padahal kondisi ini harus diperhatikan karena bisa saja mengundang bahaya seperti data bocor.

Untuk menghindari masalah tersebut, maka Anda harus mengikuti tips yang satu ini. Penggunaan SMS Banking akan terasa merugikan jika Anda tidak mengikuti kelima tips di atas.

Meskipun terbilang jadul, tetapi SMS Banking masih terbukti sebagai jalan alternatif termudah yang bisa Anda coba saat hendak mengirim uang ke bank tujuan tanpa perlu repot.

Sekarang Anda bisa menggunakan SMS Banking dengan cara transfer SMS Banking BRI ke BNI yang sudah dibahas di atas. Jangan lupa juga untuk tetap menjaga keamanan rekening Anda dari bahaya yang marak terjadi.

Baca Juga:

error: