7 Kelebihan dan Kekurangan Bank Mega Terbaru 2024

Beben.id – Dunia perbankan semakin berkembang dan Bank Mega menjadi salah satu yang terdepan. Meski begitu, tetap ada kelebihan dan kekurangan Bank Mega yang perlu kamu tahu. Salah satu bank swasta ini sudah ada sejak 1969. Tapi kala itu namanya adalah PT. Bank Karman dan lokasinya masih di Surabaya.

Relokasi ke Jakarta baru terjadi pada 1 Januari 1992 dan bersamaan dengan ini namanya pun ikut berganti menjadi Bank Mega. Lalu pada tahun 1996, bank ini dibeli oleh CT Corp yang juga merupakan pemilik sejumlah bisnis lain seperti Trans Mart dan Trans TV. Kepemilikan ini pun masih berlangsung sampai kini.

Berbagai Kelebihan dan Kekurangan Bank Mega

Bank Mega telah menambah catatan baik di tahun 2020 silam dengan profit mencapai Rp2,2 triliun pada kuartal ke-3. Padahal, kala itu Indonesia sedang dilanda Covid ya. Tapi rupanya tidak melemahkan profitabilitas dari Bank Mega lho.

Lantas, Bank Mega urutan ke berapa? Jawabanya adalah peringkat ke-16 dengan kategori jumlah aset terbesar. Sedangkan dalam kategori perolehan laba paling bersih di tahun 2022, Bank Mega ada di urutan ke-7. Nah, sekarang saatnya mengecek apa saja kelebihan dan kekurangan Bank Mega di bawah ini:

1. Jaringan Luas

Daftar kelebihan dan kekurangan Bank Mega yang pertama diisi dengan kelebihan dari Bank Mega yang kini sudah memiliki banyak kantor cabang. Total ada 8 kantor wilayah, 54 kantor cabang, 2 kantor fungsional, dan 321 kantor cabang pembantu yang tersebar di seluruh pelosok negeri.

Tentu saja, hal ini sangat menguntungkan untuk para nasabah ya. Jadi jika kamu harus ke kantor cabang untuk mengurus sesuatu dan posisi sedang di luar kota, maka kamu tidak harus kembali ke kota asal.

Baca Juga:  3 Cara Mengatasi Lupa PIN ATM BCA Terbaru 2024

Selain itu, jumlah mesin ATM Bank Mega juga banyak lho, ada sekitar 700 unit di berbagai kota dan kabupaten yang bisa kamu gunakan untuk tarik tunai, kirim uang, atau melakukan jenis transaksi lainnya.

2. Bisa Buka Rekening Online

Ini dia kelebihan Bank Mega yang banyak disukai kaum milenial. Jika kamu adalah calon nasabah baru yang ingin buka rekening di Bank Mega, ada cara praktis agar tak harus datang ke kantor cabang lho.

Cukup gunakan smartphone dan kamu sudah bisa rekening baru secara online. Caranya super mudah seperti di bawah ini:

  • Buka situs resmi Bank Mega.
  • Klik menu
  • Klik Simpanan Individu.
  • Pilih Jenis Tabungan yang kamu butuhkan/inginkan, dan klik tulisan Selengkapnya untuk membaca informasi lebih lanjut.
  • Kalau sudah yakin ingin memilih jenis rekening tersebut, sekarang scroll layar ke bawah dan klik tombol Buka Buku Rekening.
  • Isi e-form secara lengkap dan benar mulai dari nama, nomor hp yang aktif, email yang masih digunakan, kota tempat kamu tinggal saat ini, dan sebagainya.
  • Selanjutnya upload foto-foto dokumen kamu, seperti e-KTP, NPWP (jika ada), dan KK untuk tujuan verifikasi data.
  • Lalu untuk setoran awal sebagai salah syarat buka rekening baru bisa kamu lakukan dengan transfer online atau langsung datang ke teller bank.
  • Setelah proses pendaftaran selesai, maka kamu akan dapat kartu ATM dan buku tabungan.

3. Ada 8 Jenis Tabungan

Ini dia salah satu alasan memilih Bank Mega dijamin tak bikin menyesal. Bukan hanya satu atau dua, tapi ada delapan jenis tabungan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing nasabah lho. Ini dia jenis-jenisnya:

a. Mega Dana

Jenis tabungan ini bisa dipakai oleh individu dan korporasi dengan sistem suku bunga progresif. Fasilitasnya termasuk buku tabungan, ATM card, serta akses ke m-Banking dan internet banking. Saat buka rekening, kamu cukup setor Rp100.000.

b. Mega Maxi

Mirip seperti Mega Dana, jenis tabungan ini juga menerapkan metode suku bunga progresif. Tapi dibanding perorangan, Mega Maxi lebih cocok buat kamu yang memiliki bisnis nih. Sebab, setoran awalnya termasuk tidak kecil lho, yaitu Rp1.000.000.

Baca Juga:  Kode Keamanan CVV BRI, Pengertian, Fungsi, Aktivasi

Selain itu, minimum saldo yang mengendap juga Rp1.000.000. Jika saldo kamu kurang dari Rp1.000.000, maka dikenakan biaya admin per bulan Rp10.000.

c. Mega Ultima

Kalau kamu termasuk nasabah yang bergelimang harta, maka Mega Ultima bisa dijadikan pilihan. Setoran awal saat buka rekening adalah Rp100.000.000 dengan biaya admin Rp27.500 per bulan.

Adapun saldo minimal yang mengendap sebesar Rp1.000.000. Kelebihan sekaligus kekurangannya adalah suku bunganya berubah sewaktu-waktu.

d. Mega Rencana

Jenis tabungan berjangka ini cocok untuk kamu yang membutuhkan tempat menabung aman demi masa depan, seperti membeli rumah, pergi haji, liburan ke Eropa, sekolah anak, dan lainnya. Ada dua jenis rekening yang ditawarkan, yaitu Promo dan Reguler.

Jika kamu berencana untuk menarik dana setelah minimal 1 tahun menabung, maka jenis reguler cocok jadi pilihan. Jenis promo punya jangka lebih panjang tapi kamu berkesempatan ikut undian berhadiah. Jenis tabungan ini juga menawarkan asuransi jiwa secara gratis lho!

e. Mega Valas

Ini dia jenis tabungan Bank Mega yang cocok untuk menabung dengan mata uang asing. Total ada 9 jenis mata uang asing, yaitu USD, CHF, AUD, EUR, JPY, GBP, CNY, SGD, dan NZD. Jenis tabungan ini menawarkan kurs yang kompetitif tapi kartu ATM-nya tidak bisa untuk debit ya.

f. Mega Perdana

Punya desain karakter menarik di bagian ATM card, jenis tabungan ini diperuntukan untuk anak-anak. Ada juga fasilitas buku tabungan, dan transfer dana bisa secara otomatis dari rekening orang tua.

g. Mega Berbagi

Teruntuk kamu yang suka donasi, ada jenis tabungan Mega Berbagi nih. Jadi secara otomatis, dana kamu bisa disalurkan pada orang-orang yang membutuhkan dengan nominal dan jangka waktu sesuai perjanjian di awal. Meski untuk kegiatan amal, kamu tetap dapat bunga lho.

h. Mega Syariah

Kalau khawatir dengan metode suku bunga yang menurut Islam haram karena termasuk riba, maka kamu bisa pilih Mega Syariah. Sistem pengelolaannya adalah bagi hasil, dan sama sekali tidak mengandung riba.

Baca Juga:  10 Jenis Kartu Kredit CIMB Niaga (Limit, Bunga, Syarat)

4. Fitur Kekinian

Guna memberikan kepuasan kepada para nasabah, bukan hanya produk Bank Mega yang bervariatif tapi fiturnya juga kekinian lho. Lewat fitur m-Banking dan i-Banking, kamu bisa akses rekening selama 24 jam, mulai dari transfer uang, cek mutasi, bayar tagihan listrik, dan sebagainya.

5. Banyak Promo

Masih ada nih keunggulan Bank Mega lainnya, yaitu banyak promo menarik. Ada promo diskon makan dan belanja, promo spesial Ramadhan dan lebaran, hingga undian berhadiah milyaran rupiah. Agar tidak ketinggalan info, kamu bisa update promo terbaru dari situs resmi Bank Mega.

6. Tidak Ada SMS Banking

Sekarang mari beralih pada kekurangan Bank Mega, yang salah satunya adalah tidak tersedia layanan SMS Banking. Meski internet sudah tersebar luas, tapi jenis layanan ini kadang tetap dibutuhkan di kondisi tertentu lho, seperti saat berada di tempat yang susah internet.

7. Biaya Bulanan

Biaya bulanan jadi salah satu bagian di Bank Mega yang dianggap sebagai kekurangan bagi sebagian nasabah. Jenis biaya bulanannya sendiri ada banyak, termasuk charge untuk saldo di bawah minimum, biaya admin, biaya layanan, dan biaya rekening dormant.

Setelah membaca kelebihan dan kekurangan Bank Mega di atas, kira-kira apa nih kesimpulan kamu? Jika secara umum, sebenarnya daftar kelebihannya lebih banyak ya dibanding kekurangannya. Bahkan, 2 poin kekurangan di atas sepertinya juga tidak sampai menimbulkan masalah bagi kebanyakan nasabah.

Baca Juga:

error: