7 Kelebihan dan Kekurangan Bank Danamon 2024

Beben.id – Informasi tentang kelebihan dan kekurangan Bank Danamon perlu diketahui saat memilih lembaga perbankan. Hal tersebut menjadi pertimbangan utama sebelum menentukan layanan finansial yang akan digunakan. Tujuannya adalah agar bisa memilih layanan serta fasilitas yang sesuai.

Apabila bisa mendapatkan layanan yang tepat, maka kebutuhan yang berkaitan dengan finansial bisa terpenuhi secara lebih efektif dan menguntungkan. Fasilitas yang disediakan bisa dimanfaatkan dengan maksimal sehingga mampu memberikan kenyamanan dalam bertransaksi.

Profil Bank Danamon

Bank Danamon termasuk dalam jajaran lembaga perbankan yang cukup terkenal. Bagaimana tidak, Bank Danamon pada tahun 1976 telah menjadi pelopor pertukaran mata uang asing di Indonesia. Bank ini berdiri pada tahun 1956 dengan nama Bank Kopra Indonesia.

Setelah 20 tahun kemudian, yaitu di tahun 1976 berubah nama menjadi Bank Danamon. Lembaga perbankan milik swasta ini sudah mengembangkan jangkauannya sehingga mampu menyediakan layanan di berbagai wilayah Indonesia seperti Sumatera, Bali, Jawa, hingga Sulawesi.

Bank Danamon merupakan lembaga perbankan yang berpengaruh di Indonesia. Bahkan telah mendapatkan penghargaan karena menyediakan beragam produk dan layanan terlengkap untuk semua nasabah di lini personal maupun bisnis.

Jika dibandingkan dengan layanan perbankan lainnya, tentu terdapat kelebihan dan kekurangan Bank Danamon yang berbeda dari lainnya.

Jenis Produk Tabungan Bank Danamon

Untuk menunjang berbagai kebutuhan nasabah, Bank Danamon menyediakan beberapa jenis produk tabungan dengan ketentuan yang berbeda. Nasabah bisa memilih jenis produk yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Sebelum membahas tentang kelebihan dan kekurangan menabung di Bank Danamon, ketahui terlebih dahulu apa saja pilihan produk tabungan yang tersedia.

  • Tabungan Danamon TabunganKu
  • Tabungan Danamon Lebih
  • Tabungan Danamon Cita-Citaku
  • Tabungan Danamon Primadolar
  • Tabungan Danamon Flexi Max
  • Tabungan Danamon Syariah
  • Tabungan Danamon SuperCombo
  • Tabungan Pendidikan Danamon
  • Tabungan Danamon Lebih Adira Finance
  • Tabungan Danamon D-Save
  • Dan lainnya
Baca Juga:  13 Kelebihan dan Kekurangan Bank Syariah 2024

Untuk lebih jelas terkait pilihan produk maupun layanan, kamu bisa langsung mendatangi kantor cabang atau menghubungi call center Bank Danamon. Pemahaman terhadap produk tabungan tentu harus dimiliki agar bisa menentukan pilihan yang tepat sesuai dengan tujuannya.

Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Bank Danamon

Setiap nasabah tentu memiliki kebutuhan dan tujuan yang berbeda saat menggunakan layanan perbankan. Ragam kebutuhan tersebutlah yang membuat Bank Danamon menghadirkan produk layanan yang beragam.

Inovasi fasilitas juga terus diberikan untuk bisa memberikan pelayanan terbaik sehingga nasabah dapat melakukan transaksi secara lebih nyaman dan aman.

Ketika merasa bingung memilih lembaga perbankan yang akan digunakan, kamu perlu membandingkan kelebihan dan kekurangannya agar mengetahui sistem kerjanya. Apakah sesuai dengan produk yang kamu cari atau bukan. Seperti inilah kelebihan dan kekurangan Bank Danamon yang harus dipahami:

1. Kelebihan Bank Danamon

Saat ini ada banyak sekali produk tabungan yang disediakan oleh bank. Danamon sendiri memiliki beberapa produk tabungan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan nasabah.

Setiap produk yang ditawarkan tentu memiliki kelebihan yang berbeda karena memiliki standarisasi layanan masing-masing. Banyaknya pilihan produk memungkinkan nasabah dapat memenuhi kebutuhannya secara optimal.

Namun sebelum memilih layanan Bank Danamon, ketahui beberapa kelebihan yang dimilikinya terlebih dahulu melalui uraian berikut ini.

a. Gratis Asuransi Jiwa

Jika nasabah membuka rekening Danamon Lebih, maka secara otomatis akan mendapatkan bonus asuransi jiwa selama 6 bulan. Artinya nasabah tidak akan dikenakan biaya premi sedikitpun sehingga tidak perlu membayar.

Apabila sudah melewati batas bonus 6 bulan, nasabah bisa menentukan sendiri apakah ingin melanjutkan atau menghentikan produk asuransi yang digunakan.

b. Produk Layanan Beragam

Bank Danamon memiliki banyak produk unggulan yang dapat memenuhi kebutuhan para calon nasabah. Adanya ragam jenis pilihan memungkinkan nasabah bisa melakukan pertimbangan dengan baik sehingga dapat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga:  Apa itu Kode Bank 987 dan Cara Menggunakannya

Lini bisnis yang beragam memungkinkan nasabah bisa datang dari mana saja, mulai dari pengguna personal hingga bisnis. Tersedia beragam produk Bank Danamon diantaranya seperti peminjaman dana, tabungan, asuransi, perbankan syariah, hingga kartu kredit.

Tersedia juga jasa manajemen keuangan, investasi dan layanan cara lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk memperlancar aktivitas keuangan bisnis.

c. Wide Network

Bank Danamon sudah berdiri bertahun-tahun sehingga jaringan yang dibentuk sudah luas dan mampu menjangkau pelosok negeri. Di tahun 2017, tercatat sudah ada lebih dari 1.600 cabang yang dimiliki oleh Bank Danamon.

Layanan perbankan Bank Danamon mudah dijangkau dengan adanya ATM yang tersebar di penjuru Indonesia.

Ada sekitar 1.300 mesin ATM tarik tunai dan 70 mesin setor tunai. Kantor cabang Bank Danamon juga sudah tersebar di berbagai wilayah kota sehingga memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi.

d. Dilengkapi dengan Layanan E-Banking Danamon

Kemajuan teknologi membuat Bank Danamon senantiasa melakukan berbagai terobosan baru untuk memberikan kemudahan bagi nasabah dalam bertransaksi.

Hal tersebut membuat Bank Danamon menghadirkan layanan e-Banking yang sangat mudah untuk diakses. Hal ini menjadi keunggulan yang dapat membuat nasabah semakin nyaman untuk memanfaatkan fasilitas tersedia.

Ada layanan Mobile Banking yang bisa diakses melalui aplikasi ponsel dan ada juga Internet Banking yang bisa diakses melalui layanan internet.

Fasilitas ini tersedia selama 24 jam sehingga memiliki fleksibilitas tinggi. Dengan begitu nasabah bisa melakukan transaksi kapan saja dan dimana saja sesuai kebutuhan.

2. Kekurangan Bank Danamon

Ketika merasa tertarik dengan layanan finansial yang ditawarkan oleh Lembaga perbankan, kamu harus mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan Bank Danamon terlebih dahulu.

Tidak hanya memiliki banyak kelebihan, setiap layanan tentu memiliki kelemahan sehingga tidak dapat berfungsi secara optimal. Hal ini tentu harus diketahui dengan jelas agar pencegahan bisa dilakukan secara optimal.

Dengan begitu nasabah tidak akan merasa menyesal maupun dirugikan ketika menggunakan salah satu produk finansial. Berikut informasinya.

a. Ada Biaya Penalti Jika Saldo Dibawah Minimum

Beberapa produk menerapkan ketentuan saldo minimum yang cukup besar. Pada Tabungan Danamon Lebih, nasabah harus memiliki saldo minimal Rp5 juta. Jika di bawah jumlah tersebut, akan dikenakan biaya penalti sebesar Rp17 ribu.

Baca Juga:  4 Tabel Menabung Harian mulai 2ribu, 5ribu, 10ribu dll

Angka ini tentu sangat besar jika dibandingkan dengan layanan produk bank lain. Agar tidak dibebankan biaya penalti, kamu harus memiliki saldo dengan jumlah minimal yang sesuai dengan ketentuan berlaku.

b. Layanan Online Sering Mengalami Masalah

Walaupun sudah menyediakan terobosan layanan online, sayangnya fasilitas tersebut masih seringkali mengalami masalah.

Kemampuan server yang digunakan seringkali tidak mendukung untuk dapat memenuhi kebutuhan seluruh nasabah secara optimal sehingga sering mengalami kendala seperti tidak dapat diakses, lemot, sering adanya pemeliharaan, dan lainnya.

Hal ini dapat menghambat aktivitas nasabah sehingga layanan tidak bisa dinikmati secara maksimal. Namun nasabah tidak perlu merasa khawatir karena berbagai kendala tersebut sentiasa akan ditangani dengan cepat agar tidak lagi terulang.

c. Biaya Setiap Transaksi Berbeda

Bank Danamon menerapkan sejumlah biaya tertentu untuk setiap transaksi. Nilainya pun berbeda untuk setiap transaksi, misalnya saja biaya layanan, biaya administrasi, dan lain sebagainya.

Transaksi lain seperti pengambilan kas, pembayaran, transfer, deposit, dan lainnya juga akan dikenakan biaya yang berbeda. Hal ini terkadang membingungkan bagi para nasabah.

Memilih produk tabungan yang sesuai tentu perlu dilakukan agar kamu bisa menikmati fasilitas yang menguntungkan. Untuk itu, penting memahami apa saja kelebihan dan kekurangan Bank Danamon agar bisa memiliki bahan pertimbangan yang tepat.

Baca Juga:

error: