7 Kelebihan dan Kekurangan Bank Bukopin 2024

Beben.id – Pada saat ingin menggunakan layanan perbankan, memahami kelebihan dan kekurangan Bank Bukopin merupakan informasi dasar. Info ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan sehingga mampu memilih layanan produk sesuai dengan tujuan finansial yang ingin dicapai oleh nasabah.

Produk yang tepat dapat mendukung nasabah untuk dapat memenuhi kebutuhan di masa sekarang maupun mendatang. Tidak hanya menghimpun dana, Bank Bukopin juga memiliki produk kredit di antaranya seperti layanan kartu kredit hingga pembiayaan modal kerja untuk UMKM.

Profil Bank Bukopin

Sebelum dikenal dengan nama Bank Bukopin, lembaga perbankan ini dahulu bernama Bank Umum Koperasi Indonesia. Bank swasta kelas menengah ini berfokus terhadap 4 sektor bisnis yang terdiri dari mikro, komersial, konsumer, dan UKM.

Pada tahun 2021, Bank Bukopin resmi mengubah nama menjadi KB Bukopin. Bank ini masuk dalam jajaran lembaga perbankan terlama yang beroperasi di Indonesia. Bank Bukopin sudah beroperasi sejak tahun 1970 dan telah melewati berbagai perubahan zaman.

Hal ini membuat pengalamannya di bidang perbankan sudah cukup banyak sehingga produk yang ditawarkannya tidak perlu lagi diragukan kualitasnya. Banyak nasabah yang mengajukan pertanyaan tentang Bank Bukopin termasuk bank apa? Jawabannya adalah bank swasta.

Tersedia banyak sekali produk keuangan seperti tabungan, kartu kredit, asuransi, dan lain sebagainya. Fitur yang dihadirkan bisa dikatakan mutakhir dan disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan nasabah sehingga nyaman digunakan.

Kelebihan dan Kekurangan Bank Bukopin

Layanan perbankan yang dihadirkan oleh bank tidaklah sempurna, tentu akan ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal ini bukanlah masalah, namun harus dipertimbangkan oleh para nasabah sebelum menggunakan fasilitasnya.

Baca Juga:  Jam Operasional Bank BCA 2024: Istirahat dan Libur

Dengan melakukan hal tersebut, nasabah bisa menikmati fasilitas finansial yang ditawarkan secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan. Agar bisa melakukan perbandingan secara lebih efektif, ketahui kelebihan dan kekurangan Bank Bukopin melalui pembahasan berikut ini.

1. Daftar Kelebihan Bank Bukopin

Ketika menggunakan layanan finansial, nasabah tentu ingin mendapatkan banyak keuntungan. Hal ini menjadi dasar layanan yang tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan finansial nasabah. Namun juga mampu memberikan kepuasan terhadap kualitas layanan yang bisa didapatkan.

Adanya fasilitas yang mendukung, berbagai aktivitas finansial bisa dilakukan secara lebih cepat dan mudah. Tidak perlu lagi merasa repot, karena akses layanan bisa didapatkan sesuai keinginan. Berikut kelebihan yang dimiliki oleh Bank Bukopin.

a. Micro Banking

Produk unggulan yang dimiliki Bank Bukopin adalah micro banking yang diberi nama Swamitra. Program ini mewujudkan kemitraan koperasi dengan lembaga keuangan mikro lainnya. Sudah ada 543 outlet yang bergabung dalam program ini.

Layanan yang tersedia dapat secara optimal mendukung perkembangan usaha kecil yang menjangkau segmentasi konsumer dan komersial.

Dengan begitu, strategi pengelolaan keuangan untuk bisnis dapat dilakukan secara lebih baik guna memberikan manfaat dan mengembangkan bisnis secara optimal. Hal ini dapat memberikan keuntungan bagi nasabah yang mengelola bisnis.

b. Jaringan Luas

Guna memberikan pelayanan yang menyeluruh, Bank Bukopin senantiasa memperluas daerah jangkauannya. Jadi seluruh masyarakat bisa menikmati fasilitas perbankan yang mudah dan nyaman.

Tersedia 41 kantor cabang, 3 kantor fungsional, dan 234 kantor cabang pembantu yang siap memberikan layanan perbankan bagi seluruh nasabah.

Lokasi kantor tersebar di berbagai daerah yang ada di seluruh Indonesia, di antaranya meliputi daerah Jakarta, Bali, Jawa, Nusa Tenggara, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Hal tersebut memungkinkan nasabah dapat melakukan transaksi secara mudah dan cepat.

c. Produk Beragam

Ada banyak sekali jenis produk yang ditawarkan oleh Bank Bukopin, di antaranya seperti tabungan, giro, deposito, pinjaman, kartu kredit, dan lainnya. Nasabah bisa memilih sendiri jenis produk layanan yang ingin digunakan untuk dapat memenuhi kebutuhannya.

Baca Juga:  7 Cara Cek Angsuran KPR BTN Terbaru 100% Mudah

Untuk dapat menggunakan satu atau lebih layanan yang tersedia, nasabah hanya perlu melakukan pendaftaran melalui kantor cabang.

Agar lebih sesuai, pastikan sudah memahami bagaimana prosedur dan biaya layanan finansial yang dipilih. Hal tersebut memungkinkan fasilitas bisa digunakan secara maksimal.

d. Tersedia Fasilitas Layanan Perbankan Online

Jika membahas tentang kelebihan dan kekurangan Bank Bukopin, rasanya kurang lengkap apabila tidak membatas tentang fasilitas akses layanan yang tersedia.

Untuk dapat menjangkau nasabah secara lebih luas dan memberikan kenyamanan transaksi, Bank Bukopin sudah melengkapi layanannya dengan sistem online.

Tersedia layanan Mobile Banking yang bisa dimanfaatkan dengan melakukan pendaftaran melalui kantor cabang terlebih dahulu. Silahkan unduh aplikasi dan nikmati layanannya. Melalui layanan online, nasabah bisa melakukan transfer, pembayaran, dan lain sebagainya dari mana saja tanpa repot.

2. Daftar Kekurangan Bank Bukopin

Selain mengetahui kelebihan Bank Bukopin, kekurangannya juga harus dipahami dengan baik. Setiap layanan yang dikembangkan mungkin saja memiliki keterbatasan sehingga mampu menjadi kelemahan bagi layanan saat dimanfaatkan.

Hal tersebut tentu harus diketahui secara mendetail oleh para nasabah agar bisa melakukan antisipasi agar transaksi yang ingin dilakukan tidak mengalami kendala.

Jika tidak memahami kekurangannya, bisa saja nasabah merasa dirugikan ketika sudah memanfaatkan layanan namun menemukan kendala. Alangkah lebih baik jika kekurangan dipahami sebelum layanan produk finansial dipilih. Inilah kekurangan yang harus diperhatikan.

a. Lokasi ATM Terbatas

Wilayah jangkauan Bank Bukopin memang luas, hanya saja lokasi mesin ATM nya masih dikatakan cukup terbatas. Bahkan di beberapa kota besar saja, cukup sulit untuk ditemui.

Untuk dapat menemukan jaringan kantor cabang maupun mesin ATM, kamu bisa mengakses website resmi KB Bukopin untuk bisa menemukan lokasi terdekat.

Walaupun lokasi mesin ATM terbatas, namun nasabah bisa tetap melakukan transaksi di mesin ATM lain berlogo ATM bersama, Prima, dan ALTO. Dengan begitu transaksi bisa tetap dilakukan secara mudah.

Baca Juga:  4 Cara Bayar Kartu Kredit CIMB Niaga Terbaru 2024

b. Ketentuan Minimal Saldo Tabungan

Bank Bukopin menetapkan ketentuan saldo minimal yang harus mengendap di tabungan nasabah adalah sebesar Rp100 ribu. Jika saldo di bawah batas minimal dalam beberapa bulan, maka rekening tabungan bisa saja tertutup.

Selain itu, nasabah juga akan dikenakan biaya administrasi sekitar Rp10 ribu setiap bulan yang akan dipotong dari saldo tabungan. Ketentuan batas minimal saldo tabungan tentu lebih besar jika dibandingkan dengan ketentuan bank lainnya.

Untuk itu jika ingin menggunakan Bank Bukopin alangkah lebih baik aktif dalam kegiatan finansial agar rekening tidak mati dan bisa terus digunakan.

c. Belum Mendukung Sistem Belanja Online

Pada marketplace yang menyediakan sistem belanja online, fasilitas pembayaran dengan Bank Bukopin masih belum tersedia. Nasabah perlu memilih metode pembayaran transfer bank untuk bisa melakukan transaksi.

Hal ini mengharuskan nasabah membayar biaya admin yang lebih besar untuk dapat melakukan transaksi belanja online.

Untuk mengatasi masalah tersebut, nasabah bisa menggunakan alternatif dengan mengisi saldo e-wallet sebelum melakukan transaksi online. Cara ini memberikan keleluasaan bagi nasabah untuk dapat melakukan transaksi di berbagai marketplace.

Kelebihan dan kekurangan Bank Bukopin membuat layanannya berbeda dengan lembaga perbankan lainnya. Produk yang ditawarkan sangat beragam sehingga nasabah bisa memilihnya sesuai dengan tujuan finansial masing-masing. Ketahui sistem kerjanya agar bisa menggunakannya secara maksimal.

Baca Juga:

error: