18 Cara Mengatasi Lupa PIN ATM BCA 100% Ampuh

Dalam penggunaan kartu ATM setiap nasabah pastinya diharuskan untuk memasukkan nomor PIN ATM yang dijadikan sebagai bentuk keamanan. Namun sayangnya beberapa dari nasabah mengalami permasalahan seperti lupa pin ATM BCA.

Sehingga alasan inilah yang menimbulkan kartu ATM terblokir. Jika kartu ATM terblokir, otomatis nasabah tidak bisa melakukan transaksi dalam bentuk apa pun. Untuk itu nasabah diharuskan untuk membuka blokir kartu ATM tersebut

Penyebab Kartu ATM Terblokir Atau Lupa Pin ATM

Permasalahan seperti ATM BCA yang terblokir secara otomatis kemungkinan besar karena nasabah salah memasukkan PIN ATM sebanyak 3 kali secara berturut-turut. Tidak hanya itu saja, nasabah yang lupa pin ATM juga bisa menimbulkan adanya kesalahan penginputan.

Jika hal ini yang terjadi, maka pada akhirnya memicu adanya pemblokiran kartu ATM. Hal ini pun dilakukan oleh sistem BCA agar bisa menjaga keamanan data nasabah selama penggunaan kartu ATM. Untuk itu sangat disarankan bagi nasabah untuk mencatat PIN ATM BCA untuk disimpan.

Hal ini bertujuan supaya nasabah tidak sampai lupa pin sewaktu-waktu. Walaupun sebenarnya untuk mengurus kartu ATM yang terblokir atau lupa pin bisa diatasi dengan mudah dan cepat.

Baca juga:  Tabel KTA CIMB Niaga 2022 Pinjam Tunai 5 Menit Cair

Cara Mengatasi ATM Terblokir Atau Lupa Pin ATM BCA

Apabila lupa pin ATM BCA atau kartu yang sudah terblokir, otomatis nasabah harus segera mengurusnya agar dapat melakukan transaksi lagi. Namun sebelumnya nasabah diminta untuk mempersiapkan kelengkapan data terlebih dahulu.

Data-data tersebutlah yang menjadi persyaratan untuk mengurus lupa pin atau kartu ATM yang terblokir. Kelengkapan data yang dimaksud yaitu seperti biaya administrasi sebesar Rp20.000 jika ingin mengganti kartu ATM, membawa kartu ATM yang sudah terblokir.

Selain itu nasabah juga diminta untuk membawa buku rekening tabungan BCA dan membawa kartu identitas. Baik itu SIM, KK ataupun KTP. Langkah selanjutnya nasabah tinggal mengikuti beberapa cara berikut:

1. Melalui Halo Bca

Nasabah BCA dapat menghubungi Halo BCA melalui telepon dan mengatakan permasalahan yang sedang terjadi. Dalam kasus ini nasabah diharuskan untuk mengingat kode PIN sebelumnya agar pihak BCA dapat melakukan reset ulang PIN ATM supaya bisa membuka pemblokiran.

Namun apabila nasabah tidak ingat dengan PIN ATM tentu saja nasabah diminta untuk datang secara langsung ke kantor BCA agar mengganti kartu ATM. Berikut ini cara mengatasi lupa pin ATM BCA melalui Halo BCA:

  • Persiapkan buku rekening tabungan maupun kartu ATM BCA yang sudah diblokir.
  • Kemudian hubungi nomor 150088.
  • Jika sudah terhubung dengan pihak call center BCA, barulah nasabah menyampaikan maksud untuk memperbaiki ATM yang terblokir atau lupa pin ATM.
  • Otomatis pihak call center segera melakukan verifikasi data beserta identitas nasabahnya.
  • Apabila sudah sesuai barulah pihak call center membuka pemblokiran kartu dengan cara mereset ulang kartu ATM.
  • Langkah selanjutnya nasabah dapat menggunakan kartu ATM kembali dengan penggunaan PIN yang sama.
Baca juga:  16 Jenis Kartu Kredit BRI (Limit, Bunga dan Syarat)

2. Melalui Kantor Cabang BCA

Jika nasabah benar-benar tidak mengingatkan kartu ATM sebelumnya, maka salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan datang ke kantor BCA terdekat. Untuk cara yang kedua ini berlaku bagi nasabah yang kartu ATM nya sudah terblokir. Untuk langkahnya, seperti berikut:

  • Silahkan datang ke kantor cabang BCA terdekat dan kemudian pilihlah nomor antrian di bagian customer service dan tunggulah sampai nomor antrian dipanggil.
  • Pada saat nomor antrian sudah dipanggil, nasabah bisa langsung berhadapan dengan customer service dan sampaikan keinginan untuk mengatasi lupa pin ATM maupun kartu ATM yang sudah terblokir.
  • Setelah itu nasabah dipersilakan untuk menyerahkan berkas persyaratan yang berupa ATM BCA yang terblokir, rekening BCA beserta KTP.
  • Untuk hal ini nasabah akan diberi pertanyaan mengenai data diri agar bisa membantu proses verifikasi.
  • Jika benar-benar lupa pin, otomatis nasabah harus membuat kartu ATM yang baru. Akan tetapi jika masih mengingat PIN ATM, customer service hanya tinggal mereset nomor PIN saja dan bisa langsung membuka pemblokiran.
  • Langkah selanjutnya tinggal mengikuti prosedur dan arahan dari customer service hingga nasabah dapat menggunakan ATM kembali.
  • Proses selesai. Untuk proses reset kartu ATM, nasabah tidak dikenakan biaya. Sedangkan untuk proses pembuatan ATM baru akan dikenakan biaya sebesar Rp 15.000 hingga Rp 20.000.

3. Melalui Mobile BCA

Cara ketiga yang bisa dilakukan untuk mengatasi Lupa pin ATM BCA yaitu dengan bantuan mobile BCA. Seperti yang diketahui bahwa aplikasi mobile BCA ini bisa membantu setiap penggunanya dalam melakukan berbagai transaksi.

Namun nasabah juga dapat mengetahui pin ATM BCA jika sewaktu-waktu lupa dengan pin tersebut. Untuk cara yang dilakukan sangatlah mudah yaitu seperti berikut:

  • Pada langkah pertama, nasabah dapat membuka aplikasi mobile BCA terlebih dahulu.
  • Setelah itu lakukan login dengan akun yang telah terdaftar.
  • Selanjutnya tinggal memilih tab menu about.
  • Jika sudah klik aktivasi ulang.
  • Langkah terakhir nasabah diminta untuk mengikuti petunjuk yang ada di layar agar bisa segera menyelesaikan proses aktivasi ulang dari pin ATM BCA.
Baca juga:  Tabel KTA OCBC NISP Pinjaman Tunai 10 Menit Cair

FAQ:

1. Apa Saja yang Menyebabkan Kartu ATM BCA Terblokir?

Pemblokiran dilakukan apabila nasabah lupa pin maupun kesalahan memasukkan PIN ATM sebanyak 3 kali berturut-turut.

2. Apakah Membuka Blokir ATM BCA Dikenakan Biaya?

Tidak sama sekali. Proses pembukaan pemblokiran ATM BCA dilakukan secara gratis jika ATM terblokir.

3. Apakah Saldo di Dalamnya Tetap Aman?

Tentu saja saldo rekening BCA nasabah akan terjaga aman. Walaupun kartu ATM sudah dalam kondisi terblokir.

4. Syarat apa saja yang dibutuhkan ketika ingin membuka blokir ATM BCA?

Sebelum datang ke kantor cabang, persiapkan identitas diri seperti KTP, kartu ATM nasabah dan buku tabungan nasabah.

5. Bagaimana Cara Untuk Membuka Blokir ATM BCA Tanpa Harus Datang Ke Kantor BCA Secara Langsung?

Nasabah bisa langsung menghubungi Halo BCA untuk proses pembukaan blokir kartu ATM tanpa datang secara langsung ke ATM BCA.

6. Berapa Nomor Call Center BCA?

Nomor call center Halo BCA 1500 888

Sebagai nasabah dari Bank BCA, pastinya tidak dapat terlepas dari yang namanya Lupa pin ATM BCA. Apabila nasabah mengalami hal tersebut otomatis kartu ATM sudah tidak dapat dilakukan transaksi. Oleh karena itu segera atasi permasalahan ini dengan beberapa cara seperti di atas.

Baca Juga:

error:
close