Biaya Transfer BRI ke BCA 2024 Semua Jenis Transfer


Beben.id – Bank BRI adalah salah satu bank ternama di Indonesia yang memberlakukan biaya transfer atau biaya administrasi saat mengirim ke rekening dari bank berbeda seperti BCA. Lantas berapa biaya transfer BRI ke BCA ini? Banyak nasabah BRI baru yang belum tahu biaya administrasi transfer ini.

Memang hampir semua bank memberlakukan biaya administrasi saat terjadi transaksi transfer antar bank atau bank yang berbeda. Baik itu dilakukan via teller maupun via ATM. Biasanya, biaya transfer ini akan dipotong dari sdo yang sudah ada dalam rekening BRI tersebut. Jadi pastikan saldo cukup untuk transfer.

Metode dan Biaya Transfer BRI ke BCA

Dalam hal transfer antar bank, biasanya kegiatan ini bisa dilakukan dengan menggunakan beragam metode yang berlaku. Hal ini juga berlaku untuk transaksi transfer dari bank BRI ke bank BCA. Beberapa metode memberlakukan biaya administrasi yang berbeda-beda, namun ada juga yang sama.

Sebelum melakukan kegiatan transfer, pastikan Anda tahu lebih dulu berapa biaya administrasi yang harus dibayarkan sehingga bisa memperkirakan sisa saldo yang ada dalam rekening nantinya. Berikut ini beberapa rincian biaya serta metode transfer dari rekening BRI ke BCA:

1. Transfer dengan Metode Kliring

Metode kliring merupakan salah metode transfer yang dilakukan dengan jumlah transaksi besar hingga ratusan juta rupiah. Metode transfer kliring ini hanya bisa dilakukan melalui teller bank. Dana transfer akan sampai pada rekening penerima dalam kurun waktu beberapa hari.

Bisa dibilang memang ini menjadi salah satu kelemahan metode kliring. Namun tentu saja tingkat keamanan transfernya lebih tinggi karena langsung diproses oleh pihak teller bank. Untuk menggunakan metode kliring saat transfer dana dari BRI ke BCA, biaya administrasinya Rp5.000,-.

Baca Juga:  Jam Operasional Bank Jateng 2024: Istirahat & Libur

2. Transfer dengan BI Fast

BRI termasuk salah satu bank yang bisa melakukan transaksi transfer antar bank menggunakan BI Fast. BI Fast ini punya biaya administrasi yang lebih rendah dari biaya administrasi transfer yang umumnya dilakukan via ATM atau mobile banking.

Meski begitu, metode BI Fast ini juga bisa dilakukan via mesin ATM maupun via mobile banking. Hanya saja memang ada keringanan dalam biaya administrasinya. Biaya transfer BRI ke BCA menggunakan BI Fast hanya Rp2.500,- saja. Cara transfer dengan BI Fast adalah:

  • Buka aplikasi BRImo yang sudah terpasang di smartphone Anda.
  • Masuk ke laman BRImo menggunakan username dan sandi yang sudah diatur dan dibuat sebelumnya melalui pihak bank.
  • Setelah berhasil masuk, cari menu transfer di halaman beranda.
  • Pilih fitur tambah daftar baru yang berfungsi menambahkan rekening baru sebagai rekening tujuan transfer, dalam hal ini adalah rekening BCA.
  • Di sana juga akan secara otomatis disediakan pilihan jenis bank tujuan yang ingin ditambahkan sebagai penerima dana transfer. Pilih opsi bank BCA sekaligus polih metode transfer BI Fast.
  • Ketikan nomor rekening tujuan BCA yang memang terdaftar dalam bank yang menggunakan BI Fast. Pastikan nomor rekening tujuan ini sudah benar agar tidak salah kirim dana dan berujung proses mengurus di kantor cabang.
  • Jika Anda hanya punya satu rekening BRI, maka secara otomatis sistem BRImo akan menggunakan rekening tersebut sebagai sumber dana transfer. Namun jika punya lebih dari satu rekening, maka Anda perlu memilih sumber dana dari rekening yang mana yang ingin digunakan untuk transfer ke BCA.
  • Konfirmasi transfer dengan meneliti dulu jumlah nominal transfer dan nama penerima dana transfer tersebut. Informasi ini akan ditampilkan sebelum Anda lanjut ke tahap pengiriman dana.
  • Jika informasi transfer sudah dipastikan benar, kemudian ketikan pin BRImo yang sudah terdaftar sebelumnya.
  • Tunggu beberapa saat sampai dana berhasil dikirim.
Baca Juga:  9 Bank Keliling Terdekat dari Lokasi Saya Terbaru 2024

3. Transfer Via Internet Banking dan Mobile Banking

Internet Banking dan Mobile Banking adalah dua fasilitas layanan BRI yang sifatnya online. Untuk bisa bertransaksi menggunakan dua layanan ini, Anda harus pastikan punya koneksi internet.

Meskipun sama-sama menggunakan layanan Internet, namun Internet Banking dan Mobile Banking ini berbeda. Internet Banking dilakukan secara langsung menggunakan situs BRI. Sedangkan Mobile Banking dilakukan menggunakan aplikasi BRImo.

Biaya transfer BRI ke BCA via Internet Banking dan Mobile Banking adalah sama, yaitu Rp6.500,-. Biaya transfer ini juga umumnya berlaku untuk transaksi transfer dari BRI ke bank lain.

4. Transfer Via Aplikasi Flip

Flip merupakan salah satu aplikasi buatan lokal yang digunakan untuk melakukan transaksi transfer dari berbagai bank ke berbagai bank lainnya. BRI ke BCA juga bisa menggunakan aplikasi ini sebagai metode transfer dananya.

Flip mengedepankan fitur bebas biaya administrasi untuk proses transfer antar bank. Namun tetap ada ketentuan limit dana transfer untuk memperoleh fasilitas gratis administrasi. Untuk biaya transfer dari BRI ke BCA di bawah Rp5.000.000,- per harinya adalah gratis.

Sedangkan transaksi transfer dengan Flip yang nominalnya lebih dari Rp5.000.000,- per harinya, maka akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp2.500 dan akan langsung dipotong dari saldo BRI Anda.

Meskipun ada ketentuan biaya administrasi dari Flip untuk nominal di atas Rp5.000.000,- namun biaya ini termasuk murah atau terjangkau. Jadi jika Anda ingin transfer dari bank BRI ke bank BCA tanpa harus mengurangi saldo banyak untuk administrasi, bisa gunakan aplikasi Flip.

5. Metode Transfer dengan ATM

Seperti yang kita tahu, ada banyak sekali mesin ATM di sekitar. Baik itu ATM khusus BRI, ATM bersama, ATM Link, Permata, dan lain-lain.

Pada dasarnya biaya transfer BRI ke BCA via ATM adalah sama, yakni Rp6.500,- tiap transaksi. Biaya administrasi ini sudah umum digunakan antar bank.

Baca Juga:  Kode Swift BRI: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja 2024

Namun biasanya transaksi transfer melalui ATM ini harus menyisakan saldo ditahan di luar potongan biaya administrasi. Jadi sebelum transfer pastikan dulu saldo untuk bayar administrasi dan saldo tertahannya cukup sesuai ketentuan.

Selain biayanya, perlu diketahui bahwa transfer dari BRI ke BCA ini punya limit dana. Jadi ada batasan dana berapa yang bisa ditransfer ke BCA. Adapun limit ini biasanya ditentukan berdasarkan jenis kartu ATM BRI yang digunakan.

6. Via SMS Banking

Sesuai dengan nama metodenya, transfer BRI ke BCA ini bisa dilakukan melalui fitur SMS yang pasti ada di setiap HP. Karena metode ini dilakukan via SMS, maka sudah pasti Anda harus menyiapkan pulsa untuk transaksi.

Selain mengurangi saldo pulsa, transfer via SMS ini juga tentunya akan mengurangi saldo rekening sebagai biaya administrasi transfer. Adapun biaya transfer BRI ke BCA via SMS Banking ini adalah Rp6.500,-, sama dengan Internet dan Mobile Banking.

Dulunya, transfer dari rekening BRI ke sesama BRI akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp1.000,-. Namun kini Bank BRI membebaskan biaya transfer ke sesama BRI. Sedangkan transfer antar bank seperti ke bank BCA hingga kini masih dikenakan biaya administrasi.

Informasi biaya transfer BRI ke BCA Berdasarkan metode transfernya tersebut bisa Anda jadikan acuan sebelum melakukan transfer. Pastikan saldo cukup untuk nominal transfer itu sendiri, biaya administrasi, dan saldo yang harus ditahan dalam rekening.

Baca Juga:

error: