21 Cara Mengatasi Lupa PIN ATM Mandiri

Permasalahan seperti lupa pin ATM Mandiri memang dianggap sebagai suatu hal yang lumrah. Oleh karena itu setiap bank pastinya bisa memberikan solusi kepada setiap nasabah yang mengalami hal tersebut.

Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu menghubungi call center Bank Mandiri secara langsung. Tanpa menunggu waktu yang lama maka nasabah bisa mengembalikan kartu ATM Mandiri yang sudah terblokir akibat salah memasukkan PIN sebanyak tiga kali.

Syarat Mengatasi Lupa Pin ATM Mandiri

Saat mengurus pin ATM Mandiri yang terblokir ke Bank secara langsung, maka nasabah diharapkan untuk membawa beberapa persyaratan yang diminta oleh pihak bank. Persyaratan yang dimaksud yaitu berupa buku tabungan mandiri, kartu ATM yang pin-nya lupa, KTP sesuai kepemilikan rekening.

Selain itu juga perlu mempersiapkan uang sebesar Rp5.000 untuk pembayaran biaya administrasi pembuatan kartu ATM.

Cara Mengatasi Lupa Pin Mandiri

Proses pengurusan lupa pin ATM dapat dilakukan melalui kantor cabang Mandiri yang paling dekat. Namun pastikan terlebih dahulu bahwa persyaratan yang ada di atas sudah dibawa. Persyaratan tersebut akan dibutuhkan. Berikut ini cara untuk mengatasi lupa pin, di antaranya:

1. Melalui Kantor Cabang Mandiri

  • Pada langkah pertama nasabah dapat langsung mengunjungi kantor cabang Mandiri yang terdekat.
  • Langkah kedua sampaikan kepada pihak customer service bahwa ingin mengurus ATM Mandiri yang lupa pin.
  • Nantinya nasabah diminta untuk melakukan pengisian formulir permintaan nasabah.
  • Jika sudah, nasabah bisa menunjukkan kartu ATM maupun kartu identitas diri yang sudah terdaftar.
  • Setelah itu permintaan penggantian PIN ATM akan segera diproses dan nasabah diminta untuk memasukkan nomor pin yang baru.
  • Apabila sudah mengikuti beberapa langkah yang ada di atas, maka untuk langkah terakhir yang perlu dilakukan yaitu tinggal membayar biaya penggantian PIN ATM Mandiri saja.
  • Jika tidak membawa uang tunai, maka biaya bisa dipotong secara otomatis melalui saldo ATM Mandiri.
Baca juga:  5 Cara Bayar Kartu Kredit Bank Mega Terbaru

2. Melalui Mesin ATM Mandiri

Penggantian PIN bisa secara langsung dilakukan melalui mesin ATM. Untuk itu bagi nasabah Mandiri tidak perlu datang ke bank ketika ingin mengganti PIN ATM. Namun untuk cara ini bisa dilakukan dengan mudah dan praktis seperti yang akan dijelaskan pada ulasan berikut:

  • Pengguna dapat memasukkan kartu ATM Mandiri ke mesin secara langsung.
  • Kemudian pilihlah bahasa sesuai yang ingin digunakan.
  • Jika sudah silakan memasukkan 6 digit PIN debit yang saat ini digunakan.
  • Lalu tinggal klik
  • Selanjutnya pilih transaksi apapun yang ada di layar ATM.
  • Setelah itu di layar tersebut akan muncul keterangan bahwa transaksi
  • Nasabah diminta untuk melakukan penggantian PIN.
  • Setelah itu pilih
  • Nasabah diminta untuk memasukkan tanggal Jika sekiranya sudah benar, maka tinggal klik tombol benar.
  • Silahkan masukkan PIN lama dan pilih enter.
  • Kemudian masukkan 6 digit angka PIN baru. Untuk PIN tersebut harus menggunakan kombinasi 6 digit angka baru dan tentunya PIN tersebut tidak boleh sama dengan Pin lama yang terakhir kali digunakan oleh nasabah.
  • Masukkan lagi 6 digit angka PIN baru untuk yang kedua kalinya.
  • Proses selesai.
  • Penggantian pin sudah berhasil dilakukan, otomatis akan keluar struk penggantian ATM.

Cara Paling Mudah Mengatasi Lupa Pin ATM Mandiri

Tidak ada pihak yang bisa disalahkan apabila lupa pin ATM Mandiri. Selama permasalahan dapat diatasi dengan mudah maka nasabah diharapkan tidak perlu panik dan khawatir ketika harus lupa dengan PIN ATM Mandiri nya.

Baca juga:  4 Tabel Pinjaman Bank Jatim Jaminan Sertifikat Rumah

Terlebih lagi Bank Mandiri sudah memberikan pelayanan bagi nasabah yang lupa dengan pin atm-nya. Untuk itu sebaiknya nasabah mengetahui beberapa cara berikut ini agar bisa terhindar dari lupa pin ATM:

1. Mencatat Pin

Saran pertama sebaiknya mencatat PIN ATM tersebut di tempat yang aman. Misalnya di bagian ponsel yang terkunci atau di note ponsel. Bisa juga menuliskannya di buku tabungan.

Namun pastikan bahwa buku tabungan tersebut tidak dipegang oleh orang lain. Artinya bahwa nasabahlah yang membawa buku tabungan itu sendiri demi menjaga keamanan.

2. Hindari Memasukkan Pin yang Salah

Ketika nasabah benar-benar lupa dengan PIN ATM yang dimilikinya, maka sangat disarankan agar tidak memasukkan berulang kali apabila PIN yang dimasukkan tersebut sudah 3 kali salah. Otomatis Bank Mandiri akan memblokir kartu tersebut.

Pemblokiran kartu atm dilakukan demi menjaga keamanan dari pengguna kartu. Jika sudah terlanjur kartu terblokir, maka solusi yang bisa dilakukan yaitu dengan menghubungi call center Mandiri atau bisa datang secara langsung ke kantor cabang Mandiri terdekat.

3. Mengganti Pin

Penggantian PIN bisa dilakukan secara berkala dengan tujuan agar keamanan tetap terjaga. Sebaiknya gunakan PIN yang paling mudah diingat agar tidak mengalami lupa pin. Pada dasarnya nasabah yang lupa pin atm-nya dikarenakan penggunaan angka yang terlalu rumit dan sulit diingat.

FAQ:

1. Apa yang perlu dilakukan pada saat lupa pin atm mandiri?

Langkah utama, nasabah bisa langsung menghubungi call center maupun cabang terdekat agar bisa dilakukan pengecekan. Apakah kartu ATM Mandiri sudah terblokir akibat lupa pin atau tidak.

Baca juga:  3 Cara Setor Tunai BCA di Indomaret Terdekat

2. Berapa Kali Kesalahan Pin Sampai Kartu Terblokir?

Kartu debit Mandiri secara otomatis akan terblokir apabila pengguna sudah memasukkan 3 kali input PIN yang salah.

3. Bagaimana Cara Untuk Membuka Blokir Kartu Debit? Sedangkan Nasabah Masih Mengingat 6 Digit Pin Mandiri?

Langkah pertama nasabah bisa langsung datang ke kantor cabang Mandiri yang terdekat. Langkah kedua nasabah bisa segera melakukan permintaan pembukaan pemblokiran kartu debit Mandiri. Langkah ketiga melakukan pengisian form permintaan maupun keluhan nasabah dan langkah keempat silakan menunjukkan kartu identitas asli seperti KTP yang masih berlaku.

4. Bagaimana Jika Nasabah Lupa Pin Mandiri Debitnya?

Jika lupa pin ATM Mandiri, maka nasabah dapat langsung ke kantor cabang Bank Mandiri. Kemudian meminta penggantian maupun reissue PIN kartu debit Mandiri. Setelah itu melakukan pengisian form permintaan nasabah dan jangan lupa untuk memberikan kartu identitas diri kepada customer service.

5. Setelah Dibuka Blokir, Kapan Kartu Debit Dapat Digunakan Kembali?

Setelah selesai pembukaan blokir yang dilakukan melalui Bank Mandiri cabang, maka kartu debit Mandiri sudah langsung bisa digunakan saat itu juga.

6. Berapa Biaya Penggantian Pin Kartu Debit Mandiri?

Untuk biaya penggantian kartu ATM akan dikenakan biaya sebesar Rp5.000.

Pencegahan agar tidak lupa pin ATM Mandiri bisa dilakukan dengan berbagai cara. Termasuk mencatatnya di tempat yang aman. Berdasarkan dari beberapa informasi yang di atas, diharapkan bahwa nasabah tidak perlu panik saat kartu ATM terblokir atau lupa pin.

Baca Juga:

error: