Simulasi KTA CIMB Niaga: Tabel KTA, Jenis, Syarat

Kebutuhan setiap orang dalam hal apapun akan terus meningkat setiap tahunnya. Terutama untuk kebutuhan seluruh anggota keluarga yang harus terpenuhi. Itulah sebabnya diperlukan pinjaman ke bank seperti pada simulasi KTA CIMB niaga.

Bagi Anda yang ingin mengajukan KTA ke CIMB Niaga sebaiknya ketahui hitungan simulasinya terlebih dahulu. Supaya Anda memiliki gambaran tentang pembayaran, suku bunga, jumlah cicilan, persyaratan pengajuan, dan sebagainya.

KTA atau yang disebut dengan Kredit Tanpa Agunan merupakan jenis pinjaman tanpa jaminan, untuk kebutuhan yang mendesak. Berikut ini pembahasan tentang KTA di CIMB Niaga, dan simulasi perhitungannya.

Jenis KTA dan Syarat Pengajuan Mudah

Ada dua jenis pinjaman KTA yang tersedia dan bisa dipilih oleh nasabah, yaitu KTA Payroll dan Reguler. Kegunaan dari dua jenis KTA ini tidak sama tapi dari segi karakter kurang lebih sama. Persamaannya yaitu tidak perlu memberikan jaminan atau agunan apapun.

Berikut ini penjelasan mengenai jenis KTA:

1. KTA Reguler

Merupakan jenis pinjaman tanpa jaminan apapun yang diberikan pihak bank bagi masyarakat yang membutuhkan dana secara cepat. Dalam hal ini Anda tidak usah menjadi nasabah di bank terkait terlebih dulu, untuk mengakses pinjaman KTA tersebut.

2. KTA Payroll

KTA Payroll ditujukan untuk para karyawan yang memiliki gaji tetap setiap bulannya, dan bekerja di bank terkait. Proses dalam pengajuan KTA Payroll ini lebih cepat dan dengan nominal pinjaman yang bisa lebih besar.

Bank juga akan memastikan si penerima pinjaman memang mampu dalam mengembalikan pinjaman tersebut, dengan menerima pinjaman payroll tempat ia bekerja.

Baca juga:  Praktis! 6 Cara Cek Angsuran BCA Finance 2022

Anda bisa memilih jenis KTA mana yang paling sesuai dengan kategori Anda saat ini, kemudian hitung simulasi KTA CIMB Niaga jika mengajukan pinjamannya ke Bank CIMB Niaga.

KTA tidak memiliki syarat pengajuan apapun sehingga akan sangat mudah bagi Anda yang mengajukan pinjaman, dan belum memiliki aset besar yang biasa dijadikan jaminan. Secara umum, patokan syarat untuk mencairkan pinjaman KTA bisa dilakukan dengan langkah berikut:

  • KTP
  • Slip gaji terakhir (untuk karyawan)
  • SKU (untuk wiraswasta)
  • Izin praktik (untuk pekerja profesional)
  • Rekening bank
  • NPWP

Persyaratan umum lainnya yaitu harus mempunyai kartu kredit, dengan riwayat pembayaran yang bagus. Tujuan dari kepemilikan kartu kredit ini adalah supaya bank bisa melihat kemampuan si peminjam ketika mengajukan pinjaman KTA itu sendiri.

Apabila pembayaran kartu kreditnya lancar dan tagihannya sudah terbayar hingga lunas, pencairannya bisa lebih tinggi. Dana yang dicairkan dalam jumlah besar ini menjadi pertimbangan dalam tanggung jawab dan disiplin dari pemakaian kartu kredit.

Maka seseorang yang memiliki kartu kredit dengan riwayat pembayaran yang bagus berpeluang besar dalam mendapat pinjaman KTA.

Review KTA Bank CIMB Niaga

Ada sejumlah keunggulan yang dimiliki oleh KTA, misalnya bunga yang lebih rendah, tak ada jaminan, tenor masa pinjaman lebih panjang, hingga plafonnya yang lebih tinggi. Salah satu produk KTA yang bisa Anda pilih di CIMB Niaga adalah KTA Xtra Dana Niaga.

Jadi, sebelum mulai melihat perhitungan simulasi KTA CIMB Niaga, Anda bisa mengenali jenis produknya terlebih dahulu. KTA CIMB ini memberi solusi pinjaman untuk segala macam kebutuhan seperti misalnya pendidikan anak, renovasi rumah, pengobatan, dan lain sebagainya.

Jumlah pinjaman yang ditawarkan mulai dari Rp.5 juta hingga Rp.300 juta, dengan tenor pinjaman yang juga beragam mulai dari 12, 24, 36, 48, sampai 60 bulan lamanya. Berikut pembahasan lengkapnya:

Baca juga:  15 Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit BRI Terbaru

1. Kriteria dan Persyaratan

Calon nasabah yang mengajukan pinjaman ke CIMB Niaga harus WNI, dengan usia 21 sampai 55 tahun. Ketika pinjaman selesai maka usia nasabah harus sesuai dengan yang sudah ditetapkan. Persyaratan lainnya adalah sebagai berikut:

  • Gaji minimal Rp.3 juta untuk pekerja di wilayah Jabodetabek, dan Rp.2 juta untuk pekerja di luar wilayah Jabodetabek.
  • Ada beberapa pilihan nomor telepon yaitu nomor telepon pribadi atau HP dan nomor telepon kantor.
  • Mempunyai kontak darurat yaitu keluarga yang tidak satu rumah.
  • Status rumah, apakah milik sendiri, milik keluarga, atau orang tua.
  • Lulus proses verifikasi dan pengecekan OJK.
  • Menandatangani aplikasi untuk permohonan pinjaman serta melengkapi dokumen yang dibutuhkan.

2. Dokumen Kartu Kredit

Biasanya bank akan menggunakan kartu kredit dalam mengecek catatan kredit yang dimiliki. Apakah pembayaran tagihan kredit Anda bagus, pernah menunggak, atau berapa lama penunggakannya, dan sebagainya.

Catatan kredit dari kartu kredit ini menjadi pertimbangan utama setiap bank, dalam mengevaluasi pengajuan kredit itu sendiri. Limit kartu kredit tersebut akan menjadi dasar penentuan plafon pinjaman KTA.

Jumlah plafon pinjaman biasanya beberapa kali jumlah limit dari kartu kredit.

3. Limit Plafon KTA

Bank juga memiliki ketentuan sendiri dalam penetapan limit plafon pinjaman dengan beberapa faktor berikut:

  • Lima kali dari pendapatan kotor (maksimal).
  • Jumlah angsuran yang bisa mencapai 50% dari penghasilan.

Kedua faktor dari kriteria tersebut harus sama-sama terpenuhi dalam memperoleh limit pinjaman yang diinginkan. Dari kriteria itulah dapat dilihat, bahwa penghasilan tinggi belum tentu bisa memperoleh limit KTA yang juga tinggi.

Apalagi jika Anda sudah memiliki pinjaman di tempat yang lainnya, maka ketentuan angsuran maksimal 50% dari penghasilan akan terlewati. Tapi jika Anda tidak memiliki pinjaman di tempat lain, tidak menjamin juga akan memperoleh plafon KTA yang besar.

Apalagi saat jumlah penghasilan Anda sehari-hari relatif kecil.

Baca juga:  3 Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit Mandiri

4. Cara Pembayaran

Nasabah bisa membayar kredit dengan menggunakan sejumlah pilihan, misalnya melalui transfer antar bank, transfer dari ATM CIMB Niaga, ATM bersama, ebanking, atau auto debit dari saldo rekening CIMB Niaga.

5. Biaya yang Harus Dikeluarkan

Tak hanya suku bunga saja tapi produk KTA CIMB juga memiliki sejumlah biaya yang harus dibayar, yaitu:

  • Biaya Administrasi dan Asuransi sebanyak 4% dari jumlah pinjaman yang telah disetujui.
  • Biaya pelunasan yang dibayar lebih cepat sebanyak 7% dari sisa jumlah pinjaman.
  • Biaya keterlambatan pembayaran sebanyak 3,5% dari sisa angsuran yang menunggak.

6. Simulasi KTA CIMB Niaga

Simulasi perhitungan KTA Bank CIMB misalnya menggunakan suku bunga 1,79% setiap bulan dan yang paling tinggi. Jumlah plafon pinjamannya yaitu Rp.10 juta maka jumlah cicilan setiap bulan sesuai tenornya yaitu:

  • 12 bulan: Rp.1.012.333,-
  • 24 bulan: Rp.595.667,-
  • 36 bulan: Rp.456.778,-

7. Proteksi Asuransi Jiwa

KTA Niaga mewajibkan nasabahnya untuk perlindungan asuransi jiwa. Maka setiap nasabah yang meninggal dunia, pihak dari asuransi akan mengcover sisa pinjaman yang belum terbayar.

Premi asuransinya pun dibayar oleh nasabah yaitu sebanyak 4% dari jumlah total pinjaman yang disetujui. Contohnya, jika jumlah pinjamannya Rp.10 juta maka pembayaran asuransinya Rp.400 ribu.

Simpan sertifikat asuransi jiwa Anda sehingga pada saat terjadi musibah, sertifikat ini bisa diberikan pada bank proteksi asuransi jiwa.

Dari simulasi KTA CIMB Niaga maka bisa disimpulkan bahwa jumlah tagihan setiap bulan bergantung pada jumlah pinjaman, dan juga dari tenor pinjaman yang dipilih oleh nasabah tersebut.

8. Tabel KTA CIMB Niaga Terbaru

Tabel KTA CIMB Niaga Terbaru

Baca Juga:

error:
close