3 Cara Cek Bukti Transfer BNI via Mobile, Email dan Teller


Beben.id – Ada banyak perbankan terbaik milik negara. Salah satunya BNI. BNI memberikan beragam kemudahan bagi para pengguna atau nasabahnya, termasuk untuk melihat bukti transfer BNI mobile. Dengan mengecek bukti transfer tersebut, nasabah akan bisa melihat riwayat transaksi untuk berbagai kebutuhan.

Cara melihat bukti transfer BNI itu sendiri sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Artikel ini akan memberikanmu penjelasan terkait berbagai cara tersebut sehingga nasabah BNI bisa mempunyai banyak opsi untuk melakukan cetak atau pengecekan bukti transfer tersebut.

Tentu ini sangat membantu, terutama bagi para nasabah BNI yang masih baru. Tenang saja, semuanya kami sajikan dengan penjelasan dan cara yang mudah sehingga sangat mudah dipahami dan diaplikasikan. Jadi, simak saja artikel ini hingga akhir untuk mendapatkan langkah-langkah termudahnya.

Berbagai Cara Mengecek Bukti Transfer BNI

Sebenarnya, apa pentingnya melakukan pengecekan bukti transfer tersebut? Salah satu tujuan utamanya adalah untuk menghindarkan diri dari resiko penipuan. Ini sangat penting, terutama untuk kamu yang berjualan online dan melakukan transaksi jual beli dengan rekening BNI.

Nah, salah satu cara termudahnya adalah dengan menggunakan mobile banking BNI. Tentu para nasabah BNI menggunakan mobile banking tersebut untuk memudahkan transaksi tanpa harus ribet datang ke teller ataupun ATM. Nah, selain itu tentu ada cara lainnya yang bisa digunakan.

Semua cara itu kami jelaskan di bawah ini. Jadi, pilih saja mana cara terbaik yang paling membantumu, apakah melalui online atau offline. Nah, simak penjelasan di bawah ini hingga akhir untuk menentukan mana cara terbaik menurutmu.

1. Cara Cek Bukti Transfer via BNI Mobile Banking

Nah, cara pertama yang akan kita bahas untuk mendapatkan bukti transfer BNI tersebut adalah dengan menggunakan mobile banking BNI. Ya, ini merupakan cara umum yang sering dilakukan oleh para nasabah BNI untuk mengecek bukti transfer itu. Ini juga merupakan cara termudah yang bisa diterapkan.

Baca Juga:  4 Cara Cek Bukti Transfer BRI Asli atau Palsu 2024

Berbagai langkah berikut ini bisa dilihat di laman resmi BNI. Jadi, tenang saja. Semua cara berikut aman untuk dilakukan dan sangat mudah. Oleh karena itu, coba saja terapkan.

  • Pertama, bukalah aplikasi BNI mobile banking di ponselmu. Jika belum ada, kamu bisa mengunduhnya terlebih dahulu. Itu tersedia untuk pengguna Android dan iOS. Kemudian, daftarkan akun BNI mobile banking tersebut.
  • Selanjutnya, masuk ke laman BNI mobile banking dengan memasukkan user ID dan juga m-pin BNI.
  • Jika sudah berhasil masuk ke laman tersebut, silakan pilih Pengaturan yang ada di bagian bawah dari aplikasi itu.
  • Kemudian, klik menu Bukti Transaksi yang ada di menu tersebut untuk melihat riwayat transfer yang sudah dilakukan.
  • Di sana, ada berbagai jenis transaksi yang bisa dipilih. Mulai dari blokir saldo, semua transaksi, pembelian, transfer, BNI debit online, dan pembayaran, semuanya ada di sana. Pilih saja yang diinginkan. Karena ini terkait dengan transfer, maka pilihlah Transfer.
  • Selanjutnya, klik pada menu Periode atau Jangka Waktu. Itu bertujuan untuk memilih jangka waktu transfer dalam waktu 31 hari terakhir. Pada periodenya sendiri ada pilihan 1 bulan terakhir, 1 minggu terakhir, hingga 1 hari terakhir.
  • Kemudian, klik opsi Lanjut dan Daftar Transaksi akan ditampilkan. Kamu bisa melihat rincian dari daftar transaksi tersebut dengan melakukan klik pada salah satu transaksi itu.
  • Setelah itu. proses pengecekan bukti transfer tersebut sudah selesai.
  • Jika ingin mengunduh bukti tersebut bisa dilakukan dengan menekan pilihan Download atau Share. Bisa juga dengan melakukan screenshot pada bukti transfer tersebut.

Nah, sangat mudah, bukan? Jika memang cara di atas masih terlalu sulit atau rumit untuk dilakukan, kami masih mempunyai cara lainnya yang bisa dicoba. Seperti apa cara tersebut?

Baca Juga:  2 Cara Hapus Mutasi Rekening BCA Secara Online 2024

2. Cara Cek Bukti Transfer via Email

Jika cara di atas memang masih masih belum dipahami sepenuhnya, maka ada cara yang mudah untuk dilakukan yaitu dengan mengecek bukti transfer tersebut melalui email yang terdaftar pada mobile banking BNI. Ini berlaku hanya jika kamu menautkan notifikasi BNI mobile banking tersebut pada email aktifmu.

  • Bukalah email yang kamu tautkan ke BNI mobile banking tersebut.
  • Selanjutnya, klik pada kolom pencarian yang ada di bagian atas dari email itu.
  • Setelah itu, cari kata kunci di kolom tersebut berupa “transaksi BNI mobile.” Lalu, tekan enter.
  • Nantinya, akan muncul beberapa transaksi yang sudah dilakukan. Pilih saja salah satu yang paling diinginkan. Jadi, itu memang harus dibuka secara satu per satu.
  • Ketika sudah menemukannya, kamu bisa melakukan screenshot pada bukti transfer tersebut dan selesai.

Jika masih menginginkan cara lainnya yang lebih mudah maka kami masih mempunyai cara lainnya. Ini merupakan salah satu alternatif yang bisa dilakukan jika kamu tidak mempunyai aplikasi BNI mobile banking ataupun email di ponsel atau perangkat lainnya yang kamu miliki.

3. Cara Cek Bukti Transfer via Teller BNI

Cara yang satu ini mungkin terlihat cukup merepotkan, tetapi ini cara termudah yang bisa dilakukan jika memang dua cara di atas cukup sulit untuk dilakukan. Ya, nasabah BNI hanya perlu datang ke teller di kantor cabang BNI terdekat dan meminta bukti mutasi rekening untuk melihat bukti transfer BNI tersebut.

Keuntungan menggunakan cara ini adalah nasabah BNI bisa mendapatkan bukti cetak dari mutasi rekening BNI tersebut di dalam buku rekening tabungan BNI. Hal itu juga sekaligus bisa dilakukan untuk mengecek saldo rekening BNI-mu.

Namun, untuk melakukannya diperlukan beberapa hal seperti buku tabungan BNI dan KTP. Kemudian, ikuti beberapa langkah mudah berikut ini.

  • Datang ke kantor cabang BNI terdekat dan katakan kebutuhanmu kepada satpam BNI. Nanti, kamu akan diarahkan untuk mengambil nomor antrian untuk menemui teller BNI.
  • Kemudian, teller BNI akan membantumu untuk mengecek mutasi rekeningmu. Tunggu beberapa saat hingga teller memberikan bukti mutasi rekening tersebut. Bukti tersebut akan langsung dicetak di buku tabungan.
Baca Juga:  CVV Kartu Debit BCA, Manfaat, Perbedaan, Fungsi 2024

Ya, hanya seperti itu saja dan bukti transfer tersebut sudah bisa diperoleh. Jadi, kamu tak perlu melakukan pencetakan sendiri. Namun perlu diketahui bahwa bukti transaksi atau transfer yang dilakukan tersebut hanya bisa dilakukan untuk periode tiga bulan.

Maksudnya adalah mutasi atau transfer yang bisa dilihat hanya untuk periode tiga bulan, bukan beberapa bulan sebelumnya.

Oleh karena itu, kami sarankan untuk melakukan pengecekan mutasi atau transfer secara rutin jika memang ingin mendapatkan bukti transfer atau mutasi rekening BNI yang detail setiap bulannya.

Meskipun begitu, cara cek bukti transfer melalui teller tersebut jauh lebih memberikan informasi yang detail dibandingkan dengan cara lainnya. Tentu saja itu karena sistem di perbankan milik BNI bisa memberikan informasi mutasi rekening dan transfer yang lebih komplit.

Nah, kira-kira mana cara cek bukti transfer BNI yang akan kamu gunakan untuk memudahkanmu dalam mengecek bukti transfer di rekening BNI-mu? Pilih yang paling mudah menurutmu. Dengan melihat bukti transfer, kamu bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan.

Baca Juga:

error: