3 Cara Cek Bukti Transfer Bank Mega! Nasabah Wajib Tahu


Beben.id – Melakukan transfer dana atau interaksi perbankan lainnya di Bank Mega, pastinya akan didapatkan bukti transfer Bank Mega sebagai bukti sukses atau tidaknya transaksi tersebut. Ada yang bentuknya berupa kertas berisi informasi, ada juga versi online yang juga dapat dicetak bila dibutuhkan.

Jika kamu baru punya rekening Bank Mega, wajib tahu juga bagaimana cara untuk mendapatkan bukti transfer tersebut. Sangat mudah, bisa disimpan secara fisik atau disimpan di dalam perangkat HP maupun komputer. Berikut ini informasi lengkapnya.

Bagaimana Cara Melihat Bukti Transfer Bank Mega?

Mau melihat bukti transfer Bank Mega? Kamu bisa melakukannya dengan tiga cara, pertama melalui ATM atau Mega Internet. Berikut ini cara-caranya.

1. Melalui ATM

Untuk melihat melalui ATM, caranya adalah:

  • Masukkan kartu ATM Bank Mega ke dalam mesin ATM Bank Mega terdekat
  • Masukkan PIN ATM yang sudah kamu buat sebelumnya
  • Pilih menu Rekening dan klik pada tombol mutasi rekening
  • Tekan tombol “ok” untuk melihat daftar transfer yang sudah dilakukan
  • Jika ingin mencetak langsung melalui struk, tinggal pilih menu “cetak bukti transfer

2. Mega Internet

Jika kamu lebih nyaman untuk melihat bukti transfer melalui situs resmi Bank Mega, bisa melakukannya dengan memilih versi Mega Internet. Caranya adalah:

  • Buka browser pada perangkat kamu, bisa melalui HP maupun komputer
  • Ketik alamat situs resmi Bank Mega di bankmega.com
  • Pada halaman utama yang muncul, arahkan kursor ke fitur login area
  • Pilih jenis loginMega Internet
  • Ketik USER ID kamu dan masukkan kata kunci yang sudah dimiliki untuk login di situs tersebut
  • Klik pada fitur informasi rekening dan pilih cek saldo
  • Akan muncul informasi saldo dan daftar riwayat transaksi transfer yang sudah dilakukan
Baca Juga:  2 Cara Mengatasi Lupa PIN ATM CIMB Niaga 2024

Fungsi Penting Bukti Transfer Bank Mega

Bagi sebagian orang mungkin bukti transfer tidak dibutuhkan, selama transaksi yang dilakukan berhasil. Namun bagi yang lain, bukti tersebut sangat penting karena memiliki berbagai fungsi. Di antaranya adalah:

1. Dokumen Riwayat Transaksi

Bagi kamu yang ingin memiliki alur cash flow jelas setiap bulan, bukti transfer akan menjadi salah satu dokumen penting. Jadi setiap melakukan transaksi, bukti tersebut disimpan untuk dijadikan dokumen mengetahui apa saja riwayat transaksi yang sudah dilakukan dalam satu bulan.

Jadi, tidak perlu pusing lagi ketika ada dana yang berkurang di rekening namun kamu lupa digunakan untuk apa. Tinggal cek bukti transfer agar bisa mendapatkan informasi tersebut.

2. Bukti Ketika Ada Masalah Transaksi

Jika pada rekening kamu terdapat transaksi yang tidak biasa, bisa juga dicek dengan bukti transfer yang dimiliki. Misalnya lagi, ketika ternyata kamu kesulitan melihat daftar transaksi yang dilakukan pada sebuah rekening Bank Mega.

Hal itu dapat di cross check melalui bukti transfer, tinggal cetak bukti transfer untuk kategori riwayat transaksi transfer. Jadi dapat terlihat jelas, transaksi mana yang bermasalah dan harus dicarikan solusinya oleh pihak bank tempat kamu menabung

3. Bukti Transaksi dengan Pihak Ketiga

Ketika melakukan transfer kepada pihak ketiga untuk berbagai kebutuhan, misalnya membayar uang sekolah anak atau membayar tagihan. Ternyata pihak penerima merasa tidak menerima dana tersebut, maka kamu tinggal buktikan melalui dokumen bukti transfer yang dimiliki.

4. Dokumen Pendukung Pembuatan Laporan Keuangan

Membuat sebuah laporan keuangan di perusahaan yang rekening utamanya menggunakan Bank Mega, sangat dibutuhkan dokumen pendukung semua transaksi. Termasuk saat melakukan transfer dana, alhasil bukti transfer Bank Mega dari setiap transaksi akan dibutuhkan.

Baca Juga:  6 Cara Mengambil Uang dengan Buku Tabungan BRI

Terutama untuk mendata transaksi agar menjadi lebih akurat, nantinya dalam laporan keuangan semua data pengeluaran dan pendapatan bisa lebih detail tidak salah.

Syarat untuk Mendapatkan Bukti Transfer

Mau mendapatkan bukti transfer dari Bank Mega, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi. Sebenarnya sama saja dengan syarat pada bank lain, berikut ini penjelasannya.

1. Punya Rekening Bank Mega

Kamu harus memiliki rekening Bank Mega jika ingin mendapatkan bukti transfer tersebut. Bisa untuk jenis rekening tabungan biasa atau rekening untuk produk perbankan dari Bank Mega lainnya.

Biasanya, setiap rekening akan dilengkapi dengan fasilitas ATM dan bisa terkoneksi melalui internet banking atau mobile banking yang bisa menjadi media untuk melakukan transfer.

2. Melakukan Transaksi Melalui Cara yang Disediakan Bank Mega

Lakukan transaksi yang disediakan oleh Bank Mega, tentunya yang berhubungan dengan transfer dari rekening Bank Mega ke rekening lain di bank yang sama atau ke bank lain.

Nantinya usai transaksi dilakukan, kamu secara otomatis akan mendapatkan bukti transfer. Bisa secara fisik berupa print out atau secara digital berbentuk halaman khusus berisikan informasi seputar transaksi yang baru dilakukan tersebut.

3. Terkoneksi dengan Platform Bank Mega

Kamu perlu menggunakan salah satu platform dari Bank Mega untuk melakukan transaksi, sehingga nantinya bukti transfer Bank Mega yang akan didapatkan. Baik itu mesin ATM Bank Mega, aplikasi Mobile i-Smile atau situs resmi dari bank tersebut.

Jadi nantinya bukti transfer yang didapat merupakan original dari sistem Bank Mega itu sendiri. Akan beda ketika kamu melakukan transfer menggunakan ATM bersama, tidak ada logo Bank mega di dalam bukti tersebut.

Transaksi yang Diberikan Bukti Transfer

Bank Mega memiliki berbagai produk yang disediakan untuk para nasabah, dimana mereka bisa melakukan berbagai kegiatan keuangan dengan mudah. Salah satunya adalah melakukan berbagai jenis transfer dana ke sesama pemilik rekening Bank Mega atau ke rekening beda bank.

Berikut ini, beberapa transaksi dari berbagai produk perbankan yang bisa dicek keabsahannya melalui bukti transfer.

Baca Juga:  3 Cara Cetak Bukti Transfer Bank Jateng Terbaru 2024

1. Transfer Dana Antar Rekening Bank Mega untuk Berbagai Kebutuhan

Kamu akan mendapatkan bukti transfer, jika mengirim atau menerima dana dari rekening Bank Mega lain. Detail informasinya juga sangat lengkap, sehingga bisa dijadikan dokumen pendukung berbagai aktivitas keuangan

2. Transfer Dana Antar Rekening Beda Bank

Jika mendapatkan transferan dari rekening bank lain, begitu juga kalau mengirim uang ke rekening bank lain juga akan mendapatkan bukti transfer.

3. Pengisian Pulsa HP, Listrik, Dan E-Wallet

Melakukan transfer ke virtual account atau nomor tertentu untuk kebutuhan pengisian berbagai jenis pulsa.

4. Pengecekan Saldo

Melakukan cek saldo terakhir dari rekening, untuk mengetahui berapa jumlah saldo terakhir saat ini dan transfer terakhir yang dilakukan melalui rekening Bank Mega.

5. Pengecekan Riwayat Transfer yang Dilakukan

Kamu juga akan mendapatkan bukti transfer setelah mengecek riwayat transfer di rekening milikmu. Bisa dicek melalui fitur pada mesin ATM, melalui aplikasi M-Smile, atau situs resmi Bank Mega.

6. Pembayaran Berbagai Jenis Tagihan

Saat melakukan pembayaran untuk berbagai jenis tagihan dengan sistem transfer, kamu juga bisa mendapatkan bukti transfer.

Jika kamu sudah memiliki data bukti transfer Bank Mega, tinggal gunakan sesuai fungsi yang diinginkan. Semua prosesnya hanya membutuhkan waktu dalam hitungan menit, asalkan koneksi internet lancar dan semua syaratnya sudah kamu penuhi.

Baca Juga:

error: