4 Cara Cek Angsuran BAF! Praktis 3 Menit Selesai

BAF atau Bussan Auto Finance adalah lembaga keuangan yang bekerja di bidang kredit. Biasanya, masyarakat menggunakan layanan kredit BAF untuk berbagai macam keperluan. Oleh sebab itu, Anda penting untuk tahu cara cek angsuran BAF.

Cek angsuran ini akan memudahkan Anda dalam memantau aktivitas kredit dan pembayaran. Dengan begitu, diharapkan Anda tidak akan terlambat dalam membayar tagihan kredit. Jika mengambil kredit, tentu saja membayar sampai lunas menjadi sebuah kewajiban.

Cara Cek Angsuran BAF

Mungkin masih ada beberapa orang yang belum paha cara untuk melihat angsuran BAF. Ada beberapa cara yang bisa dipilih sesuai dengan kondisi dan keinginan nasabah. Berikut ini beberapa pilihan cara cek angsuran yang bisa digunakan:

1. Cek Angsuran BAF Lewat Aplikasi BAF Online

Bagi nasabah yang belum tahu, perusahaan BAF juga memiliki aplikasi BAF Mobile. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengakses berbagai macam informasi secara mudah dan praktis. Di aplikasi ini, terdapat fitur untuk cek angsuran, bayar angsuran, cek nomor kontrak, serta promo kredit lainnya.

Anda bisa menemukan aplikasi ini dengan mudah di App Store atau Google Play Store. Selanjutnya, Anda hanya perlu mendownload dan instal, semuanya gratis. Berikut ini cara cek angsuran BAF menggunakan aplikasi BAF Mobile yaitu:

  • Buka aplikasi BAF Mobile yang sudah terpasang di perangkat.
  • Setelah itu, login dengan akun nasabah. Apabila belum memiliki, Anda perlu melakukan registrasi dulu.
  • Di menu beranda, pilih Cek Angsuran.
  • Selanjutnya, masukkan nomor kontrak pada tempat yang tersedia.
  • Setelah yakin nomor kontrak yang dimasukkan sudah sesuai, pilih opsi Cari.
  • Tunggu sampai proses pencarian ini selesai. Selanjutnya, Anda akan melihat informasi mengenai besar angsuran kredit BAF. Lebih baik Anda segera melunasi tagihan tersebut sebelum lewat tanggal jatuh tempo supaya tidak terkena denda.
Baca juga:  Rumah Sakit Ciputra Banjarmasin: Jadwal, Harga, Fasilitas

2. Cek Angsuran BAF Lewat Tokopedia

Perlu Anda ketahui bahwa Tokopedia memiliki beberapa fitur tagihan yang dapat dimanfaatkan untuk mengetahui besar angsuran kredit yang perlu dibayar. Salah satunya adalah untuk melihat angsuran BAF.

Tidak hanya sekedar cek angsuran saja, Anda juga bisa membayarnya langsung lewat Tokopedia. Hal yang perlu dilakukan adalah download dan instal aplikasi Tokopedia di Play Store atau App Store.

Pastikan bahwa smartphone terhubung dengan jaringan internet karena hal ini dilakukan secara online. Berikut langkah-langkah untuk cek angsuran Tokopedia, yaitu:

  • Buka aplikasi Tokopedia yang sudah terpasang di handphone.
  • Setelah itu, buka menu Angsuran yang terdapat di beranda awal.
  • Kemudian, pilih penyedia jasa kredit, yaitu BAF.
  • Anda hanya perlu memasukkan nomor kontrak nasabah BAF yang dimiliki.
  • Tunggu sampai tampilan berubah ke menu selanjutnya. Di menu tersebut, Anda akan melihat mengenai detail informasi angsuran yang perlu dibayar dengan informasi lain, seperti besar denda, tanggal jatuh tempo, dan tenor.

3. Cek Angsuran BAF Lewat Call Center

Salah satu cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengenai angsuran BAF adalah melalui Call Center. Cara ini sebenarnya tidak membutuhkan data internet, namun Anda perlu memiliki pulsa dengan jumlah yang cukup.

Untuk melakukan panggilan atau SMS ke Call Center BAF, Anda perlu tahu nomor kontrak terlebih dahulu. Metode ini terbilang cukup cepat karena pihak BAF Finance akan merespons tanpa perlu menunggu lama.

Berikut adalah narahubung untuk melakukan cara cek angsuran BAF lewat call center, yaitu:

Baca juga:  3 Cara Cek Angsuran OTO Secara Online dan Offline

Tidak hanya kontak tersebut, Anda juga bisa menghubungi BAF melalui sosial media, seperti Instagram, Twitter, dan Facebook. Dengan begitu, Anda bisa mencoba menghubungi call center maupun customer service lewat berbagai media.

4. Cek Angsuran BAF Lewat Aplikasi i.Saku

i.Saku adalah sebuah aplikasi yang bisa dipakai untuk fitur cek angsuran kredit BAF dan cek tagihan lainnya. Aplikasi ini tentu bisa memudahkan Anda dalam melakukan berbagai macam kebutuhan transaksi.

Tidak hanya untuk melakukan cek saja, Anda juga bisa langsung membayar angsuran tersebut jika saldo i.Saku yang dimiliki cukup. Aplikasi i.Saku bisa Anda download di smartphone, Android atau iPhone. Berikut adalah cara cek angsuran BAF melalui aplikasi i.Saku, yaitu:

  • Pastikan Anda memiliki paket data dan aplikasi i.Saku. Buka aplikasi Saku.
  • Login menggunakan akun yang dimiliki. Jika belum memiliki akun, Anda bisa mendaftar akun terlebih dahulu dan melengkapi beberapa data yang ada.
  • Di berada awal, scroll sampai menemukan opsi Lihat Semua.
  • Di kolom pencarian, ketik BAF.
  • Selanjutnya, pilih Kredit Angsuran.
  • Kemudian, masukan nomor kontrak dan pilih opsi Bayar.
  • Informasi tagihan akan mucuk dan Anda bisa mengetahui angsuran serta informasi lainnya.

Denda Keterlambatan BAF

Tidak hanya cek angsuran saja, denda keterlambatan juga perlu menjadi hal yang dipikirkan terutama bagi Anda yang pernah telat membayar tagihan. Besaran denda yang ditetapkan oleh lembaga pembiayaan atau leasing di Indonesia adalah 0,5% dari nominal angsuran per hari.

Denda ini terhitung dari hari pertama telat membayar. Anda tidak perlu terlalu khawatir saat telat membayar karena takut nominal dendanya terlalu besar.

Sama seperti cara cek angsuran BAF, Anda juga bisa mengetahui besar denda keterlambatan dengan mudah, termasuk menggunakan cara online. Langkah-langkah yang diperlukan juga sama seperti cek angsuran tergantung dengan metode yang dipilih.

Setelah mengetahui besar denda keterlambatan, Anda bisa langsung membayar angsuran dengan denda tersebut. Selanjutnya, Anda jangan sampai telat membayar lagi agar tidak dikenakan denda. Pasalnya, telat membayar selama berhari-hari maka denda juga akan semakin besar.

Baca juga:  8 Cara Cek Angsuran Mandiri Utama Finance

Cara Mengajukan Kredit di BAF

Bagi Anda yang ingin mengajukan kredit di BAF, terdapat beberapa syarat yang perlu diperhatikan sebelum mengajukan pinjaman atau pembiayaan. Syaratnya sendiri juga terbilang mudah, yaitu:

  • Usia 21 tahun sampai 60 tahun dan atau sudah berkeluarga.
  • Fotokopi kartu keluarga.
  • Fotokopi akta nikah.
  • Fotokopi PBB 2 tahun terakhir atau rekening listrik selama 6 bulan terakhir.
  • Fotokopi KTP/SIM/Passport pengaju dan pasangan.

Cara mengajukan pinjaman atau pembiayaan BAF juga saat ini bisa dilakukan dengan lebih mudah. Pasalnya, terdapat inovasi baru yang membuat Anda bisa mengajukannya secara online lewat laptop atau smartphone.

Dengan begitu, Anda tidak perlu repot untuk pergi ke kantor BAF. Berikut adalah langkah-langkah pengajuan pembiayaan dengan cara online:

  • Buka website resmi BAF.
  • Klik menu Pengajuan.
  • Isi formulir secara lengkap dan benar.
  • Upload foto KTP.
  • Beri centang pada persetujuan.
  • Pilih Ajukan Sekarang.
  • Setelah itu, pihak dari BAF akan menghubungi maksimal 2×24 jam setelah mengajukan pembiayaan secara online.

Selain cara online, tentu saja Anda juga masih bisa mengajukan pinjaman dengan cara offline. Anda hanya perlu pergi ke kantor cabang BAF atau Bussan Auto Finance terdekat yang ada di kota Anda.

Beberapa cara cek angsuran BAF ini tentunya akan sangat memudahkan para nasabah. Kini cek angsuran terasa lebih mudah dan praktis. Cek angsuran ini pastinya akan membuat Anda lebih hati-hati dan tepat waktu dalam membayar tagihan kredit.

Baca Juga:

error:
close