5 Cara Cek Sisa Angsuran KUR BRI Terbaru 2022

Ketika Anda meminjam dana ke bank, sudah seharusnya Anda mengembalikan dana tersebut. Hal ini juga berlaku bagi nasabah KUR BRI. Oleh karena itu, Anda yang merupakan pengguna layanan KUR perlu mengetahui cara cek sisa angsuran KUR BRI.

Saat ada di awal angsuran, Anda mungkin masih ingat jumlah sisa angsuran yang dimiliki. Namun, biasanya seiring berjalannya waktu seorang peminjam lupa dengan sisa angsuran yang masih perlu dibayarkan. Hal ini membuat Anda perlu mengecek sisa angsuran yang dimiliki.

Cara Cek Sisa Angsuran KUR BRI

Secara umum, cek sisa angsuran dapat dijelaskan sebagai langkah dalam mengetahui besarnya kredit yang masih tersisa dalam pinjaman yang dilakukan. Cek angsuran KUR BRI yaitu proses cek nominal angsuran yang tersisa dalam layananan KUR Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Pihak bank juga sudah menyediakan beberapa cara yang bisa dilakukan oleh nasabah untuk melihat sisa angsuran KUR yang dimiliki. Untuk melakukan cek sisa angsuran KUR BRI ini, nasabah perlu memiliki nomor kontrak KUR atau nomor CIF.

Untuk mengecek sisa angsuran KUR BRI, Anda bisa melakukannya secara online dan offline. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk cek sisa angsuran yang dimiliki:

1. Cek Sisa Angsuran Melalui Call Center BRI

Cara pertama ini menjadi cara cek sisa angsuran paling mudah dan dapat diandalkan oleh para nasabah BRI. Untuk melakukannya, nasabah hanya perlu menelepon atau melakukan panggilan ke call center BRI. Nomor call center yang bisa dihubungi adalah 14017 atau 1500017.

Jika sudah tersambung dengan call center BRI, Anda bisa langsung menyampaikan bahwa ingin melakukan cek sisa angsuran. Selanjutnya, petugas call center akan langsung memberikan informasi mengenai sia angsuran KUR yang dimiliki.

2. Cek Sisa Angsuran Melalui Internet Banking BRI

Untuk Anda yang biasa melakukan transaksi melalui internet banking, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk cek sisa angsuran. Berikut ini langkah-langkah yang diperlukan untuk cek sisa angsuran menggunakan internet banking BRI, yaitu:

  • Buka browser melalui handphone atau laptop. Buka websiter https://ib.bri.co.id/.
  • Selanjutnya, lakukan proses login. Masukan user ID dan password internet banking BRI milik Anda.
  • Setelah itu, pilih tombol yang ada di bagian kiri atas dan pilih menu Rekening.
  • Pilih opsi Rincian Pinjaman.
Baca juga:  BCA Solitaire: Pengertian, Syarat, Keuntungan

3. Cek Sisa Angsuran Melalui Email

Cara cek angsuran ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan menghubungi call center. Untuk melakukan pengecekan angsuran, Anda hanya perlu mengirim email ke [email protected]

Kirim email sesuai dengan format untuk cek angsuran KUR BRI. Setelah itu, Anda bisa menunggu sampai pihak BRI merespon email tersebut. Biasanya dibutuhkan waktu 1×24 jam sampai pihak BRI membalas email tersebut.

4. Cek Sisa Angsuran Melalui ATM BRI

Beberapa orang lebih menyukai cara offline dibandingkan online. Tentu saja hal tersebut tidak salah dan Anda bisa melakukannya. Salah satu cara yang paling sering dilakukan adalah menggunakan ATM BRI. Berikut ini cara cek sisa angsuran KUR BRI via ATM BRI, yaitu:

  • Kunjungi gerai ATM BRI yang biasa Anda kunjungi atau yang terdekat.
  • Masukkan kartu ATM ke dalam mesin. Ketik PIN ATM BRI dengan benar.
  • Pilih menu Transaksi Lain dan pilih opsi Pembayaran.
  • Selanjutnya, pilih menu Angsuran Pinjaman.
  • Setelah itu, Anda perlu memasukkan nomor kontrak KUR BRI atau nomor CIF. Klik Benar.

5. Cek Sisa Angsuran dengan Hitung Manual

Jika Anda masih ingat sudah berapa kali Anda membayar angsuran, sebenarnya bisa juga dengan hitung manual. Biasanya, cara ini dilakukan oleh orang-orang yang mengerti dengan perhitungannya untuk memastikan bahwa sisa angsurannya sesuai.

Untuk melakukan perhitungan secara manual, Anda tentu perlu tahu caranya.

  • Total KUR BRI (plafon + bunga) = angsuran bulanan x tenor angsuran
  • Total angsuran terbayar = angsuran bulanan x jumlah bulan yang terlewat
  • Sisa angsuran = Total KUR BRI – Total angsuran terbayar
Baca juga:  18 Cara Mengatasi Lupa PIN ATM BCA 100% Ampuh

Untuk Anda yang penasaran dan ingin mencoba sendiri, berikut ini contoh perhitungannya, yaitu:

  • Total KUR BRI = Rp3.000.000 x 36 = Rp108.000.000
  • Total Terbayar = Rp3.000.000 x 10 = Rp30.000.000
  • Sisa angsuran = Rp108.000.000 – Rp30.000.000 = Rp78.000.000

Sebenarnya perhitungan ini bisa dibilang tidak sulit. Intinya, Anda perlu tahu konsep dan cara menghitungnya. Dengan begitu, cara cek manual ini bisa dilakukan dengan mudah.

Keunggulan KUR BRI

Perlu diketahui bahwa masyarakat bisa mengajukan Kredit Usaha Rakyat atau KUR di 45 lembaga penyalur yang ada di Indonesia. Namun, kenyataan banyak yang mencari tahu cara cek sisa angsuran KUR BRI, menandakan bahwa BRI banyak dipilih. Hal ini juga tidak lain karena beberapa keunggulan dari KUR BRI. Berikut ini beberapa keunggulan KUR BRI, yaitu:

1. Produk KUR BRI yang Lengkap

Dibandingkan bank lain, produk KUR BRI ini terbilang paling lengkap, mulai dari produk mikro sampai KUR TKI. Apalagi sekarang juga sudah tersedia KUR BRI online via channeling online. Layanan ini juga menggandeng Ride Hailing ternama di Indonesia, misalnya Gojek, Grab, tokopedia, dan Shopee.

2. Jaringan Bank yang Luas

Salah satu alasan kenapa banyak orang yang lebih memilih menjadi nasabah BRI adalah lokasi bank yang bisa ditemukan dengan mudah di seluruh Indonesia. Ketersediaan unit layanan ini sudah pasti akan memudahkan para nasabah dalam memperoleh berbagai informasi, misalnya syarat, cara pengajuan, serta tabel angsuran KUR.

Selama ini BRI menerima pengajuan KUR lewat beberapa kantor perwakilan, seperti kantor unit, unit pembantu, teras BRI, sampai teras BRI Kapal.

3. Dana KUR BRI Paling Besar

Di tahun 2021, target dana KUR BRI adalah Rp170 triliun dengan prioritas untuk segmen mikro. Di tahun sebelumnya, target penyalurannya adalah Rp140 triliun. Hal ini menunjukkan bahwa ada kenaikan sebesar Rp30 triliun.

Baca juga:  16 Cara Mengatasi Lupa PIN Internet Banking BCA

Dengan yakin, BRI meningkatkan target penyaluran di tahun 2021 karena di tahun 2020 BRI sudah berhasil menyalurkan total dana sampai Rp125,62 triliun.

Syarat pengajuan kredit yang mudah serta dukungan dari platform digital sebagai sarana untuk pengajuan KUR, menjadikan permintaan kredit makin meningkat. Oleh sebab itu, BRI juga meningkatkan target penyaluran kredit.

4. Cara Pembayaran Cicilan yang Mudah

Salah satu bahan pertimbangan banyak orang saat mengambil kredit adalah cara pembayaran. Bagi masyarakat yang mengambil KUR BRI tidak perlu khawatir dengan cara pembayaran. Pasalnya, pembayaran angsuran KUR ini bisa dilakukan secara fleksibel.

Nasabah atau debitur dapat melakukan setoran tunai secara langsung lewat teller BRI. Tidak hanya itu saja, debitur juga dapat membayar cicilan bulan lewat ATM sehingga tidak perlu pergi atau repot antri ke kantor layanan.

Kemudahan pembayaran angsuran ini sudah pasti akan memberikan keleluasaan untuk debitur BRI dalam mencicil pinjaman KUR setiap bulan. Layanan KUR BRI ini memang sangat diminati oleh masyarakat.

Mudah dan banyaknya cara cek sisa angsuran KUR BRI juga menjadi salah satu kelebihan bagi para debitur. Dengan begitu, tidak ada alasan untuk tidak rajin membayar angsuran tepat waktu sesuai ketentuan.

Baca Juga:

Artikel Terkait

error: