4 Cara Bayar Angsuran Pinjaman BRI Lewat ATM

Sebagai nasabah BRI, pastinya Anda juga harus membayar angsuran KUR ini sesuai dengan perjanjian awal. Namun, ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui cara bayar angsuran pinjaman BRI lewat ATM dan pembayaran lainnya.

BRI sendiri selalu berusaha memberi kemudahan untuk nasabahnya, termasuk dalam hal pinjam-meminjam. KUR (adalah salah satu pinjaman yang diberikan Bank BRI bagi Anda para pelaku UMKM.

Sampai sekarang ini, sudah banyak sekali bank di Indonesia yang sudah mulai menawarkan pinjaman KUR ini, tak terkecuali dengan Bank BRI. Untuk masalah pembayarannya sendiri, Anda bisa mencoba berbagai cara. Masing-masing memiliki cara yang berbeda-beda.

Cara Bayar Angsuran Pinjaman BRI

Sebagai salah satu bank terbaik yang terdapat di Indonesia, Bank BRI sudah mempunyai beragam produk yakni KUR atau Kredit Usaha Rakyat. Jumlah pinjaman yang ditawarkan oleh Bank BRI mempunyai batas maksimal sebesar Rp50 juta.

Pinjaman ini dapat Anda cicil dalam jangka waktu 60 bulan saja. Selain itu, bunga yang diberikan oleh Bank BRI pada pinjaman KUR ini juga terbilang ringan, yakni sebesar 0,2 persen atau 6 persen efektif per tahun.

Setelah melakukan pinjaman, Anda harus membayar angsuran sesuai perjanjian yang sudah dibuat sebelumnya. Jika ada kendala, misalnya tidak ada saldo di rekening dan masalah lainnya, masih ada cara mudah lainnya untuk melakukan pembayaran, seperti:

1. Cara Bayar KUR BRI Lewat ATM BRI

Cara bayar angsuran pinjaman BRI lewat ATM tidaklah sulit. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa bank BRI selalu memberi kemudahan untuk nasabahnya, seperti ini langkah yang perlu dilakukan:

  • Setelah menemukan mesin ATM dan memasukan kartu, memilih Bahasa, masukkanlah PIN.
  • Sesudah itu, Anda pilih Transaksi Lain, klik Pembayaran dan pilih menu Angsuran Pinjaman.
  • Kemudian masukan nomor rekening yang Anda miliki, masukan jumlah pembayaran dan terakhir tekan Ya.
Baca juga:  Nomor Kode DANA CIMB Niaga & CIMB Niaga Syariah

2. Cara Bayar KUR BRI Lewat Teller Bank

Jika Anda tidak memiliki saldo, hanya cash saja bayarlah lewat teller bank. Langkah awal guna membayar angsuran KUR BRI, membayar angsuran KUR BRI lewat teller.

Cara ini mudah karena Anda tak perlu lagi mengurus pembayaran, hanya mengatakan pada teller akan melakukan pembayaran angsuran KUR BRI. Setelah itu Anda hanya perlu ikuti semua arahan.

Namun, kelemahan dari melakukan pembayaran KUR melalui teller, membutuhkan waktu yang cukup lama mengantri terlebih dahulu. Cara yang perlu Anda lakukan yakni:

  • Datangi kantor cabang bank BRI dan ambil nomor antrian.
  • Saat tiba nama Anda dipanggil, beritahu teller bank bahwa Anda ingin membayar angsuran KUR BRI dan berikan uang sejumlah angsuran.
  • Tunggu sebentar sampai Anda menerima struk angsuran dan simpanlah dengan baik

3. Cara Bayar Angsuran BRI Lewat Aplikasi BRImo

Selain Anda bisa melakukan cara bayar angsuran pinjaman BRI lewat ATM, Anda juga bisa membayar angsuran BRI lewat aplikasi BRImo. Begini cara yang perlu Anda lakukan:

  • Anda perlu membuka aplikasi BRImo dan login terlebih dahulu.
  • Pilihlah opsi beli dan bayar di tampilan utama, lalu klik pembayaran dan pilih menu Briva.
  • Pilihlah sumber dana Anda dan klik Lanjut.
  • Cek kembali nomor pembayaran dan juga nominalnya. Setelah itu, Anda masukan password Terakhir Anda hanya perlu menunggu proses transaksi selesai.

4. Cara Bayar Angsuran KUR BRI Lewat Internet Banking

Terakhir, ada metode pembayaran yang bisa Anda lakukan melalui internet banking.

  • Pertama, buka aplikasi BRI Mobile yang telah didaftarkan sebelumnya
  • Pilihlah internet banking BRI dan login seperti biasa
  • Masukan nomor rekening dan juga nominal yang perlu dibayar lalu masukan token

Resiko Terlambat Bayar Tagihan

Sesudah mengetahui bagaimana cara bayar angsuran pinjaman BRI lewat ATM dan lainnya, Anda juga perlu mengetahui berapakah bunga dan denda jika terlambat membayar KUR BRI. Bunga yang telah ditetapkan oleh BRI di program KUR BRI mencapai 2% dari jumlah angsuran.

Baca juga:  4 Resiko Telat Bayar KUR BRI! DC Ancam ke Rumah

Sementara untuk denda keterlambatan bayar KUR BRI adalah Rp 20.000. Berikut resiko jika telat membayar, seperti:

1. Terkena Denda

Risiko paling awal ketika Anda telat bayar angsuran KUR BRI yaitu berupa pengenaan denda. Pihak BRI nantinya akan memberikan denda per hari sebesar 2% dari nominal angsuran sehingga makin lama terlambat membayar angsuran maka denda juga akan semakin besar.

2. Bisa Saja di Blacklist

Risiko berikutnya yaitu di blacklist pihak BRI jika telat terlalu lama. Akibatnya, Anda tidak bisa mengajukan pinjaman KUR ataupun pinjaman lain di bank BRI atau bank lainnya. Hal ini merupakan risiko berat yang kemungkinan besar akan terjadi jika sampai telat bayar angsuran KUR.

Keuntungan Membayar Cicilan Tepat Waktu

Seorang peminjam akan memperoleh manfaat dan juga keuntungan jika membayar cicilan lebih awal sebelum tanggal jatuh tempo.

1. Bebas ‘Teror’ Debt Collector

Tentu tidak ada orang yang mengharapkan debt collector mendatangi rumah Anda, bukan? Beberapa pihak mungkin akan bertindak tegas ketika Anda sebagai nasabah telat membayar cicilan. Akhirnya, terpaksa mendatangkan orang penagih tersebut ke hadapanmu yang membuat tak nyaman.

Maka dari itu, jadilah nasabah yang baik. Sebelum mengajukan pinjaman, seharusnya Anda berpikir dulu secara matang, mempertimbangkan risiko yang mungkin terjadi ketika melakukan pinjaman.

Artinya, semua tanggung jawab harus dipikul seperti risiko ditagih paksa oleh pihak tersebut jika tidak disiplin membayar utang.

2. Pikiran Tenang

Siapapun termasuk Anda pasti butuh ketenangan dalam hidup. Akan tetapi, tak jarang pula orang yang merasa sangat gelisah ketika menghadapi masalah, seperti masalah kesulitan ekonomi dan mengatur keuangan.

Baca juga:  5 Cara Cek Saldo BRI Lewat SMS Tanpa Internet

Ujung-ujungnya, seseorang bisa terpaksa mencari jalan lain dengan meminjam uang dari beberapa, mulai dari teman, keluarga, bahkan rekan kerja untuk memenuhi kebutuhan.

Lalu mereka pun akhirnya berakhir dengan terlilit utang berujung dengan tidak tenang yang bisa membuat tidak fokus dan tidak bersemangat.

Beda halnya dengan Anda yang terbiasa membayar cicilan tepat waktu, pasti akan merasakan perasaan dan ketenangan pikiran, karena Anda sudah menunaikan tanggung jawab secara baik. Anda akan merasa tidak tenang dan stres apabila Anda belum menunaikan tanggungjawab.

3. Peluang Dapat Cashback

Buat Anda yang ingin cicilan aman bahkan dapat bonus cashback, tipsnya tentu saja harus menjadi debitur yang taat membayar cicilan. Peluang cashback ini bisa Anda peroleh di beberapa lembaga keuangan. Terdapat banyak kemudahan dan juga bonus yang ditawarkan oleh lembaga keuangan.

Ada bonus cashback yang ditawarkan pada pihak jasa keuangan pinjaman untuk Anda selaku debitur yang tak pernah telat membayar cicilan. Anda bisa meminjam uang kembali hingga ratusan ribu tiap bulannya.

Cara bayar angsuran pinjaman BRI lewat ATM tidaklah sulit. Anda bisa membayar angsuran sesuai dengan kondisi Anda entah itu Anda bisa membayar lewat mbanking, cash, atau Alfamart. Usahakan jangan menunda waktu pembayaran agar pinjaman Anda kedepannya disetujui kembali.

Baca Juga:

Artikel Terkait

error: