Perhitungan Bunga Deposito BRI 100 Juta Terbaru 2024


Beben.id – Berapa besarnya bunga yang diberikan oleh pihak bank menjadi pertimbangan utama nasabah untuk menyimpan uangnya dalam bentuk deposito. Mengenai hal tersebut, bunga deposito BRI 100 juta termasuk kompetitif dibandingkan bank-bank lainnya.

Bunga deposito bank BRI berada pada kisaran 5,4% yang akan dihitung berdasarkan jangka waktunya. Produk deposito BRI ada tiga macam, yaitu deposito rupiah, valuta asing dan on call. Selain bunganya kompetitif, deposito BRI aman dan risikonya kecil.

Selain itu, banyaknya kantor cabang BRI yang tersebar di wilayah Indonesia, dari kota hingga daerah, juga lebih mudah diakses oleh masyarakat. Nasabah bisa membuka deposito di kantor cabang BRI manapun dan mengambil jangka waktu sesuai keinginannya.

Bunga Deposito BRI 100 Juta

BRI dikenal sebagai bank yang dekat dengan kehidupan masyarakat dan kantor cabangnya ada dimana-mana. Produk perbankan BRI bervariasi jenisnya dan sangat diminati oleh masyarakat dari berbagai kalangan, termasuk deposito.

BRI menyediakan program deposito 100 juta dengan besaran bunga antara 3,75%-5% setiap tahunnya. Jangka waktu deposito bank BRI 100 juta maksimal 12 bulan atau setahun. Tapi jika nasabah menginginkan jangka waktu yang lebih singkat, tersedia juga 1,3, 6, 12 dan 36 bulan.

Adapun kisaran besaran deposito bank BRI 100 juta yaitu:

  • Jangka waktu 1 bulan, bunganya 3,75%
  • Jangka waktu 3 bulan, bunganya 4,25%
  • Jangka waktu 6 bulan, bunganya 4,5%
  • Jangka waktu 12 bulan, bunganya 4,75%
  • Jangka waktu lebih dari 12 bulan, bunganya 5%

Nasabah dari kalangan manapun bisa menyimpan uangnya dalam bentuk deposito BRI asal telah memenuhi syarat dan ketentuan dari bank.

Syarat Membuka Deposito BRI 100 Juta

Tentu saja nasabah harus mengikuti program bunga deposito BRI 100 juta harus membuka rekening lebih dulu. Adapun syarat untuk membuka deposito BRI 100 juta terdiri dari:

  • Sudah mempunyai rekening BRI
  • Isi formulir pembukaan deposito di bank BRI terdekat
  • Fotokopi KTP dan NPWP (kalau ada)
  • Menyetorkan uang dalam bentuk tunai
  • Pihak bank akan menerbitkan bukti deposito jika uang sudah diterima.
  • Nasabah bisa memilih jangka waktu yang diinginkan, tapi tentu saja besaran bunganya akan berbeda jika tenornya beda.
Baca Juga:  5 Cara Bayar Kartu Kredit Mandiri 100% Mudah 2024

Contoh Perhitungan Bunga Deposito BRI 100 Juta

Tidak dapat dipungkiri bahwa besarnya bunga deposito menjadi salah satu faktor yang dapat menarik minat nasabah untuk menyimpannya. Berapakah besar bunga yang bisa didapatkan jika menyimpan uang dalam bentuk deposito di bank BRI?

Hal yang perlu dicatat, saldo awal minimal deposito BRI adalah sebesar Rp10.000.000 jika melakukan penyetoran langsung ke kantor cabang BRI. Sedangkan jika transaksi dilakukan lewat internet banking, besar setoran deposito minimal Rp5.000.000.

Lalu, bagaimanakah cara menghitung bunga deposito 100 juta BRI? Bunga deposito BRI dengan setoran Rp100 juta hingga Rp2 miliar, bunganya 3,25%. Agar lebih jelas bisa dilihat contoh berikut ini.

  • Saldo awal deposito Rp100 juta
  • Tenor 6 bulan
  • Bunga sebesar 3,25% dan pajak 20%

Maka perhitungan bunganya yaitu 3,25% x 100 juta x 60 x 80%: 365, hasilnya adalah Rp1.068.000.000.

Apa itu Deposito BRI?

Deposito BRI adalah produk perbankan dalam bentuk investasi minim risiko bagi nasabah, dimana dana hanya bisa diambil setelah jangka waktunya habis. Ketika jangka waktu penyimpanan deposito telah selesai, maka nasabah akan mendapatkan uang pokok simpanan ditambah bunga.

BRI memberikan jangka waktu yang bervariasi kepada nasabah untuk menyimpan uangnya dalam bentuk deposito. Jangka waktu deposito BRI mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6, 12, 24 hingga 36 bulan. Besarnya bunga deposito BRI akan dipengaruhi oleh jangka waktu yang dipilih nasabah.

Prinsip deposito BRI yaitu semakin lama jangka waktu penyimpanan, semakin besar juga bunga yang didapatkan. Karena memiliki jangka waktu tertentu, produk deposito BRI juga dinamakan sebagai tabungan berjangka.

Jenis Deposito BRI 100 Juta

Bank Rakyat Indonesia yang merupakan bank tertua dan memiliki hubungan emosional yang kuat dengan masyarakat, ingin selalu bisa memberikan produk yang terbaik, termasuk simpanan deposito. Apa saja jenis deposito bank BRI? Produk deposito dari BRI terdiri dari:

Baca Juga:  9 Bank Keliling Terdekat dari Lokasi Saya Terbaru 2024

1. Deposito Rupiah

Jenis yang pertama yaitu deposito rupiah, yaitu simpanan berjangka dari BRI yang menggunakan mata uang rupiah. Jika nasabah menyetorkan uang senilai 100 juta, maka bentuknya harus uang tunai dalam satuan rupiah.

Sedangkan bunga deposito BRI 100 juta tersebut akan diperhitungkan sesuai dengan jangka waktu yang diambil nasabah. Keuntungan deposito rupiah BRI yaitu adanya automatic roll over, dimana perpanjangan jangka waktu deposito dapat dilakukan secara otomatis.

Nasabah yang ingin membuka deposito rupiah di BRI, harus sudah mempunyai nomor rekening BRI, baik berupa tabungan atau giro. Setoran awal lewat bank minimal Rp10 juta sedangkan kalau melalui internet banking yaitu Rp5 juta dan maksimal Rp100 juta.

Nasabah hanya perlu membawa identitas diri berupa KTP, SIM atau paspor asli, dan NPWP ke kantor cabang BRI. Sedangkan untuk WNA maka dokumen yang harus dibawa terdiri dari Paspor dan KITAS.

2. Deposito Valas

Sesuai namanya, deposito BRI yang satu ini setorannya menggunakan mata uang asing atau valas. Sama seperti deposito rupiah, nasabah dapat mengambil simpanan deposito valas hanya dapat dilakukan pada jangka waktu tertentu saja.

Keuntungan deposito valas yaitu nasabah dapat memperpanjang jangka waktu simpanan secara otomatis atau automatic roll over. Sedangkan syarat untuk membuka deposito valas tidak berbeda dengan deposito rupiah.

Pencairan dana diberikan dalam bentuk mata uang rupiah, kecuali USD. Besarnya setoran awal deposito valas BRI berbeda-beda, tergantung mata uang asing yang digunakan. Untuk USD setoran awalnya sebesar 1.000, Euro 1500 dan lain sebagainya.

3. Deposito Internet Banking

Selain deposito rupiah dan valas, BRI juga memiliki produk deposito yang lebih praktis bagi nasabahnya. Pembukaan dan setoran dana deposito dilakukan melalui internet banking, jadi nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang BRI.

Syaratnya yaitu nasabah sudah mendaftar dan mengaktifkan layanan BRI internet banking. Gunakan user ID internet banking untuk melakukan pembukaan dan setoran deposito. Besarnya setoran deposito internet banking BRI minimal Rp5 juta dan tidak lebih dari Rp100 juta.

Baca Juga:  Jam Operasional Bank BTPN Umum dan Syariah 2024

Pencairan Dana Deposito BRI 100 Juta

Pada jangka waktu tertentu, nasabah bisa mengambil uang dan bunga deposito BRI 100 juta miliknya. Pencairan dana bisa dilakukan nasabah dengan dua cara, yaitu:

1. Pencairan Secara Online

Nasabah simpanan deposito bank BRI yang tidak mengaktifkan fitur automatic roll over atau ARO, dana simpanan beserta bunganya akan langsung dicairkan oleh pihak BRI. Dana akan langsung masuk dan terdebet pada nomor rekening nasabah.

2. Pencairan Secara Offline

Cara ini tentu saja membutuhkan kedatangan nasabah ke kantor cabang BRI terdekat untuk melakukan pencairan deposito. Bawa serta dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pencairan dana, yaitu KTP, buku tabungan, surat keterangan kepemilikan deposito dan NPWP.

Setelah sampai di kantor cabang BRI, langsung saja menuju meja CS dan mengisi formulir untuk mencairkan dana deposito. Isi formulir tersebut dan lengkapi dengan dokumen yang diperlukan. Tunggu pihak bank sampai selesai memproses pencairan dana deposito.

Bunga deposito BRI 100 juta berbeda-beda perhitungannya, tergantung pada jangka waktu yang diambil oleh nasabah. BRI memberikan pilihan jangka waktu penyimpanan deposito yang beragam, mulai dari 1 bulan hingga 36 bulan atau 3 tahun.

Baca Juga:

error: