Pinjaman Rekening Koran BRI: Cara Daftar, Syarat, Bunga


Beben.id – Ketika ingin memulai suatu usaha, memiliki modal yang cukup adalah hal yang sangat penting. Untuk mendapatkan modal, kamu bisa mencari pinjaman salah satunya melalui Bank BRI. Tapi bagaimana cara mendapat pinjaman rekening koran BRI dan apa saja syarat yang harus dipenuhi?

Sebelum itu, kamu harus ingat bahwa BRI merupakan lembaga perbankan yang cukup besar dan cabangnya berada di mana-mana. Jadi untuk mendapatkan pinjaman dari Bank yang satu ini, tentu membutuhkan berbagai syarat yang harus kamu lengkapi.

Kamu juga harus tahu bahwa pinjaman rekening koran sifatnya berbeda dengan jenis pinjaman pada umumnya. Karena di BRI pinjaman rekening koran ini merupakan produk pinjaman yang diberikan kepada nasabah dalam jangka waktu pendek, maksimal 12 bulan.

Apa itu Pinjaman Rekening Koran BRI?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pertama kamu harus tahu apa sebenarnya rekening koran itu dan bagaimana penggunaannya. Sederhananya rekening koran merupakan ringkasan transaksi keuangan secara keseluruhan dari suatu rekening baik milik badan usaha atau individu.

Sedangkan pinjaman rekening koran atau PRK merupakan fasilitas kredit yang diberikan oleh bank kepada nasabah untuk kepentingan dan kelancaran usaha. Dalam hal ini debitur memiliki hak untuk melakukan penarikan dana melalui rekening koran sampai batas maksimal pinjaman yang disetujui.

Perlu kamu ketahui bahwa Bank BRI menyediakan berbagai produk pinjaman seperti Kupedes, KUR, Pinjaman PNS, dan pinjaman rekening koran. Di antara semua produk pinjaman BRI ini, pinjaman rekening koran termasuk yang paling fleksibel terhadap bunga dan plafonnya.

Baca Juga:  Bank Mandiri yang Buka Hari Sabtu Terbaru 2024

Dana yang ada pada kredit rekening koran ini bisa kamu ambil semua sekaligus atau diambil secara bertahap. Hal paling menarik adalah pinjaman yang dihitung hanyalah uang yang kamu ambil saja. Misalnya, kamu mengambil pinjaman dengan plafon Rp30.000.000.

Tetapi yang yang kamu ambil hanya Rp20.000.000, maka bunga kredit hanya akan dibebankan pada uang Rp20.000.000 tersebut. Selanjutnya kamu bisa mengambil pinjaman lagi sesuai dengan kebutuhan berdasarkan batas maksimal pinjaman.

Cara Mengambil Pinjaman Rekening Koran BRI

Sekarang kamu tentu sudah memahami apa itu rekening koran pinjaman BRI. Mengenai cara untuk mendapatkannya sebenarnya cukup mudah, kamu hanya perlu datang ke kantor cabang BRI terdekat. Karena untuk memproses produk pinjaman ini, kamu tidak bisa melakukannya secara online.

Nantinya debitur harus membawa berbagai dokumen yang diperlukan untuk mendapat produk pinjaman rekening koran dari BRI ke kantor cabang BRI. Untuk berkonsultasi, kamu bisa mengambil nomor antrian customer service dan menunggu hingga namamu dipanggil.

Setelah itu, kamu bisa mengutarakan maksud kedatanganmu yaitu untuk mengajukan pinjaman jenis rekening koran dari BRI. Dari sini kamu akan dipandu oleh petugas untuk mengisi seluruh formulir hingga mencapai tahap pencairan dana oleh pihak Bank.

Syarat Mendapat Pinjaman Rekening Koran dari BRI

Seperti yang disampaikan sebelumnya di antara jenis pinjaman BRI lain, pinjaman rekening koran termasuk yang paling fleksibel. Tetapi untuk bisa mendapatkan pinjaman ini, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi, berikut penjelasannya:

1. Nasabah Memiliki Usaha Minimal 2 Tahun

Syarat pertama, kamu hanya bisa mengajukan pinjaman rekening koran ke BRI jika kamu memiliki usaha sendiri yang berjalan setidaknya 2 tahun. Jika usaha yang kamu jalankan masih baru atau masih rencana, kamu tidak akan bisa mendapatkan produk pinjaman ini.

2. Debitur Tidak Memiliki Riwayat Pinjaman yang Bermasalah

Selanjutnya jika ingin mendapatkan pinjaman rekening koran dari BRI, kamu harus memiliki riwayat pinjaman yang bersih dan tidak bermasalah. Jika kamu pernah bermasalah dengan pinjaman bank apalagi di BRI, kemungkinan besar pengajuan pinjaman akan ditolak.

Baca Juga:  9 Bank Keliling Terdekat dari Lokasi Saya Terbaru 2024

3. Harus Memiliki Jaminan

Jika ingin pengajuan pinjaman diterima, maka kamu harus memiliki jaminan yang bisa dilampirkan saat di Bank. Contoh jaminan yang bisa dilampirkan di antaranya adalah deposito, tanah kosong, tanah dan bangunan, kendaraan, piutang dagang, dan lain sebagainya.

4. Membuka Rekening GIRO BRI

Syarat yang keempat supaya dana pinjaman rekening koran BRI bisa dicairkan, kamu harus membuka rekening GIRO BRI. Rekening GIRO ini nantinya difungsikan sebagai tempat penyaluran dana dari Bank kepada nasabah.

5. Memenuhi Batas Minimal atau Maksimal Plafon Pinjaman

Berikutnya perlu kamu ketahui bahwa plafon pinjaman yang disediakan oleh pinjaman rekening koran di BRI adalah Rp10.000.000 hingga Rp40.000.000.000. Jadi pastikan kamu mengambil pinjaman di sekitar jumlah tersebut.

6. Siapkan Dokumen Identitas Diri

Syarat keenam yang wajib kamu penuhi saat mengajukan rekening koran pinjaman BRI adalah membawa dokumen identitas diri dan keluarga. Siapkan KTP, Kartu Keluarga, dan untuk yang sudah menikah diwajibkan membawa surat nikah.

7. Siapkan Dokumen Usaha dan NPWP

Selain dokumen yang berisikan identitas diri, kamu juga harus membawa dokumen yang berkaitan dengan usaha dan NPWP. Contoh dokumen yang berkaitan dengan usaha di antaranya adalah Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan legalitas lainnya.

Sedangkan untuk Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP, kamu bisa menggunakan milik pribadi atau NPWP milik badan usaha. Tapi jika dana pinjaman digunakan untuk keperluan usaha, sebaiknya gunakan NPWP milik badan usaha.

8. Siapkan Salinan Rekening Koran 3 Bulan Terakhir

Syarat selanjutnya yang harus dipenuhi supaya pengajuan pinjaman diterima adalah membawa salinan rekening koran selama 3 bulan terakhir. Hal ini berguna untuk mengetahui transaksi apa saja yang terjadi selama kurun waktu tersebut.

9. Dokumen Agunan atau Jaminan

Terakhir yang harus kamu bawa saat akan mengajukan rekening koran pinjaman BRI adalah dokumen agunan atau jaminan. Dokumen yang bisa kamu bawa di antaranya adalah SHM, BPKB, Sertifikat Bangunan, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  12 Cara Mengatasi Lupa PIN SMS Banking BRI 2024

Sebelum mengajukan pinjaman rekening koran ke BRI, pastikan kamu sudah menyiapkan 9 syarat di atas. Jika ada satu saja persyaratan atau dokumen yang tertinggal, maka kemungkinan besar pengajuan pinjaman rekening koran akan ditolak oleh BRI.

Keunggulan Pinjaman Rekening Koran di BRI

Terakhir kami akan membahas mengenai berbagai keunggulan rekening koran pinjaman BRI. Sebelumnya telah dijelaskan bahwa produk pinjaman BRI yang satu ini cukup fleksibel. Tapi selain itu, masih ada banyak lagi keunggulan pinjaman rekening koran ini.

Pertama adalah pencairan pinjaman rekening koran bisa dilakukan kapan saja sesuai dengan kebutuhanmu. Hal ini karena pinjaman jenis ini dananya bisa kamu ambil secara bertahap. Jadi ketika sedang membutuhkan pendanaan, kamu bisa langsung menariknya.

Keunggulan lain dari rekening koran pinjaman BRI adalah adanya tenor pinjaman yang panjang sekitar 12 bulan. Jadi debitur bisa melakukan pengelolaan uang dengan baik dan leluasa sebelum akhirnya membayar cicilan. Selain itu, kamu juga hanya perlu mencicil bunga terlebih dahulu.

Jadi setiap bulannya kamu hanya diminta untuk membayar bunga pinjaman. Sedangkan untuk pokok pinjaman, kamu bisa membayarnya kapan saja dan paling lambat saat kredit sudah jatuh tempo. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan sebagai seorang pengusaha.

Jadi pinjaman rekening koran BRI adalah solusi yang sangat menguntungkan bagi para pengusaha yang sedang membutuhkan modal. Prosedur yang harus dilakukan juga cukup sederhana, asalkan kamu sudah memenuhi segala persyaratan yang sudah ditentukan.

Baca Juga:

error: