7 Cara Daftar Tokopedia Affiliate (Syarat dan Komisi)

Cara daftar Tokopedia affiliate banyak dicari oleh kebanyakan orang. Program satu ini memang terbukti ampuh untuk dijadikan penghasilan tambahan oleh banyak orang. Ada banyak sekali pengguna yang tergabung di dalam program satu ini.

Dari sekian banyak marketplace yang ada di Indonesia, Tokopedia merupakan salah satu yang terbesar saat ini. Penggunanya mencapai puluhan juta orang. Marketplace satu ini bisa dianggap sebagai pelopor berdirinya berbagai jenis marketplace lain di Indonesia.

Ada banyak sekali program menguntungkan yang bisa Anda dapatkan dari portal jual beli satu ini. Jika Anda adalah pengguna Tokopedia, tentu saja programnya bisa diikuti dengan gratis. Salah satu program tersebut adalah affiliate yang sedang kita bahas ini. Ada yang pernah mencobanya?

Mengenal Tokopedia Affiliate

Tokopedia affiliate adalah sebuah program yang bertujuan membuka lapangan kerja seluas-luasnya. Ketika berminat untuk bergabung dengan program tersebut, persyaratannya tidak sulit. Bahkan, tidak ada batasan usia sama sekali untuk mereka yang berminat.

Anda hanya perlu melakukan registrasi dan kemudian membagikan link afiliasi. Setiap kali produk afiliasi dibeli melalui link tersebut, maka Anda akan mendapatkan komisi dari penjualan. Jumlah komisinya juga sangat beragam.

Tentu saja nominal komisi ini disesuaikan dengan kategori dan harga produk yang dijual. Semakin mahal produk yang Anda jual, akan semakin besar juga komisinya. Hal ini dikarenakan sistem komisi di afiliasi Tokopedia menggunakan skema persentase.

Hingga saat ini, sudah ada ribuan orang yang bergabung ke dalam program afiliasi Tokopedia. Tentu saja mereka juga sudah mendapatkan penghasilan tinggi dari program afiliasi tersebut. Tidak main-main, bahkan ada pengguna yang bisa mendapatkan belasan juta rupiah per bulannya

Baca juga:  11 Cara Pinjam Uang di Tokopedia 10 Menit Cair

Tentu saja Anda juga memiliki peluang yang sama jika berminat untuk bergabung. Lagipula cara daftar Tokopedia affiliate ini sama sekali tidak sulit. Proses verifikasinya juga jauh lebih cepat dibandingkan dengan program afiliasi lainnya.

Biasanya, pihak Tokopedia akan memberikan link validasi dalam waktu 1×24 jam. Jadi Anda bisa sesegera mungkin mendapatkan penghasilan tambahan dari program afiliasi satu ini. Proses pencarian penghasilannya juga begitu singkat.

Cara Daftar Tokopedia Affiliate

Jika Anda berencana untuk mendaftar Tokopedia affiliate, tentu saja ada beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Tapi tenang saja karena persyaratannya juga tidak sulit sama sekali. Terlebih lagi proses registrasinya juga tidak sulit sama sekali.

Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah registrasi singkat sebelum akun afiliasi Anda bisa digunakan. Penasaran bagaimana langkah-langkah registrasinya tersebut? Langsung saja simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

  • Pertama-tama Anda hanya perlu melakukan registrasi akun di website Tokopedia itu sendiri.
  • Kalau akun sudah dibuat, langsung saja log in dengan menggunakan akun tersebut.
  • Klik tombol akun yang ada di pojok kanan atas.
  • Lalu pilih menu Post product di By Me.
  • Akan muncul form, isi username affiliate utama Anda dengan nama unik yang belum digunakan orang lain.
  • Ada banyak produk yang bisa dipasarkan, pilih saja salah satunya yang hendak direkomendasikan.
  • Salin URL affiliate yang muncul kemudian share di berbagai platform.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk share link afiliasi ini, baik melalui medsos, website, atau blog, channel Youtube, dan berbagai pilihan lainnya. Pada dasarnya, menjadi partner afiliasi Tokopedia ini sama sekali tidak sulit.

Namun, penting untuk dipahami kalau dalam menjadi partner afiliasi ini ada beberapa ketentuan yang harus Anda ikuti. Jika tidak, maka secara otomatis akun afiliasi Anda akan terblokir oleh pihak Tokopedia. Apa saja syarat dan ketentuan tersebut?

  • Pastikan Akun Affiliate Anda sudah diverifikasi. Tujuannya agar Anda bisa menarik penghasilan dari Tokopedia dengan mudah.
  • Ada beberapa jenis produk yang dilarang untuk dipromosikan dan hal ini sudah dijelaskan dengan detail pada S&K registrasi Affiliate dilakukan
  • Anda juga dilarang untuk memasarkan produk dari toko sendiri menggunakan tautan afiliasi tersebut.
  • Akun medsos atau web yang digunakan untuk sarana pemasaran tidak boleh di privasi dan harus tampil kepada publik.
  • Calon mitra afiliasi tidak pernah terlibat penipuan apapun yang berkaitan dengan akun Tokopedia.
Baca juga:  4 Cara Cek Resi Acommerce Akulaku 2022 Terbaru

Jika Anda berminat untuk menjadi partner afiliasi dari Tokopedia, tentu penting sekali untuk memahami syarat dan ketentuan di atas agar tidak terjadi kesalahan dan kendala dalam prosesnya. Bagaimana? Tidak sulit bukan mendaftar Tokopedia Affiliate ini?

Produk Apa Saja yang Bisa Dipasarkan?

Selain cara daftar Tokopedia affiliate yang sangat mudah, ternyata ada banyak juga varian produk yang bisa Anda pilih ketika mengikuti program afiliasi Tokopedia ini. Jadi Anda sama sekali tidak akan kehabisan produk.

Cukup pilih produk yang paling sesuai dengan bidang Anda. Sesuaikan juga produk tersebut dengan website atau blog yang Anda kelola. Dalam hal ini, Tokopedia telah membaginya menjadi produk Power Merchant (PM) dan Official Store (OS).

Berikut ini deretan kategori produk yang bisa Anda pasarkan di dalamnya:

  • Fashion
  • Rumah tangga
  • Makanan & minuman
  • Kecantikan
  • Kesehatan
  • Handphone & gadgets
  • Ibu & bayi.

Jika Anda berhasil menjual salah satu dari kategori produk tersebut menggunakan link afiliasi, maka secara otomatis komisi akan langsung diberikan. Semakin banyak produk yang berhasil Anda jual, tentu semakin besar juga komisi yang akan Anda dapatkan.

Komisi Tokopedia Affiliate

Ada banyak hal penting berkaitan dengan komisi yang harus Anda pahami sejak awal. Tentu saja komisi adalah aspek utama karena tujuan kita semua mencari cara daftar Tokopedia affiliate ini adalah demi mendapatkan penghasilan tambahan.

Baca juga:  12 Cara Mengatasi Lupa PIN LinkAja 100% Berhasil

Karenanya Anda tidak boleh menyepelekan hal ini sedikitpun. Berikut ini beberapa poin penting yang harus Anda pahami terkait komisi dari program Tokopedia Affiliate:

1. Berapa Besaran Komisi yang Tersedia?

Komisi untuk Anda diberikan dalam jumlah yang berbeda-beda karena menggunakan persentase khusus. Namun, besaran biaya komisi ini akan sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor dari mulai kategori produk yang dikeluarkan, harga produk tersebut, dan jumlah penjualan.

Semakin tinggi harga dan kuantitas penjualannya, tentu akan semakin tinggi juga komisi yang bisa Anda dapatkan. Semua penghasilan Anda ini bisa dipantau secara realtime menggunakan akun Tokopedia masing-masing.

2. Bagaimana Cara Menerima Komisi?

Jika Anda sudah tergabung di dalam program afiliasi Tokopedia ini, pencairan komisi akan dilakukan secara otomatis oleh sistem. Tentunya setelah pembeli melakukan pembayaran. Komisi tersebut akan dikirimkan ke dalam menu “Saldo Penghasilan” di akun Tokopedia masing-masing.

Jika pembeli meminta pengembalian barang akibat kesalahan, tentu saja ada potongan komisi yang akan Anda dapatkan. Namun, tenang saja karena potongannya tidak sampai 100%. Hal ini sangat bergantung terhadap alasan pengembalian itu sendiri.

Cara pencairan komisi juga sangat mudah. Ketika melakukan withdraw untuk pertama kalinya, tentu permintaan Anda akan direview terlebih dahulu oleh pihak Tokopedia. Kemudian setelahnya saldo bisa dikirimkan langsung ke rekening Bank masing-masing.

Bagaimana? Mudah sekali bukan cara daftar Tokopedia affiliate ini? Pastikan untuk memahami semua penjelasan di atas secara detail. Hal ini akan membantu Anda untuk menghindari kesalahan dalam pembuatan dan penggunaan akun afiliasi Tokopedia tersebut.

Baca Juga:

error:
close