5 Cara Daftar Shopee Affiliate Mudah dan Praktis

Shopee adalah salah satu marketplace yang mempunyai banyak pengguna. Marketplace ini terus mengembangkan aplikasinya dengan menghadirkan berbagai layanan terbaik, salah satunya Shopee Affiliate. Cara daftar Shopee Affiliate sangat mudah dan bisa dilakukan oleh semua penggunanya yang memenuhi syarat.

Media promosi yang bisa digunakan sangat beragam, contohnya seperti Twitter, Facebook, TikTok, Facebook, Youtube, atau blog pribadi. Shopee memberikan keleluasaan kepada setiap anggotanya untuk mempromosikan produknya dengan metode yang kreatif.

Shopee Affiliates merupakan suatu program afiliasi resmi yang digagas Shopee. Tugas yang perlu dilakukan oleh membernya yaitu membagikan link dan akan memperoleh fee atau payment jika ada orang yang berbelanja melalui link tersebut di Shopee.

Syarat Shopee Affiliate

Shopee Affiliate merupakan suatu program yang menawarkan penghasilan bagi content creator yang mengiklankan produk Shopee di media sosial. Jadi, syarat terpenting saat ingin bergabung dalam program ini yaitu mempunyai media sosial.

Meskipun demikian, media sosial bukan satu-satunya syarat untuk bisa bergabung di program ini. Ada beberapa syarat yang harus diikuti oleh pihak afiliasi untuk bisa bergabung dengan pihak Shopee Afiliasi. Mengutip help.shopee.co.id, inilah syarat bergabung Shopee Affiliate:

  • Memiliki media sosial seperti Instagram, Twitter, YouTube, TikTok, atau Facebook.
  • Akun media sosial yang digunakan harus aktif, mempunyai konten orisinil, dan dapat diakses secara umum.
  • Akun media sosial merupakan milik pribadi dan bukan toko ataupun penjual.
  • Akun media sosial tidak mengandung unsur suku, agama, ras, pornografi, atau hal-hal yang bertentangan dengan peraturan Undang-Undang yang berlaku di Indonesia.
  • Produk yang dipromosikan adalah produk Shopee Supermarket, Shopee Mall, Star+, dan Star.
  • Beberapa produk yang dilarang dipromosikan yaitu rokok, rokok elektrik, obat-obatan terlarang, dan produk tidak original alias palsu.
  • Fee atau komisi akan dibayarkan setiap 2 minggu sekali.
  • Shopee berhak mengunggah ulang konsen di media sosial ataupun aplikasi e-commerce.
Baca juga:  14 Cara Daftar Menjadi Vendor Akulaku 100% ACC

Cara Daftar Shopee Affiliate Program

Cara Daftar Shopee Affiliate Mudah dan Praktis

Setelah semua syarat terpenuhi, Anda dapat segera mendaftar program Shopee Affiliate. Langkah-langkah yang dilakukan tidak kalah mudah dengan program afiliasi dari marketplace lainnya. Langkah-langkah yang perlu dilakukan yaitu sebagai berikut:

Daftar Shopee Affiliate Melalui Link VIP Agar Langsung di Aprove

1. Buka Browser di HP

Cara daftar Shopee Affiliate yang pertama yaitu buka browser yang ada di HP Anda. Gunakan browser apa saja yang nyaman digunakan, misalnya seperti Google Chrome, UC Browser, Opera Mini, Yahoo Search, dan lain-lain. Pastikan bahwa koneksi internet yang dimiliki lancar dan stabil.

2. Akses Situs Shopee Affiliate

Langkah kedua yang perlu dilakukan yaitu buka situs Shopee Affiliate di laman affiliate.shopee.co.id Lakukan login menggunakan akun Shopee milik Anda sendiri. Apabila belum memiliki akun, tap menu “Daftar” dengan cara memakai nomor HP pribadi. Kemudian, ikutilah panduan membuat akun sampai prosesnya selesai.

3. Pilih Opsi “Masuk Sekarang”

Langkah ketiga yaitu pilih opsi “Masuk sekarang” apabila akun sudah berhasil dibuat. Anda akan diarahkan menuju laman formulir Shopee Affiliate.

4. Lengkapi Kolom Formulir

Langkah berikutnya adalah lengkapi semua kolom yang ada pada formulir dengan tepat. Formulir tersebut berisi informasi tentang data identitas diri maupun hal-hal yang berkaitan dengan marketing affiliate. Usahakan untuk tidak melewatkan satu kolom pun agar pendaftaran cepat selesai.

Baca juga:  2 Cara Top Up OVO Pakai Kredivo 100% Berhasil

5. PIlih Opsi “Daftar”

Langkah terakhir, pilih opsi “Daftar”. Pada tahap ini, Anda harus menunggu proses validasi dari pihak Shopee. Proses ini akan memerlukan waktu maksimal 3 x 24 jam kerja.

Jika formulir yang diajukan sudah sesuai dengan syarat yang ditetapkan Shopee, Anda akan mendapatkan email persetujuan untuk dapat bergabung dengan program tersebut. Apabila proses pendaftaran disetujui, lakukan tahapan berikutnya.

Langkah-langkah Setelah Program Shopee Affiliate Disetujui

Setelah program Shopee Affiliate disetujui oleh pihak Shopee, masih ada tahapan yang perlu Anda selesaikan. Adapun cara daftar Shopee Affiliate yang selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu sebagai berikut:

  • Setelah pendaftaran berhasil, Anda akan memperoleh custom link produk pada aplikasi Shopee.
  • Jika sudah, salin link untuk mendapatkan custom link tersebut.
  • Bagikan link tersebut ke media sosial milik Anda.
  • Terimalah komisi untuk setiap pembelian barang atau produk melalui custom link yang Anda punya.

Ketentuan Pembayaran Shopee Affiliate Program

Selain cara pendaftaran Shopee Affiliate, hal penting lainnya yang perlu Anda ketahui yaitu komisi beserta mekanisme pembayarannya. Dikutip dari shopee.co.id, inilah penjelasan tentang komisi dan cara pembayaran Shopee Affiliate yang perlu Anda ketahui:

1. Tarif Komisi

Tarif komisi adalah biaya yang wajib dibayarkan oleh pihak Shopee kepada afiliasi. Biaya ini akan dihitung sesuai tarif yang tertera dalam situs atau aplikasi Shopee.

2. Perhitungan Biaya Komisi

Biaya komisi setiap bulannya ditentukan menurut perhitungan nilai pembelian tuntas dan bersih. Kemudian, nilai tersebut dikalikan dengan tarif komisi. Biaya yang akan didapatkan oleh pihak afiliasi sudah termasuk dengan pajak pertambahan nilai. Adapun proses pembayarannya akan dilakukan melalui transfer bank.

3. Pembayaran Minimal

Ketentuan pembayaran komisi Shopee Affiliate yang berikutnya yaitu tentang pembayaran minimal. Biaya komisi akan dikirimkan ke saldo akun Anda setiap dua minggu. Adapun saldo minimal yang akan dibayarkan setiap dua minggu yaitu senilai Rp.10.000.

Baca juga:  12 Cara Daftar Lazada Affiliate (Syarat dan Komisi)

Jika saldo kurang, maka pihak Shopee berhak untuk menahan jumlah komisi yang harus dibayarkan sampai periode pembayaran saldo mencukupi ketentuan pembayaran minimal.

4. Pembayaran Komisi

Komisi yang besarannya di bawah Rp. 1.000.000 akan dikirimkan ke ShopeePay milik afiliasi. Namun, jika jumlahnya di atas Rp. 1.000.000, maka akan dibayarkan dengan cara transfer bank.

5. Pajak

Ketentuan pembayaran Shopee Affiliate yang berikutnya yaitu mengenai pajak. Pajak harus dibayarkan oleh pihak afiliasi sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Jadi, Shopee akan memungut pajak dari jumlah komisi yang harus dibayar kepada pihak afiliasi.

6. Pembebanan Transaksi ke Kartu Kredit

Pihak Shopee tidak akan membayar komisi dan berhak mengajukan kompensasi utang atau chargeback terkait transaksi yang dibayarkan. Transaksi tersebut tidak hanya terbatas pada beberapa opsi transaksi, misalnya seperti:

  • Transaksi tidak memenuhi kriteria persyaratan sebagai pembelian yang selesai.
  • Transaksi pembelian dilakukan oleh afiliasi sendiri meskipun menggunakan custom tautan afiliasi tersebut.
  • Transaksi terindikasi sebagai penipuan.
  • Transaksi terindikasi sebagai persengkongkolan saat pihak afiliasi terhubung dengan penjual atau saat pihak afiliasi membeli barang melalui tautan afiliasi.
  • Transaksi tidak lengkap, dibatalkan, atau barang dikembalikan.
  • Transaksi dilakukan dengan maksud untuk menjual lagi produk yang sudah dibeli.
  • Transaksi melalui link afiliasi di media yang terindikasi sebagai media ilegal dan mengandung konten terlarang.

Cara daftar Shopee Affiliate sangat mudah dan praktis, sehingga Anda tidak perlu bingung lagi dengan tahap-tahap yang perlu dilakukan. Dengan mempraktekkan cara di atas, Anda bisa segera menjadi afiliasi Shopee dan meraih banyak komisi.

error: Content is protected !!
close