11 Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BCA di ATM Terdekat

Saat kondisi ekonomi tidak stabil, banyak masyarakat yang memutuskan untuk mengajukan pinjaman ke bank. Sayangnya proses pengajuan pinjaman bank membutuhkan waktu lama, oleh karena itu Anda bisa menggunakan tarik tunai dari kartu kredit BCA. Bagaimana cara tarik tunai kartu kredit BCA?

Bank BCA tergolong bank swasta terbesar di Indonesia yang menawarkan banyak fasilitas layanan menarik bagi semua nasabahnya. Nasabah Bank BCA bisa menggunakan fasilitas layanan kartu kredit untuk digunakan berbelanja sepuasnya dan mencairkan dana tunai dalam jumlah besar lho!

Poin Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Tarik Tunai Kartu Kredit BCA

Bagi Anda yang ingin mengetahui cara tarik tunai kartu kredit BCA, maka sebaiknya memperhatikan beberapa poin penting yang ada dibawah ini. Perlu diketahui, tarik tunai kartu kredit BCA hanya bisa dilakukan oleh pemegang kartu kredit BCA yang masih memiliki limit kredit secara utuh.

Mengetahui Besaran Biaya Tarik Tunai BCA

Nasabah yang akan melakukan tarik tunai dari kartu kredit BCA akan dikenakan biaya transaksi. Pemegang kartu setidaknya harus memiliki biaya tarik tunai sebesar 4% atau sekitar Rp40 ribu dari total keseluruhan uang yang akan ditarik. Biaya transaksi berlaku untuk jenis kredit BCA apa saja?

Terkait biaya tarik tunai 4% berlaku untuk semua jenis kartu kredit BCA, baik MasterCard maupun Visa. Transaksi penarikan yang dilakukan di dalam negeri maupun luar negeri, juga akan tetap dikenakan biaya transaksi sekitar 4% tersebut.

Tarik Tunai Hanya Bisa Dilakukan Lewat ATM

Sebelum membahas cara tarik tunai kartu kredit BCA, perlu Anda ketahui bahwa proses tarik tunai kartu kredit harus dilakukan melalui mesin ATM. Jadi nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang BCA terdekat untuk melakukan aktivitas tarik tunai kartu kredit.

Baca juga:  10 Jenis Kartu Kredit CIMB Niaga (Limit, Bunga, Syarat)

Konsep tarik tunai kartu kredit BCA tentunya berbeda dengan mengajukan pinjaman dana ke bank. Cukup kunjungi ATM BCA terdekat, kemudian lakukan transaksi sesuai kebutuhan. Dalam aktivitas tarik tunai kartu kredit, tidak membutuhkan dokumen persyaratan tertentu.

Jumlah Penarikan 40% dari Total Limit Kartu Kredit BCA

Bank BCA memberikan kebijakan kepada semua nasabah yang menggunakan fasilitas layanan kartu kredit untuk kebutuhan tarik tunai. Apa kebijakannya? Penarikan tunai dari kartu kredit BCA maksimal 40% dari total limit kredit yang masih tersedia.

Akan tetapi, setiap nasabah tentunya memiliki limit penarikan yang berbeda-beda tergantung jenis kartu kredit yang digunakan. Misalnya Anda termasuk nasabah yang memiliki kartu kredit Rp100 juta, maka setidaknya tarik tunai kredit BCA bisa dilakukan sebesar Rp40 juta.

Nasabah Perlu Membayar Bunga Pelunasan

Walaupun prosesnya mudah, tetapi nasabah yang melakukan tarik tunai kartu kredit BCA akan dikenakan bunga saat pelunasan. Selain dikenakan biaya tarik tunai sebesar 4%, maka nasabah juga harus membayar bunga pelunasan sebesar 2.25%.

Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BCA yang Aman Lewat Mesin ATM

Mencari dana segar dengan melakukan tarik tunai kredit BCA bisa digunakan diseluruh gerai ATM BCA. Bagi pemula yang belum pernah melakukannya, bisa meminta untuk didampingi oleh satpam kantor cabang. Agar tidak tambah bingung, Anda juga bisa mengikuti instruksi yang ada dibawah ini.

  • Langkah pertama, silahkan kunjungi gerai ATM BCA terdekat dari tempat tinggal.
  • Jika sudah menemukan gerai ATM BCA terdekat, masukkan kartu kredit pada slot kartu yang tersedia pada mesin ATM.
  • Tentukan bahasa yang ingin digunakan. Sama seperti transaksi ATM biasanya, ada dua pilihan bahasa yang bisa digunakan, yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.
  • Bagi Anda yang tidak memahami Bahasa Inggris, sebaiknya pilih Bahasa Indonesia. Tujuannya agar tidak mengalami kendala saat transaksi berlangsung akibat kurang memahami arti bahasa.
  • Jika nasabah sudah menentukan bahasa yang ingin digunakan, maka akan muncul halaman untuk mengisi PIN aktif kartu kredit. Input PIN kartu kredit dengan benar dan jangan sampai salah memasukkan PIN hingga 3 kali berturut-turut.
  • Klik “Menu Transaksi” yang terdapat pada sebelah kiri monitor mesin ATM BCA.
  • Pada halaman selanjutnya akan muncul pilihan transaksi. Untuk kebutuhan transaksi tarik tunai kartu kredit, pilih menu “Cash Advance”.
  • Klik menu “Tunai”, kemudian akan muncul nominal yang pilihannya belum tentu sesuai dengan jumlah yang diinginkan. Klik menu “Jumlah Lain” dan masukkan jumlah nominal yang diinginkan dari tombol pinpad.
  • Tunggu dalam waktu 3-5 detik, maka mesin ATM akan segera memproses pengeluaran uang dengan bunyi yang khas. Tidak lama kemudian, nominal yang Anda butuhkan dalam tarik tunai akan keluar.
  • Secara otomatis, mesin ATM juga akan mengeluarkan struk transaksi sebagai bukti telah selesai melakukan transaksi tarik tunai.
  • Transaksi tarik tunai sudah selesai dilakukan, maka klik “Keluar” agar kartu kredit secara otomatis keluar dari mesin ATM. Pastikan untuk mengambil kembali kartu kredit dari mesin ATM, karena berbahaya jika kartu kredit disalahgunakan oleh pihak lain.
Baca juga:  Cara Transfer SMS Banking BRI Ke BNI 3 Menit Beres

Keuntungan dan Kerugian Melakukan Tarik Tunai Kartu Kredit BCA

Mudah bukan cara tarik tunai kartu kredit BCA? Tapi sesuai dengan pernyataan sebelumnya, Anda harus menyiapkan biaya transaksi sekitar 4% dan bunga pelunasan sekitar 2,25%. Selain itu, ketahui keuntungan dan kerugian saat melakukan penarikan dana dari kartu kredit BCA.

Keuntungan Tarik Tunai BCA

Fasilitas layanan kartu kredit memang selalu memberikan kemudahan bagi penggunanya. Tidak hanya dari Bank BCA, tetapi bank lain yang menyediakan kartu kredit juga memiliki tujuan sama. Jadi dalam keadaan mendesak tidak ada uang, maka kartu kredit BCA bisa menjadi solusinya.

Dengan menggunakan fasilitas tarik tunai kartu kredit BCA, maka nasabah bisa mendapatkan dana dalam jumlah yang besar. Berbeda dengan metode mengajukan dana pinjaman, justru tarik tunai dari kartu kredit tidak butuh waktu lama dan tidak membutuhkan dokumen persyaratan.

Kekurangan Tarik Tunai BCA

  1. Biaya transaksi dan bunga pelunasan cukup besar, sehingga nasabah perlu mengumpulkan effort lebih untuk mengembalikan kedepannya.
  2. Sebaiknya bijaklah dalam menggunakan kartu kredit. Mengapa demikian? Karena pribadi yang konsumtif akan mendorong nasabah memiliki utang menumpuk kepada pihak bank.
Baca juga:  Praktis! 6 Cara Cek Angsuran BCA Finance 2022

Cara tarik tunai kartu kredit BCA bisa dilakukan dengan mudah lewat mesin ATM BCA yang ada disekitar tempat tinggal. Aktivitas tarik tunai kartu kredit BCA membutuhkan biaya transaksi sebesar 4% dan bunga pelunasan mencapai 2,25%. Tertarik mendapatkan dana dari kartu kredit BCA?

Baca Juga:

error: