9 Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BRI di ATM Terdekat

Mungkin ada sebagian orang yang bertanya-tanya, bisakah kartu kredit BRI digunakan untuk tarik tunai? Tentu jawabannya bisa. Tarik tunai menggunakan kartu kredit BRI bisa dilakukan melalui ATM yang berlogo mastercard atau Visa. Namun, bagaimana cara tarik tunai kartu kredit BRI?

Cara melakukan tarik tunai pada kartu kredit BRI hampir sama dengan tarik tunai menggunakan ATM tabungan. Hanya saja ada beberapa instruksi, biaya transaksi, dan bunga pelunasan yang berbeda-beda tergantung dengan jenis kartu kredit dan kebijakan dari Bank BRI yang menerbitkannya.

Ketentuan Penting Melakukan Tarik Tunai Kartu Kredit Bank BRI

Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, maka ada baiknya Anda mengetahui ketentuan dalam melakukan tarik tunai kartu kredit BRI. Cara tarik tunai kartu kredit BRI bisa dilakukan kapanpun, asalkan pengguna mampu membayar biaya transaksi, bunga pelunasan, dan limit kredit masih tersisa.

Bunga Pelunasan Tarik Tunai Kartu Kredit BRI

Bagi nasabah BRI yang sudah menggunakan fasilitas layanan tarik tunai dari kartu kredit BRI, maka memiliki kewajiban untuk membayar dana tersebut beserta bunganya. Bunga tarik tunai kredit BRI umumnya sama dengan bunga ritel, sehingga dihitung berdasarkan harian.

Baca juga:  7 Jenis Kartu Kredit Citibank (Limit, Bunga, Syarat)

Jika ditinjau dari ketentuan peraturan Bank Indonesia, maka bunga maksimal untuk pembayaran dana tarik tunai kartu kredit BRI yaitu 2,95%. Sedangkan untuk denda keterlambatan pembayaran nasabah akan dikenakan bunga 3% atau maksimal Rp180 ribu.

Limit yang Digunakan untuk Tarik Tunai

Perlu Anda ketahui, limit tarik tunai untuk kartu kredit BRI sifatnya terbatas sampai 60% dari keseluruhan total limit yang masih ada. Misalnya pengguna kartu kredit dengan limit Rp10 juta, hanya bisa melakukan tarik tunai sebesar Rp6 juta.

Perlu Membayar Biaya Transaksi

Cara tarik tunai kartu kredit BRI yang dilakukan lewat ATM akan dikenakan biaya transaksi. Nasabah perlu membayar biaya transaksi sekitar 4% dari nominal tarik tunai atau minimal Rp60 ribu tiap melakukan transaksi tersebut.

Hanya Bisa Dilakukan Saat Kartu Kredit Masih Aktif

Sebelum mencoba melakukan tarik tunai dari kartu kredit, sebaiknya cek keaktifan kartu melalui Call Center 14017 atau 1500017. Biasanya kartu kredit yang sudah tidak digunakan dalam jangka waktu lama akan di blokir dari pusat, sehingga Anda perlu mengeceknya terlebih dahulu.

Batas Maksimal Tarik Tunai dari ATM

Setiap mesin ATM tentunya memiliki batas tarik tunai sendiri-sendiri. Saat nasabah menggunakan mesin ATM dengan maksimal penarikan Rp5 juta, maka bagi Anda yang ingin menarik dana Rp10 juta, bisa melakukannya sebanyak 2 kali, sehingga perlu membayar biaya transaksi 2 kali juga.

Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BRI dengan Cepat dan Aman

Bagi nasabah yang sebelumnya tidak pernah melakukan tarik tunai lewat kartu kredit, sebaiknya pahami terlebih dahulu ketentuan yang sudah dijelaskan sebelumnya. Pastikan limit kartu kredit masih tersisa dan aktif digunakan, kemudian ikuti panduan berikut ini.

  • Temukan mesin ATM BRI terdekat dari tempat tinggal Anda. Untuk memastikan keamanan, Anda bisa mengunjungi kantor cabang BRI yang menyediakan mesin ATM. Jika terjadi kekeliruan, maka pihak keamanan kantor cabang BRI bisa membantu mengatasinya.
  • Masukkan kartu kredit pada slot yang tersedia dalam mesin ATM.
  • Input PIN kartu kredit yang masih aktif digunakan, jika belum dilakukan aktivasi maka bisa mengunjungi CS kantor cabang BRI terdekat.
  • Pilih bahasa yang ingin digunakan (Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia).
  • Tentukan jumlah nominal yang ingin ditarik, jika pada halaman tidak ada, maka pilih opsi “Lainnya”. Masukkan nominal penarikan kartu kredit yang diinginkan klik “Benar” untuk melanjutkan halaman penarikan.
  • Klik menu “Penarikan” dan lanjut “Kartu Kredit”.
  • Silahkan cetak struk sebagai bukti transaksi, lalu mesin ATM akan memproses permintaan pengguna.
  • Ambil uang dari mesin ATM, kemudian klik “Keluar” jika tidak ingin melakukan transaksi kembali.
  • Silahkan ambil kembali kartu kredit Anda sebelum meninggal ATM.
Baca juga:  8 Jenis Kartu Kredit Danamon (Limit, Bunga, Syarat)

Keuntungan Melakukan Tarik Tunai Bersama Kartu Kredit BRI

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tarik tunai dari kartu kredit bisa menjadi solusi dana darurat bagi penggunanya. Ada sejumlah keuntungan yang akan didapatkan oleh pengguna saat menggunakan layanan kartu kredit BRI untuk menunjang kebutuhan finansial.

Tarik Tunai Mudah Dilakukan

Cara tarik tunai kartu kredit BRI sangat mudah dilakukan, bukan? Anda tinggal mencari mesin ATM terdekat dari tempat tinggal, kemudian uang bisa langsung ditarik dari kartu kredit BRI. Selama nasabah masih memiliki limit kartu yang tersedia, maka tarik tunai mudah untuk dilakukan.

Sebagai Solusi Dana Darurat

Dalam kehidupan sehari-hari, ada kalanya setiap orang membutuhkan dana darurat yang harus segera dimiliki saat itu juga. Jika mengajukan dana pinjaman dari bank, maka akan membutuhkan proses lebih lama. Nah, tarik tunai dari kartu kredit BRI bisa menjadi solusi terbaiknya.

Akan tetapi, pemilik kartu kredit perlu memastikan bahwa limit masih tersedia dan tidak di blokir. Selain itu, bijaklah dalam melakukan pinjaman dana dari kartu kredit BRI, karena biaya transaksi dan bunga pelunasan yang dibutuhkan cukup besar.

Baca juga:  14 Jenis Kartu Kredit Mandiri (Limit, Bunga dan Syarat)

Bisa Dilakukan dengan Cepat

Proses tarik tunai bisa dilakukan dengan cepat dan aman, sehingga cocok digunakan sebagai dana emergensi. Pengguna kartu kredit tidak perlu menunggu proses approval lama, karena uang nantinya bisa langsung ditarik lewat kartu kredit dalam waktu hitungan detik saja.

Bunga Tarik Tunai Rendah

Jika dibandingkan bunga pelunasan dari pinjaman online, bunga dari tarik tunai kartu kredit BRI tentunya lebih kecil. Bunga pinjaman online yang saat ini sedang marak sekitar 12% dari keseluruhan total dana yang dipinjam, sedangkan bunga tarik tunai kredit hanya sekitar 1,75%.

Jadi bagi Anda yang menggunakan fasilitas layanan kartu kredit BRI, lebih baik gunakan fasilitas tarik tunai yang lebih aman. Apalagi bagi pengguna kartu kredit dengan kondisi finansial yang  belum stabil, mengambil dana dari tarik tunai akan meminimalkan risiko hutang besar.

Sudah paham cara tarik tunai kartu kredit BRI? Penarikan dana bisa dilakukan lewat ATM BRI yang berlogo Mastercard atau Visa. Biaya transaksi yang dibutuhkan dalam tarik tunai kredit BRI sebesar 4% tiap transaksi dengan bunga pelunasan sekitar 2,95%.

Baca Juga:

error:
close