11 Cara Transfer OVO ke ShopeePay 5 Menit Beres

Cara transfer OVO ke Shopeepay menjadi suatu hal yang banyak dicari oleh masyarakat belakangan ini. Hal tersebut dikarenakan penggunaan Shopeepay yang terus mengalami peningkatan dari hari ke hari.

Penggunaannya tidak hanya sekedar untuk membayar transaksi belanja di Shopee. Shopeepay juga bisa digunakan untuk membayar berbagai jenis tagihan dan transaksi lain yang bekerja sama dengan Shopee.

Syarat Transfer OVO ke ShopeePay

Tidak jauh berbeda dengan cara transfer beberapa jenis e-money lainnya, transfer OVO ke Shopeepay juga memiliki beberapa syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh setiap pengguna. Adapun beberapa diantaranya ialah:

  • Akun OVO yang dimiliki sudah upgrade menjadi akun OVO Premier. Hal ini penting untuk Anda perhatikan karena akun OVO yang belum t premier tidak bisa melakukan aktivitas transfer ke berbagai jenis e-money, termasuk Shopeepay.
  • Akun Shopeepay telah terverifikasi, dalam hal ini pengguna Shopeepay juga harus melakukan verifikasi data diri menggunakan KTP untuk bisa melakukan aktivitas transfer ataupun menerima pemindahan dana dari berbagai jenis e-money.
  • Memiliki sambungan atau koneksi internet yang lancar dan memadai. Selain kedua syarat yang telah disebutkan, sambungan internet yang memadai juga harus Anda miliki agar transaksi transfer yang dilakukan bisa berjalan dengan lancar.
  • Pastikan saldo dalam akun OVO lebih dari cukup untuk melakukan transfer. Dalam hal ini, tidak ada ketentuan tambahan mengenai batasan minimal saldo mengendap setelah transfer sehingga tidak perlu khawatir jika saldo setelah transfer Rp0.

Itulah keempat syarat yang harus Anda perhatikan sebelum memahami lebih lanjut terkait cara transfer OVO ke Shopeepay.

Biaya Layanan Transfer OVO ke Shopeepay

Selain beberapa syarat-syarat transfer yang telah disebutkan di atas, terdapat pula hal yang tidak kalah pentingnya yakni adanya biaya admin yang dikenakan dalam transaksi yang dilakukan.

Baca juga:  5 Cara Main Qiu Qiu Kartu Domino Auto Jackpot

Dalam hal ini, pengguna akan dikenakan biaya sebesar Rp2.500 untuk setiap kali transaksi transfer dari OVO ke Shopeepay. Tarif tersebut berlaku untuk seluruh jumlah transaksi, mulai dari minimal transaksi Rp10.000 sampai dengan transaksi maksimal yang tidak dibatasi.

Besaran minimal transfer OVO senilai Rp10.000 tidak hanya berlaku ketika ingin memindahkan uang dalam akun Shopeepay. Tapi juga berlaku juga untuk segala bentuk transfer ke seluruh rekening bank yang ada di Indonesia.

Biaya layanan tersebut tergolong cukup murah jika dibandingkan dengan biaya layanan transfer antar bank yang berbeda.

Cara transfer OVO ke Shopeepay

Berikut di bawah ini ialah beberapa cara transfer OVO ke Shopeepay beserta penjelasan lengkapnya yang bisa Anda perhatikan:

1. Buka Aplikasi Shopee

Cara pertama yang harus Anda lakukan untuk transfer saldo dari OVO ke Shopeepay ialah membuka aplikasi Shopee terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan Shopeepay hanya bisa diakses melalui satu aplikasi yakni Shopee.

Adapun urutan cara-cara yang harus Anda lakukan ialah sebagai berikut:

  • Klik fitur Shopeepay yang bisa Anda lakukan di halaman utama ataupun melalui menu Saya pada aplikasi Shopee.
  • Setelah berhasil masuk ke dalam tampilan utama Shopeepay, maka langkah selanjutnya yakni memilih menu isi saldo yang berada di sebelah kiri.
  • Pilih menu bank transfer sesuai akun rekening yang Anda miliki.
  • Setelah selesai memilih bank transfer, maka nantinya Anda akan memperoleh nomor virtual account.
  • Selanjutnya, salin atau copy nomor tersebut karena nantinya bisa digunakan untuk melanjutkan transaksi di aplikasi OVO.

2. Buka Aplikasi OVO

Setelah memiliki salinan nomor virtual account, maka langkah selanjutnya ialah membuka aplikasi OVO. Berikut ialah urutan langkah yang bisa dilakukan:

  • Buka menu dalam halaman utama aplikasi OVO, lalu pilih menu transfer.
  • Selanjutnya, pilih menu transfer yang akan dilakukan ke rekening bank.
  • Setelah itu, isikan dengan lengkap identitas berupa nama bank yakni Bank Mandiri dan nomor rekening yang bisa diganti dengan nomor virtual account yang telah Anda salin sebelumnya. Selain itu, Anda juga bisa input secara manual dengan cara memasukkan angka 893 + nomor HP akun Shopeepay.
  • Masukkan nominal top up yakni minimal Rp10.000 sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
  • Selanjutnya, Anda harus melakukan konfirmasi dengan klik tombol transfer disertai dengan input pin transaksi berisi 6 digit kode dalam akun OVO Anda.
  • Setelah transaksi berhasil dilakukan, maka saldo akun Shopeepay akan secara otomatis ditambahkan.
Baca juga:  7 Cara Transfer DANA ke ShopeePay 5 Menit Beres

Itulah 2 Cara transfer OVO ke Shopeepay yang biasa dilakukan oleh sebagian masyarakat. Meski cara tersebut banyak dilakukan, namun pada kenyataannya tidak selalu sukses atau berhasil, mengingat OVO belum tergabung dalam pembayaran resmi Shopee.

Faktor Kegagalan Transfer OVO ke Shopeepay

Beberapa hal di bawah ini ialah faktor kegagalan transfer OVO ke Shopeepay yang banyak dialami:

  • Pertama, yakni akun OVO yang belum diupgrade menjadi Premier sehingga tidak bisa digunakan untuk melakukan transaksi dalam bentuk transfer.
  • Kedua, yakni akun Shopee yang belum terverifikasi dengan KTP sehingga tidak bisa digunakan untuk melakukan transfer ataupun menerima pemindahan dana dari sumber lain.
  • Ketiga, yakni kesalahan input nomor virtual account. Itu sebabnya, pastikan dengan baik nomor virtual account yang Anda masukkan telah sesuai guna meminimalisir kegagalan dalam transaksi.
  • Keempat, yakni melakukan transfer di bawah batasan minimum yang telah ditentukan yakni Rp10.000.

Keempat hal tersebut merupakan faktor yang biasa mengakibatkan kegagalan dalam bertransaksi.

Namun, jika keempat hal tersebut telah terpenuhi dan transaksi tetap gagal atau tidak berhasil, maka besar kemungkinan transfer OVO ke Shopeepay dalam perangkat Anda memang belum bisa dilakukan.

Baca juga:  4 Cara Mengatasi Lupa PIN DANA 100% Berhasil

Durasi Transfer OVO ke Shopeepay

Biasanya, uang akan langsung masuk dalam akun Shopeepay ketika transaksi berhasil dilakukan. Hal ini pada umumnya terjadi secara instan atau tidak akan memakan waktu yang lama. Pengecekan oleh sistem dilakukan secara otomatis setiap 10 menit sekali.

Besar kemungkinan transaksi akan berhasil selambat-lambatnya selama 10 menit setelah transaksi dinyatakan berhasil. Jika dalam waktu tersebut transaksi belum juga berhasil, maka besar kemungkinan sedang terjadi gangguan.

Untuk informasi lebih lengkapnya Anda bisa menghubungi customer service dari pihak OVO. Jika dalam waktu yang lama transaksi tidak berhasil dilakukan, maka jumlah uang yang Anda transfer akan kembali ke akun OVO karena proses transaksi tidak bisa dilanjutkan.

Jika dalam waktu yang lama dan saldo belum juga kembali, maka Anda bisa segera untuk menghubungi customer service OVO agar bisa ditindaklanjuti.

Apabila Anda melakukan transaksi dengan memperhatikan syarat dan faktor-faktor kegagalannya, maka besar kemungkinan transaksi yang dilakukan berhasil.

Itu sebabnya, tidak heran jika suatu saat nanti cara transfer dari OVO ke Shopeepay di atas tidak bisa dilakukan lagi karena pihak OVO telah menutup dan memblokir akses pembayaran tersebut.

Itulah beberapa informasi terkait cara transfer OVO ke Shopeepay yang biasa dilakukan oleh masyarakat sejauh ini. Cara tersebut memang belum ditetapkan menjadi pembayaran yang resmi namun sejauh ini transaksi tersebut banyak berhasil.

Artikel Terkait

error: