Jam Operasional Bank Danamon 2024: Istirahat & Libur


Beben.id – Salah satu hal paling penting yang harus kamu ketahui sebelum datang ke kantor cabang Danamon adalah jam operasional Bank Danamon terdekat. Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan, mengingat petugas bank hanya akan melayani keperluan kamu pada hari dan jam kerja sesuai yang diberlakukan.

Danamon merupakan bank umum yang sebagian besar sahamnya dimiliki sebuah perusahaan Singapura, yaitu PT Asia Financial. Seiring perkembangan zaman, Danamon mengalami pertumbuhan sangat pesat. Saat ini, terdapat lebih dari 30 ribu kantor cabang Danamon yang tersebar di seluruh Indonesia.

Profil Bank Danamon

PT Bank Kopra Indonesia yang saat ini dikenal sebagai PT Bank Danamon Indonesia Indonesia Tbk didirikan pada bulan Juli 1956. Danamon merupakan bank pertama yang memprakarsai pertukaran mata uang asing. Selain itu, Danamon juga adalah bank devisa pertama di Indonesia sejak tahun 1976.

Meskipun sempat mengalami kesulitan likuiditas pada tahun 1997, namun akhirnya berhasil pulih setelah diambil alih pemerintah pada 1999.

Di tahun 2000, Danamon memperluas sektor bisnisnya dalam bidang perbankan dengan menjadi bank utama yang menjadikannya sebagai bagian dari pilar ekonomi di tanah air. Secara umum, Bank Danamon bergerak pada beberapa lini bisnis perbankan, seperti:

1. Transaction Banking

Menyediakan layanan segmen bisnis dan perusahaan, meliputi mikro dan menengah. Khususnya melalui layanan pembiayaan perdagangan, manajemen khas, hingga supply chain.

2. Enterprise Banking & Financial Institution

Menyelenggarakan layanan nasabah pada segmen komersial, korporasi, dan juga lembaga keuangan melalui berbagai jenis layanan, seperti manajemen kas, treasury, kredit, dan pembiayaan perdagangan.

Baca Juga:  Jam Operasional Bank BCA 2024: Istirahat dan Libur

3. Perbankan Konsumer

Bank Danamon juga memiliki lini bisnis perbankan, termasuk layanan bagi setiap nasabah perorangan atau individu. Jadi, dapat digunakan oleh siapa saja.

Jam Operasional Bank Danamon 2023

Tidak berbeda dengan tahun 2022 lalu, jadwal operasional Bank Danamon tahun ini juga tidak mengalami perubahan yang signifikan. Jadi, jika kamu sudah menjadi nasabah Danamon sejak tahun lalu dan kerap datang ke kantor cabang untuk berbagai kebutuhan perbankan, maka tidak akan bingung lagi.

Meskipun terlihat sepele, namun dengan mengetahui jam operasional bank kamu bisa membuat jadwal yang lebih rapi dan berkunjung pada saat paling tepat. Apalagi, pada hari dan jam tertentu kantor cabang Danamon bisa sangat padat. Jika datang di waktu yang salah, maka kemungkinan harus mengantri.

Di bawah ini adalah jadwal operasional, jam istirahat, bulan puasa dan hari raya, serta layanan Weekend Banking Bank Danamon yang bisa dijadikan sebagai referensi:

1. Jadwal Operasional Bank Danamon di Hari Biasa

Seperti bank umum lain di tanah air, kantor cabang Danamon beroperasi mulai hari Senin – Jumat. Sementara itu, nasabah sudah mulai bisa mengakses layanan yang tersedia pada jam 8 pagi hingga 3 sore. Jadi, pastikan kamu tidak datang terlalu cepat, lambat, atau pada jam istirahat.

Senin 08.00 – 15.00
Selasa 08.00 – 15.00
Rabu 08.00 – 15.00
Kamis 08.00 – 15.00
Jumat 08.00 – 15.00
Sabtu Tutup
Minggu Tutup

2. Operasional Bank Danamon Bulan Ramadhan

Pada bulan Ramadhan, Bank Danamon juga tetap beroperasi dan melayani pelanggan secara offline sebagaimana hari biasa. Satu-satunya perbedaan hanya terletak pada jam buka yang relatif lebih awal. Sedangkan jam tutup kantor cabang juga lebih cepat, mengingat jam kerjanya hanya 7 jam.

Oleh sebab itulah, saat ingin menggunakan layanan perbankan konvensional pada bulan puasa, maka kamu harus melihat jadwal operasional Danamon secara lebih teliti.

Senin s/d Jumat : 07.00 12.30 waktu setempat

3. Jam Istirahat Bank Danamon

Selain mengetahui jam operasional Bank Danamon, nasabah juga harus tahu jam istirahat (time break) petugas bank. Hal tersebut karena waktu istirahat membutuhkan 1–1.5 jam.

Baca Juga:  6 Tabel Angsuran Kredit Pensiunan Terbaru 2024

Jam istirahat Danamon di hari biasa:

  • Senin s/d Kamis : 12.00 – 13.00
  • Jumat : 11.30 – 13.00

Jam istirahat Danamon di bulan puasa:

  • Senin s/d Kamis : 12.00 – 13.00
  • Jumat : 11.30 – 13.00

4. Jadwal Layanan Weekend Banking Bank Danamon

Meskipun di atas telah disebutkan jika kantor cabang Bank Danamon tutup atau libur pada hari Jumat maupun Sabtu. Namun, ada beberapa cabang yang tetap beroperasi dan melayani nasabah di akhir pekan.

Hal tersebut pula yang membuat setiap nasabah harus tahu jam buka Bank Danamon hari Sabtu hingga Minggu. Dengan begitu, kamu tidak datang ke kantor pada waktu yang salah.

Layanan Weekend Banking sengaja diselenggarakan oleh Danamon untuk mendukung berbagai kebutuhan transaksi nasabah. Namun, kamu juga bisa memanfaatkan layanan online Danamon.

Sayangnya, tidak semua cabang Bank Danamon menyediakan layanan perbankan akhir pekan. Jadi, kamu harus telah terlebih dahulu memiliki daftar yang lengkap. Berikut adalah daftar cabang Weekend Banking Danamon:

Mall Taman Anggrek Jakarta
Central Park Jakarta
Pondok Indah Mall Jakarta
Supermall Karawaci Tangerang
Diponegoro Denpasar
Pasar Bawah Pekanbaru
Mesjid Lama Palembang
Sutomo Jambi
Tanjungpura Pontianak

Layanan Informasi dan Aduan Nasabah Bank Danamon

Hingga saat ini, masih ada nasabah Danamon yang merasa bimbang ketika menghadapi berbagai kendala perbankan. Terutama pada hari libur nasional atau telah di luar jam operasional Bank Danamon. Apalagi, nasabah yang berdomisili di desa atau kebetulan sedang mudik dan tidak ada cabang Danamon disana.

Untuk mengatasi masalah yang dialami, kamu bisa memanfaatkan layanan online Danamon. Jadi, hanya dengan berbekal ponsel pintar dan koneksi internet saja, kamu sudah dapat menghubungi pihak customer service secara real time tanpa harus datang ke kantor cabang.

Jenis layanan virtual yang bisa kamu atasi secara online antara lain adalah:

  • Blokir kartu debit
  • Blokir kartu kredit
  • Informasi saldo
  • Penggantian PIN
  • Mutasi rekening
  • Berkonsultasi dengan Customer Service Danamon
  • Informasi mengenai kartu kredit Danamon (Mastercard & Visa)
Baca Juga:  Tabel KTA OCBC NISP Pinjaman Tunai 10 Menit Cair

Di bawah ini adalah beberapa cara mudah menghubungi Bank Danamon online yang bisa kamu pilih sesuai keinginan:

1. Menghubungi Call Center

Saat layanan konvensional tidak dapat diakses karena jam kerja kantor cabang bank yang terbatas. Kamu bisa segera menghubungi Pusat Panggilan Bank Danamon saat membutuhkan informasi atau bantuan tertentu yang berkaitan dengan perbankan. Layanan Hello Danamon ada di nomor 1-500-090.

Sebaiknya persiapkan pulsa yang cukup terlebih dahulu sebelum melakukan panggilan. Ini dilakukan demi kenyamanan nasabah. Terlebih lagi, mengingat biaya panggilan yang tidak bisa dikatakan murah.

2. Email

Jika kamu hanya membutuhkan beberapa informasi yang bersifat personal namun tidak terlalu penting, sehingga tidak memerlukan jawaban yang cepat, maka bisa melayangkan email ke [email protected]. Email biasanya hanya akan direspon pada hari dan jam kerja.

Mengetahui jam operasional Bank Danamon terlengkap bisa memudahkan kamu dalam mengurus berbagai aktivitas perbankan. Pasalnya, jadwal buka dan tutup bank telah ditentukan. Sebagai smart customer, kamu harus memperhatikan hal tersebut supaya tidak datang pada hari atau jam yang salah.

Baca Juga:

error: