Jam Operasional Bank BRI 2024: Istirahat & Libur

Beben.id – Jam operasional Bank BRI menjadi hal penting yang perlu diketahui, baik oleh para nasabah maupun calon nasabah Bank BRI. Sebab, dengan mengetahui jam kerja bank, dapat membantu mengatur waktu serta mengoptimalkan pelayanan.

Untuk itu, pada artikel kali ini kita akan membahas secara rinci tentang jam operasional dan waktu pelayanan nasabah, beserta dengan informasi penting lainnya. Yuk, simak uraiannya di bawah ini!

Sekilas Tentang Bank BRI

Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak 1895. BRI memiliki komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para nasabahnya.

Salah satu bentuk pelayanan terbaik yang dilakukan oleh BRI adalah menyesuaikan jam operasionalnya agar dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

Pasalnya, jam operasional menentukan periode waktu dimana nasabah dapat mengakses berbagai layanan perbankan, seperti penyetoran, penarikan, transfer dana, dan sebagainya.

Oleh karena itu, mengetahui jam operasional yang tepat sangat penting untuk mengatur kegiatan keuangan dan memastikan bahwa nasabah dapat melakukan transaksi dengan mudah.

Jam Operasional Bank BRI

Melansir dari laman resmi BRI, bahwa jam operasional yang ditetapkan adalah lima hari dalam satu minggu, yakni mulai hari Senin sampai Jumat. Berikut ini rinciannya:

  • Hari kerja: Senin-Jumat.
  • Jam kerja: 08.00-15.00 WIB.
  • Jam Istirahat: 12.00-13.00 WIB (Senin-Kamis), 11.30-13.00 WIB (Jumat)
  • Hari libur: Sabtu dan Minggu.
Baca Juga:  3 Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit Bukopin 2024

Penting untuk dicatat, bahwa jam operasional BRI di atas, mengacu pada Waktu Indonesia Barat (WIB). Oleh karena itu, bagi nasabah di luar zona tersebut, dapat menyesuaikan waktunya masing-masing.

Selain itu, jadwal operasional pun bisa berbeda-beda, terutama selama puasa bulan Ramadhan, setelah lebaran, maupun sesuai dengan lokasi dan kantor cabang di masing-masing wilayah.

Untuk itu, kamu bisa mengunjungi laman resmi BRI atau akun media sosial resmi BRI untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat, jika terdapat perubahan jadwal operasional.

Tips Bertransaksi di Luar Jam Operasional

Lantas, bagaimana jika ingin melakukan transaksi atau pengaduan di luar jam operasional? Tenang saja, kini kamu tak perlu khawatir! Sebab, Bank BRI juga menyediakan pelayanan yang tidak mengharuskan kamu untuk datang ke kantor cabang saat hendak bertransaksi.

Lalu, menggunakan cara apa saja? Berikut ini penjelasannya!

1. Bertransaksi Via ATM

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah bertransaksi di mesin ATM yang tersedia di wilayahmu. Melalui ATM BRI, kamu bisa melakukan transaksi seperti setor tunai, tarik tunai, transfer, dan sebagainya.

Selain itu, ATM BRI juga buka 24 jam, sehingga kamu bisa mengakses layanan perbankan kapan saja, selama terdapat mesin ATM BRI. Namun, pastikan bahwa kamu memiliki kartu debit atau aplikasi BRImo untuk melakukan transaksi tanpa kartu, serta mengingat dan menjaga kerahasiaan PIN.

2. Menggunakan Internet Banking atau M-Banking

Selain bertransaksi di mesin ATM, kamu pun bisa memanfaatkan layanan di luar jam operasional Bank BRI dengan internet Banking BRI atau aplikasi BRImo.

Dengan layanan tersebut, kamu bisa mengakses rekening, memantau saldo, melakukan transfer, membayar tagihan, serta melakukan aktivitas transaksi lainnya hanya melalui smartphone kamu.

Untuk mendapatkan berbagai fitur menarik dan kemudahan transaksi secara online ini, pastikan bahwa kamu telah mendaftar dan mengaktivasi layanan ini sebelumnya, ya!

3. Mengenal Call Center Bri

Jika kamu memiliki kendala atau permasalahan saat sedang bertransaksi secara online maupun offline, maka kamu bisa melakukan pengaduan terkait dengan masalah tersebut via Call Center BRI.

Baca Juga:  12 Cara Mengatasi Lupa PIN SMS Banking BRI 2024

Call Center bertujuan untuk memberikan pelayanan sekaligus mengatasi permasalahan yang dialami oleh nasabah BRI, terkait dengan layanan maupun transaksi perbankan. Kamu bisa menghubungi Call Center BRI di nomor 1500017 atau 14017, baik melalui telepon seluler maupun telepon kabel.

Bahkan telah menjangkau di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, BRI juga melayani pengaduan melalui WhatsApp di nomor 0821-1214-017, yang nantinya akan ditanggapi oleh Smart BRI New Assistant alias Sabrina.

Sabrina merupakan sejenis chatbot yang menyediakan layanan pesan singkat untuk memberikan informasi terkait dengan promo, detail produk, informasi lokasi kantor cabang BRI, dan sebagainya. Penting untuk diingat, bahwa pengaduan BRI via WhatsApp hanya melalui nomor di atas.

Jadi, kamu perlu hati-hati jika mendapatkan pesan yang mengatasnamakan BRI selain dari nomor di atas.

FAQ

1. Pelayanan di Bank BRI sampai Jam Berapa?

Seperti yang telah diinformasikan di atas, bahwa pada hari kerja Senin-Jumat, Bank BRI tutup pukul 15.00 WIB. Untuk itu, pastikan kamu datang lebih awal supaya mendapatkan pelayanan yang optimal.

2. Apakah Ada Cabang BRI yang Buka pada Hari Sabtu?

Setiap kantor cabang Bank BRI memiliki kebijakan yang berbeda, sehingga tidak semua cabang buka pada hari Sabtu. Oleh karena itu, silakan kunjungi kantor cabang terdekat untuk mendapatkan informasi jadwal operasional secara resmi.

3. Kantor Cabang BRI yang Buka Hari Sabtu Tutup Jam Berapa?

Pada beberapa kantor cabang BRI yang memiliki kebijakan untuk buka dihari Sabtu, memiliki jam operasional mulai dari pukul 08.00-13.00 WIB. Maka dari itu, kamu bisa datang pada jam-jam tersebut.

4. Apakah Terdapat Perubahan Jam Kerja Saat Bulan Puasa?

Umumnya, terdapat perubahan jam pelayanan pada Unit Kerja Operasional (UKO) saat bulan puasa. Jika biasanya mulai dari pukul 08.00-15.00 WIB, maka berubah menjadi pukul 07.45-14.15 WIB.

Namun, ketentuan tersebut bisa berbeda-beda pada setiap UKO. Maka dari itu, silakan kunjungi Unit di wilayah setempat untuk mendapatkan jadwal yang akurat.

Baca Juga:  7 Kelebihan dan Kekurangan Bank Danamon 2024

5. Bagaimana Cara Mengetahui Perubahan Jam Operasional Bank BRI?

Untuk mengetahui adanya perubahan jadwal layanan BRI, maka kamu bisa mendapatkannya melalui laman resmi BRI, yaitu www.bri.co.id.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan informasi melalui aplikasi BRImo, menghubungi Call Center BRI, atau datang langsung ke kantor cabang BRI di wilayah setempat.

6. Bagaimana Cara Melakukan Transaksi Selain Mendatangi Kantor Cabang BRI?

Supaya dapat melakukan transaksi di luar jadwal operasional BRI, maka kamu bisa memanfaatkan fasilitas lainnya, yakni dengan bertransaksi melalui ATM, Internet Banking, maupun aplikasi BRI Mobile resmi dari BRI.

7. Apakah Layanan WA BRI 24 Jam?

Tentunya, BRI mengupayakan pelayanan terbaik untuk para nasabahnya dengan menyediakan live chat online via WhatsApp selama 24 jam setiap harinya. Namun, jika ternyata belum mendapatkan tanggapan, kamu bisa menghubungi nomor call center di 14017.

8. Bagaimana Cara Membedakan WA BRI Resmi dan Penipuan?

Layanan chat BRI via WA hanya melalui nomor resmi, yakni 0821-1214-017. Selain dari nomor tersebut, maka bisa dipastikan bahwa itu bukan dari BRI.

Nomor WA resmi BRI akan otomatis memunculkan nama akun “Bank BRI” dan memiliki centang hijau. Jika nomor lain tidak memiliki centang hijau, maka dapat dipastikan bahwa itu adalah penipuan.

Dengan mengetahui jam operasional Bank BRI, maka akan memudahkan kita untuk melakukan transaksi perbankan secara maksimal. Untuk itu, penting untuk dipahami secara cermat dan jangan sampai salah jam operasionalnya, ya!

Baca Juga:

error: