Jam Operasional Bank Jateng 2024: Istirahat & Libur

Beben.id – Bagi nasabah Bank Jawa Tengah (Jateng), penting bagi kamu mengetahui jam operasional Bank Jateng secara lengkap. Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan, mengingat petugas bank hanya akan melayani nasabah di jam kerja saja. Bayangkan jika kamu datang pada jam istirahat, pasti harus menunggu lama.

Jadwal buka dan tutup bank milik Pemda Jawa Tengah sebenarnya hampir sama dengan bank lain. Meskipun begitu, jika kamu adalah tipe orang yang suka datang terlalu pagi atau menjelang kantor bank tutup, maka penting mengetahui jadwal terlengkapnya supaya tidak kepagian maupun ketinggalan.

Profil Bank Jateng

Sebelum membahas lebih jauh tentang jam operasional Bank BPD Jateng, ada baiknya kamu juga mengetahui profil dari bank yang pada awalnya bernama Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah ini.

Bank Jateng merupakan satu-satunya bank daerah Jawa Tengah yang didirikan dengan tujuan meningkatkan perekonomian masyarakat di provinsi tersebut.

BPD Jateng didirikan pada 1963 dengan dipelopori Pemda, tokoh masyarakat, serta pengusaha swasta yang berdomisili di Jawa Tengah. Saat ini, Bank Jateng telah memiliki 2 kantor pusat, 1 unit usaha syariah, 140 kantor cabang, 140 kantor cabang pembantu, 313 payment point, dan 185 kantor kas.

Sedangkan produk dan layanan yang disediakan Bank Jateng adalah sebagai berikut:

  • Tabungan Bima
  • Tabungan Simpeda
  • Giro
  • DPLK Setia
  • Deposito Berjangka
  • Simpanan Pelajar (Simpel)
  • TabunganKu
  • Pinjaman
  • Dan lain-lain

Jam Operasional Bank Jateng Terlengkap

Mengetahui informasi lengkap dan akurat mengenai jam operasional bank BPD Jateng memang sangat penting bagi setiap nasabah. Hal ini memungkinkan kamu bisa mengatur jadwal kedatangan pada saat yang tepat. Jadi, semua keperluan perbankan kamu dapat tersampaikan pada hari itu juga.

Baca Juga:  17 Jenis Kartu Kredit BCA (Limit, Bunga dan Syarat)

Bagi nasabah baru, mungkin masih akan bingung tentang jam operasional dari Bank Jateng. Khususnya menjelang akhir pekan. Apalagi, mengingat Bank Jateng juga menerapkan layanan Weekend Banking. Informasi terlengkapnya bisa kamu temukan di bawah ini:

1. Jam dan Hari Kerja Bank Jateng

Pada dasarnya, jam buka maupun tutup Bank Jateng tidak terlalu berbeda dengan bank lain. Karena jadwal operasionalnya relatif sama, yaitu Senin – Jumat dan di akhir pekan adalah Weekend Banking. Dengan kata lain, ada beberapa kantor cabang yang tetap buka tapi tidak penuh.

  • Hari & Jam Kerja : Senin – Jumat (08.00 – 14.30)
  • Weekend Banking : Sabtu & Minggu (08.00 – 12.00)

2. Jam Istirahat Bank Jateng

Para nasabah yang berencana melakukan aktivitas perbankan secara konvensional memang perlu berhati-hati supaya tidak datang di jam istirahat.

Meskipun durasinya hanya sekitar 1 jam, namun bisa membuat bosan karena harus menunggu. Apalagi, kalau kamu masih memiliki banyak hal penting untuk dikerjakan. Lantas, jam berapa para karyawan Bank Jateng biasanya beristirahat? Temukan jawabannya disini!

  • Senin s/d Kamis : 12.00 – 13.00
  • Jumat : 11.30 – 13.00

Perlu diingat bahwa pada hari libur nasional, hari keagamaan, serta hari besar lain yang ditandai tanggal merah di kalender, bank Jateng akan tutup. Jadi, pastikan kamu sudah mengecek kalender terlebih dahulu sebelum datang. Karena percuma jika datang di jam kerja kalau kantor bank nya tutup.

3. Jam Kerja Bank Jateng di Bulan Puasa

Mengacu pada jam operasional Bank Jawa Tengah selama Ramadhan 2023, diketahui bahwa bank milik Pemda ini beroperasi 30 menit lebih awal dan tutup setengah jam lebih cepat dibandingkan hari normal.

Jadi, jika kamu memiliki kebiasaan datang ke kantor cabang bank memasuki jam akhir atau jam pulang karyawan, maka harus mencatat informasi ini dengan baik agar tidak merasa kecewa.

  • Hari & Jam Kerja : Senin s/d Jumat (07.30 WIB – 14.00 WIB)
  • Jam Istirahat : Senin s/d Kamis (11.00 WIB – 12.00 WIB) & Jumat (11.00 WIB – 12.30 WIB)
Baca Juga:  Jam Operasional Bank BTN 2024: Istirahat & Libur

Layanan Weekend Banking Bank Jateng Hari Sabtu dan Minggu

Sejak 1 Oktober 2022, Bank Jateng mulai aktif mengoperasikan layanan Weekend Banking di semua Kantor Cabang Konvensional (KCK) maupun Kantor Cabang Pembantu (KCP).

Hal ini tentu menjadi sebuah kabar gembira bagi para nasabah Bank Jateng karena masih dapat menggunakan layanan offline meskipun pada akhir pekan, yaitu Sabtu dan Minggu.

Meskipun begitu, kamu harus tahu jam operasional Bank Jateng saat akhir pekan untuk menghindari datang di waktu yang salah. Apalagi, bank hanya akan beroperasi setengah hari saja. Di bawah ini adalah jadwal operasional Weekend Banking dari Bank Jateng:

  • Weekend Banking : Sabtu & Minggu
  • Jam Kerja : 08.00 – 12.00
  • Layanan Kas : 08.00 – 11.00

Sementara itu, layanan transaksi Weekend Banking yang disediakan antara lain adalah sebagai berikut:

  • Setoran Tunai (Tabungan, giro, angsuran kredit, DPLK, dan sebagainya).
  • Transaksi pindah rekening giro dan tabungan.
  • Setoran non tunai, meliputi transfer antar bank, transfer antar bank, dan angsuran kredit.
  • Transaksi tunai dari rekening tabungan maupun giro dengan nominal maksimal 50 juta rupiah.
  • Transaksi Penerimaan Negara Bukan Pajak, Pajak MPN, dan Pajak atau Retribusi Daerah.
  • Layanan elektronik (Digital banking).

Weekend Banking juga disebut sebagai Layanan Operasional Terbatas karena pihak bank tidak menyelenggarakan transaksi penarikan dana tunai melalui Teller. Kecuali jika dana tunai tersebut sumbernya adalah rekening Pemerintah.

Untuk melakukan transaksi penarikan uang tunai, maka bisa kamu lakukan via mesin ATM atau layanan kas lain. Jadi, kamu tidak perlu merasa khawatir.

Call Center Bank Jateng

Bank Jateng selalu berusaha untuk memberikan layanan terbaik kepada para nasabah. Salah satunya adalah adalah dengan menghadirkan layanan Pusat Panggilan & Pengaduan atau Call Center. Jadi, apabila kamu mengalami kendala perbankan di hari libur, bisa langsung hubungi 14066.

Baca Juga:  Tabel KTA CIMB Niaga 2024 Pinjam Tunai 5 Menit Cair

Jadi, tidak perlu panik jika menghadapi masalah perbankan meskipun sudah lewat jam operasional Bank Jateng. Di samping itu, kamu juga bisa menelepon langsung Kantor Pusat Bank Jateng di nomor 024 354 7541 atau menghubungi KCK atau KCP terdekat untuk mendapatkan informasi maupun bantuan.

Call Center Bank Jateng bisa diakses kapan saja karena menerapkan layanan non stop selama 24 jam. Dengan menghubungi Call Center, maka semua masalah yang kamu alami dapat segera ditemukan solusinya. Oleh sebab itu, jika mengalami masalah perbankan urgent, segera hubungi Call Center.

Kamu juga berkomunikasi dengan pihak Bank Jateng tanpa harus datang ke kantor cabang dengan beberapa cara mudah berikut ini:

1. Melalui Email

Tuliskan pertanyaan atau keluhan perbankan yang kamu alami dengan mengirim email ke [email protected]. Email kamu akan direspon oleh CS pada hari dan jam operasional.

2. Media Sosial

Kamu juga dapat berinteraksi dengan berbagai layanan Bank Jateng melalui media sosial. Apalagi, bank satu ini mempunyai akun media sosial cukup lengkap, seperti:

  • Twitter : @bank_jateng
  • Facebook : Bank Jateng
  • Instagram : @bankjateng
  • YouTube : Bank Jateng

Membuat jadwal kunjungan ke Bank Jateng jadi lebih mudah dengan mengetahui informasi jam operasional Bank Jateng. Akan tetapi, jika kamu belum yakin dengan jam buka Bank Jateng terdekat, maka bisa langsung hubungi call center melalui nomor yang tersedia di atas.

Baca Juga:

error: