Jam Operasional Bank Jatim 2024: Istirahat & Libur


Beben.id – Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur atau Bank Jatim adalah BUMD milik pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan kantor pusat di Surabaya. Jika kamu merupakan salah satu nasabah yang sering memiliki kepentingan perbankan, maka harus mengetahui jam operasional Bank Jatim.

Sebenarnya, ada berbagai produk dan layanan perbankan yang bisa diakses secara online. Namun, tidak semua pihak paham mengenai transaksi digital. Selain itu, fasilitas yang disediakan Bank Jatim konvensional juga lebih lengkap. Wajar jika kantor cabang bank tersebut selalu ramai dikunjungi nasabah.

Profil Bank Jatim

Bank Jatim merupakan BUMD Jawa Timur yang berdiri pada bulan Agustus tahun 1961 dan bergerak pada sektor perbankan. Di tahun 1976, status bank diubah secara resmi menjadi Perusahaan Daerah.

Pada 1990 status Bank Jatim mengalami peningkatan ke Bank Devisa. Hanya saja, berubah kembali menjadi Perseroan Terbatas di akhir tahun 1999. Untuk mendukung aktivitas bisnisnya, pada tahun 2007 Bank Jatim mulai menjalankan Unit Usaha Syariah.

Seiring dengan perkembangan zaman, Bank Jatim mengalami pertumbuhan cukup signifikan. Bahkan, di akhir tahun 2020, Bank Jatim telah mempunyai 48 kantor cabang, ratusan kantor cabang pembantu dan kantor kas, dengan 777 mesin ATM yang tersebar di berbagai penjuru Jawa Timur.

Demi memberikan kenyamanan kepada nasabah, Bank Jatim menghadirkan layanan dan produk perbankan super lengkap yang meliputi:

  • Simpanan
  • Bisnis
  • Pembiayaan
  • Syariah
  • Layanan (Jatim Prioritas, E-Channel, Transaksi Devisa)

Jam Operasional Bank Jatim Pusat dan Cabang Terlengkap

Petugas Bank Jatim hanya melayani nasabah pada hari dan jam kerja yang telah ditetapkan. Jadi, dapat ditebak apa yang akan terjadi jika kamu datang di luar jam tersebut, pasti tidak akan dilayani.

Baca Juga:  KTA Bank Mega 2024: Tabel, Syarat dan Angsuran

Jika kamu datang terlalu cepat atau pada jam istirahat, maka harus menunggu hingga bank beroperasi kembali atau waktu istirahat selesai. Sementara itu, apabila nasabah datang terlambat, misalnya 10 menit setelah jam kerja usai, maka dapat kembali lagi di keesokan hari atau hari kerja.

Untuk lebih lengkapnya, di bawah ini adalah hari dan jam kerja dari Bank Jatim:

1. Jadwal Buka Bank Jatim

Bank Jatim beroperasi pada hari Senin hingga Jumat dan kantor akan buka mulai pukul 8 pagi sampai setengah 5 sore. Namun, ada beberapa kantor cabang yang tetap menyelenggarakan layanan perbankan selama setengah hari pada pada akhir pekan, terutama di hari Sabtu.

  • Senin           : 08.00 WIB – 16.30 WIB
  • Selasa          : 08.00 WIB – 16.30 WIB
  • Rabu            : 08.00 WIB – 16.30 WIB
  • Kamis           : 08.00 WIB – 16.30 WIB
  • Jumat           : 08.00 WIB – 16.30 WIB

2. Jam Istirahat Bank Jatim

Break time (waktu istirahat) Bank Jatim relatif sama dengan lain, yaitu mulai sekitar pukul 12-1 siang. Jadi, totalnya adalah 1 jam. Jika kamu datang di jam 12, maka akan dilayani pada pukul 1 siang.

Sedangkan pada hari Jumat, terdapat sedikit perbedaan waktu istirahat karena mulai lebih cepat dan durasinya relatif lama, yaitu sekitar 1 jam setengah. Waktu tambahan tersebut dimaksudkan agar petugas pria yang beragama Islam dapat menjalankan sholat Jumat berjamaah di masjid terdekat.

Di bawah ini adalah jam istirahat petugas Bank Jatim terlengkap:

  • Senin s/d Kamis        : 12.00 WIB – 13.00 WIB
  • Jumat                       : 11.30 WIB – 13.00 WIB

3. Jam Operasional Bank Jatim Selama Puasa

Pada bulan Ramadhan, Bank Jatim tetap beroperasi dan menyediakan layanan perbankan seperti biasa. Perbedaan hanya terdapat pada jadwal buka serta tutup kantor bank saja.

Baca Juga:  Jam Operasional Bank Jateng 2024: Istirahat & Libur

Jika merujuk selama Ramadhan 2023, Bank Jatim buka lebih pagi. Jadi, nasabah bisa datang awal dan menyelesaikan aktivitas keuangan lebih cepat. Akan tetapi, jam tutupnya juga maju setengah jam lebih cepat. Apabila kamu datang setelah pukul 4 sore, maka tidak akan dilayani lagi oleh petugas.

  • Jam Kerja Senin s/d Jumat    : 07.30 WIB – 16.00 WIB
  • Jam Istirahat                         : 11.30 WIB – 12.30 / 13.00 WIB

4. Jadwal Libur Bank Jatim

Seperti instansi perkantoran pada umumnya, Bank Jatim juga memiliki jadwal libur yang disesuaikan dengan hari libur nasional di Indonesia. Dengan kata lain, pada tanggal merah seluruh kantor Bank Jatim ini akan tutup dan tidak menyediakan layanan konvensional (offline).

Namun, kamu tetap bisa mengakses informasi maupun bantuan sesuai yang dibutuhkan dengan menghubungi call center. Selain itu, untuk transaksi perbankan dapat dilakukan via mobile (online) atau melalui mesin ATM terdekat yang buka selama 24 jam.

Layanan Weekend Banking Bank Jatim

Dalam beberapa tahun terakhir, layanan Weekend Banking atau perbankan akhir pekan memang marak digunakan oleh mayoritas bank di Indonesia. Hal tersebut dilakukan demi memberikan pelayanan secara total kepada para nasabah. Jadi, tetap bisa melakukan aktivitas keuangan konvensional di akhir pekan.

Lantas, apakah kantor cabang Bank Jatim Kediri, Malang, dan Madiun memiliki layanan Weekend Banking? Faktanya, tidak semua KCK atau KCP menghadirkan layanan ini. Jadi, sebelum kamu datang ke Bank Jatim, sebaiknya pastikan informasi yang kamu terima adalah valid.

Di bawah ini adalah daftar Bank Jatim yang buka pada hari Sabtu dan Minggu:

  • Bank Jatim KCP Pasar Atom : Jl. Bunguran, No. 45, Bongkaran – Kota Surabaya
  • Bank Jatim KCP Royal Plaza : Jl. A. Yani, No. 16, Wonokromo – Surabaya
  • Bank Jatim KCP PGS            : Jl. Raya Dupak, No. 1 – Mall PGS Krembangan

Pusat Informasi dan Bantuan Bank Jatim

Salah satu cara paling efektif dalam mencari tahu jam operasional Bank Jatim adalah dengan menghubungi Pusat Panggilan/Call Center karena informasi yang akan kamu terima dijamin valid. Layanan ini dapat diakses pada hari dan jam apapun, dengan catatan kamu memiliki cukup pulsa.

Baca Juga:  Jam Operasional Bank Mega 2024: Istirahat & Libur

Jika tidak punya pulsa, maka tidak perlu panik. Di bawah ini adalah beberapa opsi menghubungi Bank Jatim yang bisa kamu coba:

1. Call Center

Mempunyai pertanyaan seputar produk atau layanan Bank Jatim atau ingin menyampaikan pengaduan maupun saran? Kamu dapat menghubungi call center Bank Jatim melalui nomor 14044.

2. WhatsApp Prita

Bank Jatim juga menghadirkan layanan informasi dan keluhan berbasis aplikasi WhatsApp. Melalui layanan Chat dengan Prita ini, kamu dapat mengajukan pertanyaan mengenai hal-hal yang belum jelas. Kamu juga dapat mengadukan kendala atau masalah perbankan yang dialami.

3. Situs Website Resmi Bank Jatim

Sebenarnya, semua informasi mengenai Bank Jatim telah dituliskan secara lengkap pada situs resminya. Pada website tersebut, kamu juga bisa melayangkan aduan dengan mengisi Form Pengaduan online. Nantinya, keluhan kamu akan direspon oleh customer service yang bertugas.

4. Email

Tidak dapat dipungkiri, bahwa email bisa menjadi solusi paling ampuh untuk menghubungi pihak Bank Jatim. Namun, kamu harus bersabar dalam menunggu balasan.

Pada hari kerja normal, jam operasional Bank Jatim sebenarnya sama dan nyaris tidak pernah mengalami perubahan. Akan tetapi, demi kenyamanan dan keamanan transaksi kamu, sebaiknya telah mengantongi informasi akurat mengenai jam buka dan tutup kantor bank milik BUMD Jawa Timur tersebut.

Baca Juga:

error: