14 Cara Mengatasi Lupa PIN ATM BJB 100% Ampuh

Setiap para nasabah Bank BJB maka harus mengetahui bahwa untuk mengatasi lupa pin ATM BJB dapat dilakukan melalui tiga cara, yaitu dengan menghubungi call center secara langsung, datang ke kantor cabang atau melalui aplikasi bank BJB.

Seperti yang diketahui bahwa Bank BJB itu sendiri termasuk sebagai Bank Pembangunan Daerah terbaik yang ada di negara Indonesia. Setiap nasabah bisa memperoleh banyak fasilitas perbankan yang lengkap. Misalnya seperti fasilitas SMS banking, internet banking dan juga ATM.

Cara Mengatasi Lupa Pin ATM BJB

Sangat menyebalkan apabila ketika ingin melakukan transaksi, tiba-tiba lupa dengan PIN ATM tersebut. Jika mengalami hal demikian, maka tidak perlu khawatir karena masih ada solusi yang bisa dilakukan. Apa saja solusi yang dimaksud? Berikut ini penjelasannya:

1. Menghubungi Call Center BJB

  • Cara yang pertama, nasabah disarankan untuk menghubungi call center BJB terlebih dahulu melalui nomer yang ada di 14049. Akan tetapi sebelumnya nasabah harus mempunyai pulsa paling tidak Rp20.000 Karena untuk telepon call center ini berbayar alias tidak gratis
  • Jika telepon sudah terhubung barulah nasabah bisa langsung mengutarakan keluhan mengenai kartu ATM yang terblokir akibat lupa pin ATM.
  • Pihak customer service akan segera mengatasinya keluhan tersebut dan memberikan solusi kepada nasabahnya.
  • Pihak customer service nantinya akan meminta nomor rekening dan nomor ATM dari nasabah untuk langkah verifikasi data. Untuk itu, siapkan dokumen yang dibutuhkan terlebih dahulu sebelum telepon. Dokumen yang dibutuhkan yaitu KTP, ATM yang terblokir beserta buku tabungan.
  • Jika data sudah terverifikasi otomatis pihak dari customer service memberi informasi PIN ATM yang baru.
  • Kemudian nasabah bisa langsung pergi ke ATM terdekat untuk mengganti pin tersebut demi menjaga keamanan uang yang ada di dalamnya.
  • Proses selesai.
Baca juga:  3 Cara Pinjam Uang di Bank BCA 100% Pasti Cair

2. Datang Ke Kantor Cabang

Alternatif lain yang bisa dilakukan ketika nasabah lupa pin ATM BJB dan ingin mengurus kartu ATM yang lupa pin atau terblokir yaitu dengan berkunjung ke bank secara langsung untuk. Langkah-langkahnya seperti berikut:

  • Silahkan kunjungi Bank BJB dengan lokasi yang paling terdekat dan bawalah persyaratan yang dibutuhkan. Seperti kartu ATM BJB yang terblokir, buku tabungan BJB, beserta kartu identitas dari pemilik ATM.
  • Kemudian ambillah nomor antrian di bagian customer service.
  • Apabila nomor antrian sudah dipanggil silahkan sampaikan permasalahan yang sedang dialami. Seperti meminta bantuan agar bisa mengatasi lupa pin ATM.
  • Nantinya pihak dari customer service akan menanyakan alasan kenapa kartu bisa terblokir. Katakan bahwa lupa pin atm dan salah memasukan pin sebanyak 3 kali berturut-turut.
  • Setelah itu CS akan memberikan solusi dengan memproses keluhan dan permasalahan yang sedang terjadi.
  • Pada biasanya pihak dari customer service akan meminta persyaratan dokumen tadi.
  • Ketika customer service sedang memproses, nasabah hanya perlu menunggu beberapa menit saja, karena prosesnya tidaklah terlalu lama.
  • Apabila pemrosesan sudah selesai dilakukan, maka customer service akan memberitahu ke nasabah untuk mengganti pin ATM baru di mesin ATM.
  • Proses selesai.
Baca juga:  18 Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit BCA

3. Melalui Aplikasi Perbankan

Nasabah harus mengetahui bahwa untuk saat ini proses transaksi keuangan dapat dimudahkan, karena adanya layanan aplikasi perbankan. Hal ini dilakukan oleh Bank BJB dengan mengembangkan aplikasi yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

Aplikasi ini menyediakan banyak fitur dan customer service digital. Dengan begitu ketika ingin mengurus segala sesuatu, termasuk lupa pin ATM BJB tidak harus datang ke kantor cabang. Melainkan bisa menggunakan aplikasi Bank BJB.

Untuk caranya sangatlah mudah karena nasabah hanya tinggal mendownload aplikasi di Google Play Store. Setelah itu pilih live chat atau WhatsApp aplikasi. Nantinya nasabah akan dihubungkan dengan customer service agar bisa mengatasi permasalahan lupa pin.

Untuk cara ini juga berlaku untuk nasabah yang mengalami kartu ATM terblokir karena lupa pin. Dengan bantuan aplikasi ini, maka nasabah merasa dimudahkan ketika ingin melakukan transaksi dengan bank BJB.

Tips Agar Terhindar Masalah Lupa Pin ATM

Lupa pin ATM BJB memang bukanlah permasalahan yang besar, karena permasalahan seperti ini bisa diatasi dengan mudah. Walaupun jika lupa pin maka kegiatan transaksi akan terganggu. Nasabah tidak perlu khawatir dan panik ketika lupa pin ATM atau bahkan kartu sudah terblokir.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa membantu agar terhindar dari permasalahan lupa pin ATM di antaranya:

  • Pengguna bisa menggunakan PIN dengan angka spesial dan pastikan bahwa hanya nasabah saja yang mengetahuinya, agar tetap terjaga keamanannya.
  • Membuat PIN yang sekiranya mudah untuk diingat, akan tetapi tidak mudah ditebak oleh orang lain.
  • Bisa juga dengan mencatat PIN ATM di bagian HP atau catatan yang sekiranya aman dari jangkauan orang lain.
Baca juga:  10 Jenis Kartu Kredit CIMB Niaga (Limit, Bunga, Syarat)

FAQ:

1. Bagaimana Apabila Salah Memasukkan PIN ATM BJB 3 Kali?

Jika nasabah salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali, otomatis ATM akan terblokir. Apabila ingin menggunakan kembali harus membuka blokir tersebut melalui call center BJB.

2. Ada Berapa Digit PIN ATM BJB?

Sekarang ini PIN ATM BJB memiliki 6 digit angka.

3. Saat Mengatasi Lupa Pin ATM BJB, Dokumen Apa Saja Yang Dibutuhkan Saat Datang Ke Kantor Cabang Bank BJB?

Dokumen yang dibutuhkan yaitu berupa buku tabungan, KTP, kartu ATM BJB. Selain itu nasabah harus datang sendiri karena tidak dapat diwakilkan.

4. Berapa Biaya Ketika Mengatasi Lupa Pin ATM?

Apabila nasabah datang ke kantor secara langsung, maka tidak akan dikenakan biaya. Sementara jika mengatasi melalui panggilan call center maka hanya dikenakan biaya panggilan atau pulsa saja.

5. Apakah PIN ATM Sudah Tertera Di Buku Tabungan?

Untuk PIN ATM Bank BJB tidak tertera di buku tabungan, sehingga jika lupa pin harus mengurusnya melalui kantor cabang atau melalui call center.

Sekarang ini ada banyak cara yang bisa ditempuh ketika nasabah lupa pin ATM BJB. Melalui beberapa informasi yang ada di atas, diharapkan setiap nasabah Bank BJB ini tidak mengalami banyak kesulitan ketika ingin mengurus ATM yang terblokir atau lupa pin.

Baca Juga:

error:
close