4 Cara Mengatasi Lupa PIN DANA 100% Berhasil

DANA merupakan sebuah e-wallet populer yang saat ini banyak digunakan oleh kaum milenial. Jika ingin mengaksesnya maka diperlukan sebuah PIN untuk melakukan transaksi. Akan tetapi, bagaimana jika lupa PIN DANA yang sudah menjadi e-wallet Anda?

Tidak perlu khawatir berlebih karena cara untuk mengatasinya cukup mudah dan bisa diselesaikan dalam waktu yang tidak lama. Memang tidak bisa instan dan harus melakukan beberapa langkah yang pasti namun tetap saja Anda bisa mendapatkan kembali PIN yang terlupa tersebut.

Cara Mengatasi Lupa PIN DANA

Seperti yang dibahas di atas bahwa DANA merupakan aplikasi serta layanan sistem sebagai pembayaran uang elektronik. Layanan yang diberikan berbasis mobile dengan dompet elektronik, transfer dana, dan masih banyak layanan lainnya.

Pemegang lisensi resmi dari e-wallet ini adalah PT Espay Debit Indonesia Koe yang telah mendapatkan izin secara resmi dari Bank Indonesia. Oleh sebab itu, aplikasi ini bisa dibilang aman dan terpercaya untuk menyimpan sebuah uang elektronik yang dimiliki oleh penggunanya.

Sekarang, Anda akan diberikan beberapa cara jika saja lupa dengan PIN DANA yang sudah diatur sebelumnya dengan beberapa cara di bawah, yaitu:

1. Melalui Aplikasi DANA

Untuk mengetahui PIN dari aplikasi dana tersebut maka bisa melalui aplikasi tersebut. Akan tetapi, bukan berarti Anda bisa langsung tahu dan PINnya tertera di sana. Namun, lebih kepada upaya untuk mengatasi PIN yang terlupa, seperti di bawah ini:

  • Buka aplikasi DANA pada smartphone yang sudah terinstal dengan baik.
  • Lalu, pada halaman login bisa klik Lupa PIN.
  • Nantinya, akan dilakukan sebuah verifikasi akun yang akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor ponsel.
  • Setelah itu, masukkan 4 digit kode tersebut yang sudah dikirimkan ke ponsel.
  • Jika sebelumnya Anda sudah mengaktifkan Pertanyaan Keamanan maka bisa menggunakannya dengan cara memasukkan NIK atau nomor KTP.
  • Pilihan lainnya juga bisa menjawab 3 pertanyaan Keamanan yang terdapat pada aplikasi DANA tersebut.
  • Kemudian, Anda diminta untuk memasukkan PIN baru dan masukkan kembali karena harus ada dua konfirmasi PIN baru.
  • Saat berhasil dikonfirmasi maka PIN DANA yang lupa sudah bisa diatasi.
Baca juga:  12 Cara Mengatasi Lupa PIN LinkAja 100% Berhasil

Cara ini memang sangat klasik dan menjadi rujukan pertama untuk para pengguna yang lupa PIN DANA. Pasalnya, PIN ini memang sangat penting terlebih jika memiliki saldo yang cukup lumayan pada dompet digital ini. Bagaimana? Mengatasi lupa PIN DANA dengan cepat bisa dilakukan bukan?

2. Melalui Ganti PIN DANA

Langkah selanjutnya jika Anda sudah login ke akun DANA namun lupa berapa PIN DANA maka bisa melalui pergantian PIN. Pasalnya, untuk pergantian PIN DANA biasanya diminta secara berkala seperti layaknya bank.

Terapkan juga cara tersebut agar bisa menjaga keamanan untuk melakukan transaksi. Selain itu, mengganti PIN DANA juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi saat lupa PIN namun masih bisa masuk ke akun DANA ini. Cara untuk mengganti PIN tersebut adalah:

  • Buka aplikasi DANA yang sudah login menggunakan akun pribadi.
  • Kemudian, pilih menu Saya yang ada di bagian pojok layar.
  • Pilihlah Pengaturan 🡪 Ganti PIN.
  • Lalu bisa melanjutkan dengan mengklik teks Lupa PIN DANA?
  • Masukkan untuk Kode OTP yang ingin diterima melalui SMS pada handphone.
  • Untuk PIN baru bisa memasukkan 6 digit nomor PIN baru.
  • Lakukan konfirmasi dengan cara memasukkan kembali 6 digit nomor PIN baru tersebut.
  • Setelah itu, jika berhasil akan muncul konfirmasi bahwa PIN DANA telah berhasil diubah.
Baca juga:  Kredivo Tidak Bisa Login? Pakai 10 Cara Ini

Langkah ini pastinya akan membuat Anda nyaman dan semakin ingat untuk PIN yang baru. Namun, untuk PIN ini biasanya tidak boleh menggunakan tanggal lahir dan bisa menggunakan nomor sederhana namun tetap bisa diingat.

Jika masih belum mengingat PIN maka ada langkah baiknya untuk bisa mencatat PIN baru yang sudah diatur kembali.

3. Melalui Hapus Akun DANA

Saat tidak ingin menggunakan akun DANA karena melupakan PIN untuk transaksi maka bisa menghapus akun dan membuatnya lagi. Memang cara ini terdengar sangat tidak rasional namun daripada akun tidak bisa digunakan sama sekali maka lebih baik dihapus dulu.

Lihat terlebih dahulu pada akun DANA apakah ada saldo atau tidak, jika tidak ada maka cara ini bisa digunakan dengan tepat. Untuk cara penghapusan akun ini sebenarnya cukup mudah melalui website resmi dari DANA.

Anda bisa mengunjungi website resminya dan mengisi data diri pada formulir. Untuk isiannya sendiri seperti nama, nomor HP, serta email. Jangan lupa untuk menuliskan permintaan penghapusan akun beserta alasan yang jelas di kolom pesan tersebut.

Tinggal menunggu beberapa saat maka akun DANA akan terhapus sehingga bisa membuat akun kembali. Dan jika sudah menuliskan PIN pada aplikasi jangan lupa untuk menyimpannya pada tempat yang aman agar saat lupa bisa langsung mencarinya.

4. Melalui Customer Service

Selanjutnya juga bisa menggunakan langkah untuk menghubungi customer service dari aplikasi DANA ini. Permasalahan yang terjadi jika mengunjungi customer service bisa dikarenakan salah menjawab pertanyaan 3 kali berturut-turut karena mengaktifkan Pertanyaan Keamanan.

Baca juga:  5 Cara Main Qiu Qiu Kartu Domino Auto Jackpot

Lupa PIN juga bisa di atas melalui customer service karena nantinya akan diberikan pengarahan kepada pelanggannya. Akan tetapi, jika memang tidak bisa diatasi dengan arahan maka dari pihak customer service akan mengatasi melalui sistem.

Namun, jangan berharap untuk customer service mampu memberikan PIN Anda. Hal tersebut dikarenakan PIN merupakan sebuah privasi pengguna dan bahkan sistem tidak menyediakan alternatif untuk melihat PIN tersebut.

Oleh sebab itu, customer service akan membantu dalam mengembalikan pengaturan kembali sehingga Anda bisa ingat dengan PIN atau setidaknya mengarahkan untuk mengganti PIN baru.

Untuk layanan yang diberikan oleh customer service juga cukup banyak sehingga terdapat beberapa cara untuk mengunjunginya, melalui:

  • WhatsApp Chat dengan nomor 08191 1500 445.
  • Email ke [email protected]
  • Telepon ke nomor 1500 445.

Untuk layanan ini bisa dinikmati selama 24 jam dan Anda tinggal menunggu balasan jika menggunakan WhatsApp Chat maupun email. Berbeda dengan telepon yang bisa diangkat sewaktu-waktu.

Pada beberapa langkah untuk mengatasi lupa PIN DANA di atas bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Bahkan bisa dipertimbangkan dulu manakah yang lebih efektif sehingga prosesnya bisa berjalan dengan lancar dan permasalahan bisa diselesaikan dengan baik.

Baca Juga:

error:
close