3 Cara Mengatasi Lupa PIN Gopay Terbaru

E-commerce yang memiliki e-wallet tersendiri seperti Gojek dan Tokopedia yang mengandalkan Gopay bukan berarti tanpa masalah. Terkadang bagi para penggunanya lupa PIN Gopay sehingga harus memperbarui atau mengatasi permasalahan tersebut.

Opsi pembayaran dengan GoPay memang sangat diminati karena terbilang mudah dan memberikan kesan simple. Akan tetapi, apakah masih bisa bertransaksi jika PIN tersebut dilupakan? Jawabannya adalah tidak bisa sehingga harus diatasi terlebih dahulu permasalahannya.

Cara Mengatasi Lupa PIN Gopay

Pasti pengguna sudah tahu bahwa e-wallet atau dompet digital Gopay bisa digunakan untuk berbelanja di Tokopedia maupun transaksi Gojek dengan memasukkan PIN terlebih dahulu agar pembayaran bisa berhasil.

Memang untuk Gojek dan Tokopedia saat ini sudah berkolaborasi menggunakan e-wallet ini. Sebenarnya keduanya sudah mulai terintegrasi mulai tanggal 7 Oktober 2020 silam. Keuntungan jika menggunakan GoPay di Tokopedia akan mendapatkan berbagai cashback, promo, serta hadiah lainnya.

Namun, bagaimana cara yang harus dilakukan jika PIN Gopay ini sampai lupa? Transaksi tidak akan berhasil tanpa mengetikkan PIN. Oleh sebab itu bisa menggunakan langkah di bawah ini untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu:

1. Melalui Aplikasi Gojek

Pengelola dari Gopay ini adalah Gojek Indonesia yang merupakan pemilik aplikasi transportasi online terbesar di Indonesia. Nama perusahaannya sendiri adalah PT. Karya Anak Bangsa dengan pendirinya adalah Nadiem Makarim yang saat ini sudah menjadi Menteri Pendidikan.

Perusahaan ini tidak lupa untuk memberikan solusi kepada para pengguna jika saja lupa PIN Gopay untuk bertransaksi. Cara pemulihannya cukup mudah yaitu:

  • Cobalah untuk memperbarui aplikasi Gojek terlebih dahulu pada smartphone.
  • Kemudian, masuk ke dalam aplikasi dan pastikan sudah login menggunakan akun pribadi.
  • Pada bagian halaman awal bisa mengklik Explore yang ada di menu Gopay.
  • Selanjutnya, terdapat Settings, klik pilihan tersebut.
  • Untuk menunya bisa memilih Forgot PIN.
  • Kemudian, akan masuk ke dalam Enter New PIN yang berarti harus memasukkan PIN baru.
  • Masukkan 6 digit PIN Gopay baru yang ingin digunakan.
  • Setelah itu, konfirmasi sekali lagi dengan cara mengetikkan PIN baru yang sama.
  • Selanjutnya adalah proses verifikasi yang dilakukan dengan mengirimkan kode OTP melalui SMS pada nomor handphone yang sudah terdaftar.
  • Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS dan proses verifikasi berhasil.
Baca juga:  9 Cara Daftar KTA Asetku Akulaku 100% Berhasil

Saat proses verifikasi tersebut berhasil maka bisa dipastikan bahwa untuk penggantian PIN baru juga berhasil. Anda bisa menggunakan Gopay kembali untuk bertransaksi pada Tokopedia maupun Gojek.

Terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan pada saat ingin menggunakan cara di atas. Sudah diperingatkan dari perusahaan bahwa untuk kode OTP yang dikirimkan tidak boleh dibagikan kepada siapapun karena itu termasuk kode rahasia yang bisa disalahgunakan oleh cyber crime.

Kemudian, jika sudah berhasil melakukan pergantian PIN baru selanjut adalah untuk aktivasi pembayaran Gopay melalui layanan Tokopedia. Untuk caranya juga cukup mudah dan sederhana karena tinggal mengklik pilihan Aktifkan pada menu Gopay & Coins yang ada di aplikasi Tokopedia.

2. Melalui Proses Ubah PIN Gopay

Cara yang dapat dilakukan pada saat melupakan PIN Gopay adalah bisa menggantinya pada saat akun Gojek sudah terbuka dan masuk dengan login akun pribadi. Meskipun tidak terlupa namun jika merasa tidak aman pada saat PIN sudah diketahui oleh orang lain maka bisa mengubah PIN tersebut.

Baca juga:  14 Cara Daftar Menjadi Vendor Akulaku 100% ACC

Kemudahan ini bisa dilakukan oleh seluruh pengguna Gojek karena keamanan menjadi hal yang paling penting pada saat terdapat saldo Gopay. Berikut adalah cara untuk mengganti PIN Gopay, yaitu:

  • Pertama, buka aplikasi Gojek yang sudah ada di smartphone dan login dengan nomor pribadi.
  • Setelah itu, arahkan terhadap menu Lainnya yang ada pada bagian pojok kanan atas.
  • Masuk ke dalam menu Pengaturan.
  • Gantilah PIN lama dengan PIN baru dengan mengetuk Ubah PIN.
  • Kemudian, Anda harus memasukkan PIN lama yang sudah ada sebelumnya.
  • Jika sudah berhasil, bisa memasukkan PIN baru dengan 6 digit angka sebanyak dua kali karena untuk proses konfirmasi.
  • Untuk PIN yang sudah Anda berikan pada kolom tersebut harus diperhatikan dengan seksama agar tidak berbeda dan bisa melalui proses konfirmasi dengan cepat.
  • Tunggulah proses yang dilakukan oleh sistem aplikasi Gojek ini berhasil sehingga PIN bisa berubah.

Dengan menggunakan kode keamanan PIN ini maka setiap transaksi bisa dilakukan dengan mudah dan hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu. Akan tetapi, ada baiknya untuk tidak memberikan kode keamanan PIN ini kepada orang lain karena beresiko hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Melalui Customer Service

Jika langkah di atas tidak bisa dilakukan atau sudah dilakukan namun tidak berhasil maka bisa menggunakan opsi lainnya. Contohnya saja untuk mengganti PIN Gopay melalui Customer Service yang sudah disediakan dengan layanan yang baik.

Untuk permasalahan yang bisa menggunakan layanan Customer Service ini biasanya saat tidak dapat masuk ke akun Gojek. Barulah bisa menghubungi pada nomor telepon 021-5084-9000. Nantinya akan dibantu oleh admin yang bertugas saat ini.

Baca juga:  700 Kode Penukaran Higgs Domino 100% Berhasil

Cara Membuat PIN Gopay dengan Mudah

Selain mengganti PIN yang sudah terlupa, bagi pengguna baru memang membutuhkan cara yang tepat untuk membuat PIN baru. Pembuatan PIN biasanya akan dilakukan pada awal penggunaan PIN Gopay dan tergolong untuk caranya cukup mudah.

Terdapat beberapa langkah yang dapat Anda lakukan agar pembuatannya berhasil dengan sukses seperti di bawah ini:

  • Bukalah aplikasi Gojek yang sudah terinstal pada smartphone.
  • Kemudian, pada halaman pertama terdapat pasang PIN, pilih tombol tersebut.
  • Anda akan diarahkan kepada tampilan layar untuk bisa memasukkan PIN baru yang ingin dibuat.
  • Lalu, harus melakukan konfirmasi dengan cara memasukkan PIN baru tersebut dengan angka yang sama dan benar.
  • Proses verifikasi akan berjalan dengan cara mengirimkan kode OTP pada nomor yang sudah terdaftar pada aplikasi Gojek Anda.
  • Jika sudah mendapatkan kode OTP melalui SMS bisa memasukkan pada kolom yang sudah disediakan.
  • Ingat! Jangan memberikan kode OTP ini kepada siapapun agar akun Gojek tetap aman dan terhindar dari penyalahgunaan dari orang yang tidak bertanggung jawab.
  • Setelah selesai dimasukkan maka dengan begitu PIN berhasil diatur dan bisa digunakan untuk transaksi melalui dompet digital Gopay.

Melihat beberapa langkah di atas untuk mengatasi lupa PIN Gopay sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah cepat. Akan tetapi, pastikan memilih cara yang tepat dengan disesuaikan pada kebutuhan Anda saat ini.

Baca Juga:

error:
close