9 Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit BNI

Bank ternama yang banyak digunakan oleh nasabah adalah Bank Negara Indonesia atau BNI yang memiliki jenis kartu ATM dan kartu kredit. Untuk seluruh transaksi bisa digunakan secara baik dan cepat. Terkadang pengguna lupa PIN kartu kredit BNI maupun PIN ATM.

PIN ini memiliki fungsi agar bisa melakukan proses transaksi dengan mudah dan cepat untuk pembayaran. Jika lupa maka transaksi tidak akan bisa berjalan sehingga harus mengatasi permasalahan seperti ini terlebih dahulu.

Bagaimana Jika Lupa PIN Kartu Kredit BNI?

Menjengkelkan memang saat ingin melakukan transaksi malah PIN yang ditekan salah. Perlu diingat bahwa kartu bisa diblokir saat memasukkan PIN secara salah sebanyak 3 kali. Oleh sebab itu, jika Anda sudah merasa lupa PIN maka ada baiknya untuk mengatasinya terlebih dahulu.

Jangan terlalu gegabah dan membuat langkah yang salah dengan memaksa memasukkan PIN yang salah sampai dengan 3 kali karena akan lebih sulit mengatasinya.

1. Melalui SMS

Cara pertama yang akan diberikan adalah via SMS yang bisa dikatakan sangat mudah dan tepat untuk mengatasi masalah lupa PIN. Karena caranya hanya dengan mengetikkan format tertentu pada nomor tujuan maka seluruh permasalahan bisa teratasi.

Bagi para pengguna kartu kredit BNI utama bisa menggunakan langkah di bawah ini sehingga dapat mencari solusi permasalahan, yaitu:

  • Buka aplikasi Pesan pada menu smartphone untuk mengirimkan SMS.
  • Kemudian, tuliskan formatnya yaitu RPIN (spasi) 16 digit nomor kartu kredit utama (spasi) tanggal lahir pemegang kartu utama.
  • Lalu setelah terisi, bisa mengirimkan pesan ke nomor 3346.
Baca juga:  14 Cara Mengatasi Lupa PIN ATM BJB 100% Ampuh

Dengan begitu maka Anda dapat mendapatkan layanan untuk reset PIN yang bisa dilakukan dengan mudah untuk kartu kredit BNI utama. Sedangkan, terdapat jenis lainnya untuk kartu kredit BNI ini yaitu kartu kredit BNI Tambahan.

Saat melupakan PIN pada kartu kredit BNI Tambahan ini sebenarnya caranya juga sama seperti yang diatas. Hanya saja memang berbeda pada digit nomor kartunya yang akan menunjukkan mana jenis kartu kredit BNI tambahan atau utama.

Dengan menggunakan layanan SMS ini maka akan dikenakan biaya untuk pengirimannya. Tergantung pada provider apa yang sedang digunakan. Pastikan untuk pulsa yang dimiliki cukup dan bisa digunakan untuk mengirimkan SMS kepada nomor tujuan.

Bisa dikatakan bahwa ini adalah cara offline yang siapa saja bisa melakukannya dengan tepat dan cukup mudah.

2. Melalui Call Center BNI

Jika sebelumnya melalui SMS yaitu pengiriman pesan kepada nomor tujuan, selanjutnya adalah menggunakan layanan Call Center dari BNI dan terbilang untuk caranya cukup mudah dalam cara mengatasi lupa PIN kartu kredit BNI dengan mudah.

Untuk call center BNI ini bisa menggunakan nomor tujuan yaitu 1500046 atau 6888 yang bisa dihubungi dalam membantu menyelesaikan permasalahan. Jika bingung bagaimana cara yang tepat untuk berkomunikasi dengan Call Center bisa melihat pada langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi Panggilan atau Dial Pad pada handphone Anda.
  • Kemudian, lakukan pengetikan nomor tujuan yaitu 1500046 atau 6888 tekan Panggil atau Call.
  • Setelah itu, Anda harus menunggu sampai terhubung dengan call center.
  • Jika sudah terhubung maka tinggal berbincang dengan melakukan verifikasi terlebih dahulu.
  • Biasanya Anda akan dimintai data diri yang berhubungan dengan data yang sesuai dengan nasabah BNI.
  • Barulah kemudian call center akan memberikan langkah yang tepat untuk mengatasi lupa PIN kartu kredit BNI
Baca juga:  5 Cara Bayar Kartu Kredit Bank Mega Terbaru

Memang sangat mudah mengatasi lupa PIN pada call center karena terhitung cepat dan tidak ribet. Akan tetapi, tetap saja akan mengeluarkan biaya untuk telepon yang dirasa lumayan banyak. Untuk bisa berbincang dengan call center ini harus sabar karena harus menunggu sampai tersambung.

Biasanya tidak bisa langsung pada sekali percobaan sehingga harus mencoba telepon berkali-kali. Namun, kelebihan melalui call center ini adalah Anda bisa menentukan sendiri kapan harus menghubunginya karena bisa sedia 24 jam.

Anda bisa mencoba untuk menghubungi di waktu yang senggang seperti pada jam kerja karena tidak banyak telepon yang mencoba masuk untuk berkonsultasi dengan call center. Gunakan waktu mulai dari pagi sampai siang hari.

3. Mengunjungi Kantor BNI Terdekat

Menggunakan cara offline memang tidak pernah salah dibandingkan harus menunggu balasan SMS atau call center. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang memiliki banyak waktu luang dan tidak terbatas pada kesibukan yang banyak.

Tetap saja, untuk mengganti PIN karena lupa PIN kartu kredit BNI maka bisa menggunakan layanan dari kantor cabang terdekat. Anda tinggal menyiapkan data diri seperti buku rekening dan KTP serta kartu kredit yang telah lupa PIN dan memberikan keterangan ingin mengganti PIN tersebut.

Nantinya, customer service yang bertugas akan memberikan pengarahan serta apa saja yang harus dilakukan agar PIN bisa terganti. Bahkan juga bisa melakukan aktivasi kartu kredit BNI pada kantor bank terdekat.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan

Pasalnya pergantian PIN karena lupa adalah hal yang lumrah karena manusia tidak terlepas dari kesalahan. Jika memang sudah kepalang lupa namun tetap saja harus memperhatikan beberapa hal yang penting seperti di bawah ini:

  • Update segera untuk nomor telepon terbaru jika berganti nomor pada layanan call center seperti BNI Call 1500046 atau 68888 pada 24 jam. Layanan.
  • Pengiriman SMS untuk meminta PIN 6 digit kartu kredit BNI tersebut hanya dapat didapatkan oleh nomor ponsel yang sesuai dengan yang didaftarkan.
  • Tarif balasan SMS dari 3346 adalah Rp. 550,- sudah termasuk pajak sedangkan untuk biaya pengiriman tergantung masing-masing operator.
  • Saat sudah mendapatkan balasan dari SMS 3346 maka harus segera mengganti PIN 6 digit kartu kredit tersebut melalui ATM BNI secara berkala sehingga tetap aman.
  • PIN kartu kredit sifatnya rahasia sehingga jangan diberikan kepada siapapun yang tidak bertanggung jawab.
  • Simpan dan jaga kerahasiaan PIN kartu kredit tersebut, jangan menuliskan PIN pada kartu, serta simpanlah kartu secara aman sehingga tidak akan dapat didapatkan oleh orang lain.
Baca juga:  10 Jenis Kartu Kredit CIMB Niaga (Limit, Bunga, Syarat)

Kartu kredit memang sifatnya sangat privasi dan tidak boleh sembarang orang memilikinya jika bukan pemilik atau pemegang kartu kredit itu sendiri. Pasalnya untuk limitnya juga tidak main-main dan cenderung besar dan cukup mudah untuk transaksi.

Gunakan cara-cara di atas jika sudah lupa PIN kartu kredit BNI agar bisa melakukan transaksi kembali. Serta jangan lupa dengan bijak dalam menggunakan dana yang dikeluarkan setiap gesekan kartu tersebut.

Baca Juga:

error:
close