12 Cara Mengatasi Lupa PIN LinkAja 100% Berhasil

Layanan pembayaran yang saat ini sedang banyak tersedia pada provider baik Telkomsel maupun Non-Tsel adalah LinkAja. Sebelumnya, aplikasi ini bernama Tcash yang juga merupakan layanan pembayaran online. Nah, kadang pengguna lupa PIN LinkAja secara tidak sengaja.

Jika sudah seperti itu, maka pasti bingung dan harus mencari cara untuk mengubah atau menggunakan LinkAja kembali untuk melakukan transaksi. PIN adalah keamanan yang harus dijaga sehingga tidak akan digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Berikut Rekomendasi Cara Mengatasi Lupa PIN LinkAja

Sebenarnya, lupa PIN merupakan masalah yang cukup besar sehingga harus diatasi dengan baik. Sebagai saran ada baiknya untuk membuat PIN yang mudah diingat dan dihafal oleh diri sendiri sehingga tidak menghambat transaksi yang ingin dilakukan.

Jika sudah lupa maka harus mengatasi permasalahan dengan cara mereset PIN LinkAja. Untuk cara mereset bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini:

1. Bagi Pelanggan Telkomsel

Salah satu pengguna dari aplikasi bayar ini adalah provider Telkomsel yang memiliki berbagai macam kebutuhan. Akan tetapi, jika ingin menyambungkan untuk aplikasi LinkAja dengan provider ini maka dipastikan bahwa nomor handphone yang digunakan harus aktif.

Dengan begitu proses reset PIN ini akan berjalan dengan mudah. Lakukan beberapa langkah di bawah ini sehingga bisa melakukan reset PIN dengan cepat dan mudah, yaitu:

  • Masuk ke dalam menu Panggilan pada smartphone Anda.
  • Kemudian, ketikkan *800*99# dan klik Call.
  • Tunggu beberapa saat sampai Anda diminta untuk memasukkan data diri seperti tanggal lahir yang sesuai dengan format yaitu DD/MM/YYYY.
  • Setelah data yang dimasukkan benar maka akan menerima sebuah SMS notifikasi dari pihak provider.
  • Untuk mengganti PIN maka bisa mengetikkan *800*91*6digitPINBARU# pada balasan SMS notifikasi tersebut.
  • Setelah itu, barulah akan menerima SMS notifikasi kembali bahwa PIN telah diubah.
Baca juga:  7 Higgs Domino MOD APK Unlimited Money 2022

Cara ini bisa dilakukan jika Anda sebelumnya mendaftar LinkAja melalui aplikasi MyTelkomsel yang bisa dicari pada layanan Google Play Store. Selain itu, jika ingin melakukan reset PIN melalui aplikasi juga bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Melihat cara di atas ternyata juga bisa digunakan pada akun LinkAja yang terblokir. Ikuti saja seluruh langkahnya dengan hati-hati dan tepat sehingga bisa mengatasi permasalahan yang ada.

2. Pelanggan Non-Telkomsel

Bagi Anda yang bukan merupakan pelanggan Telkomsel bisa saja mengatasi permasalahan lupa PIN ini. Akan tetapi, apakah email Anda sudah divalidasi? Karena terdapat dua macam pelanggan pada versi ini yaitu yang sudah validasi email dan yang belum validasi email.

Biasanya bagi yang belum validasi maka hanya bisa melalui aplikasi MFS atau dashboard LinkAja dan dibantu oleh pihak GraPARI. Berbeda dengan pengguna yang sudah melakukan validasi email maka bisa langsung menggunakan cara di bawah ini:

  • Login pada aplikasi LinkAja yang sudah diinstal pada smartphone.
  • Kemudian, masukkan kode OTP dengan benar.
  • Anda akan diarahkan pada halaman input PIN dan jika lupa maka tinggal klik tombol Lupa PIN.
  • Setelah itu, input untuk alamat email yang sudah tervalidasi sebelumnya.
  • Untuk pelanggan harus memeriksa email masuk agar mendapatkan kode verifikasi dari LinkAja.
  • Lalu, jika sudah mendapatkan kode verifikasi bisa digunakan untuk membuat PIN baru.

Jika langkah-langkah di atas berhasil Anda lakukan maka membuat PIN baru adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, untuk bisa mendapatkan kesempatan ini harus melakukan berbagai macam usaha seperti nomor telepon maupun email harus terdaftar terlebih dahulu pada akun.

Baca juga:  3 Cara Beli Chip Ungu Higgs Domino 100% Aman

3. Melalui GraPARI

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa untuk melakukan reset PIN LinkAja bagi yang tidak memiliki akses atau validasi di email sebelumnya maka harus melalui GraPARI. Hal ini memang betul adanya dan tidak bisa diganggu gugat.

Pasalnya, jika sudah berada di GraPARI maka petugas akan membantu seluruh proses yang dimaksudkan. Cukup berikan informasi yang diminta seperti:

  • Data diri
  • Tanggal lahir
  • Nomor yang terhubung dengan LinkAja
  • Alamat email
  • Maupun data lainnya.

Cobalah percaya untuk memberikan akses kepada customer service yang membantu sehingga masalah Lupa PIN LinkAja bisa terselesaikan. Tunggu saja beberapa saat sampai pelayanan selesai maka PIN baru bisa Anda dapatkan.

Memang bukan cara yang instan namun setidaknya bisa memulihkan akun untuk bertransaksi dengan PIN yang baru. Dan jika sudah mendapatkan PIN baru maka jangan sampai lupa lagi bisa dilakukan beberapa cara agar PIN tetap bisa digunakan dan aman tidak terlupa lagi.

Cara Menjaga PIN Agar Tidak Terlupa

PIN adalah kode rahasia yang memang penting dan harus dijaga sehingga tidak ada orang lain yang mampu menggunakannya dengan sembarangan. Terlebih untuk mendapatkan PIN baru harus melalui berbagai macam prosedur sampai tuntas dan setelah itu PIN harus dijaga.

Oleh sebab itu, terdapat beberapa cara agar PIN tetap aman dan tidak ada orang yang tahu selain pemegang dari akun e-wallet itu sendiri.

1. Catat PIN Baru Pada Tempat Aman

PIN baru tersebut bisa Anda amankan pada tempat yang aman dengan mencatatnya di selembar kertas kecil. Jangan sampai mencatat nomor PIN pada smartphone karena bisa saja jika handphone hilang maka akun LinkAja bisa digunakan sembarang orang.

Baca juga:  3 Cara Hapus Akun Akulaku + Data Diri Permanen

2. Gunakan Nomor yang Mudah Diingat

PIN yang digunakan harus mudah diingat sehingga Anda tidak akan kesusahan saat memasukkan PIN ketika ingin bertransaksi. Gunakan nomor-nomor yang familiar dengan Anda. Akan tetapi, jangan gunakan tanggal lahir karena akan mudah didapatkan informasinya oleh orang lain.

Selain itu, nomor yang susah diingat akan memperbesar potensi lupa PIN LinkAja. Oleh sebab itu, gunakan nomor yang memang familiar.

3. Gunakan PIN yang Sama dengan ATM

Jika Anda menggunakan ATM atau e-wallet lainnya maka cukup menggunakan satu kode PIN saja untuk berbagai macam akun tersebut. Hal ini berguna untuk mengantisipasi apabila memang Anda lupa dengan PIN LinkAja maka cukup dengan menggunakan PIN ATM.

Berdasarkan pengalaman pengguna aplikasi e-wallet, sah-sah saja menggunakan PIN yang sama antara satu akun dengan akun lainnya. Akan tetapi, tetap kerahasiaan ini harus dijaga dan dibuat privasi Anda sendiri.

Dengan beberapa tips agar mudah mengingat PIN saat lupa PIN LinkAja bisa dijadikan acuan untuk mengingat PIN pada e-wallet lainnya. Selain itu, Anda juga bisa memilih manakah cara yang tepat untuk mendapatkan perubahan PIN yang menurut Anda paling efektif.

Baca Juga:

error: