3 Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit BRI

Masalah yang paling mengganggu bagi pemegang kartu kredit BRI adalah lupa PIN kartu kredit BRI. Pastinya akan sangat kesal karena Anda tidak bisa melakukan transaksi menggunakan kartu yang akan ditagihkan pada akhir bulan tersebut.

Bisa dikatakan juga jika kartu kredit tidak terdapat PIN nya maka tidak berguna kartu tersebut. Oleh sebab itu, permasalahan ini kerap dicari solusinya terlebih dahulu sebelum benar-benar menyerahkan kartu kredit tersebut ke bank BRI.

Perbaiki Lupa PIN Kartu Kredit BRI dengan Cara Ini!

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan sehingga kartu kecil ini bisa digunakan untuk membeli perlengkapan yang dibutuhkan. Anda tidak perlu cemas berlebihan karena  ada banyak cara sederhana untuk mengatasinya, yaitu:

1. Melalui ATM BRI

Yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan dalam lupa PIN ini yaitu melalui layanan pada mesin ATM yang biasanya digunakan untuk tarik tunai, transfer, setor tunai, pembayaran dan lainnya. Tidak menyangka bukan bahwa mesin ini bisa bekerja untuk melakukan perubahan PIN kartu kredit?

Untuk melakukan perubahan PIN pada layanan mesin ini terdapat dua tahapan yang harus dilakukan yaitu request PIN dan ubah PIN. Saat Anda melakukan request PIN maka PIN lama akan otomatis direset oleh sistem sehingga bank akan memberikan kode otentikasi untuk PIN sementara.

Pertama yang akan dibahas adalah cara untuk request PIN yang bisa dilakukan, seperti:

  • Kirim SMS menggunakan handphone dan nomor seluler yang terdaftar pada sistem BRI
  • Buka aplikasi Pesan pada smartphone Anda.
  • Kemudian, ketikkan format yaitu PIN (spasi) KK (spasi) 6 digit pertama nomor kartu kredit#4 digit terakhir nomor kartu kredit#tanggal lahir.
  • Atau bisa mencontoh pada format SMS: PIN KK 354637#5099#12081993
  • Kirimkan SMS ke nomor 3300.
  • Tunggu balasan untuk mendapatkan PIN Sementara.
Baca juga:  5 Cara Pinjam Uang di Bank BRI 10 Menit Cair

Kemudian jika sudah mendapatkan balasan SMS PIN sementara maka langkah selanjutnya bisa dilakukan pada mesin ATM yaitu mengubah PIN. Kunjungi ATM BRI terdekat dan lakukan beberapa langkah yang terdapat di bawah ini:

  • Masukkan kartu kredit BRI ke dalam mesin ATM terdekat.
  • Kemudian pilihlah bahasa Indonesia agar prosesnya lebih mudah.
  • Ketikkan PIN Sementara yang didapatkan melalui SMS agar bisa masuk ke dalam menu utama.
  • Lalu, pada layar bisa memilih menu Ubah PIN.
  • Setelah itu, bisa memasukkan 6 digit PIN baru yang disesuaikan dengan keinginan Anda.
  • Lalu, masukkan kembali PIN baru tersebut untuk proses konfirmasi.
  • Tunggu sampai mesin ATM mencetak bukti proses ubah PIN.

Menariknya, jika melakukan perubahan PIN melalui ATM BRI ini Anda akan menerima resi sebagai bukti pemrosesan ubah PIN kartu kredit. Menyenangkan bukan? Hanya beberapa langkah saja dan Anda tidak ribet-ribet harus mengunjungi kantor terdekat untuk bisa mengganti PIN.

Pergantian PIN secara mandiri ini sebagai layanan yang baik dari bank BRI karena memberikan nasabah keleluasaan. Akan tetapi, perlu diperhatikan seluruh aturan harus diikuti seperti menggunakan nomor yang sudah terdaftar di sistem BRI sehingga tidak sembarang orang bisa melakukannya.

2. Melalui BRI CC Mobile

Layanan kekinian yang diberikan oleh bank BRI adalah BRI Credit Card Mobile yang merupakan sebuah aplikasi khusus digunakan dalam pengelolaan kartu kredit. Berbeda dengan mobile banking jenis tabungan. Aplikasi terbitan bank BRI ini memang dikhususkan untuk pemegang kartu kredit.

Baca juga:  4 Cara Mengatasi Lupa PIN ATM Permata Bank

Bahkan fiturnya sudah mendukung perubahan PIN secara online. Aplikasi ini bisa diunduh melalui App Store atau Google Play Store dengan nama BRI CC Mobile. Jadi, pastikan Anda sudha melakukan registrasi akun pada aplikasi ini.

Berbicara mengenai cara mengatasi lupa PIN kartu kredit BRI bisa menggunakan beberapa langkah yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Buka aplikasi BRI CC Mobile yang sudah terinstal pada smartphone Anda.
  • Kemudian, Login atau Masuk menggunakan akun yang biasa digunakan untuk mengakses aplikasi ini.
  • Tampilan utama akan muncul, Anda bisa memilih pada menu Manajemen.
  • Setelah itu, jika Anda menemukan menu Ubah PIN, klik menu tersebut.
  • Tersedia dua kolom yang harus diisikan PIN baru, kolom kedua untuk proses konfirmasi sehingga harus memasukkan PIN baru yang sama.
  • Lanjutkan dengan menekan tombol Kirim.

Proses pergantian PIN online melalui BRI CC Mobile bisa dilakukan dengan cepat dan sederhana. Pasalnya, untuk menggunakan aplikasi ini Anda harus menyambungkan dengan internet yang stabil. Jika internet yang digunakan stabil maka prosesnya akan berjalan dengan lancar.

Menariknya, jika Anda menggunakan aplikasi ini maka tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Pada layanan ini sudah bebas biaya administrasi sehingga bisa kapan saja dilakukan dan prosesnya cukup mudah sehingga mampu menghemat waktu juga.

3. Melalui Call Center

Call Center BRI memang bisa memberikan sebuah solusi untuk mengatasi permasalahan seperti lupa PIN kartu kredit BRI. Jika Anda memiliki cukup pulsa maka cara ini sangat efektif dilakukan karena tidak perlu pusing-pusing melakukan langkah pemulihan PIN sendiri.

Namun, untuk call center ini biasanya akan tetap memberikan sebuah data verifikasi yang harus dipenuhi sehingga bisa mendapatkan solusi yang tepat.

Baca juga:  Praktis! 6 Cara Cek Angsuran BCA Finance 2022

Anda bisa menghubungi pada nomor call center BRI yaitu 14017 atau 1500017. Kemudian, ikuti instruksi pada audio otomatis yang didengarkan kepada pengguna. Barulah saat sudah terhubung dengan agen call center bisa menyampaikan keluhan mengenai lupa PIN pada kartu kredit BRI.

Biasanya untuk mendapatkan pelayanan tersebut maka Call Center akan melakukan verifikasi data dengan bertanya 16 digit nomor kartu kredit, tanggal kadaluarsa kartu, limit kredit, nama ibu kandung, serta alamat. Semuanya harus disampaikan dengan benar barulah proses update PIN bisa dilakukan.

Call center juga bisa menangani permasalahan lupa PIN dengan mengirimkan PIN ke nomor handphone yang terdaftar pada saat pendaftaran kartu kredit. Selain itu, Anda bisa menggunakan layanan ini untuk kepentingan lainnya sehingga tidak terbatas pada merubah PIN saja.

Jika langkah-langkah di atas tidak bisa membantu maka pilihan terakhir adalah mengunjungi kantor cabang bank BRI terdekat. Dengan begitu akan langsung ditangani oleh petugas customer service yang sedang bertugas saat itu.

Anda bisa memilih manakah langkah yang sesuai untuk mengatasi lupa PIN kartu kredit BRI sehingga mendapatkan sebuah tempat penanganan yang tepat. Jangan ragu untuk menggunakan cara-cara di atas karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Baca Juga:

error:
close